Panorama Ampangan, Wisata Di Kampung Bambu Payakumbuh

Payakumbuh, salah – satu kota yang ada di Sumatera Barat – Indonesia yang kaya akan potensi alam serta banyaknya raihan prestasi tingkat lokal maupun nasional.

Indonesia Green Regional Award (IGRA), dan Kota Sehat Wistara adalah bagian dari prestasi yang pernah diraih Payakumbuh.

Di sisi ekonomi, Payakumbuh adalah kota dengan laju pertumbuhan ekonomi yang paling tinggi yang ada di Sumatera Barat. Tentu saja dunia wisata ikut menyumbang akan laju pertumbuhan tersebut.

Panorama Ampangan, adalah satu dari sekian banyak objek wisata yang ada di Payakumbuh yang sedang trend di kalangan masyarakat.

Panorma Ampangan adalah objek wisata yang menyajikan konsep kekinian namun tetap melestarikan nilai adat dan budaya yang ada di sekitar objek wisata.

Panorama Ampangan Wisata Kekinian
Panorama Ampangan Wisata Kekinian. Sumber : blog.jadipergi.com

Kolaborasi pesona alam, budaya, serta kemajuan teknologi adalah gagasan besar dari Panorama Ampangan. Ragam spot selfie, dengan latar pesona alam, ditambah dengan polesan kreativitas khas masyarakat lokal berupa bambu,menjadikan lokasi ini sangat layak untuk dikunjungi.

Ragam Wisata, Aktivitas, Dan Pesona Panorama Ampangan

Apa sebetulnya yang tersaji di Panorama Ampangan sehingga menjadi hits di kalangan masyarakat lokal khususnya? Dan inilah jawabanya :

1. Spot Selfie Dan Pesona Alam

Panorama Ampangan berada di puncak Bukit Ampangan dengan ketinggian 650 mdpl dan berada di kaki Gunung Sago yang terkenal.

Posisi tersebut menjadikan lokasi ini mampu memberikan pemandangan alam yang sangat indah terutama view lokasi yang berada di bawahnya.

Pemandangan Saat Di Panorama Ampangan
Pemandangan Saat Di Panorama Ampangan. Sumber : www.indonesiakaya.com

Di sebelah utara, kita bisa menyaksikan Kota Payakumbuh dengat sangat indah.apalagi saat malam tiba, kelap – kelip lampu kota menjadi keindahan yang memanjakan mata yang melihatnya.

Di objek wisata Panorama Ampangan terdapat spot selfie yang menarik yang terbuat dari bambu buah tangan masyarakat setempat.

Apalagi spot selfie yang berada tepat menghadap ke kota Payakumbuh, dan berada di tepian tebing menjadi spot selfie favorit pengunjung.

Spot Selfie Favorit
Spot Selfie Favorit. Sumber : wisato.id/wisata-alam

Nagari Aua Kuniang adalah lokasi Panorama Ampangan berada, yang sudah sangat terkenal sebagai “kampung Bambu”. Hal tersebut dikarenakan masyarakatnya menjadikan kerajinan dari bambu sebagai mata pencaharian utama.

2. Camping Dan Olah Raga Sepeda

Di Panorama Ampangan para wisatawan juga dapat melakukan aktivitas camping. Namun bagi yang lainnya, lokasi menuju Panorama Ampangan adalah lokasi yang paling trending untuk melakukan olah raga sepeda.

Pemandangan Malam Hari
Pemandangan Malam Hari. Sumber : sudutpayakumbuh.tumblr.com

Jalanan yang berkelok serta sajian pemandangan alam selama menuju puncak adalah keseruan bersepeda menaiki puncak Panorama Ampangan.

Jalan Menuju Panorama Ampangan
Jalan Menuju Panorama Ampangan. Sumber : www.indonesiakaya.com

3. Wisata Sejarah

Kawasan ini beserta daerah sekitarnya menjadi daerah yang memiliki peranan penting dalam mempertahankan NKRI pada saat agresi miiter Belanda II, yaitu pada tahun 1948-1949.

Pada saat itu, pemerintahan Republik Indonesia dialihkan sementara ke Bukittinggi. Dan Sjafruddin Prawiranegara sebagai pimpinannya.

Pemerintah Darurat republik Indonesia atau yang disebut dengan PDRI mempunyai pusat kekuatan militer yang salah-satunya berada di Payakumbuh.

Produk Lokal Nagari Aua Kuniang

Nagari Aua Kuniang terkenal sebagai kampung bambu di Sumatera Barat. Sebutan sebagai kampung bambu karena masyarakatnya sebagian besar berprofesi sebagai pengrajin bambu.

Maka wajar saja jika objek wisata Panorama Ampangan didominasi dengan kerajinan bambu yang kreatif dan indah. Semuanya hasil tangan masyarakt setempat.

Di objek wisata Panorama Ampangan Kota Payakumbuh Sumatera Barat selalu rutin dilaksanakan “Payakumbuh Botuang Festival”.

Payakumbuh Botuang Festival
Payakumbuh Botuang Festival. Sumber : akurat.co

Festival ini digelar sebagai ajang pelestarian dan pemberdayaan potensi masyarakat. Dan Istilah “Botuang” yang berarti bambu.

Payakumbuh Botuang Festival biasanya diisi dengan acara pagelaran budaya serta kuliner. Sebuah festival yang patut diapresiasi oleh semua pihak tentunya.

Lokasi Dan Alamat Wisata Panorama Ampangan

Lokasi dan alamat Panorama Ampangan berada di Nagari Aua Kuniang Kecamatan Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat – Indonesia.

Rute Menuju Wisata Panorama Ampangan

Rute menuju Panorama Ampangan sangatlah mudah sekali jika pemberangkatan pertama dari Kota Payakumbuh. Jaraknya hanya sekitar 7 kilometer dengan total waktu tempuh sekitar 20 menit.

Rute menuju Panorama Ampangan dari Kota Payakumbuh, yang pertama masuk ke Jalan Ahmad Yani, kemudian lanjutkan menuju Jalan Pahlawan.

Setelah itu, lanjutkan ke Jalan WR. Supratman di sawah Padang. Yang terakhir masuk ke Jalan K.H. Dewantara dan masuk ke daerah Ampangan.

Meskipun jalan menuju lokasi Panorama Ampangan masih belum bagus, namun cukup luas untuk dimasuki kendaraan mobil.

Tapi jangan kebut – kebutan ya, karena lokasi menuju Panorama Ampangan harus melewati pemukiman penduduk. Jangan sampai tujuan wisata anda terjadi hal yang tidak diinginkan.

Nikmati saja pemandangan selama perjalanan, sangat bagus ko pemandangannya. Tetap santuy… jaga keamanan dan kebahagiaan perjalanan anda ya…

Harga Tiket Masuk Wisata Panorama Ampangan

Harga tiket masuk Panorama Ampangan Kota Payakumbuh Sumatera Barat sangat murah loh, hanya Rp. 10.000 per orang nya.

Murah kan? Karena kenikmatan wisata di Panorama Ampangan sangat luar biasa, jadi harga tiket tersebut sangatlah murah sekali.

Sangat cocok jika anda datang ke objek wisata tersebut bersama keluarga dan sanak saudara.

Jam Operasional Wisata Panorama Ampangan

Jam operasional Panorama Ampangan Kota Payakumbuh Sumatera Barat buka selama 24 jam dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Wisata Panorama Ampangan

Penginapan di wisata Panorama Ampangan Kota Payakumbuh Sumatera Barat tepat di lokasinya memang tidak ada.

Tetapi bagi anda yang hendak menginap terdapat hotel atau penginapan yang jaraknya paling jauh sekitar 4 kilometer dari Panorama Ampangan Kota Payakumbuh Sumatera Barat.

Harga yang ditawarkan beragam tergantung dari jenis fasilitasnya. Rata – rata harganya tidak lebih dari Rp. 250.000 per malamnya.

Tips Wisata Menuju Wisata Panorama Ampangan

Tips wisata menuju wisata Panorama Ampangan Kota Payakumbuh Sumatera Barat adalah sebagai berikut :

  • Pastikan semua perbekalan dan perlengkapan tidak ada yang ketinggalan
  • Hari dimana anda berangkat rekreasi haruslah cerah, supaya menikmati keindahan di Panorama Ampangan lebih leluasa
  • Panorama Ampangan adalah wisata dengan konsep kekinian. Maka anda tidak boleh lupa membawa kamera, karena spot di sana sangat instagrammable banget.
  • Utamakan keselamatan saat di perjalanan dan di lokasi wisata. Apalagi saat masuk ke jalan yang melalui pemukiman penduduk jangan sampai kebut – kebutan ya…
  • Patuhi protokol keamanan dan kesehatan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola maupun pemerintah setempat
  • Jangan merusak alam serta jangan sampai membuang sampah sembarangan. Karena sampah adalah musuh terbesar sebuah objek wisata.
  • Hormati nilai – nilai, adat istiadat, budaya, serta keyakinan masyarakat lokal. Jangan sampai keceriaan wisata melanggar batasan etika dan moral ya…

Penutup

Alam telah mengahdirkan dasar – dasar keindahan, kreativitas dan teknologi manusia adalah polesan untuk menghadirkan panorama kesempurnaanya.

Panorama Ampangan adalah satu diantara sekian banyak objek wisata yang kekinian sebagai simbol harmoni alam dengan manusia.

Bagi para wisatawan, jadilah bagian dari harmoni tersebut dengan cara menjaga apa yang sudah ada, dan selalu menjaga kebersihan lokasi wisata dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

Selamat berlibur, dan tetap bersyukur…

Baca juga:

Leave a Comment