Pulau Cubadak, Surga di Sumatera Barat

Pulau Cubadak merupakan sebuah pulau cantik yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Pulau ini sangat indah dan menenangkan.

Cocok sekali untuk kamu yang sedang membutuhkan tempat untuk menenangkan diri dari hingar bingarnya dunia perkotaan.

Pulau Cubadak cenderung memiliki perairan yang tenang, karena lokasinya terlindung di teluk. Selain itu pulau ini memiliki kehidupan bawah air yang sangat indah.

Keindahan Pulau Cubadak bahkan sempat direkam oleh wisatawan asal German, untuk pembuatan film dokumenter tentang pulau ini.

pulau cubadak
pulau cubadak. google maps. sumber: abdul karim 

Simak juga: Ragam Tempat wisata di Padang.

Ya, sebelum pandemi Covid-19 Pulau Cubadak selalu ramai dikunjungi wisatawan yang berasal dari luar negeri. Mereka mengagumi keindahan panorama alam yang tersaji disini.

Namun, saat ini Pulau Cubadak tak terlalu ramai, sehingga kamu dapat merasakan sensasi seperti berada di Private Island.

Berikut ulasan dan keseruan lengkap yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pulau Cubadak:

Lokasi & Alamat Pulau Cubadak

Lokasi Pulau Cubadak di dalam kawasan Teluk Tarusan, alamat lengkapnya di Ampang Pulai, Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

surga di sumetara barat
surga di sumetara barat. google maps. sumber: Kawirian

Rute Menuju Pulau Cubadak

Rute menuju Pulau Cubadak, dapat bergerak dengan mengarahkan kendaraan ke arah Pantai Carocok, Painan. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan speedboat menuju Pulau Cubadak.

Bisa juga dari Pelabuhan Mandeh yang berada di Kabupaten Pesisir Utara, kemudian dengan menggunakan kapal wisata tibalah kamu di Pulau Cibadak.

Jam Buka Pulau Cubadak

Jam operasional Pulau Cubadak dibuka setiap hari selama 24 jam non stop. Lebih baik datang ketika matahari sedang bersinar terang, karena kamu harus menyebrangi lautan terlebih dahulu.

mengabadikan alam pulau cubadak
mengabadikan alam pulau cubadak. google maps. sumber: Rina Maris

Tiket Pulau Cubadak

Tidak ada tiket masuk khusus untuk memasuiki Pulau Cubadak, hanya butuh yang lebih untuk mengeksplor Pulau Cubadak ini.

Maka, banyak pengunjung yang menginap di resortnya. Sehingga kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk akomodasi dan penginapan selama di Pulau Cubadak.

Fasilitas Pulau Cubadak

Fasilitas yang ada di Pulau Cubadak sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang memadai. Pulau ini telah dilengkapi sebuah resort yang memberikan fasilitas resort bintang 5.

Sehingga standar fasilitas dan sarana penunjang pun pasti sudah sangat lengkap.

Ragam Wisata Seru Di Pulau Cubadak

Keindahan Pulau Cubadak sudah terkenal ke negeri seberang, selain indah pulau ini pun memberikan kamu ragam wisata seru yang dapat dilakukan. Diantaranya:

1. Mengelilingi Pulau

seru seruan bersama
seru seruan bersama. google maps. sumber: Eka nasution

Kawasan Pulau Cubadak dianugrahi pemandangan yang sangat menakjubkan, birunya laut dan hamparan pasir putihnya sungguh sangat memikat.

Ditambah lagi, pulau ini tak terlalu banyak pengunjung yang datang sehingga kamu akan merasa sangat nyaman ketika berada disini.

Pulau Cubadak memiliki luas sekitar 40 km persegi, dengan bentangan pantainya kira-kira 1,5 km. Hiasan hijaunya pepohonan yang ada, dibalut dengan birunya laut dan bersihnya langit.

Berjalan-jalan di sepanjang pantai banyak dilakukan oleh meraka yang datang bersama pasangan ataupun keluarga tercinta.

2. Hiking ke atas bukit

hiking untuk melihat keindahan di ketinggian
hiking untuk melihat keindahan di ketinggian. google maps. sumber: Anto Ardhie

Simak juga: Pantai Pink Lombok.

Kegiatan seru lain yang dapat kamu lakukan di Pulau Cubadak ialah dengan mendaki bukit yang berada di sekitar pulau, dan melihat keindahan Pulau Cubadak dari ketinggian.

Jalur trekking menuju bukit pun sudah ditata sehingga mudah untuk didaki. Waktu yang dibutuhkan untuk tiba di puncak hanya sekitar 10 menit saja.

Di atas puncak bukit terdapat sebuah saung kecil yang dapat kamu gunakan untuk duduk-duduk santai sambil memandangi panorama alam yang tersaji.

3. Bermain perahu

Bermain perahu banyak dilakukan pengunjung ketika berada di Pulau Cubadak, banyak dari mereka yang bermain serunya perahu layar atau perahu lainnya.

Selain itu berenang dan bermain air lautnya dapat kamu lakukan dengan hati yang riang, berjemur di atas pasir putihnya banyak dilakukan turis mancanegara ketika berada di Pulau Cubadak.

4. Menikmati keindahan bawah laut

ragam wisata snorkeling
ragam wisata snorkeling. google maps. sumber: Rina Maris

Simak juga: Menyelam di Takabonerate.

Keindahan Pulau Cubadak bukan hanya di daratannya saja, namun dunia lautnya pun menyimpan keindahan yang mengagumkan.

Arus yang dimiliki ringan, sehingga memudahkan pengunjung untuk melakukan snorkeling ataupun diving. Dan bisa dilakukan oleh kamu yang masih amatiran juga loh…

Keindahan bawah lautnya dihiasi beragam karang dan spons, ditambah lagi dengan banyaknya ikan-ikan yang berenang di sekitarnya.

Air lautnya sangat jernih dan bersih, sehingga petualanganmu di bawah laut sangat mudah.

5. Penginapan Di Pulau Cubadak

penginapan di pulau cubadak
penginapan di pulau cubadak. google maps. sumber: Suro Peji

Simak juga: Pantai Wediombo.

Menginap merupakan langkah terbaik ketika mengunjungi Pulau Cubadak, karena kamu akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengeksplor keindahannya.

Di Pulau Cubadak telah ada resort bintang 5 yang bernama Cubadak Paradiso Village, dimana memiliki 15 bungalow dengan kapasitas kunjungan hingga menampung 35 orang.

Akan lebih memudahkan jika kamu menggunakan jasa travel, sehingga pihak travel akan mengurus semua keperluan kamu selama berada di Pulau Cubadak.

Meskipun harga yang ditawarkan tidak murah, namun hal tersebut sebanding dengan segala kenikmatan yang kamu rasakan selama berada di Pulau Cubadak.


Tinggalkan komentar