Pulau Cubadak, Surga yang Populer di Penduduk Negeri Seberang

Pulau Cubadak memiliki segalanya sehingga layak untuk disebut sebagai surga bahari Indonesia. Dengan ekosistem pulau yang masih sangat terjaga dan alam bawah laut yang tak perlu dipertanyakan lagi.


Pulau Cubadak, pulau dengan fasilitas resort bintang 5
Pulau Cubadak. Image via: idntimes.com

Semua kelebihan pulau Cubadak itu membuat banyak para wisatawan penasaran ingin merasakan seperti apa wisata di Pulau ini. Pulau Cubadak terletak terlindung di teluk. Ini membuatnya aman dari kencang angin dan kuat arus dari Samudera Hindia. Karena itulah perairan pulau ini sangat tenang dan pengunjung dapat aman dan nyaman menikmati pantai.

Secara geologi, dahulu Pulau Cubadak ini adalah kawasan kawah, sehingga kekayaan bawah laut sekitar pulau begitu melimpah. Aneka jenis terumbu karang dan biota laut sangat mudah ditemukan. Oleh karena itulah banyak para penyelam dunia datang mengunjungi surga bahari ini.

Dengan panorama alam yang indah itu, Pulau Cubadak menyedot banyak minat wisatawan mancanegra. Bahkan wisatawan asal German, pernah membuat sebuah film dokumenter tentang segala keindahan pulau ini. Berawal dari film tersebut, banyak media internasional berdatangan ingin meliput Pulau Cubadak.

Efek dari peliputan media asing itu, informasi tentang Pulau Cubadak ini secara cepat menyebar di berbagai negara. Alhasil maka nama Pulau Cubadak Sumbar pun lebih populer di luar negeri, daripada di tanah air.

Panrama pantai pulau cubadak yang menawan hati
Panorama pulau. Image via: bobocantik.com

Simak juga: Ragam Tempat wisata di Padang.

Lokasi Pulau Cubadak

Pulau Cubadak berlokasi di, Ampang Pulai, Koto XI Tarusan, Kabupaen Pesisir Selatan, Sumatra Barat.

Pulau ini merupakan salah satu dari beberapa pulau di dalam teluk Mandeh.

Rute Menuju Pulau Cubadak

Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi obyek wisata tersebut bisa memilih penerbangan ke Bandara Minangkabau, Padang.

Dari Bandara Minangkabau ini bisa melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum. Ada banyak kendaraan umum menuju ke kawasan wisata pulau cubadak. Pilih ke arah Pantai Carocok, Kota Painan.

Dari sini lanjutkan perjalanan ke dengan menyewa speedboat. Biasanya dikenakan tarif sebesar Rp. 150.000 sekali jalan. Dan hanya membutuhkan waktu 15 menit.

Akses lain yang bisa digunakan oleh pengunjung adalah dari arah Pelabuhan Mandeh. Pelabuhan ini terletak di Kabupaten Pesisir Utara. Dari pelabuhan ini para pengunjung juga bisa menggunakan kapal wisata dimana hanya akan memakan waktu sekitar 15 menit saja.

Cara mencapai pulau dengan Berlayar ke Cubadak
Berlayar ke Cubadak. Image via: cubadak-paradisovillage.com

Jam Buka Pulau Cubadak

Pulau terbuka selama 24 jam untuk menerima kunjungan. Namun demikian kecuali akan menginap di resort, tidak disarankan berwisata malam hari. Karena ketiadaan fasilitas penerangan.

Tiket Pulau Cubadak

Pengunjung yang menginjakkan kaki di pulau cubadak tidak dipungut biaya masuk. Gratis.

Fasilitas Pulau Cubadak

Pulau Cubadak walaupun kecil namun bukanlah sebuah pulau tak berpenghuni. Pulau ini telah dilengkapi dengan fasilitas resort bernama “Cubadak Paradiso Village”. Resoert ini resort bintang 5, dengan standar fasilitas dan sarana penunjang yang sangat lengkap. Biaya untuk menginap di resort ini $ 120 per malam. Dengan durasi menginap minimal 2 malam.

Namun jika tidak ingin menginap, pengunjung tetap bisa berwisata di pulau itu, tentu dengan menjaga etika dan saling menghargai dengan tamu resort.  Agar tidak mengganggu tamu-tamu yang bersedia membayar mahal untuk beristirahat di pulau itu.

Menjelajag panatis ekitar pulau cubadak dengan perahu tradisional
Menjelajah Pantai. Image via: @stefi_lee92

Simak juga: Pantai Wediombo.

Aktivitas Menarik di Pulau Cubadak

Keindahan alam dengan pantai yang berpasir putih, membuat Pulau Cubadak jadi fenomenal. Posisi pulau  yang berada di Teluk Tarusan dengan dikelilingi beberapa pulau kecil lainnya, membuat kawasan pulau ini dianugerahi pemandangan yang sangat menakjubkan.

  1. Lingkungan yang Nyaman

Pantai pulau cubadak yang bersih dan Alami
Pantai yang alami. Image via: @mytravelsecret

Pulau ini nyaman untuk lokasi wisata. Tidak ada ancaman bahaya dari alam, seperti tanaman beracun, binatang buas dan binatang beracun. Kenyamanan ini mencakup di daratan pulau maupun di perairan laut sekitar pulau.

Di pulau Cubadak banyak terdapat monyet ekor panjang, babi hutan, kadal dan beberapa spesies ular. Namun semua hewan itu sangat pemalu, cenderung menjauh dan  menghindari kontak dengan manusia.

Karena alami dan bersih lingkungan pulau, Air dapat diminum di mana-mana termasuk di kamar mandi. Air dialihkan ke resor dari sumber di bukit. Kualitas air alam itu telah diuji dan diukur di Eropa Barat dan di Indonesia dan izin pembotolan dan penjualan diperluas ke resor.

Tidak ada malaria di bagian Sumatera ini, sama sekali tidak ada di pulau itu, tidak ada demam berdarah juga.

  1. Wisata Bawah Air

Menyelam adalaha ktivitas paforit di perairan sekitar pulau cubadak
Berangkat menyelam. Image via: flickr.com

Simak juga: Menyelam di Takabonerate.

Pulau Cubadak terletak di samudera India. Pulau ini menjadi pemisah antara pantai barat Sumatra dan kepulauan Mentawai. Suhu air laut konstan 29 ℃ hingga sejauh 30 meter ke bawah permukaan. Ini menjamin membuat air mengandung nutrisi yang cukup untuk memungkinkan berkembang keanekaragaman hayati dan ekosistem yang sangat kaya.

Iklim yang sejuk sepanjang tahun memungkinkan pengunjung untuk menyelam kapan saja sepanjang tahun. Arus yang ringan, dan keragaman besar dari lokasi penyelaman cocok dengan tujuan menyelam untuk rekreasi relaksasi. Menyelam jadi menyenangkan, baik bagi penyelam mahir maupun penyelam pemula.

Selama penyelaman, pengunjung dapat menemui berbagai macam spesies karang dan spons. Berbgai spesies itu diantaranya Sea fans, koral pipa, koral gelembung, dan spons tong. Kelimpahan nutrisi di laut serta beragamnya karang, berkontribusi pada keanekaragaman hayati yang signifikan. Untuk ikan, di lokasi ini penyelam bisa menemukan berbagai spesies ikan, kura-kura, krustasea, dan nvertebrata.

gerombolan ikan di perairan dekat pantai pulau cubadak
Gerombolan ikan. Image via: Cubadak paradiso village

Sebagian besar spesies ikan karang tropis dapat dilihat di sini, mulai dari ikan kerapu hingga ikan penyengat,ikan badut, bibir manis oriental, trevallies, barakuda, hingga beberapa nama lain. Nudibranch yang sangat berwarna biasanya terlihat serta berbagai ikan bintang atau teripang, dan pleurobranch yang lebih langka. Lokasi pengyelaman ini terlindung dari dari arus oleh gugusan kelupauan mentawai. Ini menyebabkan spesies pelagis besar tidak lazim di sini.

Tips Mengunjungi Pulau Cubadak

Saat berkunjung ke pulau cubadak, ada baiknya pengunjung memperhatikan beberapa hal berikut.

  • Bila ingin menginap, lebih baik booking terlebih dahulu melalui web resmi Cubadak Paradisso Village atau menelpon pada nomor yang tercantum.
  • Bila kamu tak ingin menginap, kamu pun masih dapat berkunjung dengan konfirmasi melalui via telepon terlebih dahulu.
  • Jika kamu bukan tamu resort, bila ingin berjalan di sekitar kawasan pantai, lebih baik ijin terlebih dahulu pada pihak pengelola.
  • Namun bila kamu tak ingin repot, kamu dapat menggunakan jasa travel lokal yang sudah banyak memberikan paket wisata Pulau Cubadak dengan harga yang kompetitif.
menikmati keseluruhan pulau dari ketinggian pondok panorama di puncak pulau cubadak
Pondok Panorama. Image via: Cubadak paradiso village

Simak juga: Pantai Pink Lombok.

Objek Wisata Dekat Pulau Cubadak

Pesisir barat Sumatera memang dipenuhi dengan pantai-pantai indah. Salah satunya adalah Pantai Sago yang berjarak hanya 34 km dari teluk Mandeh. Pantai sago cantik dengan deretan Pohon pinus yang membuat pengunjung jadi nyaman berjalan-jalan di sepanjang pesisir pantai.

Sedikit lebih jauh ke selatan, dalam berjarak 42 km dari teluk Mandeh ada pantai populer pantai Carocok. Sebagai pantai populer, pantai carocok memiliki fasilitas permainan air yang cukup lengkap. Disana tersedia flying fox, donat boat, banana boat.

Itulah beberapa informasi soal pulau Cubadakyang bisa kami bagikan. Segera rencanakan untuk menghabiskan waktu liburan di Padang. Apalagi Padang bukan hanya Pulau ini saja, ada banyak lagi objek wisata di padang lainnya yang bisa dikunjungi.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment