Taman Wisata Matahari, Pilihan Wisata Keluarga Di Bogor

Taman Wisata Matahari Bogor merupakan jawaban dari kebutuhan akan sarana rekreasi yang bisa dilakukan bersama-sama oleh seluruh anggota keluarga. Dewasa ini, kebutuhan akan tempat rekreasi yang bisa menyatukan keluarga semakin terasa. Terutama di saat kehidupan sehari-hari setiap anggota keluarga seakan-akan terpisah dalam dunianya masing-masing. Orang tua dengan dengan kesibukannya dalam pekerjaan dan anak-anak dengan kesibukannya sendiri dalam bermain gadget dan interaksi dengan teman-teman sosialnya.


Kondisi ini memerlukan sebuah lem parekat. Disinilah Taman Wisata Matahari hadir mengambil tugas itu, menjadi lem perekat yang bisa menyatukan keluarga dalam keceriaan, kegembiraan, dan juga kebersamaan.

Taman matahari
Taman wisata matahari bogor. Image via: @yaniie_yanoel

Taman Matahari Bogor merupakan taman wisata rekreasi keluarga yang dalam operasionalnya berpedoman pada visi “Recreation and Education Park”. Taman matahari bogor terdapat banyak zona permainan yang cocok untuk keluarga dan anak-anak. Berbagai jeniskegiatan yang bisa dimainkan, mulai dari yang beorientasi kegembiraan semata sampai pada yang berorientasi utama pada edukasi.

Wahana wahana di taman matahari bogor tidak hanya didesain utnuk orang dewasa, namun juga didesain cocok untuk segala usia, sehingga tepat ika disebut wahana keluarga. Wahana-wahana yang disediakan oleh Taman Matahari Bogor sangatlah beragam. Beberapa wahana tersebut adalah wahana wisata air, wahana permainan, wahana petualangan dan juga edukasi.

Simak juga: daftar tempat wisata di Bogor populer

Arung jeram keluarga
Arung Jeram Keluarga. Image via: @gemappsetiawan

Misalnya untuk Wahana air. Wahana golongan ini ada beberapa fariasi, seperti Paddle Boat, Sepeda Air, Bumper Boat, dan Perahu Naga. Juga Waterplay, Perahu Kayak, Mini Boat, Refleksi Terapi Ikan, Children Rowing Boat dan Bomber Boat Laser.

Bagi penggemar wisata penuh petualangan, Taman Matahari Bogor juga menyediakan banyak atraksi mengasyikkan. Seperti Wahana Petualangan ada Flying Fox, Motor ATV, Wara Wiri, Padamoto, Green Car, dan Kereta Safari. Untuk Wahana Permainan, pengunjung anak-anak dapat mencoba Dinopark, Trampolin Park, Mini Gokart, dan Citra Playland.

Dan untuk wahana pendidikan, anak-anak dapat mencoba berbagai aktifitas pendidikan yang menyenangkan, seperti wahana ternak, argo sayur dan argo sawah.

Simak: Keunikan Kebun Raya Bogor yang menarik

Lokasi Taman Wisata Matahari Bogor

Taman wisata matahari bogor, beralamat di Jalan Raya Puncak KM. 77, Cilember, Bogor, Cisarua, Jawa Barat

Perahu Naga
Perahu naga. Image via: @taman_mataharibogor

Rute dan Cara Menuju ke Taman Wisata Matahari Bogor

Mengingat loksi yang berada di sekitar jalan raya cisarua, maka sarana transportasi untuk mencapai taman matahari inipun sangat mudah dan beragam. Ada beberapa mode dan rute transportasi yang bisa dipilih untuk sampai di taman matahari bogor ini.

Dari arah jalan Mayjend Sutoyo

Kita  dapat langsung tembus Tol Jagorawi hingga keluar Melalui Tol Gadok Puncak. Selepas itu bisa langsung menuju Jalan Raya Cisarua menuju lolasi taman wisata matahari.

Dari arah Bandung

Kita dapat melalui Gerbang Tol Pasteur. Dari sana, kemudianmelewati Tol Purbaleunyi. Setelahnya jika sudah di Padalarang, dapat lanjut ke Cipatat hingga sampai di lokasi

Memakai kereta

Setiba di stasiun, kita dapat melanjutkan perjalanan dengan menaiki bus ke Terminal Baranang Siang. Dari sana, lanjutkan dnegan  angkutan L300 yang akan mengantar kita sampai Puncak.

Simak: liburan keluarga ke Taman Buah Mekarsari

Jam Buka Taman Wisata Matahari Bogor

Pada hari biasa, taman wisata matahari bogor dibuka mulai jama 8 pagi dan tutup pada jam 4 sore. Namun untuk hari libur nasional dan akhir pekan, waktu  buka diperpanjang hingga jam 5 sore.

agro_sawah
Wahana edukasi agro sawah. Image via: tamanwisatamatahari.co.id

Tiket Masuk Taman Wisata Matahari Bogor

Untuk tket masuk ke lokasi ini dikenakan biaya 50 ribu rupiah di hari biasa. Sementara saat akhir pekan dan hari libur, tiket berubah harga menjadi 60 ribu rupiah.

Harga tiket yang dibayarkan itu sudah mencakup hak untuk menggunkan secara gratis fasilitas Mobil wara wiri, perahu karet, Kereta klasik, Perahu naga dayung, dan diskon 50% masuk ke funtasy Land water.

Namun biaya tiket masuk itu ini tidak mencakup biaya untuk penggunaan fasilitas dan wahana selain yang disebutkan di atas itu. Masing-masing wahana memeiliki harga tiket yang berbeda beda.

Baca: wisata alam di Curug Luhur

Fasilitas Taman Matahari Bogor

Fasilitas yang ada di Taman Wisata Matahari Bogor di bagi menjadi dua golongan, yaitu fasilitas berbayar dan fasilitas umum. Fasilitas umum merupakan fasilitas yang bisa dipakai oleh pengunjung dengan tanpa biaya. Fasiliats jenis initerdiri dari ATM, mushola dan Toilet.

ATM ada di satu titik tepatnya di kantor front office dari taman wisata. Mushola  ada di samping Terminal mobil Safari balitna. Toilet ada di beberapa lokasi di sekeliling area Taman Wisata Matahari.

musholla
Mushola. Image via: http: tamanwisatamatahari.co.id

Untuk fasilitas berbayar, taman matahari bogor menye diakan eberapa fasilitas, mulai dari lapangan dengan panggung pertunukan untuk acara perusahaan, sampai aula dan penginapan.

Lapangan

Lapangan di tempat ini ada 3 buah.

Lapangan Ciliwung merupakan lapangan dengan kapasitas yang besar. Cocok untuk dijadikan tempat gathering perusahaan, organisasi ataupun untuk event tertentu yang membutuhkan lahan yang cukup luas. Selain itu didukung pula oleh pemandangan alam yang asri dengan view pegunungan dan aliran sungai Ciliwung yang bersih, menjadikan pengalaman wisata anda lebih menyenangkan dan berkesan. Kapasitas : 3.000 orang. Harga : Rp 3.000.000,-

Lapangan Durian merupakan Lapangan yang lokasinya di dekat Patung Naga, sehingga tidak terlalu jauh dari pintu masuk. Menjadikannya lebih mudah untuk dijangkau. Kapasitas : 1000 orang Harga : Rp 3.000.000,-

Lapangan Manggis terletak di dekat pulau seribu, yaitu tempat wahana permainan air dan restoran – restoran. Selain sebagai lahan terbuka, Lapangan manggis juga mempunyai lahan berkanopi yang dilengkapi dengan tempat duduk. Kapasitas : 1.000 orang. Harga : Rp 2.500.000,-

lapangan_ciliwung
Lapangan Ciliwung. Image via: tamanwisatamatahari.co.id

Simak: mengenal berbagai fauna di Taman Safari Bogor

Saung

Saung Agro terletak di kawasan wahana agro sawah. Dengan pemandangan hijau dan aliran sungai Ciliwung yang bersih menciptakan nuansa pedesaan yang sangat kental Kapasitas : 30 Orang Harga : Rp 350.000,-

Saung Cilember sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai merasakan segarnya udara pegunungan sambil bersantap makanan bersama keluarga dan atau rekan kerja.  Kapasitas : 40 Orang. Harga : Rp 500.000,-

Saung Jogjogan adalah saung yang dikelilingi pepohonan dan disampingnya dialiri kali kecil, sangat cocok bagi Anda atau group yang ingin bersantai sambil menikmati udara segar pepohonan dengan ditemani suara gemercik air. Kapasitas : 60 Orang. Harga : Rp 750.000,-

Aula

Aula Padang hadir karena Taman Wisata Matahari bangga akan kebudayaan yang dimiliki Indonesia. Aula padang sangat cocok untuk rombongan, untuk acara arisan, perusahaan, sekolah dan acara-acara lainnya. Kapasitas : 160 Orang (Lt. 1 & 2) / per Lantai 80 Orang . Harga : Rp 2.000.000,-

aula padang
Aula Padang. Image via: tamanwisatamatahari.co.id

Aula Ciliwung terletak di dalam Villa Ciliwung, yang type bangunannya berbeda dengan aula-aula yang lain, Aula ini sangat cocok untuk acara-acara formal. Kapasitas : 200 Orang. Harga : Rp 2.500.000,-

Aula Pendopo adalah bangunan aula 3 tingkat yang masing-masing tingkatnya memiliki kapasitas yang berbeda, selain itu aula ini khusus lantai 3 bisa digunakan sebagai penginapan jenis Barak , adapun harga aula pendopo adalah sebagai berikut : Lantai 1 Rp 1.500.000,- ( kapasitas 150 orang ), Lantai 2 Rp 1.500.000,- ( kapasitas 100 orang ), Skywalk Rp. 500.000,- ( Kapasitas 150 orang )

Wahana rekreasi di Taman Matahari Bogor

Kegiatan-kegiatan menyenangkan di taman Wisata Matahari Bogor ada beberapa macam. Mulai dari Wahana wisata air, wahana permainan, wahana petualangan, Wahana edukasi, dan restoran serta tempat perbelanjaan.

1. Wahana Wisata Air

Wahana wisata air di Taman wisata matahari terdiri dariberbagai macampermaian. Semua permainan itu didesain untukd apat dinikmati bersama sama dnegankelaurga, sehingga cocok utuk semua usia.

water ball
Water Ball. Image via: tamanwisatamatahari.co.id

Wahana wisata air terdiri dari  Matahari Waterpark, arung jeram, Water Ball, Paddle Boat, Perahu Karet, Perahu motor, Sepeda air, bumper boat, water play, perahu naga, refleksi terpi ikan, perahu kayak, children rowing boat, mini boat, kolam renang mini, dan bomber boat laser.

2. Wahana Permainan

Wahana permainan di taman wisata matahari bogor terdiri dari 3 jenis permainan. 3 permainan ini meliputi: Area Dino park, Citra Playland dan mini gokart.

3. Wahana Petualangan

Untuk wahanapetualangana da cukup banyak pilihan kegiatan. Mulai dari Flaying fox, Padamoto, Motor ATV, Rumah hantu, wara wiri, green car, dan sepeda turis.

wara wiri
Wara wiri. Image via: tamanwisatamatahari.co.id

4. Wahana edukasi

Wahana edukasi adalah wahana yangd idesain utnuk menaanmkan nilai nilai kepada seluruh anggota keluarga. Mulai dari nilai mencintai ilmu pengetahuan pada anak anak, sampai nilai kebersamaan bagi seluruh anggota keluarga.

Wahana sawah
Agro sawah. Image via: tamanwisatamatahari.co.id

Wahana edukasi ada berbagai jenis kegiatan, diantaranya: Agro Sawah, Agro Sayur, Fun Games, Taman Satwa, Taman Lalu lintas, dan Out Bond.

Demikian ulasan wisata tentang Taman Safari Bogor segera rencanakan perjalanan Anda bersama saudara, keluarga, teman tongkrongan,  atau mungkin rekan-rekan kantor. Nikmatilah liburan menyenangkan di area permainan edukatif ini.  Kalau kamu masih penasaran dengan area wisata sejenis di daerah Bogor Jungle land bisa menjadi pilihan. Di sana kamu juga akan menemukan hal-hal menarik yang tidak Terlupakan.

Selamat bersenang-senang!!

Baca juga:

Artikel lainnya:

1 thought on “Taman Wisata Matahari, Pilihan Wisata Keluarga Di Bogor”

Leave a Comment