Hutan Pinus Gunung Pancar Sentul, Lokasi Camping Yang Hits di Bogor

Hutan berfungsi untuk menciptakan udara yang sejuk bagi kita manusia, selain itu hutan juga dapat memberikan kita ketenangan. Di daerah Sentul Bogor terdapat sebuah hutan yang menjadi tempat wisata paling favorit.

Hutan tersebut berada di kawasan konservasi Gunung Pancar atau lebih dikenal dengan Hutan Pinus Sentul. Sehingga tak heran jika hutan tersebut menyajikan keindahan habitat vegetasi jajaran pohon pinus.

Pintu Masuk Hutan Pinus Sentul
Pintu Masuk Hutan Pinus Sentul. Sumber: www.anekatrip.com

Hutan Pinus Sentul berada diketinggian 800 meter di atas permukaan laut, dengan kemiringan lahannya mencapai 40%. Kita akan merasakan sejuknya udara yang diiringi oleh kicauan burung, yang seakan datang menyambut kita. Simak yuk, apa saja yang bisa kita lakukan di Hutan Pinus Sentul ini. Check this out!

Ragam wisata yang Ditawarkan Hutan Pinus Sentul

Pesona keindahan yang coba dihadirkan Hutan Pinus Sentul diantaranya:

1. Spot Selfie

Hutan Pinus Sentul, memiliki beragam spot foto menarik yang sayang untuk kamu lewatkan. Kurang lebih terdapat 38 spot foto yang dibagi kedalam beberapa kavling.

Namun, untuk kamu yang ingin berfoto di spot foto yang sudah disediakan kamu harus membayar sebesar Rp. 10.000,- untuk 1 spot foto. Untuk lebih hematnya kamu bisa mengambil paket 7 spot foto dengan harga Rp. 25.000,-.

Sistem pengambilan fotonya ialah, kamu naik ke spot foto yang akan kamu abadikan, kemudian petugasnya akan mengambilkan foto dengan menggunakan Gadget kamu. Spot foto ini dibuka mulai Pukul 07.00 WIB sampai Pukul 18.00 WIB.

Hutan Pinus Sentul juga sering digunakan untuk acara pemotretan prewedding, karena ditumbuhi banyak pohon pinus sehingga menjadikan suasana sangat romantis.

Spot Foto di Hutan Pinus Sentul
Spot Foto di Hutan Pinus Sentul. Sumber: www.tagar.id
Spot Foto Yang Lainnya di Hutan Pinus Sentul
Spot Foto Yang Lainnya di Hutan Pinus Sentul. Sumber: www.beritasatu.com

2. Outbound

Outbound merupakan sebuah koordinasi dari gerak olah tubuh dan kepekaan pada sekitarnya sehigga mampu mengembangkan kemampuan sosial. Kegiatan outbound bisa dilakukan di dalam atau di luar ruangan.

Hutan Pinus Sentul memfasilitasi kegiatan outbound kamu supaya lebih bermakna, menarik dan menyenangkan. Banyak kegiatan outbound yang ditawarkan yaitu:

  • Paintball
  • Archery
  • Outbound Team Building
Outbound di Hutan Pinus Sentul
Outbound di Hutan Pinus Sentul. Sumber: gunungpancarsentul.wordpress.com

3. Kolam Pemandian Air Panas

Hutan Pinus Sentul juga menyediakan pemandian air panas yang terbagi menjadi beberapa tempat sebagai berikut :

  • Kolam Renang 3 rasa, maksudnya ialah sebuah kolam bersama yang menyediakan tiga macam kolam yakni kolam air panas, kolam air hangat, dan kolam air dingin. Untuk kamu yang ingin menikmati kolam tiga rasa ini kamu cukup membayar tiket sebesar Rp. 15.000,- untuk anak-anak dan Rp. 25.000 untuk dewasa.
  • Kolam Keluarga, merupakan sebuah kolam pemandian air panas pribadi. Setiap keluarga diberikan satu kolam untuk digunakan berendam bersama. Kolam akan diganti airnya dengan yang baru jika ada yang akan menggunakannya. Untuk menikmati kolam keluarga ini kamu harus membayar tiket sebesar Rp. 100.000,- per jamnya.
  • Kolam Pemandian Umum, merupakan kolam pemandian air panas yang buka selama 24 jam. Dengan kolam yang dipisah antara kolam laki-laki dengan kolam perempuan. Harga tiket masuknya hanya Rp. 5.000,- untuk anak-anak dan Rp. 10.000,- untuk dewasa. Disini juga tersedia bubuk belerang yang biasa digunakan untuk luluran.
  • Kolam Therapy, merupakan sebuah kolam yang mempunyai pancuran air panas yang dapat membuat kita seperti dipijit. Untuk dapat merasakan sensasi pijitan tekanan air panas ini kamu harus membayar Rp. 50.000/org.

4. Therapy Ikan

Hutan Pinus Sentul juga menyediakan kolam terapi ikan, dimana kita akan merasakan gigitan ikan kecil yang memakan kulit-kulit kaki kita. Kamu harus tahan geli untuk dapat merasakan sensasi ini. Untuk kamu yang mau mencoba kolam terapi ikan, kamu harus membayar tiket terlebih dahulu sebesar Rp. 10.000,- per orangnya selama kurang dari 30 menit.

5. Hiking dan Tracking

Untuk kamu yang mempunyai jiwa berpetualang, kamu dapat mendaki dan menyusuri Gunung Pancar. Kamu akan menapaki jalan setapak yang terkadang dipenuhi bebatuan, melewati hutan pinus, serta menyebrangi sungai. Kamu akan menikmati lebih dalam lagi keindahan Gunung Pancar dan Huta Pinus yang mengelilinginya.

Tracking Di Gunung Pancar
Tracking Di Gunung Pancar. Sumber: hutansentul.com

6. Camping Ground

Untuk kamu yang ngga mau cape-cape hiking Gunung Pancar, kamu dapat menikmati keindahannya dengan cara yang lain. Misalnya dengan berkemah di area Hutan Pinus Sentul. Untuk kamu yang tidak membawa perlengkapan camping, tenang semuanya sudah siap sedia ko.

Camping Ground
Camping Ground. Sumber: www.thecarpenteroutdoor.com

7. Area Piknik

Hutan Pinus Sentul dikelilingi oleh deretan hutan pinus, cocok banget jika dipakai untuk kegiatan piknik. Kumpul bersama keluarga, mengobrol bersama, menikmati makanan sembari merasakan keindahan hutan pinusnya. Akan ada yang menjajakan tikar, jika kamu tidak membawanya dari rumah.

8. Kios-kios Makanan

Terdapat banyak kios-kios makanan yang akan membantu kamu mengisi perutmu yang kelaparan atau kehausan setelah lelah mengeksplor keindahan Hutan Pinus Sentul.

Salah Satu Kios di Hutan Pinus Sentul
Salah Satu Kios di Hutan Pinus Sentul. Sumber: review.bukalapak.com

Lokasi Dan Alamat Hutan Pinus Sentul

Lokasi dan alamat Hutan Pinus Sentul berada di Jl. Ke Karang Tengah, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810. Atau kamu bisa menghubungi melalui Call Center: 0857-8033-1638 atau 0812-8574-5247.

Rute Menuju Hutan Pinus Sentul

Untuk kamu yang berasal dari luar Bogor kamu harus menuju Tol Jagorawi dan keluar di Pintu Tol Sentul yang bagian selatan. Setelah itu kamu terus melaju, saat melihat Bellanova Mall kamu belok kiri menuju Jl. MH. Thamrin dan terus lurus menuju Jungle Land.

Setelah melewati alun-alun Sentul kamu belok kiri, kemudian kamu akan menemukan petunjuk jalan menuju Gunung Pancar di sebelah kanan. Setelah itu kamu akan memasuki jalanan yang lumayan sempit namun masih bisa dilalui oleh kendaraan dari arah yang berlawanan.

Teruslah berada di jalur tersebut sampai kamu menemukan loket tiket masuk menuju Hutan Pinus Sentul Gunung Pancar.

Tiket Masuk Hutan Pinus Sentul

Tiket masuk terbaru menuju Hutan Pinus Sentul adalah sebagai berikut:

  • Untuk kamu yang membawa Motor kamu harus membayar Rp. 7.500,-
  • Untuk kamu yang membawa Mobil kamu harus membayar Rp. 15.000,- dan Rp.7.500,- /orangnya.

Jam Operasional Hutan Pinus Sentul

Jam operasional Hutan Pinus Sentul buka setiap hari mulai Hari Senin sampai Hari Minggu dan selama 24 jam.

Tips Wisata

Ada beberapa tips yang sebaiknya kamu ikuti, saat kamu mengunjungi Hutan Pinus Sentul diantaranya :

  • Siapkan uang yang cukup, supaya kamu dapat menikmati semua fasilitas yang tersedia di Hutan Pinus Sentul.
  • Jangan lupa membawa baju ganti atau peralatan lainnya jika kamu ingin mencoba kolam pemandiannya.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman, karena lokasi Hutan Pinus sentul tidak serata jalan raya.
  • Siapkan juga pakaian hangat jika kamu tidak sanggup menahan udara dingin.
  • Bepergian bersama akan jauh lebih menyenangkan.
  • Berhati-hatilah saat menyusuri jalan menuju ke Hutan Pinus Sentul, karena jalannya tidak terlalu lebar dan tidak rata.
  • Tetap jaga kebersihan dimanapun kita berada.
  • Patuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

Penutup

Keindahan alam susah untuk digambarkan, kita tidak akan menemukan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan keindahan Hutan Pinus Sentul ini,

Keindahan hamparan Pohon Pinus yang seakan melindungi Gunung Pancar, kesejukan udara yang dihasilkan, menciptakan ketenangan yang tiada tara.

Tidak salah jika kita mengunjungi Hutan Pinus Sentul untuk sedikit menyegarkan jiwa dan fikiran kita. Namun, alangkah baiknya jika keindahan alam yang diberikan seimbang dengan pengelolaan yang dilakukan. Siapkan foto terbaikmu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment