Gunung Pancar, Wisata Alam di Bogor Dengan Berbagai Cerita

Menghirup udara segar adalah sebuah keharusan bagi mereka yang sudah penat dengan segala rutinitas yang ada. Kalau sudah begini gunung menjadi salah satu rute alternatif untuk menikmati suasana yang aduhai. Dengan sejuknya udara dan pemandangan yang mengesankan, membuat siapa pun pasti ingin pergi kesana.

Gunung Pancar, salah satu pesona di Bogor yang memiliki semua suasana dan nuansa yang diinginkan bagi sobat native yang membutuhkan liburan. Kawasan ini memang memanjakan mata serta mampu melelehkan hati yang sedang gundah gulana. Penasaran dengan objek wisata ini, mari kita simak penjelajahannya di bawah ini.

Gunung Pancar Complete
Image via: www.instagram.com/bluecassy7

Gunung Pancar Bogor

Tidak hanya wisatawan nusantara saja, wisatawan mancanegara pun juga mencari keberadaan kawasan ini. Pesonanya perlahan terdengar hingga belahan Eropa. Maka tak jarang sobat native akan melihat wisatawan mancanegara yang berlalu lalang kesana-kemari. Mereka jatuh cinta dengan suhu dan nuansanya yang berbeda dengan kawasan lainnya.

Salah satu daya magis yang mampu meluluhkan hati sobat native adalah pesona pemandian air hangat dan wisata alam yang luar biasa indahnya. Berada di ketinggian 800 mdpl sudah cukup membuat sobat natuive tergoda untuk datang kesini lagi dan lagi.

Lihat juga; daftar tempat wisata di Bogor yang populer

Gunung Pancar Santai
Image via: www.instagram.com/larasnurainii

Aktifitas di Gunung Pancar

Pepohonan yang menjulang tinggi di kawasan ini memang membuat siapa pun betah untuk berlama-lama. Bahkan ada wisatawan sampai lupa waktu karena terbius kemegahan suasana Gunung Pancar. Ada banyak sekali aktifitas yang bisa dilakukan untuk menikmati Gunung Pancar ini.

1. Hammock

Pertama kali yang terlintas saat datang dan menginjakkan kaki disini adalah hammock. Aktifitas ini memang menyenangkan. Merentangkan peralatan diantara kedua batang pohon yang besar kemudian tidur dan merebahkan badan adalah hal yang paling menarik.

Baca Juga :  Pesona Candi Ratu Boko: Sejarah, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk

Menghirup udara yang masih sangat segar tanpa polusi dan mendengarkan alam bernyanyi dengan iringan burung-burung serta hembusan angin. Membuka hati terasa sangat damai, tenang dan sejahtera. Semua beban hidup itu seakan hilang dengan sendirinya.

Gunung Pancar Hammock
Image via: www.instagram.com/armanfauzigultom

2. Foto

Perlu diakui, jajaran pepohonan ini menghasilkan spot foto genic yang sangat sayang untuk dilewatakan. Ada banyak sekali spot, angel dan pose yang bisa dilakukan saat sobat native berada di kawasan ini. Semuanya terasa sangat menyenangkan dan senyum akan terkembang dengan sendirinya.

Keunggulan dari Gunung Pancar adalah sinar matahari yang tidak bisa masuk lantaran lebatnya pepohonan. Dengan seperti ini cahaya yang dihasilkan tidak begitu kuat dan bagus untuk fotografi. Maka tak jarang bila berkunjung ke sini sobat native akan bertemu dengan para pecinta fotografi.

Saking spot genicnya kawasan ini juga digunakan sebagai salah satu lokasi prewed favorit di Kota Bogor. Banyak yang bilang tempat ini mempunyai daya magis yang kuat bagi mereka yang ingin menjalin sebuah pernikahan, selepas dari sini seperti tumbuh rasa cinta yang sangat mendalam.

Gunung Pancar Prewed
Image via: www.instagram.com/maruraprjct

3. Outbond

Lebih menarik lagi sobat native bila bersama-sama dengan teman untuk menikmati arena outbond. Dimana beragam macam permainan ada disini. mulai dari namanya paint ball, flying fox tersedia dengan tingkat keamanan dan keseruan yang terjamin.

4. Pemandian Air Panas

Tidak afdol rasanya berada di kawasan ini untuk tidak berendam, karena pemandian air panas disini mempunyai tingkat relaksasi yang tinggi. Sobat native akan dibawa serasa di surga jika berendam di tempat ini. Untuk menikmati pemandian ini sobat native harus merogoh kocek sebesar 25 ribu rupiah.

Gunung Pancar Pemandian Air Panas
Image via: https://goo.gl/maps/BXC2ZC1kcoQ2

5. Makam Dan Pagelaran Seni

Di Gunung Pancar ini ternyata ada banyak makam tokoh keagamaan yang namanya sudah ternama seperti Raden laluwung, Ki Mas Bungsu, H. Dalem Putih hingga Kalijaga. Sobat native bisa berkunjung ke makam mereka dan kirim doa untuk arwah mereka. Tetapi tetap jaga norma kesopanan.

Baca Juga :  Jogja Escape; Pantai Depok Yang Menawan Dan Eksotis

Kawasan ini termasuk yang paling angker karena mereka yang bersemayam adalah raja-raja dan tokoh yang memiliki kekuatan sakti madraguna. Dengan menjaga norma kesopanan, sobat native akan terhindar dari beberapa hal yang tidak diinginkan seperti kesurupan atau diikuti makhluk penunggu tempat tersebut.

Nah, pada waktu-waktu tertentu di kawasan ini kerap digelar upacara-upacara keagamaan serta seni tradisional. Sobat native bisa menikmati kawasan ini hanya saja tetap harus berhati-hati karena aura magisnya akan terasa sangat kuat.

6. Olahraga

Jangan lupa untuk menikmati kawasan ini dengan berolahraga, seperti menyewa sepeda atau jogging. Tempat ini sudah ramah bagi mereka yang ingin berkeringat dan membuat badan sehat dengan olahraga. Apalagi dengan tempat yang kaya oksigen, pasti akan terasa sangat segar berada di sini.

Gunung Pancar Biking
Image via: www.instagram.com/yogipurwoko

Legenda Gunung Pancar

Keindahan Gunung Pancar tidak lepas dari yang namanya cerita legenda. Karena bagian ini memang menjadi bagian menarik untuk di simak. Salah satunya adalah cerita mengenai Gunung Pancar yang menjadi gunung pertama di pulau jawa.

Masyarakat sekitar percaya bila dahulu saat bumi ini diciptakan, bumi ini masih datar dan belum memiliki apa pun. Dalam keadaan ini bumi terus berguncang, dan mengalami gempa sehingga diciptakanlah yang namanya gunung sebagai penyeimbang dan pasak agar bumi ini tidak terus bergoyang.

Pada saat pertama kali menciptakan, masyarakat percaya bila Gunung Pancar inilah gunung yang pertama kali diciptakan. Maka dari itu disebut sebagai gunung pancar, karena mempunyai arti gunung yang pertama kali muncul.

Baca Juga :  Pantai Puncak Guha Garut

Flora dan Fauna

Namanya juga hutan, pasti sobat native akan bertemu dengan beberapa hewan-hewan yang lucu dan terkadang nakal seperti kutilang, babi hutan, ayam hutan merah, dan burung elang yang dilindungi.

Selain fauna yang mengesankan, Gunung Pancar juga menjadi tempat hidup beberapa flora seperti pohon pinus, rasamala, puspa, hingga rotan. Selain itu ada juga tanaman bernama jamuju, dan saninten.

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat lokasi kawasan ini berada di Kampung Ciburial, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa barat. Jarak dari Jakarta kurang lebih 45 km. Sobat native bisa mengarahkan kendaraannya menuju ke daerah Cawang. Menuju ke Tol Jagorawi, kemudian masuk jalan tol ke arah Bogor.

Dari arah tol jagorawi ambil jalur sebelah kanan menuju kearah jalan sentul raya. 8 km dari tempat ini sobat native akan bertemu dengan bundaran yang hanya setengahnya saja. Perjalanan kemudian dilanjutkan menuju ke arah Babakan Madang. Dari sini sobat native akan menemukan papan petunjuk menuju ke kawasan Gunung Pancar.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk kawasan ini adalah 5 ribu rupiah untuk weekday. Dan di weekend, harga akan naik menjadi 7.500 rupiah. Untuk biaya parkirnya membayar 5 ribu untuk motor dan untuk mobil membayar 10 ribu rupiah. Harga yang cukup murah bukan? Bagi yang ingin, menikmati wahana yang disediakan sobat native harus membayar kagi, berikut daftar harganya.

Inilah keindahan Bogor yang memang menarik untuk dikunjungi. Kawasan Gunung Pancar yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Berada disini menjadi sebuah kewajiban bagi sobat native yang ingin menikmati liburan yang tenang dan alami. Ayo datang dan nikmati kawasan Gunung Pancar ini bersama dengan keluarga dan teman.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.