Wisata Mandeh, Pesona Puncak Jokowi, Hingga Pulau Setan

Wisata Mandeh menjadi sebuah penegasan bahwa Indonesia kaya dengan wisata bahari yang layak dipertontonkan, dan dipublikasikan ke dunia internasional.

Wisata Mandeh seolah menyatakan bahwa keindahan wisata bahari bukan sekedar Bali, ataupun Raja Ampat saja. Wisata Mandeh ingin menyatakan bahwa setiap daerah sangat dimungkinkan mempunyai potensi wisata alam yang sangat layak untuk dipromosikan.

wisata mandeh
wisata mandeh. google maps. sumber: Harry Tandjung

Simak juga: Ragam Tempat wisata di Padang.

Fenomena terkenalnya Wisata Mandeh Sumatera Barat menjadi sebuah isyarat “gaya” promosi kekinian dari sebuah objek wisata.

Sederhananya, jika sebuah objek wisata mampu dikunjungi oleh orang-orang penting, dan berpengaruh, maka kemungkinan besar nama objek wisata tersebut akan ikut terangkat, dan berdampak postif terhadap kenaikan kunjungan wisatanya.

Begitupun dengan Wisata Mandeh. Pada mulanya tidak banyak yang tahu tentang pesona keindahaannya. Namun setelah Presiden Jokowi pernah berkunjung ke Wisata Pulau Mandeh, maka orang-orang semakin mengenal kawasan wisata Mandeh.

Sekilas Tentang Kawasan Wisata Mandeh

keindahannya sudah tampak
keindahannya sudah tampak. google maps. sumber: Rony Gusman

Wisata Mandeh kini menjadi kawasan wisata yang terkenal sebagai wisata Sumbar yang sangat layak dikunjungi, baik oleh wisatawan nasional, maupun wisatawan mancanegara.

Kawasan Wisata Mandeh memiliki luas sekitar 18.000 ha, yang terdiri dari 3 Nagari, dan 7 Desa. Panorama alamnya meliputi pantai, pulau, hutan mangrove, dan air terjun.

Pada mulanya, akses jalan menuju Wisata Mandeh harus ditempuh melalui jalur air. Namun, kini terdapat jalur darat yang bisa ditempuh dari Padang, serta mampu memangkas waktu tempuh menjadi 1 jam perjalanan saja.

Lokasi Dan Alamat Wisata Mandeh

Lokasi Wisata Mandeh letaknya berbatasan langsng dengan Kota Padang. Alamat Wisata Mandeh berada di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Rute Menuju Wisata Mandeh

jalur laut
jalur laut. google maps. sumber: Editin

Simak juga: teduhnya pantai goa cemara.

Dahulu Menuju kawasan wisata mandeh hanya bisa melalui jalur laut. Namun sejak dibuat jalan beberapa tahun lalu, sekarang sudah bisa dicapai dengan mudah melalui jalur darat.

Bila naik kapal / boat bisa dari Pelabuhan Bungus, Gaung, Teluk Bayur atau dari Pelabuhan Muara Padang serta Teluk Tarusan.

Sedangkan bila melalui jalan darat, terdapat tiga alternative dari tiga ruas jalan yang berbeda. Alternative pertama dari Pasar Tarusan melalui simpang cerocok.

Alternatif kedua dari Bungus terus ke Sungai Pinang dan Sungai Nyalo. Alternatif ketiga, melalui ruas jalan terbaru ialah melewati Carocok lalu menyusuri bibir pantai dan perbukitan yang landai sepanjang 12,5 km.

Jam Buka Wisata Mandeh

  • Rata – rata objek wisata yang ada di kawasan Wisata Mandeh buka selama 24 jam.
  • Objek wisata yang ada di kawasan Wisata Mandeh buka setiap hari, dari hari Senin – hari Minggu.

Catatan penting, saat ini terjadi lagi lonjakan penyebaran virus Covid-19. Hal tersebut berdampak terhadap semua objek wisata yang ada di Indonesia.

Dampak langsung biasanya penutupan tempat wisata. Oleh karena itu, para pengunjung untuk selalu update terkait objek wisata yang akan dikunjungi, khususnya tempat wisata yang ada di Padang.

Harga Tiket Masuk Wisata Mandeh

Rata – rata tiket masuk Wisata Mandeh gratis. Para pengunjung hanya akan dikenakan biaya saat mencoba wahana wisata yang ada di lokasi tersebut.

Fasiltas Di Wisata Mandeh

Saat ini fasilitas di kawasan Wisata Mandeh mulai ditata sebaik mungkin, untuk menunjang kenyamanan wisata para pengunjung. Bahkan di beberapa objek wisata terdapat fasilitas penginapan, atau resort.

Simak juga: Puncak mas lampung.

Daya Tarik Wisata Mandeh

1. Puncak Jokowi

puncak paku atau puncak jokowi
puncak paku atau puncak jokowi. goole maps. sumber: deddy pramudianta

Puncak Jokowi pada mulanya diberi nama Puncak Paku. Namun nama tersebut berubah saat kunjungan Presiden Jokowi ke lokasi tersebut, dan melakukan selfie.

Puncak Jokowi memiliki beberapa spot foto yang dipadukan dengan pesona alam sekitar yang menawan. Bahkan keindahan di lokasi tersebut mampu memukau orang nomor satu di republik ini.

2. Pulau Setan

pulau setan
pulau setan. google maps. sumber: FTV Indonesia

Simak juga: Selfie di pantai Samas.

Hampir sama dengan Puncak Jokowi, pada mulanya Pulau Setan mempunyai nama Pulau Sultan. Kemudian seiring berjalannya waktu namanya berubah menjadi Pulau Sutan, dan akhirnya menjadi Pulau Setan.

Biasanya diksi Pulau Setan untuk menunjukan sebuah pulau yang seram, angker. Namun tidak dengan Pulau Setan yang ada di Wisata Mandeh.

Pulau tersebut memiliki pasir pantai putih, air laut yang biru, ombak yang cukup tenang, serta memiliki puncak bukit sebagai spot terbaik menikmati panorama alam di sekitar dari ketinggian.

3. Pulau Cubadak

pulau cubadak
pulau cubadak. google maps. sumber: abdul karim

Simak juga: Pulau Cubadak

Tak lengkap rasanya jika membahas Wisata Mandeh tidak membahas pulau yang satu ini, namanya Pulau Cubadak. Sebuah pulau eksotis yang sangat terkenal bagi turis asing.

Luasnya mencapai 40 ha, ombaknya tenang, serta memiliki resort dengan kualitas dan fasilitas bintang 5, yang terdiri dari 15 Bungalow, dengan kapasitas tampung sekitar 35 orang.

Adapun aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pulau Cubadak adalah sebagai berikut:

  • Snorkeling
  • Diving
  • Main perahu
  • Puncak bukit yang indah

4. Puncak Mandeh

spot favorit
spot favorit. google maps. sumber: The-v Cheon Meong

Inilah spot terbaik untuk melihat kawasan Wisata Mandeh dari ketinggian. Namanya Puncak Mandeh. Panorama alam yang tersaji adalah:

  • Laut
  • Bukit-bukit
  • Pulau – pulau kecil

Satu hal lagi yang sangat dinantikan pengunjung saat berada di Puncak Mandeh adalah Sunsetnya. Keindahannya sunset di Puncak Mandeh sudah sangat terkenal bagi para wisatawan yang pernah datang kelokasi tersebut.


Tinggalkan komentar