Curug Sibedug, Rest Areanya Petungkriyono

|

Curug Sibedug hadir menjadi sebuah tempat wisata yang cukup unik, bisa tebak dimana lokasinya? Yupz, di Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan.

Kecamatan yang satu ini memang sangat terkenal dengan wisata air terjunnya, hingga mendapat julukan negeri 1000 curug. Curug Sibedug  sendiri lokasinya berada di pinggir jalan raya, sehingga banyak dimanfaatkan pengunjung untuk beristirahat.

curug sibedug
curug sibedug. google maps. sumber: A DhieN

simak juga: telaga sigebyar mangunan

Sungguh sangat jarang ada sebuah air terjun atau curug yang lokasinya di pinggir jalan, mungkin dapat kita hitung dengan jari. Misalnya saja:

  • Air Terjun Lembah Anai yang berada di jalur Padang Panjang – Bukittinggi.
  • Curug Ceret Naringgul yang berlokasi di Jalan Ciwidey – Cidaun.

Setiap curug tersebut menjadi pemandangan yang tak biasa ketika berkendara. Nggak perlu berlama-lama lagi, inilah review tempat wisata Curug Sibedug sebagai bahan referensi awal kamu dalam menentukan tempat berlibur di Kabupaten Pekalongan, khususnya di Petungkriyono.

Lokasi Curug Sibedug

  • Lokasi Curug Sibedug berada di pinggir jalan raya Doro-Petungkriyono atau Doro-Pekalongan.
  • Tepatnya berada di Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.
sudah terlihat dari kejauhan
sudah terlihat dari kejauhan. google maps. sumber: DIMAS INDRA

simak juga: curug lawe

Rute Menuju Curug Sibedug

Rute menuju Curug Sibedug sangat mudah, ketika kamu bergerak dari pusat Kota Pekalongan dan hendak menuju Black Canyon Petungkriyono maka akan melewati curug yang satu ini.

Yakni rute awalnya ialah dengan mengambil arah ke Jl. Hos Cokroaminoto untuk menuju Jl. Raya Doro-Pekalongan/Petungkriyono di Kabupaten Pekalongan. Selanjutnya tinggal terus saja melaju hingga tiba di Desa Kayupuring.

Nggak perlu takut kesasar atau kelewat, karena air terjunnya akan sangat terlihat secara nyata dari jalan raya. Selanjutnya tinggal mencari spot yang enak untuk memakirkan kendaraan.

Jam Buka Curug Sibedug

Jam operasional Curug Sibedug buka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pagi hingga sore hari selalu ramai dikunjungi.

simak juga: puncak tugu

Harga Tiket Masuk Curug Sibedug

Tidak ada biaya untuk tiket masuk maupun parkir ketika beristirahat di Curug Sibedug ini.

peta wisata petungkriyono
peta wisata petungkriyono. google maps. sumber: Random Wildlife

Fasilitas Curug Sibedug

Fasilitas yang ada di sekitar Curug Sibedug diantaranya:

  • Area untuk menyimpan kendaraan,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Toilet,
  • Mushola,

Daya Tarik Curug Sibedug

1. Berada di Tepi Jalan

simak juga: curug bidadari talun

Keberadaan Curug Sibedug banyak dimanfaatkan pengunjung sebagai tempat beristirahat, ketika lelah perjalanan sedang melanda. Tentu saja rest area yang satu ini berbeda dengan pada umumnya. Dimana kamu akan beristirahat dengan ditemani air terjun atau curug.

Point plusnya lagi ialah kamu nggak perlu trekking jauh hingga melelahkan, tinggal turun dari kendaraan berjalan kaki sebentar, nyampe deh….

berada di jalur strategis
berada di jalur strategis. google maps. sumber: kHOIRUL Fikri

2. Menikmati Banyak Air Terjun

Meskipun tingginya tak seperti Air Terjun Lembah Anai, namun tetap saja Curug Sibedug memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya ialah kamu dapat menyaksikan beberapa aliran air terjun, dengan bentuk dan ketinggian yang berbeda-beda.

Disamping itu airnya pun sangat jernih dan bersih, sepertinya anak-anak akan langsung meminta izin untuk bermain air. Air terjunnya sangat dipengaruhi oleh musim, jika musim hujan tiba bisa saja airnya hampir meluber ke jalan.

Terdapat sebuah kolam yang tak begitu luas di bawah jatuhnya air, airnya terus mengalir melalui bebatuan yang biasa dimanfaatkan pengunjung untuk duduk-duduk. Entah itu untuk merendam kaki, hunting foto, atau bahkan mencoba segarnya air Curug Sibedug.

rest area petungkriyono
rest area petungkriyono. google maps. sumber: Made Wisnu

Penutup

Beristirahat di Curug Sibedug merupakan pilihan yang terbaik, dengan mengisi perut yang lapar, melemaskan otot-otot yang tegang, ataupun hanya untuk sholat.

Rest area di Petungkriyono yang satu ini jangan sampai terlewatkan ya!