Tanjung Bira, Sensasi Menginap Ala Sultan Di Bulukumba

Tanjung Bira adalah pantai kece, nan mewah yang terletak di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Ketenangan ombak, dan gradasi warna air lautnya adalah pesona keindahan utama Tanjung Bira.

Sebelum kita lanjutkan pembahasan tentang Tanjung Bira, atau Pantai Tanjung Bira. Artikel wisata yang penulis nativeindonesia sajikan saat ini sebagai referensi awal, untuk menentukan tempat wisata di akhir pekan, atau saat libur nasional.

spot favorit untuk berfoto
spot favorit untuk berfoto. google maps. sumber: Natalisa Widodo

simak juga: objek wisata indah di Sulawesi.

Di masa pandemi, atau saat kebijakan PPKM berlaku, maka tentu saja menjadi referensi awal saat kebijakan PPKM dicabut. Serta bukan berarti abai terhadap proyokol kesehatan.

Termasuk kunjungan wisata ke Tanjung Bira, Bulukumba. Harus mentaati protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah maupun oleh pihak pengelola.

Ok, kita lanjutkan informasi tentang pesona keindahan Pantai Tanjung Bira.

hamparan pasir putih
hamparan pasir putih. google maps. sumber: Monika Marcia

Lokasi Tanjung Bira

Alamat lokasi pantai tanjung bira berada di Jl. Tanjung Bira, Bonto Bahari. Bulukumba, Sulawesi selatan. Tanjung bira bisa dikatakan terletak di ujung selatan daratan Sulawesi selatan.

Rute Menuju Tanjung Bira

Jika dari pusat kota Makassar jarak kawasan ini kurang lebih 200 km. Jarak ini bisa di tempuh dengan kisaran waktu 5-6 jam.

Rute yang dapat kamu ambil dari Makassar yakni dengan melewati Kabupaten Gowa dan Kabupaten Takalar. terus saja melaju hingga tiba di Kabupaten Bantaeng.

Ketika sudah berada di Kabupaten Bantaeng, lokasi Tanjung Bira hanya tinggal beberapa kilometer lagi saja.

terdapat gazebo atau saung sederhana
terdapat gazebo atau saung sederhana. google maps. sumber: ZUL KIFLI

Baca juga: wisata Taman Nasional Bunaken yang keren abis

Jam Buka Tanjung Bira

Pantai ini terbuka untuk kunjungan wisatawan 24 jam dalam sehari, dan 7 hari seminggu.

Tiket Tanjung Bira

Untuk menikmati segala macam keindahan yang ditawarkan Pantai bira, pengunjung dikenakan tiket 10 ribu rupiah untuk wisatawan nusantara.

Sedangkan wisatawan asing akan dikenakan biaya sebesar 20 ribu rupiah. Saat akhir pekan dan hari libur nasional tiket naik menjadi 15 – 20 ribu rupiah.

Sedangkan untuk kendaraan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda Motor dan Rp 1.000 untuk mobil.

Namun jika pengunjung ingin menikmati wisata ke pulau-pulau yang ada di sekitar pantai Bira, perlu menyiapkan dana lain berupa biaya sewa perahu. Harga sewa perahu mulai dari 300 ribu rupiah.

ragam keseruan di pantai tanjung bira
ragam keseruan di pantai tanjung bira. google maps. sumber: Adith & Lytha Story

Daya Tarik Wisata Tanjung Bira

Pesona keindahan Tanjung Bira memang luar biasa. Kunjungan wisata yang datang ke lokasi tersebut bukan hanya didominasi oleh wisatawan lokal, maupun nasional saja.

Bahkan turis mancanegara saja sering datang ke Tanjung Bira. Saking luar biasanya pesona Tanjung Bira, Pemerintah Kabupaten Bulukumba menutup sementara 2 objek wisata yang ada di kawasan tersebut.

Hal itu dikarenakan di awal Juli 2021, kawasan Tanjung Bira dikunjungi oleh sekitar 3000 wisatawan. Seakan pesona Pantai Tanjung Bira mampu melupakan protokol kesehatan.

Angka 3000 kunjungan bukanlah angka yang sedikit, apalagi kunjungan wisata yang dilakukan di saat situasi pandemi. Dengan kata lain, angka tersebut juga sebagai pertanda bahwa keindahan Tanjung Bira mampu menghipnotis siapa saja.

Dan inilah daya tarik dari Tanjung Bira:

1. Pantai Mewah, Nan Kece

pantai tanjung bira
pantai tanjung bira. google maps. sumber: Ardhy Juple

Tanjung Bira sebetulnya adalah nama sebuah desa yang terletak di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan.

Keindahan alam yang mampu memikat banyak orang adalah keindahan alam pantainya, yang bernama Pantai Tanjung Bira.

Bukan tanpa alasan, Pantai Tanjung Bira memiliki gradasi warna yang kece, sehingga menjadikannya sebuah pantai yang mewah.

Warna air lautnya sebagian berwarna hijau, dan biru. Kondisi warna tersebut menjadikan mata pengunjung mampu melihat keindahan bawah laut Pantai Tanjung Bira.

Tidak berhenti sampai di situ saja, ombaknya juga sangat tenang. Sehingga menjadikan kawasan Pantai Tanjung Bira sebagai sebuah destinasi wisata keluarga yang recommended banget.

Pantai Tanjung Bira memiliki area pasir putih yang lembut dan luas. Bahkan saking lembutnya pasir Pantai Tanjung Bira, banyak orang yang menyebutnya layaknya tepung.

2. Wahana Wisata

kegiatan snorkeling
kegiatan snorkeling. google maps. sumber: Charly Leonardo

Keseruan wisata di Tanjung Bira semakin bertambah dengan kehadiran wahana wisatanya. Wahana favorit pengunjung adalah menjelajah keindahan Pantai Tanjung Bira dengan menggunakan jasa perahu, atau speed boat.

Yang ke dua, Pantai Tanjung Bira merupakan salah-satu spot terbaik untuk melakukan aktivitas snorkeling, maupun diving. Terutama bagi mereka yang tidak ingin menyelam terlalu dalam.

View di bawah airnya sangat indah, sekaligus menjadi sebuah pertanda bahwa ekosistem bahwah laut Pantai Tanjung Bira masih terjaga dengan baik.

3. Penginapan, Villa, atau Resort

Puncak keseruan wisata di Tanjung Bira adalah saat menginap, dan berburu sunset, maupun sunrise. Di Tanjung Bira terdapat banyak penginapan, maupun villa.

Bahkan terdapat beberapa resort yang menghadap, dan dekat dengan laut. Penginapan, atau Resort Tanjung Bira sangat mewah, serta menyajikan hidup ala Sultan.

Fasilitasnya sangat lengkap, bahkan ada fasilitas kolam renang air tawarnya. View yang disajikan juga sangat memanjakan mata. Maka kesempurnaan berwisata ke Tanjung Bira, adalah saat menginap di lokasi tersebut.


Tinggalkan komentar