Pelita desa, Mengembangkan Potensi Diri dengan Eplorasi 25 Jenis Outbound

Wisata Alam Pelita Desa, berada di pedesaan dengan lingkungan yang masih sangat asri. Penuh dengan rindangnya pepohonan dan segarnya udara. Tidak ada polusi asap maupun suara bising kendaraan. Yang ada hanya Suara alam mengalun damai, gesekan dedaunan dan gemericik air menjadi melodi yang menenteramkan.

Wisata Alam Pelita Desa, berada di pedesaan dengan lingkungan yang masih sangat asri. Penuh dengan rindangnya pepohonan dan segarnya udara
Pelita Desa. Image via: jelajahpulaudev

Lingkungan pedesaan disulap menjadi wahana wisata yang menyenangkan. Edukasi di sawah dan kebun, serta kegiatan mendidik lainnya. Yang paling populer tentu saja area outbound yang langsung dipadukan dengan alam pedesaan.

Di objek wisata ini, para pengunjung dapat merasakan pengalaman membajak sawah, menaiki kerbau, menanam padi dan lain sebagainya. Selain itu, pengunjung juga dapat bersenang-senang dengan menikmati berbagai permainan di area outbond.

Untuk dewasa, tempat wisata ini juga menyediakan berbagai permainan outbound khusus dewasa. Puas menikmati welcome snack, pengunjung akan diajarkan cara memerah sapi dan mencoba susu segar beragam rasa.

Selain aktifitas siang hari, Pelita Desa juga menawarkan paket menginap. Pada Paket menginap, pengunjung diajak outbound, bakar ikan atau jagung dan api unggun dan tentu saja tidur dalam tenda penginapan.

Permainan yang ada seperti melayang sejauh 100 meter di atas danau dengan flying fox atau menyusuri sungai dengan menggunakan rakit.
Berakit rakit. Image via: pariwisataku.com

Simak juga: 25 lokasi wisata primadona di Bogor

Lokasi dan Rute Pelita desa

Lokasi Wisata Pelita Desa Ciseeng berada di Jl. H. Miing Rt 01 Rw 03 Rawa bangsa Desa Putat Nutug Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Lokasi ini berjarak 30 km dari kota bogor. Namun jika dicari dari Jakarta, Pelita Desa ketemu lebih dahulu dari pada kota Bogor. Dihitung dari Jakarta Lokasi ini berjarak sekitar 30 km juga.

Bagi pengunjung dari Jakarta dapat mengunakan dua jalur, via Tangerang (BSD) atau via Tol Jagorawi dengan keluar di exit Tol Sentul Selatan (Sentul City).

Dengan luas 2,5 hektar, anak-anak akan merasakan sensasi berbagai ermainan seru, termasuk flaying fox
Flaying Fox. Image via: sriwidiyastuti.com

Jam Buka Pelita Desa

Pelita Desa Bogor buka setiap hari, dari hari Senin sampai Jumat. Buka mulai pukul 8 pagi dan tutup pada pukul 5 sore.

Tiket Pelita Desa

Harga tiket masuk di Pelita Desa dibagi dalam paket – paket tertentu. Berikut daftar paket yang disediakan :

Standar Edu 1 (Harga Belum Termasuk Pajak) Rp 100.000.

Standar Edu 2 (Harga Belum Termasuk Pajak) Rp 125.000.

Paket Full Adventure dibanderol dengan harga Rp250.000,-

Masuk ke Pelita Village, tangan pengunjung dicap. seperti masuk Dufan, Ancol gitu. Kemudian pengunjung dapat tiga kartu. Masing-masing bertuliskan: Bakso, Kelapa Muda, dan Lunch. Tiket masuk yang dibayarkan memang sudah termasuk tiga macam makanan ini.

Anak anak di pelita desa diajak untuk memupuk rasa percaya diri danmenumbuhkan keberanian
Keberanian. Image via: echaimutenan.com

Simak juga: Makan berteman gemericik ciliwung di Cimory Riverside

Fasilitas Pelita Desa

Fasilitas pendukung yang disediakan pengelola juga cukup lengkap. Base camp cukup luas dan nyaman. Toilet ada 4 pintu, 3 dengan WC dan satu khusus mandi – relatif bersih, di bagian depan ada ember-ember raksasa untuk memandikan anak-anak, posisinya tidak jauh dari base camp.

Musholla terletak di lantai dua gedung utama, mukena berjejer rapi dan bersih. Musholla tersebut tanpa tembok, hanya pagar pembatas, jadi sholat bisa sambil menikmati hembusan semilir angin.

Daya Tarik Wahana Pelita Desa

  1. Outbond Anak-anak

Area outbond untuk anak-anak ini memiliki luas sekitar tiga hektare yang diperuntukan bagi anak TK dan SD. Dengan memilih paket ini pengunjung sudah mendapatkan snack, makan siang serta souvenir. Permainan yang ditawarkan pun cukup menarik diantaranya games polisi vs maling, pipa bocor, kambing guling dan lainnya.

Pelita Desa Area Edu 1 merupakan area outbound untuk anak TK dan SD
Anak-anak menikmati tantangannya. Image via: safaristour
  1. Area Outbond Remaja

Area outbond yang satu ini berada di tepi sungai cisadane. Permainan yang ditawarkan pun sedikit lebih menanntang dari pada area outbond untuk anak. Disini pengunjung dapat menikmati berbagai permainan yang disediakan seperti, happy rafting, tarik pipa, berang-berang dan lainnya.

Dengan memilih paket ini pengunjung sudah dapat menikmati fasilitas welcome drink, snack dan makan siang, serta souvenir. Dengan kegiatan penuh aksi ini tentunya akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Konsepnya masih sama yaitu outbound, namun dikhususkan untuk anak yang lebih besar. Usia remaja seperti SMA, dan permainannya pun lebih menantang.
Outbound remaja. Image via: cubinaseroja.org

Simak juga: Transera Waterpark, basah bisa kering Bisa

Satu hal yang janagan dilupakan oleh pengunjung adalah membawa baju ganti dan peralatan mandi, karena dipastikan akan kotor saat bermain outbond.

  1. Wahana Taman Edukasi Minapark Ciseeng

Taman edukasi ini lokasinya tidak terlalu jauh dengan area outbond anak-anak. Area ini merupakan tempat dimana pengunjung dapat mendapatkan edukasi mengenai perikanan yang dikelola secara modern.

Disini pengunjung juga dapat menjumpai pondok-pondok kuliner dengan makanan yang beraneka ragam. Oleh karena itu tempat ini juga sering dikenal dengan nama Bazaar Syariah.

  1. Outbond Telaga Rusa Ciseeng

Dengan luas sekitar 7,8 hektare, Telaga rusa ini menyuguhkan tempat edukasi untuk berkebun. Dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dengan taman minipark, area ini dapat dijadikan sebagai media edukasi bagi anak maupun dewasa. Selain itu area ini juga menyediakan paket untuk penginapan dan juga outbond.

Anak anak di Pelita desa diajak langsung terlibat dalam kegiatan pertanian dan peternakan, termasuk memerah susu
Memerah Susu. Image Via: nurhikmah.sch.id

Tips Wisata Pelita desa

  • Persiapkan stamina dengan baik, bagi anak juga pendamping. Di awal kegiatan Fun Games sudah rawan basah-basahan dengan air.
  • Tidak disarankan bagi yang mengidap OCD (Obsessive Compulsive Dissorder) dan Mysophobia (takut kotor)
  • Kegiatan dimulai lebih pagi lebih baik, yang penting jangan terlalu siang karena panasnya semakin menyengat.
  • Pakai kaos kaki yang siap buang.
peserta kegiatan outbound di pelita desa diajak terjun langsung Menanam Padi.
Menanam Padi. Image via: ppiabaitulmaal.sch.id

Simak juga: Ombak Tropis Hawai Ada di Malang!!

Objek Wisata Dekat Pelita desa

Ciseeng, walau hanya sebuah kecamatan, namun ternyata memiliki berbagai macam objek wisata di dalam wilayahnya. Salah satu yang populer adalah Pemandian air Panas Tirta Sanita Ciseeng. Pemandian air panas ini tidak hanya menawarkan wisata pemandian air panas saja, namun juga area outbound dan penginapan. Sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan tempat wisata seluas 8 hektar ini.

Kemudian wisatawan juga dapat mengunjungi Wanagriya Cogreng Ciseeng. Lokasi wisata ini memiliki pantai buatan ini sangat lah cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga. Para pengunjung dapat menggelar tikar di pinggir pantai sambil menikmati makanan bersama keluarga tercinta.

Di Ciseeng juga Wisata Wanagriya. Wisata ini terkenal dengan pantai buatannya yang dilengkapi dengan pasir pantai asli. Pantai buatan ini membuat daya tarik para pengunjung karena, wisata ini sangat cocok untuk tempat berkumpul bersama keluarga. Terutama menggelar tikar dipinggir pantai dengan menikmati makanan bersama.

Selain wahana wisata, di Wanagriya juga terdapat kampung kuliner yang menyajikan berbagai macam makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Kuliner di wisata ini sangat beragam mulkai dari bakso,es,nasi goring, kafe,roti bakar,pisang bakar,sosi bakar pokoknya dari makanan ringan sampai makanan berat semua tersedia.

Demikian ulasan wisata tentang Pelita Desa Bogor. Segera rencanakan perjalanan keluarga, dan Nikmatilah liburan menyenangkan di area permainan edukatif ini.

Selamat bersenang-senang!!

Baca juga:

Leave a Comment