Review Wisata Geosite Sipinsur, Sejarah, Tiket Masuk, Dan Alamat

Melihat keindahan alam dari ketinggian memang sungguh mengasyikan. Jika kamu pernah pergi ke puncak yang ada di Bogor, kamu dapat melihat hamparan perkotaan dibalut alam dari ketinggian. Ditemani dengan udara sejuk yang menenangkan jiwa.

Melihat dari ketinggian merupakan sebuah cara untuk kita melihat sesuatu tanpa adanya yang terlewat. Kita dapat dengan puas menikmati hamparan alam, melihat ke setiap sudut kota.

Kamu pasti tahu Danau Toba kan? Danau Toba merupakan danau terbesar di Pulau Sumatera, dan keindahannya sudah terkenal bukan hanya di Indonesia saja melainkan ke seantero dunia.

Ada cara lain untuk kamu yang ingin menikmati keindahan Danau Toba. Yaitu dengan mengunjungi Geosite Sipinsur. Geosite Sipinsur sendiri terletak di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Pemandangan Danau Toba Di Atas Sipinsur
Pemandangan Danau Toba Di Atas Sipinsur. Sumber : marketeers.com

Dalam Bahasa Batak Humbang Hasundutan sendiri mempunyai arti tanah tinggi tempat terbenamnya matahari. Karena memang lokasi Geosite Sipinsur berada di ketinggian 1.213 meter di atas permukaan laut, dengan luas sekitar 2 hektare.

Geosite sendiri mempunyai arti sebuah wisata yang terbentuk dari susunan geologi, biologi dan kebudayaan atau singkatnya sebuah kawasan wisata alam. Geosite Sipinsur pernah meraih juara pertama pada Ajang  Pesona Indonesia (API) pada tahun 2018 lalu yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata setempat dilihat dari vegetasi alam dan kenaturalannya.

Hal itu dikarenakan Geosite Sipinsur merupakan dataran tinggi yang memberikan panorama alam Danau Toba sebagai hamparan pemandangannya.

Keindahan Pemandangan Geosite Sipinsur
Keindahan Pemandangan Geosite Sipinsur. Sumber : www.pariwisatasumut.net

Kamu ingin tahu lebih jauh mengenai Geosite Sipinsur ini? Yuk, Check this out!

Ragam Wisata, Keindahan dan Aktivitas di Geosite Sipinsur

1. Spot selfie

Zaman sekarang tak lengkap rasanya jika kita pergi ke suatu tempat tanpa foto-foto. Kita akan langsung mencari spot terbaik, kemudian mengabadikannya.

Di Geosite Sipinsur banyak sekali spot foto yang dapat kamu ambil, dengan berlatarkan keindahan Danau Toba, keindahan pohon pinus yang menjulang tinggi, atau jika kamu beruntung kamu dapat berfoto dengan latar posisi awan yang berada di bawahmu.

Salah-Satu Spot Selfie Di Sipinsur
Salah-Satu Spot Selfie Di Sipinsur. Sumber : jayakartanews.com

2. Wahana bermain anak

Geosite Sipinsur juga menyediakan arena bermain untuk anak-anak. Supaya siapa saja dapat menikmati keindahan alam Sipinsur tanpa terkecuali.

Wahana Bermain Anak Di Geosite Sipinsur
Wahana Bermain Anak Di Geosite Sipinsur. Sumber : nusantarakini.com

3. Camping

Di wilayah Geosite Sipinsur terdapat hutan pinus yang biasa dimanfaatkan untuk kegiatan camping. untuk kamu yang akan melakukan kegiatan camping disini, kamu harus siap dengan udara dingin yang akan menusukmu hingga ke tulang. Karena udaranya bisa mencapai 17 derajat celsius, ha itu disebabkan karena berada di dataran yang tinggi.

Camping
Camping. Sumber : www.hetanews.com

Sejarah Geosite Sipinsur

Di muka bumi ini hanya ada 7 supervulcan atau letusan gunung berapi yang paling besar, diantaranya supervulcan Danau Toba.

Supervulcan Danau Toba diperkirakan terjadi sekitar 73.000 tahun yang lalu. Kemudian terbentuknya dataran tinggi di sekitar Danau Toba. Dan dataran tinggi tersebut sebagai puncak supervulcan tersebut.

Dari sekian banyak dataran tinggi yang mengitari Danau Toba, terdapat satu dataran tinggi yang runcing menghadap ke danau legendaris tersebut yang bernama Sipinsur.

Penamaan Sipinsur diambil dari kata atau bahasa Batak “pinsur” yang berarti runcing. Maka nama geosite ini dikenal dengan nama atau sebutan Geosite Sipinsur.

Geosite Sipinsur Bagian Dari Danau Toba
Geosite Sipinsur Bagian Dari Danau Toba. Sumber : sumut.idntimes.com

Adat dan Budaya Masyarakat Sekitar

Adat dan budaya masyarakat yang ada di sekitar Geosite Sipinsur masih sangat kental dijalani dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya menjadi sebuah panorama yang patut ditiru oleh daerah lain tentang konsep melestarikan adat dan budaya warisan para leluhur.

Adat Batak yang masih kental dijalani, seperti :

  • Acara Kelahiran
  • Perkawinan
  • Pemakaman
  • Tutur Kata Kepada Orang Tua
Prosesi Pernikahan Adat Batak
Prosesi Pernikahan Adat Batak. Sumber : www.popbela.com

Dan Salah-satu budaya Batak yang masih dijalani sampai saat ini dikenal dengan Dalihan Na Tolu yang berarti tiga prinsip yang wajib dipatuhi, diantaranya :

  • Hormat kepada pihak keluarga istri
  • Mengayomi dan menghargai wanita
  • Hati-hati bersikap kepada orang yang semarga

Lokasi Dan Alamat Geosite Sipinsur

Lokasi dan alamat geosite sipinsur berada di Desa Parulohan Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasudutan Provinsi Sumatera Utara – 22476

Rute Menuju Geosite Sipinsur

Rute menuju Geosite Sipinsur hanya 18 kilometer jika dari Bandara Silangit di Siborong-borong Kabupaten Tapanuli Utara dengan total waktu tempuh sekitar 30 menit.

Dari bandara ambil arah utara menuju Jalan Raya Muara / Jalan Silangit. Lau belok kiri menuju Jalan Sisingamangaraja.

Setelah menepuh jarak sekitar 3,2 kilometer, kemudian belok kanan menuju ke Jalan Sihonongar hingga sampai di Jalan Pariwisata.

Setelah masuk di Jalan Pariwisata dan menempuh jarak sekitar 2,1 kilometer, belok kanan sekitar 350 kilometer. Dan tepat di sebelah kanan, anda sudah memasuki kawasan wisata Sipinsur.

Tetapi jika pemberangkatan pertama dari kota Medan, biasanya akan menghabiskan waktu sekitar 8 jam perjalanan

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Geosite Sipinsur

Harga tiket masuk wisata Geosite Sipinsur adalah sebesar Rp. 5000 per orang. Harga tiketnya sangat murah sekali, sehingga cocok dijadikan tujuan wisata keluarga dan wisata edukasi.

Jam Operasional Geosite Sipinsur

Jam Operasional Geosite Sipinsur berawal dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 23.00. Geosite Sipinsur buka dari hari Senin sampai dengan hari minggu.

Penginapan Di Geosite Sipinsur

Tidak ada penginapan di area wisata Geosite Sipinsur, dan penginapan terdekat dengan lokasi Sipinsur berjarak sekitar 17 kilometer.

Adapun harga yang ditawarkan bervariasi tergantung jenis penginapan atau hotel, serta jenis fasilitasnya. Harga penginapan berkisar dari harga Rp. 200.000 sampai Rp. 900.000

Tips Wisata Menuju Geosite Sipinsur

Jika kalian akan berangkat ke objek wisata Geosite Sipinsur, ada baiknya ikuti tips-tips di bawah ini :

  • Lakukan perjalanan wisata anda saat cuaca sangat mendukung, yaitu saat kondisi cerah
  • Jika anda hendak berkemah di area Geosite Sipinsur, pastikan semua perbekalan dan perlengkapan tidak ada yang ketinggalan
  • Jika tujuan anda berkemah, maka disarankan untuk berkoordinasi atau lapor kepada pihak pengelola
  • Berhati – hatilah selama di perjalanan maupun di lokasi wisata dengan cara mematuhi setiap protokol kesehatan dan keamanan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola maupun pihak pemerintah setempat.
  • Jangan sampai merusak alam, dan jangan sampai membuang sampah sembarangan. Apalagi saat berada di Geosite Sipinsur. Karena Geosite Sipinsur akan dijadikan sebagai paket wisata internasional sebagai bagian dari danau Toba. Jadi jangan bikin malu negara hanya karena membuang sampah sembarangan ya…
  • Selalu ciptakan kondisi nyaman, aman, dan bahagia selama di perjalanan dan di lokasi wisata
  • Abadikan selalu momen kebahagiaan anda, lalu bagikan momen kebahagiaan tersebut di media sosial anda. Sekaligus membantu promosi destinasi wisata yang sedang berkembang.

Penutup

Keindahan alam yang ada di bumi nusantara hanya dengan sedikit polesan mampu berubah menjadi destinasi wisata yang mengagumkan. Geosite Sipinsur adalah satu dari kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia yang tengah bersiap go Internasional.

Mari kita dukung pengembangan lokasi ini, salah-satunya dengan cara tidak merusak dan tidak membuang sampah sembarangan saat berkunjung ke lokasi wisata tersebut.

Itulah review tentang Geosite Sipinsur, dan selamat berlibur…

Baca juga:

Leave a Comment