Puncak Tugu Petungkriyono, Keindahan Lautan Awan Yang Memikat

|

Puncak Tugu berada di Kecamatan Petungkriyono yang menjadi tujuan wajib para pecinta alam camping. Medannya yang cukup berat menjadi tantangan tersendiri, namun bukan berarti tidak cocok untuk pemula.

Kecamatan Petungkriyono merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Pekalongan yang terkenal memiliki destinasi wisata alam yang indah. Layaknya Puncak Tugu ini, pemandangan tanpa batas dari ketinggian merupakan daya tarik utama yang menjaring pengunjung untuk menaklukannnya.

hulang healing bersama alam
hulang healing bersama alam. google maps. sumber: sis wanto

simak juga: curug bidadari talun

Ngopi, api unggun, dan ngobrol, beberapa ragam keseruan yang dapat dilakukan ketika di puncak. So, tanpa berlama-lama lagi inilah review Puncak Tugu Petungkriyono selengkapnya!

Daya Tarik Puncak Tugu Petungkriyono

1. Puncak Tugu

Tujuan para pendaki tentu saja puncaknya, Puncak Tugu Petungkriyono berada di ketinggian yang hampir mencapai 2.000 mdpl. Tak heran mengapa membutuhkan perjuangan yang melelahkan karena view yang ditampilkannya pun luar biasa indah.

Hamparan bukit-bukit cantik, apalagi jika menikmatinya di pagi hari. Dengan ditemani cahaya sang mentari yang memberikan warna indah di langit. View inilah yang menjadi tujuan utama dari para pendaki.

Kondisi puncaknya tak begitu luas, mungkin hanya muat untuk beberapa tenda saja disamping itu masing rindangnya pepohonan di sekitar puncak, membuat spacenya tak begitu besar.

landscape alam dari puncak
landscape alam dari puncak. google maps. sumber: Tutup Aja

simak juga: black canyon petungkriyono

2. Lautan Awan

Jika berangkat di sore hari, kabut akan menemani perjalanannmu. Lautan awan pun menjadi pemandangan utama ketika berada di Puncak, kayak lagi di atas awan gitu. Indah dan menjadi moment utama untuk berfoto, dengan mengabadikan keindahannya.

Masih banyak moment-moment lain yang wajib untuk diabadikan, baik dalam bentuk foto maupun video. Camping di atas puncak merupakan hal yang harus dilakukan.

Lokasi Puncak Tugu Petungkriyono

Lokasi Puncak Tugu Petungkriyono berada di Dusun Sikucing, Desa Yosorejo, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

lautan awan
lautan awan. google maps. sumber: Power Play

Rute Menuju Puncak Tugu Petungkriyono

Lokasi Puncak Tugu memang cukup jauh jika beranjak dari pusat Kota Pekalongan, yakni dengan mengambil rute ke Jl. Hos Cokroaminoto untuk kemudian tiba di JL. Raya Doro-Petungkriyono di Kabupaten Pekalongan.

Selanjutnya tinggal mencari lokasi dari Puncak Tugu, jika ragu kamu dapat bertanya pada masyarakat sekitar atau mengandalkan aplikasi dengan terus mengikuti arahan yang diberikan.

simak juga: curug muncar

Jam Buka Puncak Tugu Petungkriyono

Jam operasional dari Puncak Tugu Petungkriyono selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Harga Tiket Masuk Puncak Tugu Petungkriyono

Harga tiket masuk Puncak Tugu Petungkriyono ini gratis ya.

puncak tugu
puncak tugu. google maps. sumber: Martin Hardiono

Fasilitas Puncak Tugu Petungkriyono

Fasilitas yang ada di sekitar kawasan Puncak Tugu Petungkriyono masih sangat minim, layaknya suasana di pegunungan pada umumnya.

simak juga: wisata petungkriyono

Trekking Puncak Tugu Petungkriyono

Trekking Puncak Tugu Petungkriyono membutuhkan effort yang luar biasa, dimana jalurnya masih cukup lebat, menanjak, dan juga licin.

Sudah ada petunjuk sederhana yang akan menuntunmu menuju puncak, meski hanya sebuah petunjuk biasa namun sangat bermanfaat mengingat kondisi jalur trekkingnya yang masih lebat.

Jarak dari jalan beraspal menuju Pos 1 cukup jauh, begitupun dengan pos-pos lainnya. Untuk menuju Puncak Tugu Petungkriyono sedikitnya ada 3 pos pendakian, dengan jalur yang serupa yakni berupa jalan setapak yang muat hanya untuk satu orang saja.

Estimasi waktu yang kamu butuhkan hingga tiba di Puncak Tugu Petungkriyono ini sekitar 1 jam lamanya, namun hal tersebut balik lagi pada kondisi masing-masing para pendaki.

jalur trekking yang harus ditempuh
jalur trekking yang harus ditempuh. google maps. sumber: Shandy Eksani Putra

simak juga: curug bajing

Penutup

Camping, hiking, trekking, merupakan kegiatan yang cukup melelahkan namun membuat hati menjadi riang. Banyak hal yang dapat kita ambil hikmah dari setiap tahapan perjalanan tersebut.

So, selamat hiking ke Puncak Tugu Petungkriyono ya!