Pantai Ujung Tiro, Wisata Elok Di Dekat Industri Kapal Pinisi

Pantai Ujung Tiro adalah wisata Bulukumba yang tergolong unik. Sebuah pantai yang tidak memiliki pasir pantai, namun tedapat pulau karang kecil yang elok.Lokasi Pantai Ujung Tiro tidak terlalu jauh dari Kabupaten Bulukumba. Jarak dari Bulukumba ke Pantai Ujung Tiro hanya sekitar 31 kilometer, dengan total waktu tempuh 1 jam 15 menit saja.

Pantai Ujung Tiro Bulukumba
Pantai Ujung Tiro Bulukumba. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sebetulnya waktu tempuh menuju Pantai Ujung Tiro bisa lebih cepat, andai saja jalan yang sudah dekat dengan lokasi utama sudah ditata dengan baik.

Jalan menuju Pantai Ujung Tiro bisa diakses oleh kendaraan jenis motor maupun mobil. Sebagian besar kondisi jalannya sudah tertata secara baik.

Namun, saat mulaimendekati lokasi utama, kondisi jalannya belum berbentuk aspal. Sehingga cukup licin saat kunjungan dilakukan di musim hujan.

Lalu apa saja daya tarik dari Pantai Ujung Tiro Bulukumba Sulawesi Selatan? Maka inilah info lengkap Pantai Ujung Tiro yang sudah berhasil kami himpun untuk anda.

Simak juga: Pilihan Objek wisata di Bulukumba

Daya Tarik Pantai Ujung Tiro Bulukumba

Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan merupakan kabupaten yang terkenal dengan slogan “Bulukumba Berlayar”.

Daya Tarik Pantai Ujung Tiro
Daya Tarik Pantai Ujung Tiro. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Hal tersebut menjadi sebuah isyarat tentang potensi wisata Bulukumba di sektor wisata bahari. Hanya saja, untuk Pantai Ujung Tiro belum dilakukan optimalisasi pengembangan wisatanya.

Meskipun demikian, Pantai Ujung Tiro masih tetap memikat untuk dikunjungi para wisatawan. Karena di sana terdapat daya tarik khusus, yang membedakan dengan pantai lainnya. Yaitu:

1. Pulau Karang Kecil

Sedikit sekali objek wisata pantai yang tidak memiliki pasir pantai. Di sisi lain, justru hal tersebut ternyata mampu menghadirkan keunikan tersendiri.

Seperti halnya Pantai Ujung Tiro Bulukumba. Di pantai ini tidak ada pasir pantai, namun  terdapat pulau karang kecil yang indah, cocok banget untuk melakukan selfie.

Pulau Karang Kecil Pantai Ujung Tiro
Pulau Karang Kecil Pantai Ujung Tiro. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Akses menuju pulau tersebut harus menapaki anak tangga terlebih dahulu. Kemudian disambungkan oleh jembatan kayu, lalu masuk ke sebuah gazebo, dan sampailah di pulau karang kecil tersebut.

Pulau karang kecil tersebut merupakan spot yang sangat tepat untuk menikmati panorama laut lepas. Ombak di Pantai Ujung Tiro tidaklah besar, bahkan bisa tergolong sebagai laut yang tenang.

Spot Selfie Pantai Ujung Tiro
Spot Selfie Pantai Ujung Tiro. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Pesona Alam Sekitar

Jernihnya Air Pantai Ujung Tiro
Jernihnya Air Pantai Ujung Tiro. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Daya tarik dari Pantai Ujung Tiro Bulukumba yang selanjutnya adalah pesona alam sekitarnya. Terutama air lautnya yang masih terjaga kejernihannya.

Bahkan saking jernihnya, ikan-ikan yang ada di pantai tersebut bisa terlihat langsung oleh mata. Dan di titik yang tidak terlalu dalam, beberapa pengunjung bahkan sering bermain air.

Selain itu, panorama pulau-pulau kecil lainnya bisa terlihat dengan indah. Tebing karang tinggi yang terletak di sisi kanan, juga menjadi pelengkap keindahan saat berada di Pantai Ujung Tiro Bulukumba.

Pesona Alam Pantai Ujung Tiro
Pesona Alam Pantai Ujung Tiro. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Wisata Legendaris Di Dekat Pantai Ujung Tiro

Masyarakat Indonesia tentu sangat mengenal tentang perahu legendaris dari Sulawesi Selatan, yang bernama Perahu Pinisi.

Nah, Kabupaten Bulukumba merupakan daerah yang sangat terkenal dengan industri Kapal Pinisi tersebut. Dengan kata lain, bahwa potensi wisata Bulukumba mampu menghadirkan nilai sejarah juga.

Industri Kapal Pinisi
Industri Kapal Pinisi. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kawasan industri kapal Pinisi tersebut lokasinya berada di Tanahberu, Bontobahari. Jaraknya hanya 8 kilometer saja dari Pantai Ujung Tiro.

Semoga saja optimalisasi penataan wisata di Pantai Ujung Tiro khususnya dapat segera terealisasi. Karena lokasi tersebut memiliki daya tarik khusus bagi wisatawan.

Yang paling penting, jangan lupakan untuk memenuhi kebutuhan wisata saat ini. Yaitu untuk menghadirkan spot yang instagramable lainnya di Pantai Ujung Tiro Bulukumba.

Suasana Asri Di Pantai Ujung Tiro
Suasana Asri Di Pantai Ujung Tiro. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Pantai Ujung Tiro

Lokasi Pantai Ujung Tiro berada di Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan.

Rute Menuju Pantai Ujung Tiro

Rute menuju Pantai Ujung Tiro sama dengan rute menuju Pantai Samboang. Sebagaian jalannya sudah tertata baik, namun mendekati lokasi utama kondisi jalannya belum tertata secara optimal.

Jam Buka Pantai Ujung Tiro

Pengelolaan Pantai Ujung Tiro belum optimal. Hal ini berdampak terhadap keputusan resmi jam buka Pantai Ujung Tiro.

Namun, rata-rata pengunjung akan pulang sebelum hari gelap.

Simak juga: Kampung Berua, Pemukiman Karts di Rammang-Rammang

Tiket Pantai Ujung Tiro

Harga tiket masuk Pantai Ujung Tiro sebetulnya masih belum ada keputusan resmi. Namun terdapat biaya kebersihan, dan parkir, saat berkunjung ke objek wisata tersebut.

Fasilitas Pantai Ujung Tiro

Fasilitas di Pantai Ujung Tiro belum secara optimal. Namun, tetap saja objek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Penutup

Demikian review tentang Pantai Ujung Tiro Bulukumba. Tetap patuhi protokol kesehatan, dan protokol keamanan.


Tinggalkan komentar