Kebun Raya Bogor, Wisata Edukasi, Selfi, Hingga Misteri Ada Di sini

0

Siapa yang tidak tahu Kebun Raya Bogor, keindahan kawasan yang berpadu dengan sejarah ini memang memiliki pesona magis tersendiri. Kawasannya yang begitu luas ditambah dengan berbagai macam koleksi bunga, membuat Kebun Raya Bogor menjadi ikon wisata dan menjadi idola serta primadona bagi sobat native lannya.

Kebun Raya Bogor Air Mancur
Image via: www.instagram.com/chichi_adin74
dago dream park info

dago dream park

Sejarah Kebun Raya Bogor

Waktu itu, peperangan sedang terjadi di eropa, belanda yang berada di kawasan benua biru tersebut terkena imbas yang cukup besar Hingga pada akhirnya, hampir seluruh pusat ilmu pengetahuan dan seni budaya di pindahkan ke Indonesia. Dengan dikirimnya Cornelist Theodorus Elout dan G.A.G.P Baron Van Der Cappelen.

Bersama dengan Prof. Caspar George Carl Reinwart yang merupakan penasehat berkebangsaan Jerman dan pindah negara menjadi Belanda. Diangkat sebagai direktur pertanian, pendidikan, dan seni untuk pulau jawa pada tahun 1816.

Reinwart pun langsung menggarap tugasnya dengan meneliti beberapa tanaman yang mungkin bisa digunakan sebagai obat. Kemudian, beliau memutuskan untuk mengumpulkan semua jenis tumbuhan yang ada ke kebun botani yang berada di sekitar istana Bogor.

Pada saat kedatangan kerajaan Inggris melalui wiliam kent lahan ini pun disulap dengan gaya inggris klasik dan lebih dipercantik semenjak kedatangan Raffles. Kemudian, pada tanggal 18 mei 1817 kebun raya bogor didirikan dengan menancapkan ayunan cangkul di tanah bogor untuk petama kalinya.

Seluas 47 hektar di persiapkan untuk proses pembangunan dan mengumpulkan beberapa tanaman yang dimulai dari tahun 1817 hingga 1822. Kurang lebih 900 jenis tanaman hidup berada di kawasan ini. Pembangunan kebun ini sempat mengalami pemberhentian lantaran tidak ada dana tetapi, pada tahun 1831, Pembangunan kawasan ini akhirnya dimulai kembali.

Pada tahun ini kebumn raya bogor mengalami penataan ulang semua tanaman mulai di data kembali dan diurutkan sesuai dengan nama familynya. Pohon-pohon besar pun kembali di teliti dan dicatat tahun penanamannya.

Baca Juga :  Berwisata ke Curug Bidadari Sentul Paradise Park Bogor
Kebun Raya Bogor Rindang
Image via: www.instagram.com/sukajus

Di kebun raya ini ada sebuah tugu untuk memperingati jasa Tejsmann yang berhasil membawa beragam jenis tanaman ke kebun ini. Tanaman ini hasil penjelajahannya ke berbagai penjuru dunia. Oleh sebab itu tidak berlebihan lagi jika, ada nama Taman Tejsmann di kawasan ini.

Daya Tarik Kebun Raya Bogor

Luasnya kawasan ini membuat penjelajahan kebun raya bogor begitu menarik dilakukan terlebih dengan potongan-potong sejarah yang hadir didalamnya. Seperti, monumen lady Raffles. Penemu bunga bangkai ini ternyata punya sisi romantis yang mungkin bisa sobat native ambil pelajarannya.

Sosok Rafles untuk perkembangan dunia pariwisata dan ilmu pengetahuan bagi bangsa ini memang patut diacungi jempol. Apalagi, sosoknya sebagai seorang penjelajah yang sehingga menciptakan sebuah buku tentang pulau jawa kala itu memang menarik untuk disimak.

Dibalik keindahan terdapat sebuah nuansa mistis yang datang seperti itulah yang terjadi di kawasan ini. Dimana, kebun raya ini memiliki sebuah danau yang esoktis nan elok, ditumbuhi beberapa tanaman teratai menambah daya pikat dan menjadikan tempat ini sebagai spot selfie. Tetapi, perlu diketahui bahwa pada saat malam hari tempat ini berubah.

Penampakan noni belanda pun sering muncul di tengah danau. Sehingga memunculkan nuansa mistis. Tidak jauh dari tempat ini ada sebuah prasasti bernama prasasti reinwart. Dimana, sobat native bisa melihat sejarah panjang kawasan ini.

Kebun Raya Bogor Istana
Image via: www.instagram.com/roy.claise

Selain itu, dari sini pula sobat native bisa melihat halaman belakang istana bogor yang biasa digunakan presiden untuk menjamu tamu-tamunya berbicara santai. Istana yang dibangun pada tahun 1745 ini tampak gagah dan mempesona. Tak jarang presiden sering menerima tamu undangan di sini.

Ada lagi hal yang menarik mengenai patung tangan tuhan, dimana patung ini memiliki bentuk sebuah tangan yang sedang menjunjung laki-laki yang kepalanya sedang menengadah dan mulut terbuka. Patung ini memiliki sejarah tentang irian jaya, dibuat oleh seorang anak didik seniman asal prancis Auguste Rodin bernama Carl milles dan merupakan sumbangan dari swedia.

Baca Juga :  Ketep Pass, Pemandangan Gunung Kembar Dalam Satu Titik

Ada pula komplek pemakaman belanda kuno yang masih terawat hingga saat ini. Komplek ini berisi makam para pendiri kebun raya bogor dan para penyumbang tanaman yang menjadikan kebun raya ini seperti saat ini. Ada pula makam Mbah Jepra, dimana makam ini diyakini sebagai asal mula kota Bogor dan salah satu makamnya adalah istri dari prabu siliwangi.

Kawasan Taman soedjana kasan menjadi kawasan yang paling indah, dimana tempat ini ada lambang negara, Garuda. Dibagian undakan taman ini ada akar-akar gantung tua yang berukuran besar sehingga orang dewasa pun bisa berayun disini tanpa takut terputus.di tempat ini merupakan salah satu spot foto favorit.

Kebun Raya Bogor Tangga
Image via: www.instagram.com/fitri_albaa22

Bagi wisatawan, yang menyukai tanaman anggrek di kawasan ini sudah tersedia griya anggrek yang mengesankan dan menggoda sobat native untuk membawanya pulang. Kemudian, ada jalan astrid dan bunga tasbih yang sayang untuk tidak diabadikan. Selain jalan astrid ada juga kolam astrid, dimana sobat native bisa melihat teratai super besar berjajar disini.

Habis itu ada juga yang namanya taman astrid. Taman ini mengindikasikan kecantikan dari permaisuri belgia bernama putri astrid. Ada pula jembatan pemutus cinta dimana tersiar mitos, sepasang kekasih yang berjalan di jembatan ini akan putus.

Ada pula taman meksiko, dimana wisatawan akan melihat berbagai macam tanaman tandus yang mengesankan seperti kaktus. Jangan lupa juga berkunjung ke museum zoology, ada banyak pengetahuan tentang hewan tersaji disini dan laboratorium treub dimana wisatawan akan disuguhkan dengan laboratorium fotokimia. Tempat ini pun biasanya juga digunakan sebagai kawasan tempat syuting lho sobat native.

Baca Juga :  Nusa Lembongan Bali, Alternatif Destinasi Indah Di Pulau Dewata

Lapar, wisatawan bisa langsung mengunjungi Grand Garden yang berada di kawasan kebun raya. Konsep eropa klasik yang menjadi saksi sejarah taman ini tampak mempesona. Nuansa inilah yang bakal menghipnotis wisatawan untuk berlama-lama di kawasan ini

Kebun Raya Bogor Jembatan Merah
Image via: www.instagram.com/lhyndazz

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk kawasan ini adalah 15 ribu untuk wisnus dan 25 ribu untuk wisman. Apabila sobat native ingin berkeliling dengan menggunakan mobil yang disediakan harus membayar 30 ribu rupiah.

Atau kalau mau naik sepeda onthel saja yang sehat, bisa dengan harga 5 ribu rupiah, bagaimana murah bukan?

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat kawasan ini berada di Jl. Ir.H. Juanda No. 13, Desa Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Kawasan kebun raya bogor berada di tengah kota disarankan bagi sobat native yang ingin berkunjung ke sini untuk naik transpotasi umum karena, lebih efektif dan terhindar macet.

Turun di stasiun bogor, kemudian jalan kaki ke trotoar dan ikuti saja jalan yang ada. Kemudian setelah sampai di pertigaan dimana ditengahnya terdapat tugu berupa jam belok ke kanan. Lalu menyeberang dan berjalan kurang lebih 200 meter di kiri jalan juanda adalah pintu masuk kebun raya bogor. Mudah, murah dan sehat bukan?

Kebun Raya Bogor Rusa
Image via: www.instagram.com/cintachintyaaa

Kebun Raya Bogor adalah kawasan wisata kebanggaan warga bogor yang menarik dikunjungi, Seharian di kawasan ini tidak akan cukup karena, banyak sekali spot menarik yang bisa dipilih dan digunakan untuk selfie.

Ayo berkunjung ke kawasan ini dan ajak keluarga kemari.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.