Air Terjun Jambuara, Review Lengkap Trekking Dan Pesona Keindahan Air Terjun Di Sumatera Utara

Sumatera Utara merupakan sebuah Provinsi dengan Medan sebagai ibukotanya, dimana letaknya berada di bagian utara Pulau Sumatera. Jumlah populasi penduduk di Sumatera Utara menempati posisi keempat terbanyak setelah Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Jika mendengar Sumatera Utara yang terlintas dibenakmu pastilah Danau Toba. Padahal tempat wisata yang ada di Sumatera Utara ini bukan hanya Danau Toba saja. Masih banyak tempat yang lainnya yang harus kamu kunjungi.

Salah satunya ialah Air Terjun Jambuara, air terjun ini memiliki keindahan yang luar biasa. Aliran airnya mampu membangkitkan jiwa dan raga kamu.

Penanda Lokasi Air Terjun Jambuara
Penanda Lokasi Air Tejun Jambuara. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Berikut ulasan lebih jauh mengenai Air Terjun Jambuara, check this out!

Trekking Menuju Air Terjun Jambuara Indah

Akses jalan menuju Air Terjun Jambuara Indah bagus dan beraspal, meskipun begitu jalannya tidak terlalu lebar jadi kamu harus berhati-hati saat mengemudikan kendaraan. Jalannya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Semakin mendekati area parkir Air Terjun Jambuara Indah keadaan jalan yang akan kamu lalui semakin tak beraturan. Jalannya rusak parah hingga kamu akan merasakan guncangan ditubuhmu, kayaknya sayang deh kalau menggunakan kendaraan roda empat.

Sambutan Awal Air Terjun Jambuara
Sambutan Awal Air Terjun Jambuara. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tibanya di area parkir Air Terjun Jambuara Indah, kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dan asri serta kamu akan disuguhi dengan quote lucu tentang kepanjangan kata “Jambuara”.

Setelah memarkirkan kendaraan, kamu akan memulai trekking dengan berjalan kaki. Kamu akan melewati jalan setapak yang sangat kecil dikelilingi pepohonan yang rindang serta masih berupa tanah dan bebatuan.

Kamu seakan berjalan ditengah hutan dengan hamparan pepohonan yang lebat dikiri dan kanan jalan. Trekking yang akan kamu lakukan kurang lebih sejauh 200 meter dengan estimasi waktu sekitar 30 menit.

Jalurnya didominasi oleh tanjakan yang berupa anak tangga yang masih terbuat dari kayu, tanah dan batu. Terdapat pegangan disetiap tangga untuk menahan tubuhmu agar tetap seimbang.

Sepanjang melakukan trekking kamu tidak akan merasa bosan karena selain disuguhi pemandangan hutan yang masih asri kamu juga akan ditemani dengan beberapa quote lucu.

Quote Sepanjang Jalur Trekking
Quote Sepanjang Jalur Trekking. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Ketika Air Terjun Jambuara semakin dekat kamu harus menuruni beberapa anak tangga yang cukup curam, kemudian menyusuri arus sungai. Tibalah hamparan Air Terjun Jambuara didepan mata.

Pesona Keindahan Air Terjun Jambuara

Air Terjun Jambuara dibuka untuk umum sekitar tahun 2015 lalu, awalnya dikenalkan melalui media sosial yang diunggah oleh para pengunjung.

Air Terjun Jambuara memiliki ketinggian sekitar 30 meter, airnya mengalir diantara tebing yang sangat tinggi. Tebing tersebut seakan mengapit aliran air yang turun begitu derasnya menuju kolam alami yang berada di bawahnya.

Air Terjun Jambuara
Air Terjun Jambuara. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Disekitar aliran Air Terjun Jambuara terdapat bebatuan dengan besar yang beragam. Ada batu yang sangat besar hingga bebatuan kecil. Bebatuan tersebut menambah kealamian area Air terjun Jambuara.

Debit air yang dialirkan cukup deras, hingga memunculkan uap tepat berada dibawa aliran air terjunnya. Mendengarkan deburan airnya membuat kamu semakin relaks dan merasakan ketenangan merasuk kedalam jiwa.

Ragam wisata Air Terjun Jambuara

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan saat berada di area Air Terjun Jambuara diantaranya:

1. Berenang

Untuk melakukan kegiatan berenang di area Air Terjun Jambuara kamu harus waspada dan berhati-hati. Karena derasnya curahan Air Terjun Jambuara, membuat kamu dapat terbawa oleh arus airnya.

Kolam Alami Air Terjun Jambuara
Kolam Alami Air Terjun Jambuara. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jika kamu ingin berenang lebih baik hindarilah curahan langsung air terjunnya, untuk menghindari hal-hal buruk yang bisa saja terjadi.

2. Bermain Air

Kegiatan lain yang dapat kamu lakukan saat berada di area Air Terjun Jambuara ialah dengan bermain aliran air yang dialirkan melalui sungai yang masih berada di area yang sama.

Bermain Air Merasakan Kesegaran Airnya
Bermain Air Merasakan Kesegaran Airnya. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Merasakan sejuknya air menyentuh kakimu, dan merasakan kesegaran setelah melakukan trekking yang cukup melelahkan.

3. Berfoto

Keindahan alam Air Terjun Jambuara sayang jika kamu tidak mengabadikannya dalam bentuk foto atau video. Banyak spot foto menarik yang dapat kamu temukan, keindahan air terjunnya selalu menjadi spot foto yang paling diminati.

Berfoto Bersama Keindahan Air Terjun Jambuara
Berfoto Bersama Keindahan Air Terjun Jambuara. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kisah Pilu Air Terjun Jambuara Indah

Pada tahun 2017 lalu telah terjadi kejadian pilu yang seharusnya tidak terjadi. Kisah tersebut yakni peristiwa tenggelamnya 3 orang pengunjung Air Terjun Jambuara Indah, dimana 1 orang dapat terselamatkan sedangkan 2 orang lainnya tewas tenggelam.

Kejadian tersebut berawal dari ketiganya yang berenang didekat aliran air terjunnya, padahal waktu itu sudah diperingatkan oleh pengelola bahwa jangan langsung berenang didekat aliran air terjunnya karena arusnya yang sedang deras.

Namun ternyata hal tersebut tak diindahkan oleh ketiganya, lalu akhirnya mereka pun berenang. Dan kisah pilu itu pun terjadi. Akhirnya ketiganya terbawa oleh arus, namun hanya satu yang dapat terselamatkan.

Kejadian pilu tersebut harusnya membuat kita lebih berhati-hati dan mematuhi aturan yang diberikan oleh pengelola. Semoga kejadian pilu tersebut tak terulang kembali.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Jambuara

Lokasi Air Terjun Jambuara berada tepat di perbatasan Kabupaten Asahan dengan Kabupaten Simalungun.

Alamat lengkapnya terletak di Desa Aek Komangin, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara.

Rute Menuju Air Terjun Jambuara

Air Terjun Jambuara berada sejauh 182 km dari Kota Medan, kamu bisa menggunakan rute  menuju Pematang Siantar kemudian melaju ke daerah Tanah Jawa kemudian sampailah kamu di Desa Aek Komangin.

Jika kamu bingung mengenai arah atau rute menuju Air Terjun Jambuara kamu bisa mengandalkan Google Maps atau dengan bertanya kepada warga sekitar.

Tiket Masuk dan Parkir Air Terjun Jambuara

Untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Jambuara, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar:

  • Tiket masuk                 : Rp. 5.000,- per orang
  • Tiket parkir motor       : Rp. 10.000,- per unit
  • Tiket parkir mobil        : Rp. 20.000,- per unit

Jam Operasional Air Terjun Jambuara Indah

Jam operasional Air Terjun Jambuara Indah dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 17.59.

Namun, karena jalur trekkingnya lumayan terjal dan belum dilengkapi dengan lampu penerangan, sebaiknya kamu datang ketika matahari masih bersinar terang.

Fasilitas Air Terjun Jambuara Indah

Fasilitas yang ada di area Air Terjun Jambuara, diantaranya yakni:

  • Area parkir
  • Warung makanan dan minuman
  • Toilet

Semua fasilitas tersebut berada diarea pintu masuk menuju Air Terjun Jambuara, sedangkan di area air terjunnya tidak terdapat fasilitas apa-apa.

Tips Wisata

Berikut beberapa tips wisata yang dapat saya bagikan untuk menjadi bahan referensi kamu ketika hendak mengunjungi Air Terjun Jambuara, diantaranya yakni:

  • Pastikan kondisi cuaca cerah, tidak mendung apalagi sedang turun hujan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk berjalan jauh.
  • Bawalah persediaan makanan atau minuman untuk bekal kamu selama berada di Air Terjun Jambuara Indah.
  • Tempat wisata air ini tidak cocok untuk anak-anak, mengingat trekkingnya yang cukup menantang.
  • Berhatilah-hatilah saat menapaki jalur trekking.
  • Hindarilah berenang mendekati area aliran air terjunnya.
  • Jagalah kebersihan dan keasrian area Air Terjun Jambuara.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan setiap momen indah ketika berada di Air Terjun Jambuara.

Penutup

Keindahan air terjun mau seperti apa medan yang akan dilalui, tak akan menjadi hambatan untuk kita menikmati keindahannya.

Trekking yang dilalui ketika hendak menikmati keindahan Air Terjun Jambuara, tak menjadi hambatan. Bahkan dijadikan sebuah sarana untuk menguji adrenalin.

Keindahan dan ketenangan yang dirasakan saat berada di Air Terjun Jambuara harus kamu rasakan juga. Kunjungilah Air Terjun Jambuara jika kamu sedang berada di Medan.

Jangan lupa siapkan foto terbaikmu saat berada di Air Terjun Jambuara, ya!

Baca juga:

Leave a Comment