Menyambut Tenggelamnya Sang Mentari di Pantai Pasir Jambak

Pergantian siang dan malam sudah sangat lumrah untuk kita rasakan setiap harinya. Siang berganti malam dan malam berganti menjadi siang, begitu seterusnya.

Siang adalah waktu untuk kita berusaha menggapai mimpi, sedangkan malam adalah waktu kita untuk beristirahat. Namun, pernahkan kalian melihat bagaimana proses terbit dan tenggelamnya matahari?

Di Koto Tangah ada sebuah Pantai yang terkenal dengan keindahan sunsetnya, dan selalu menjadi destinasi utama bagi siapa saja yang ingin menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga.

Pantai Pasir Jambak
Pantai Pasir Jambak. Sumber: www.dictio.id

Namanya adalah Pantai Pasir Jambak yang terletak di Kecamatan Koto Tangah. Pantai ini sudah kesohor sampai ke mancanegara. Banyak wisatawan lokal dan asing yang datang untuk menyambut  tenggelamnya sang mentari.

Kenapa Pantai Pasir Jambak bisa menyuguhkan keindahan sunsetnya? Karena posisi Pantai Pasir Jambak berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, dan menghadap ke arah barat yang notabene itu adalah arah tenggelamnya matahari.

Ada apa aja sih di Pantai Pasir Jambak, check it dot!

Ragam wisata yang ditawarkan Pantai Pasir Jambak

Saat kamu mengunjungi Pantai Pasir Jambak, kamu akan disuguhkan dengan indahnya pantai yang seakan tanpa batas dihiasi pasir putih kecoklatan. Disempurnakan dengan deburan ombak dan tiupan angin yang seakan menambah sejuknya suasana.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan di Pantai Pasir Jambak, diantaranya:

1. Bermain Air dan Berenang

Hal yang nggak boleh kamu lewatkan saat bermain ke pantai, apalagi kalau bukan bermain air lautnya. Bisa dengan cara berenang atau hanya bermain ombak-ombak kecil di pinggiran pantainya. Berlari-lari kecil di sekitaran pantai, kaya adegan didrama korea.

Wahh,seru banget bukan. Tapi kamu mesti hati-hati ya waktu berenang disini, soalnya Pantai Pasir Jambak mempunyai ombak yang lumayan kencang.

Bermain air di Pantai Pasir Jambak ditemani dengan hembusan angin yang seakan membawa pergi semua penat yang kamu bawa. Pantai Pasir Jambak dikelilingi dengan pohon pinus dan pohon kelapa, menambah romantisnya keadaan di sekitar pantai.

Bermain air di Pantai Pasir Jambak
Bermain air di Pantai Pasir Jambak. Sumber: jejakpiknik.com

2. Bersepeda dan Bermain Bola

Pantai Pasir Panjang memiliki garis pantai yang luas dan datar, sehingga pas banget kalau kamu ingin mencoba bersepeda mengelilingi pantai.

Atau bisa juga kamu bermain bola bersama teman atau keluargamu.

Bermain Bola Bersama Kawan
Bermain Bola Bersama Kawan. Sumber: majalahintrust.com

3. Surving

Pantai Pasir Panjang memiliki ombak yang lumayan kencang, cocok banget buat kamu yang mau menaklukan ombaknya dengan kegiatan surving.

Berselancar di Pantai Pasir Jambak
Berselancar di Pantai Pasir Jambak. Sumber: rentalmobilpadang.co.id

4. Gazebo

Kamu ingin duduk-duduk manja sambil melihat Pantai Pasir Jambak? Bisa banget. Karena disini banyak terdapat gazebo-gazebo untuk kamu beristirahat sejenak setelah seharian bermain bersama indahya Pantai Pasir Jambak.

Enaknya sambil kamu duduk santuy di gazebo, kamu ditemani kelapa muda. Wuih, seger luar dalem kan.

Gazebo di Pantai Pasir Jambak
Gazebo di Pantai Pasir Jambak. Sumber: covesia.com

5. Restoran

Pantai Pasir Jambak akan sangat memanjakanmu. Setelah kamu lelah seharian mengeksplor keindahan pantainya, terus kalau kamu lelah kamu beristirahat di gazebo. Jika perutmu lapar, banyak restoran di sekitar pantai yang siap mengisi perutmu dengan berbagai macam makanan khas laut tentunya.

6. Menyewa perahu

Kamu ingin mengarungi Pantai Pasir Jambak? Kamu bisa melakukannya dengan menyewa perahu milik warga setempat untuk mengarungi lautan. Perahu-perahu tersebut sudah siap berada di pinggiran pantai dan siap mengantarmu mengarungi lautan.

7. Keindahan sunsetnya terkenal

Pantai Pasir Panjang terkenal dengan keindahan sunsetnya, jadi sayang banget kalau kamu melewatinya. Kamu akan melihat secara langsung keajaiban alam mengganti siang dengan malamnya.

Menyambut Matahari Tengelam di Pantai Pasir Jambak
Menyambut Matahari Tengelam di Pantai Pasir Jambak. Sumber: gadiansoma.wordpress.com

Fasilitas Yang Ada di Pantai Pasir Jambak

Fasilitas di Pantai Pasir Jambak dibilang sudah komplit. Simak baik-baik ya apa aja fasilitas yang ada disini!

1 Lahan parkir yang luas

2. Toilet atau kamar mandi

3. Rumah makan atau Restoran

4. Penyewaan Perahu

5. Deretan Gazebo untuk kamu bersantai

6. Penginapan untuk kamu yang ingin menghabiskan sepanjang malam di Pantai Pasir Jambak. Penginapan yang tersedia di sekitar Pantai Pasir Jambak diantaranya:

  • OYO 1326 mahakam guest house,
  • OYO 956 penginapan eby,
  • OYO 1648 penginapan three joye,
  • OYO 2274 wisma padati syariah,
  • Uncle Jack Homestay,
  • OYO 2202 delima guest house syariah,
  • spot on 2946 harland guesthouse,
  • homestay padang,
  • OYO 3407 yasmin residence syariah,
  • penginapan intan bandara,
  • penginapan rudi,
  • OYO 3051 stm suite,
  • GOHA homestay Padang.

Namun penginapan yang paling terkenal di sekitar lokasi Pantai Pasir Jambak adalah Uncle Jack Homestay.

Uncle Jack Homestay

Uncle Jack Homestay
Uncle Jack Homestay. Sumber: www.tripadvisor.co.id

 

Lokasi Dan Alamat Pantai Pasir Jambak

Lokasi dan alamat Pantai Pasir Jambak berada di Jl.Teratai, Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

 

Rute menuju Pantai Pasir Jambak

Rute menuju Pantai Pasir Jambak, jika berangkat dari pusat Kota Padang akan menempuh jarak sekitar 20 kilometer atau memakan waktu perjalanan selama 30 menit saja. Jika kamu dari luar Kota Padang dan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau kamu hanya akan menempuh perjalanan sejauh 15 kilometer.

Kalau kamu menggunakan kendaraan bermotor, kamu cuma butuh waktu kurang lebih setengah jam. Atau mungkin kamu ingin menggunakan kendaraan umum, kamu bisa menggunakan angkutan kota trayek Pasar Raya-Lubuk Buaya.

Namun angkutan kota tidak bisa membawamu langsung ke lokasi Pantai Pasir Jambak. Angkutan kota hanya akan berhenti tepatnya  di kilometer 14 itu masih cukup jauh dari lokasi pantai, tidak ada lagi angkutan kota yang akan mengantarkanmu ke Pantai Pasir Jambak.

Lokasi pantai Pasir Jambak berada 1 kilometer dari pintu gerbang utama. Jadi sebaiknya, kamu menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan supaya kamu bisa cepat menikmati keindahan Pantai Pasir Jambak.

 

Tiket Masuk Menuju Pantai Pasir Jambak

Tiket masuk menuju Pantai Pasir Jambak terbilang murah, kamu cukup membayar Rp. 5.000,- aja dan itu  sudah termasuk parkir loh.

 

Jam Operasional Pantai Pasir Jambak

Jam Operasional Pantai Pasir Jambak dibuka 24 jam sehari 7 hari seminggu. Jadi untuk kamu yang lagi suntuk, kapanpun juga Pantai Pasir Jambak akan selalu siap menyambut.

 

Tips Wisata Saat Mengunjungi Pantai Pasir Jambak

Ada beberapa tips nih, untuk kamu yang akan berkunjung ke Pantai Pasir Jambak.

  • Siapkan dan gunakan sunblock, supaya kulit kamu ngga kebakar.
  • Bawalah baju ganti atau peralatan lainnya yang dibutuhkan, seperti topi atau kacamata.
  • Untuk yang membawa anak-anak, bawalah peralatan untuk bermain pasir.
  • Menikmati keindahan pantai lebih seru jika bersama-sama, entah bersama teman, sahabat, atau keluarga.
  • Siapkan juga gadget kamu full baterry, jangan sampai kamu kehilangan menangkap momen yang istimewa hanya karena baterainya abis.
  • Tetap jaga keindahan pantai, jangan membuang sampah sembarangan.

 

Penutup

Menikmati keindahan pantai tidak puas hanya untuk beberapa jam saja. Pantai selalu dapat membuat kita betah untuk tinggal berlama-lama. Menghabiskan waktu bersama orang terkasih di Pantai Pasir Jambak merupakan hal yang akan selalu dikenang dan dinantikan.

Jagalah selalu keindahan Pantai Pasir Jambak, keindahan pantainya jangan sampai rusak atau bahkan hilang akibat perbuatan kita yang tidak bertanggungjawab.

Tetaplah hormati adat istiadat setempat, dengan tidak melakukan hal-hal yang tidak baik. Nikmati dan rasakan keindahan Pantai Pasir Jambak yang sudah Tuhan anugrahkan. Jangan lupa siapkan foto terbaikmu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment