Sitinjau Lauik, Tanjakan Maut Yang Menyimpan Keindahan Alam

Jalan raya adalah sebuah jalan yang biasa dilalui oleh banyak kendaraan. Pada zaman dahulu jalan hanya berupa tanah dan masih berbatu, seiring dengan perkembangan zaman jalan pun berubah menjadi jalan beraspal dan mulus.

Jika melihat jalan di perkotaan hanya dihiasi dengan jalanan yang lurus dan datar, beda halnya jika kamu melalui jalanan di daerah pegunungan. Jalannya akan lebih menantang, dengan jalanan nanjak atau turunan curam atau bahkan berkelok-kelok.

Seperti halnya jalur Puncak di Bogor atau Tanjakan Panganten di Tasikmalaya. Di Sumatera Barat pun terdapat sebuah jalan yang penuh dengan tantangan dan tanjakan yang sangat curam.

Jalan tersebut biasa disebut Sitinjau Lauik. Sitinjau Lauik berada di Jalan Lintas Sumatera dengan rute Kota Padang-Arosuka-Solok dan panjang jalurnya kurang lebih sejauh 15 kilometer.

Sitinjau Lauik termasuk kedalam salah satu rute nasional yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dengan sejumlah Provinsi lainnya di Indonesia. Sehingga jalurnya selalu padat dipenuhi kendaraan setiap harinya.

Sitinjau Lauik
Sitinjau Lauik. Sumber: news.koropak.co.id

Kamu penasaran kenapa disebut Sitinjau Lauik? Hal itu dikarenakan para pengendara dapat dengan mudah memandang laut di sepanjang barat jalur Sitinjau Lauik. Selain itu juga dapat menatap keindahan Kota Padang dari atas ketinggian.

Jalur Sitinjau Lauik masih diselimuti hutan dengan pepohonan yang rindang sehingga udara disekitarnya menjadi sejuk, pemandangannya pun menyimpan keindahan yang luar biasa. Jadi, bisa sedikit meringankan ketegangan ya.

Keindahan Alam Sitinjau Lauik
Keindahan Alam Sitinjau Lauik. Sumber: www.boombastis.com

Karena jalur Sitinjau Lauik berada diantara pepohonan dan bahkan ada aliran sungai di pinggir jalannnya meskipun kecil namun cukup deras apalagi kalau sedang musim hujan, maka terdapat belasan titik yang berpotensi longsor terutama ketika curah hujan tinggi. Jadi untuk kamu yang melewati jalur ini saat musim hujan mesti waspada tingkat tinggi.

Curamnya Tanjakan Sitinjau Lauik
Curamnya Tanjakan Sitinjau Lauik. Sumber: www.boombastis.com

Jalur Sitinjau Lauik memiliki tikungan tajam yang kemudian disambut dengan tanjakan tinggi, ini merupakan jalur yang paling menakutkan bagi setiap pengendara yang melintas. Sitinjau Lauik dihiasi jurang dengan kedalaman puluhan meter. Itulah sebabnya mengapa Sitinjau Lauik disebut rute maut dan paling ekstrim di Sumatera Barat karena banyak kecelakaan yang sudah terjadi.

Sitinjau Lauik memiliki dua jalur, apabila ada truk atau kendaraan besar yang akan lewat maka kendaraan lainnya dari arah berlawanan harus menahan diri dan memberikan ruang bagi truk atau kendaraan besar yang akan melintas.

Hal tersebut terjadi di Panorama I dan Panorama II, karena tikungannya yang sangat curam. Namun kamu jangan terlalu khawatir apabila terjadi sesuatu dengan kendaraamu, ada yang selalu siap sedia beberapa warga sekitar yang biasa disebut “Pak Ogah” untuk berjaga di beberapa tikungan tajam. Dan “Pak Ogah” selalu standby selama 24 jam nonstop.

Pak Ogah Yang Membantu Mengawasi Tanjakan Sitinjau Lauik
Pak Ogah Yang Membantu Mengawasi Tanjakan Sitinjau Lauik. Sumber: donialsiraj.wordpress.com

Kejadian atau Peristiwa di Sitinjau Lauik

Ada beberapa kejadian atau peristiwa di Sitinjau Lauik beberapa bulan belakangan ini. Diantaranya :

1. Kecelakaan Mobil

Pada tanggal 16 April 2020 pukul 06.00 WIB terjadi kecelakaan di Sitinjau Lauik Panorama II. Tepatnya di Kelurahan Indarung, kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang.

Kejadian tersebut terjadi pada kendaraan Daihatsu Xenia dengan nomor polisi  B 1847 NKJ yang berisikan lima orang penumpang, terjun bebas ke dalam jurang sedalam 30 meter.

Mobil tersebut datang dari arah Timur atau dari arah Solok menuju Panorama I. Mobil tersebut diduga kehilangan kendalinya karena jalanan yang licin diakibatkan tumpahnya minyak CPO.

Namun bersyukurnya tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut. Pengemudi dan penumpangnya hanya mengalami luka-luka dan segera dilarikan ke Rumah Sakit Semen Padang.

Mobil Masuk Jurang
Mobil Masuk Jurang. Sumber: www.sumbarfokus.com

 

2. Bus Tingkat Masuk Jalur Sitinjau Lauik

Kejadian selanjutnya merupakan kejadian yang paling menegangkan. Karena untuk pertama kalinya ada bus tingkat datang melewati tanjakan Sitinjau Lauik beberapa bulan yang lalu. Bus tingkat tersebut membawa rombongan keluarga pemilik P.O. Pelita Paradep yang hendak menuju Kota Padang.

Ajaibnya bus tingkat tersebut berhasil melewati tanjakan dengan sangat mulus, tanpa ada kendala yang berarti. Hal itu dikarenakan sopir bus tersebut sudah terbiasa lewat jalur Sitinjau Lauik, jadi beliau sudah faham betul tentang kondisi jalannya.

 

 

Bus Tingkat Masuk Jalur Sitinjau Lauik
Bus Tingkat Masuk Jalur Sitinjau Lauik. Sumber: otomotif.kompas.com

Lokasi Sitinjau Lauik

Lokasi Sitinjau Lauik berada di Jalan Lintas Sumatera dengan rute Kota Padang-Arosuka-Solok.

 

Tips Melewati Sitinjau Lauik

  • Supaya perjalananmu melewati Sitinjau Lauik aman, kamu ada baiknya ikuti tips berikut ini :
  • Siapkan kendaraanmu sebaik mungkin, pastikan semuanya aman dan tidak ada yang bermasalah.
  • Saat kamu melewati Sitinjau Lauik menggunakan kendaraan kecil, alahkah baiknya hati-hati saat berdekatan dengan kendaraan yang lebih besar.
  • Jika kamu menggunakan kendaraan besar saat melewati Sitinjau Lauik, kamu harus hati-hati dan pastikan langkah yang kamu ambil benar.
  • Untuk kamu yang membawa kendaraan besar sebaiknya kamu hafal betul keadaan jalurnya.
  • Lajukanlah kecepatan kendaraan kamu dengan sebaiknya.
  • Selalu fokus saat berkendara.

Penutup

Zaman sekarang ini penggunaan jalan raya sangat dibutuhkan oleh kita semua. Tak terbayangkan apa yang terjadi jika jalan raya tidak ada. Tentu saja semua proses sendi kehidupan akan terkendala.

Begitu pentingnya fungsi jalan, kita bahkan membelah hutan supaya terciptanya jalan raya. Bagaimana pun kondisi jalannya pasti kita akan lalui, untuk memudahkan segala urusan kita.

Pada dasarnya Sitinjau Lauik memudahkan kita. Hanya karena berada di tengah hutan jalan yang tercipta pun cukup terjal dan curam.

Namun selama kita tetap waspada dan hati-hati maka hal-hal yang tidak diinginkan dipastikan tidak terjadi. Termasuk kondisi kendaraan juga harus dalam keadaan prima.

Lihatlah keindahan alam yang dihadirkan Sitinjau Lauik. Siapkan kondisi kamu sama kendaraan saat memasuki jalur Sitinjau Lauik, ya!

Baca juga:

Leave a Comment