Istana Pagaruyung, Bisa Foto Sambil Memakai Baju Adat Miang Loh

Istana Pagaruyung layaknya sebuah lorong waktu yang mampu menyajikan nuansa jaman dahulu, tepatnya saat di masa Kerajaan Pagaruyung.

Para pengunjung yang datang, bukan hanya mampu menyaksikan jejak sejarah pada masa lampau berupa istana saja, namun para pengunjung juga dapat menyewa pakaian adat Minang selama berada di objek wisata Istana Pagaruyung.

Istana Pagaruyung merupakan wisata Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat yang populer sebagai destinasi wisata sejarah. Apalagi saat di akhir pekan, atau di hari libur, sudah pasti situasinya akan ramai dikunjungi wisatawan.

seperti hidup pada masa itu
seperti hidup pada masa itu. google maps. sumber: Lagizi HR

Simak juga: Ragam Tempat wisata di Padang.

Penasaran apa saja daya tarik dari Istana Pagaruyung tersebut? Inilah info lengkapnya yang telah kami siapkan untuk anda.

Nama Lain Istana Pagaruyung

Seperti halnya objek wisata lainnya, Istana Pagaruyung memiliki nama lain juga. Di antaranya:

  • Istana Basa Pagaruyung
  • Istano Basa Pagaruyung
  • Istano Basa Pagaruyuang

Sejarah Istana Pagaruyung

Perlu diketahui bahwa Istana Pagaruyung yang ada saat ini bukanlah Istana Pagaruyung asli. Maksudnya bukan berarti bentuk, serta arsitekturnya tidak sama dengan Istana Pagaruyung yang asli, bukan seperti itu.

Jadi, lokasi Istana Pagaruyung sebelumnya berada di atas Bukit Batu Patah. Kemudian pada tahun 1804, istana tersebut dibakar oleh Kaum Paderi.

dihiasi taman yang cantik
dihiasi taman yang cantik. google maps. sumber: Fari Warman

Simak juga: Keindahan Istana Maimun.

Bukan hanya itu saja, ternyata pada tahun 1966, dan yang terbaru pada tahun 2007 karena tersambar petir. Meskipun begitu, dari kejadian kebakaran pertama, barang-barang yang ada di dalam Istana Pagaruyung berhasil diselamatkan.

Istana Pagaruyung dibangun kembali di lokasi saat ini pada tahun 1976. Pembangunan replika Istana Pagaruyung bertujuan menjadi pemantik kebangkitan, serta kebanggan masyarakat Minang terhadap tradisi, dan budayanya.

Tahun 1976 juga menjadi tahun pertama dibukanya Istana Pagaruyung sebagai objek wisata untuk umum. Dan perlu dketahui juga bahwa Istana Pagaruyung berstatus sebagai Cagar Badaya.

Adapun tentang kapan pertamakali Istana Pagaruyung dibangun (Yang Asli), sampai saat ini belum diketahui kapan tepatnya istana tersebut dibangun.

Lokasi Dan Alamat Istana Pagaruyung

Lokasi Istana Pagaruyung terletak di Kota Batusangkar, sebuah kota yang secara administratif berada di dalam Kabupaten Tanah Datar.

Adapun alamat Istana Pagaruyung berada di Jalan Alam, Kecamatan Tanjung Emas, Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

istana pagaruyung
istana pagaruyung. google maps. sumber: salmanmen channel

Simak juga: Istana Keraton Kasepuhan.

Rute Menuju Istana Pagaruyung

Jalan menuju objek wisata Istana Pagaruyung sangat mudah dijangkau, karena lokasinya sangat strategis, tepat berada di samping jalan utama.

Jarak Istana Pagaruyung dari Kota Batusangkar hanya 5 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 10 menit saja. Kendaraan anda bisa sampai di lokasi parkiran Istana Pagaruyung.

Tempat parkirnya berada di seberang objek wisata Istana Pagaruyung. Setalah anda selesai memarkirkan mobil, kemudian anda harus berjalan menyusuri area parkir yang dikelilingi oleh toko-toko yang menjual souvenir khas Minang.

Harga Tiket Masuk Istana Pagaruyung

  • Tiket masuk Istana Pagaruyung Rp. 15.000 untuk dewasa.
  • Tiket masuk Istana Pagaruyung Rp. 7.500 untuk anak-anak.
  • Sewa baju khas Minang berkisar dari harga Rp. 35.000 – Rp. 75.000.
wisata sejarah yang epic
wisata sejarah yang epic. google maps. sumber: Fadhly Nuzul

Simak juga: Istana Keraton Kanoman.

Jam Buka Istana Pagaruyung

  • Istana Pagaruyung buka dari pukul 08.00 – 16.00.
  • Istana Pagaruyung buka setiap hari, dari hari Senin – Minggu.

Fasilitas Di Istana Pagaruyung

Fasilitas di Istana Pagaruyung sudah lengkap untuk menunjang kenyamanan wisata pengunjung, seperti:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Penyewaan baju adat
  • Toko souvenir
  • Kantin
  • Area taman
interior istana pagaruyung
interior istana pagaruyung. google maps. sumber: Jefri Antoni

Penginapan Di Istana Pagaruyung

Bagi anda yang mencari penginapan yang dekat dengan Istana Pagaruyung, bisa anda temukan di pusat Kota Batusangkar, jaraknya hanya 5 kilometer dari Istana Pagaruyung. Karena tidak ada fasilitas penginapan di Istana Pagaruyung.

Daya Tarik Istana Pagaruyung

1. Istana Bersejarah

bangunan lain di sekitar istana pagaruyung
bangunan lain di sekitar istana pagaruyung. google maps. sumber: Jefri Antoni

Simak juga: Museum Kereta Istana Keraton Jogja.

Daya tarik yang pertama tentu saja Istana Pagaruyung, sebuah istana yang memiliki nilai filosofis khas budaya Minang. Istana tersebut memiliki 3 tingkatan, yang memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Arsitektur Istana Pagaruyung didomisasi oleh bahan bangunan yang terbuat dari kayu. Bahkan design istana, dan kayu tersebut diduga akan kuat, dan tahan gempa.

Di dalam Istana Pagaruyung terdapat banyak sekali ukiran, dan ornamen – ornamen yang memiliki arti, dan nilai tersendiri. Meskipun sebagian ornamen adalah replika, namun tidak mengurangi nilai sejarah, dan rasa bangga terhadap budaya Minang.

2. Penyewaan Baju Adat Minang

berfoto menggunakan pakaian adat
berfoto menggunakan pakaian adat. google maps. sumber: Ronal Wahyu

Simak juga: Bale kambang peninggalan istana keraton Solo.

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Istana Pagaruyung tanpa memakai baju adat khas Minang. Para pengunjung tidak perlu repot-repot membawa sendiri dari rumah, karena di lokasi objek wisata Istana Pagaruyung terdapat penyewaan baju adat tersebut.

Lokasi penyewaan baju adat Minang berada di bagian bawah Istana Pagaruyung. Banyak sekali ragam baju adat yang dipajangkan, baik dari sisi warna, maupun bahan kainnya.

Baju tersebut bisa terus dipakai selama para pengunjung berada di area objek wisata Istana Pagaruyung. Bisa juga loh sambil selfie memakai baju adat tersebut, apalagi berlatarkan Istana Pagaruyung, sudah pasti menghasilkan foto yang bagus.


Tinggalkan komentar