Kebun Wisata Pasir Mukti, Belajar Pertanian dengan Cara Bersenang-Senang

Kebun Wisata Pasir Mukti ditampilkan sebagai sebuah wisata ramah lingkungan dengan lingkungan yang berada di antara kebun buah dan kolam pancing ikan. Pengunjung anak-anak diajak untuk belajar, menambah pengetahuan dan pengalaman di bidang pertanian dengan cara bersenang-senang.

Kebun Wisata Pasir Mukti ditampilkan sebagai sebuah wisata ramah lingkungan dengan lingkungan yang berada di antara kebun buah dan kolam pancing ikan.
Kebun Wisata Pasir Mukti. Image via: @Flo Sibarini

Yang unik di Kebun Wisata Pasir Mukti ini adalah bangunan pondok-pondok inap dan restoran yang terbuat dari kayu berbentuk rumah adat Minahasa. Makanan yang disediakan pun sebagian besar adalah menu hidangan dari tanah Minahasa.

Berbagai kegiatan yang bisa diikuti pengunjung antara lain pembiyakan tanaman hias, membuat kompos, mengenal soal teknik hidroponik, dan juga cara pembiyakan anggrek. Untuk kegiatan pengalaman berkebun, pengunjung diajak bercocok tanam sayur-mayur.

Yang paling dinantikan pengubnjung adalah kegiatan Membajak sawah, menanam padi, serta bermain di kolam lumpur. Ada juga kegiatan memancing dan menyerok ikan, berkreasi melukis caping dan bermain layang-layang dilakukan di lapangan terbuka.

Tidak hanya pengunjung anak-anak yang bisa beraktifitas, semua anggota keluarga diajak terlibat aktif untuk merawat lingkungan. Salah satu teknik yang dikenalkan adalah pembuatan lubang biopori. Juga melalui kegiatan membuat kompos, menjaga ekosistem, gaya hidup go green dengan mengenali jenis-jenis sampah dan proses daur ulang.Tidak hanya pengunjung anak-anak yang bisa beraktifitas, semua anggota keluarga juga diajak untuk mencintai lingkungan

Persawahan Pasirmukti. Image via: lifestyle.okezone.comSimak juga: 25 tempat wisata populer di Bogor

Lokasi Kebun Wisata Pasir Mukti

Kebun Wisata Pasirmukti terletak diantara Desa Tajur, Pasirmukti, dan Gunung Sari, Kecamatan Citeureup, Bogor, Jawa Barat.

Kebun Wisata Pasir- mukti dapat ditempuh ± 60 menit dari Jakarta.

Rute Kebun Wisata Pasir Mukti

Lokasi Kebun Wisata Pasir Mukti ini tidak begitu jauh dari kota Jakarta yakni sekitar 60 menit perjalanan. Ada dua akses jalan yang bisa dipilih untuk berkunjung.

Pertama, dari tol Jagorawi anda bisa keluar di pintu tol Citereup-Cibinong. Akses jalan ke dua yang bisa pengunjung gunakan yaitu via sirkuit Sentul.

Di Kebun Wisata Pasir Mukti pengunjung diajak belajar berkebun kangkung
Panen kangkung Darat. Image via: @kebunpasirmukti

Jam Buka Kebun Wisata Pasir Mukti

Pengunjung yang datang berekreasi di area taman wisata Kebun Wisata Pasir mukti ini dapat datang ke lokasi setiap hari mulai dari  jam 08.00-17.00.

Tetapi bagi pengunjung yang datang pada hari kerja, kemungkinan tidak akan bisa menikmati keseluruhan wahana, karena ada beberapa yang hanya dibuka di akhir pekan saja. Karena itu, untuk bisa menikmati secara paripurna keseluruhan wahana yang ada, sebaiknya datang berkunjung pada akhir pekan atau hari libur.

Tiket Kebun Wisata Pasir Mukti

Kawasan wisata ini mematok tarif sebesar Rp. 25.000/orang untuk tiket masuknya. Selain itu ada juga harga paket bagi pengunjung yang datang secara rombongan. Untuk wahana selain kebun dikenakan biaya tambahan mulai dari Rp5.000 – Rp25.000.

Bagi pengunjung yang ingin menginap, Kebun Wisata Pasir Mukti menyediakan cottage untuk menginap. Penginapan ini istimewa dengan pemandangan dan suasana alam yang asri.

Penginapan. Image via: @kebunwisatapasirmuktiSimak juga: Kampung Wisata Cinangneng dengan aneka fasilitas Edukasi

Fasilitas Kebun Wisata Pasir Mukti

Pengelola Kebun Wisata Pasir Mukti melengkapi berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan para pengunjung. Beberapa fasilitas penunjang yang disediakan meliputi Lokasi parkir, toilet dan mushola tersedia lengkap disini.

Setelah lelah berkeliling, bagi pengunjung yang haus dan lapar, dapat mencoba warung warung makan yang tersedia di lokasi ini. Ada beberapa warung makanb yang dikelola oleh warga sekitar kawasan wisata.

Mereka menyiapkan berbagai menu, dari camilan sampai makanan berat. Semuanya tersedia lengkap untuk dinikmati.

Bagi pengunjung yang ingin menginap, Kebun Wisata Pasir Mukti menyediakan cottage untuk menginap. Penginapan ini istimewa dengan pemandangan dan suasana alam yang asri.

Daya Tarik Wahana Kebun Wisata Pasir Mukti

  1. Permainan di Kebun Wisata Pasirmukti

Kebun Wisata Pasir Mukti memiliki berbagai wahana permainan yang mengajak pengunjung untuk beraktifitas fisik dan melatih ketangkasan dengan gembira.

Bermain lumpur dan bermain perang bantal di atas bambu kolam yang berlumpur
Outbound lumpur. Image via: @kebunwisatapasirmukti
  • Kolam Lumpur

Pengunjung diajak untuk menikmati keseruan bermain di dalam kolam lumpur. Ada banyak jenis permainan yang bisa dinikmati di dalam kolam lumpur. Kegiatan yang paling populer tentu saja adalah perang bantal di atas bambu kolam yang berlumpur.

  • Memancing Ikan

Pada fasilitas pemancingan ikan, pengunjung diajak untuk berinteraksi dan bermain dengan ikan yang ada di kolam pemancingan. Selama kegiatan, pengunjung diajak untuk menangkap Ikan yang dilepaskan itu.

Setalah menikmati proses itu, hasil tangkapan bisa dibawa pulang oleh pengunjung bersangkutan. Pengunjung bisa memilih untuk memakai alat pancing biasa, atau bisa juga menggunakan jala ikan.

Metode penangkapan ikan di kolam pancing Kebun Wisata Pasir Mukti juga ada beragam. Mulai dari memancing dengan alat pancing biasa atau menggunakan jaring ikan.
Memburu ikan. Image via: sekolahnoah.sch.id

Simak juga: Kampung Main Cipulir, Alam Hijau di Tengah Ibu Kota

  • Melukis Caping

Hal yang berkaitan dengan petani bukan hanya soal teknik menanam namun juga pakaian petani. Salah satu yang iconik adalah caping pak tani. Pengunjung Kebun Wisata Pasir Mukti diajak menuangkan kreatifitas, dengan menuangkan ide berupa lukisan di atas media topi caping.

Topi Caping merupakan salah satu ciri khas dari petani Indoensia. Topi ini jamak dipakai sebagai penuduh mobile saat bekerja di sawah. Kegiatan kreativ semacam ini sangat berguna unutk tumbuh kembang anak, khususnya dalam hal keterampilan motorik dan kreativitas.

  1. Bercocok Tanam

Sesuai dengan tema besarnya sebagai wisata yang berbasis kampung pertanian, maka mengajak pengunjung untuk mengetahui dari dekat kegiatan pertanian menjadi menu utama di lokasi wisata ini. Pengunjung Kebun wisata pasir Mukti, disediakan berbagai aktifitas yang berkaitan dengan bercocok tanam.

Di sini membajak sawah tidak menggunakan traktor, tapi kerbau. Hal ini agar pengunjung bisa benar-benar menikmati keasrian suasana di pedesaan
Membajak Sawah. Image via: jalanjalanenak.com
  • Bajak Sawah

Pada kegiatan membajak Sawah, peserta kegiatan diajak untuk kontak sangat dekat dengan kerbau atau sapi yang akan digunakan sebagai penarik bajak di sawah. Saat mengikuti kegiatan membajak sawah ini, peserta akan didampingi oleh petani berpengalaman. Pendamping akan memberi arahan soal cara mengendalikan bajak.

Kegiatan membajak sawah di Kebun Wisata Pasir Mukti tidak memakai peralatan modern,s eperti traktor, Namun pengunjung diajak untuk memakai kerbau. Dengan menggunakan Kerbau, pengunjung akan bisa merasakan pengalaman original soal kehidupan pedesaan.

Aktivitas membajak sawah, tidak diadakan setiap hari, Kegiatan ini hanya dilaksanakan pada setiap akhir pekan saja. Selain akhir pekan, kegiatan membajak sawah bisa dilakukan saat ada pengunjung dalam bentuk rombongan. Yang aman mereka bisa memesan khusus kegiatan ini.

pengunjung akan diajak untuk menanam padi di ladang sawah yang sebenarnya.
Menanam Padi. Image via: travel.detik.com

Simak juga: Eldorado Waterpark, Legenda kota emas yang Hilang

  • Menanam Padi

Dalam kegiatan ini, pengunjung masing-masing diberi bibit padi. Setelah itu peserta diminta berbaris, seperti layaknya petani yang akan menanam padi secara bergotong royong. Mereka kemudian menanam bibit padi itu secara bersamaan.

  • Hidroponik

Selain mengajak pengunjung untuk belajar soal pertanian konvensional seperti menanam padi, lokasi wisata ini juga menawarkan bertana secara modern, yaitu dengan hidroponik. Tempat hidroponik yang ada di Kebun Wisata Pasir mukti dibangun dalam bentuk Green House.

Pasir mukti memiliki 2 buah Green House untuk keperluan ini. Keduanya dilengkapi dengan tekhnik kolam apung dan tekhnik vertikultur.

Pada fasilitas penanaman dengan teknik hidroponik, peserta kegiatan bisa memperoleh kesempatan untuk belajar soal tata cara bertanam secara hidroponik yang benar.

  • Kebun Buah

Terdapat pula kebun buah, baik buah yang ditanam pada lahan terbuka maupun ditanam di dalam pot. Di sini terdapat beraneka jenis tanaman buah. Mulai dari jambu batu, belimbing, jambu air, mangga, jeruk kasturi, dan juga matoa.

Di tempat ini disediakan pula tempat peragaan untuk cara bercocok tanam. Pengunjung diajak untuk merasakan langsung pengalaman menanam berbagai jenis pohon buah-buahan. Pengalaman ini sangat sesuai bagi anak-anak. Terutama untuk memebrikan mereka edukasi soal lingkungan hidup dan mencintai alam.

Kelebihan lainnya adalah, hasil praktiknya bisa dibawa sebagai oleh-oleh.

  1. Paket Wisata

Ada beberapa pilihan paket wisata yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan peserta. Baik itu dari sisi umur, jenis ketertarikan, panjang waktu liburan, hingga anggaran yang dimiliki.

Kolam lumpur di kolam lumpur Kebun Wisata PAsir Murti.
Kolam lumpur. Image via: petrabu88-tour.com
  • Paket Agro Junior dengan harga Rp. 115.000 per orang

Paket ini memberikan fasilitas saung pertemuan, Pemanduan Edukatif Agro pintar, Tanam Padi, Bajak sawah, dan Arena kolam lumpur. Pengunjung juga dapat mengikuti kegiatan melukis topi caping, menanam anggrek dalam pot kecil, atau yang biasa dikenal dengan istilah Split Anggrek.

Selama kegiatan, pengunjung mendapat jatah snack satu kali dan juga makan siang dalam bentuk nasi kotak. Untuk mengambil paket ini, setiap kelompok anggotanya paling sedit ada 10 orang.

  • Paket Agro Adventure dengan harga Rp. 200.000 per orang

Fasilitas dan kegiatan yang disediakan untuk paket ini yakni tenda camping, tracking, api unggun, naik rakit, tangkas di lumpur, petualangan malah hari. Kemudian ada fasilitas tiga kali snack dan nasi kotak.

Paket ini tersedia dengan waktu 2 hari atau satu malam dengan minimal anggota 20 orang.

  • Paket Anak Tani dengan harga Rp. 350.000 per orang

Fasilitas yang diberikan berupa akomodasi untuk menginap 2 hari 1 malam, pemandu agro junior, rumah tani, dunia padi, naik rakit, petualangan malam hari, api unggun, sertifikat, prasmanan, snack untuk 3x makan. Paket ini tersedia untuk minimal 10 orang.

  • Lahan Camping dengan harga Rp. 37.500 per orang

Fasilitas untuk paket ini sangat sederhana. Pengunjung pada paket ini hanya memerlukan menggunakan tempat camping, karena itu pengunjung hanya memperoleh tiket memasuki area, welcome drink, hak untuk menggunakan camping ground, dan tentu saja hak untuk menggunakan toilet.

Kebun wisata pasir mukti juga memiliki tempat untuk bumi perkemahan yang sangat memadai
Camping. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: Moja Museum Jakarta membebaskan Imajinasi

  • Paket Camping dengan harga Rp. 85.000 per orang

Paket ini disediakan dengan anggota minimal 5 orang. Fasilitas yang diperoleh peserta paket ini mirip dengan peserta yang mengambil paket Lahan camping. Hanya saja paket ini mendapat tambahan fasilitas berupa tenda camping dan sarapan berupa nasi kotak.

  • Paket Ceria dengan harga Rp. 55.000 per orang

Fasilitas yang akan didapatkan yakni tiket memasuki area wisata, tenda, alas terpal, dan makan siang dengan nasi kotak. Pemandu tidak disediakan untuk paket ini. Jumlah peserta minimal untuk mengikuti paket ini adalah sebanyak 20 orang.

  • Paket Lansia di atas usia 60 tahun dengan harga Rp. 75.000 per orang

Paket yang sesuai untuk kebutuhan lanjut usia. Mereka bisa menikmati fasilitas yang menyenangkan dengan suasana yang santai dan menenangkan. Pengunjung akan memperoleh bimbingan untuk melakukan permainan yang sesuai bagi warga usia senior.

Makan siang yang tersaji khusus prasmanan dengan snack satu kali. Jumlah peserta minimal untuk mengikuti paket ini adalah sebanyak 20 orang.

Tepi Sungai Citeureup mengalir jernih di tepi persawahan dan perkebunan.
Tepi Sungai Citeureup. Image via: @resti.dania17

Simak juga: Melihat keindahan Aceh dari Pulau Rubiah

Objek Wisata Dekat Kebun Wisata Pasir Mukti

Masih di kawasan kecamatan Ceteureup, dalam jarak hanya 1.6 km terdapat Curug Citeureup. Lokasinya dekat Perumahan Bumi CIteureup Asri, tepatnya di Desa Gunung sari, Citeureup. satu sisi areal perumahan Bumi Citeureup Asri, sementara diseberangnya persawahan dan kebun warga.

Sedikit lebih jauh, dalam jarak 14 km, terdapat Jungle Land Adventure Theme Park. Jungle land Adventure Theme Park merupakan theme park terbesar di Indonesia. Jungle land tidak hanya menyediakan wahana permainan untuk semua umur, namun juga menawarkan aneka pilihan kuliner.

Demikian sekilas gambaran atas keseruan yang akan ditemui di Kebun Wisata Pasir Mukti. Untuk bisa menikmati seutuhnya segala keseruan di tempat ini, segera jadwalkan kunjungan dan pastinya tetap perhatikan protokol Kesehatan!!!

Baca juga:

Leave a Comment