Istana Maimun, Dari Sejarah, Hingga Legenda Meriam Puntung

Istana Maimun pada saat ini dimanfaatkan sebagai bangunan bersejarah, museum, untuk lebih mengenal, dan memahami fakta sejarah di masa lampau, khususnya sejarah di Medan.

Istana Maimun peninggalan kerajaan Deli, atau Kesultanan Deli, pada masa Sultan Ma’moen Al Rasyid. Arsitektur bangunannya juga megah, bergaya Mughal.

istana maimun medan
istana maimun medan. google maps. sumber: Wilmar Desrizal

Keberadaan sebuah museum, ataupun peninggalan sejarah lainnya, seharusnya mampu dijadikan gerbang untuk memahami sejarah perjuangan di masa lampau, serta untuk memahami jatidiri bangsa.

Begitupun dengan Istana Maimun Medan. Keberadaanya menjadi gerbang untuk mengerti, dan memahami hal-hal tersebut. Apalagi lokasi Istana Maimun sangat strategis, sehingga tidak ada alasan untuk abai terhadap nilai, dan peninggalan sejarah.

Dan inilah artikel Istana Maimun yang sudah kami siapkan untuk anda, sebagai referensi menentukan tempat wisata di Medan saat akhir pekan, dan saat liburan tiba.

Lokasi Dan Alamat Istana Maimun

Lokasi Istana Maimun dekat dengan pusat Kota Medan. Alamat Istana Maimun berada di Jl. Brigjen Katamso No.66, AUR, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.

Rute Menuju Istana Maimun

istana maimun saat malam hari
istana maimun saat malam hari. google maps. sumber: Wigas Angga Kalifi

Jalan menuju Istana Maimun Medan bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat, baik kendaraan pribadi, maupun kendaraan umum.

Lokasinya Istana Maimun sangat strategis, terletak dekat dengan pusat Kota Medan. Jarak dari pusat kota Medan ke Istana Maimun hanya 3 kilometer saja, dengan waktu tempuh hanya sekitar 10-15 menit saja.

Harga Tiket Masuk Istana Maimun

  • Tiket masuk Istana Maimun Rp. 10.000 per orang.
  • Tiket masuk Meriam Puntung Rp. 3.000 per orang.

Jam Buka Istana Maimun

  • Istana Maimun buka setiap hari.
  • Istana Maimun buka dari pukul 08.00 – 17.00.

Fasilitas Di Istana Maimun Medan

Fasilitas wisata di Istana Maimun adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Penyewaan baju adat,
  • Taman,
  • Penjual makan, dan minuman,
  • Penyewaan kuda,
  • Barang-barang bersejarah,
  • Serta Meriam Puntung.

Sejarah Istana Maimun

wisata sejarah di medan
wisata sejarah di medan. google maps. sumber: Erik van Hassel

Sejarah Istana Maimun sangat terkait erat dengan sejarah Kesultanan Deli. Istana Maimun dibangun pada tahun 26 Agustus 1988, dan selesai pada 18 Mei 1891, pada masa Sultan Ma’moen Al Rasyid.

Istana Maimun dirancang oleh seorang arsitek berkebangsaan Belanda, yang bernama Majoor Theodoor van Erp. Arsitektur Istana Maimun bergaya Mughal.

Saat ini, penyebutan, dan penulisan Istana Maimun Medan sering juga disebut, dan ditulis dengan diksi Istana “Maimoon”.

Daya Tarik Istana Maimun

Luas kawasan Istana Maimun adalah 2.772 meter persegi. Di dalam kawasan tersebut, terdapat daya tarik yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Di antaranya :

1. Istana Klasik, Nan Megah

singgasana di istana maimun
singgasana di istana maimun. google maps. sumber: Taufik WIDJAJA

Kelebihan Istana Maimun adalah selain sebagai wisata destinasi wisata sejarah yang populer di Medan, di sisi lain juga sebagai destinasi wisata keluarga yang edukatif.

Daya tarik yang pertama tentu saja keberadaan Istana Maimun. Istana yang bergaya Mughal, memiliki 2 lantai, serta 30 ruangan.

Di dalam istana tersebut terdapat banyak sekali benda-benda bersejarah, dari mulai singgasana, hingga foto-foto tokoh bersejarah.

Istana Maimun hingga saat ini masih berdiri kokoh, tertata, dan terawat secara baik. Oleh karena itu, para pengunjung diharapkan untuk berhati-hati selama di lama istana, jangan sampai merusak properti yang ada.

2. Penyewaan Baju Adat

Aktivitas wisata di Istana Maimun yang tidak boleh terlewatkan adalah selfie dengan menggunakan baju adat. Kesan megah, elegan, sambil duduk di singgasana adalah daya tarik utamanya.

Selain itu, di area luar Istana Maimun terdapat taman yang tertata secara baik. Di area tersebut terdapat beberapa wahana permainan anak, seperti ATV, dan menunggangi kuda.

3. Meriam Puntung

lokasi meriam puntung
lokasi meriam puntung. google maps. sumber: nuhverdo herlandy

Di objek wisata Istana Maimun juga terdapat sebuah lokasi yang sangat melegenda, yang bernama Meriam Puntung. Lokasinya di dekat area taman Istana Maimun.

Sebuah Meriam yang memiliki cerita sejarah di masa Kerajaan Haru Baru, serta tentang cerita 3 bersaudara, 2 laki-laki, dan 1 orang perempuan, yaitu Putri Hijau.

Selain cerita sejarah, dan legenda, ada satu hal lagi yang sangat menarik perhatian dari meriam tersebut. Terdapat sebuah lubang kecil di meriam, saat telingga pengunjung di tempelkan di lubang tersebut, maka akan mendengar suara tertentu.


Tinggalkan komentar