Telaga Kumpe, Tempat Wisata Pelepas Stres dan Lelah

|

Telaga Kumpe atau sering juga disebut Telaga Kumpe Cilongok Banyumas ini memiliki pemandangan alam yang sempurna untuk melepas rasa penat, stress, dan lelah setelah sepekan berkerja.

Telaga Kumpe dengan keindahan alamnya yang menawan, berhasil menarik para wisatawan untuk berkunjung dan merasakan sensasi alam yang menenangkan.

Berlibur ke Wisata Telaga Kumpe dijamin akan memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan tempat berlibur lainnya.

telaga kumpe
telaga kumpe. google maps. sumber: Arinta DhevianurN

simak juga: hutan pinus limpakuwus

Apalagi jika kalian suka berswa foto dengan tema alam, wah yang pasti berfoto ria di Telaga Kumpe ini akan menambah kualitas konten di media sosialmu.

Jadi tunggu apalagi, segera nikmati suasana alam yang indah dengan cara berlibur di Telaga Kumpe Banyumas ini sob. Selamat berlibur.

Lokasi Telaga Kumpe

Telaga Kumpe ini beralamat di Dusun III, Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Rute Menuju Telaga Kumpe

Jalan menuju Telaga Kumpe, kamu bisa mengikuti rute yang telah kami sediakan. Awal pemberangkatan dari Alun-Alun Banyumas.

Dari Alun-Alun Banyumas ambil ke arah timur di Jalan Jaya Sirayu untuk diteruskan ke Jalan Ajibarang Secang, Jalan Raya Banjarnegara – Purwokerto, Jalan Raya Karangsalam – Purwokerto. Setelah menempuh perjalanan 1,4 km belok kiri ke Jalan Raya Kaliori, Jalan Raya Kaliori – Patikraja sejauh 2,9 km.

Teruskan ke Jalan Raya Patikraja – Banyumas sejauh 5,8 km. lalu lanjutkan perjalanan menuju Jalan Raya Notog, Jalan Kr. Endep – Notog, Jalan Karang Endep, Jalan Panusupan, Jalan Raya Jatisaba, Jalan Raya Kasegeran.

Setelah 6 km, lanjutkan perjalanan menuju Jalan Raya Jatibasa, Jalan Raya Sudimara menuju Jalan Kalimanggis Raya sejauh 4 km. Selanjutnya ambil arah Jalan Raya Sambirata dan Jl. Glempang menuju Telaga Kumpe. Perjalanan menuju Telaga Kumpe membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Alun-Alun Banyumas.

jalan menuju telaga
jalan menuju telaga. google maps. sumber: Nnn Afana

simak juga: bukit tranggulasih

Jam Buka Telaga Kumpe

Wisata alam Tegala Kumpe buka setiap hari, dari Senin hingga Minggu selama 24 jam.

Harga Tiket Telaga Kumpe

Harga tiket masuk Telaga Kumpe Rp. 5.000,- per orang.

Fasilitas Telaga Kumpe

Diantara fasilitas yang bisa kamu jumpai saat berlibur ke Telaga Kumpe diantaranya:

  • Perahu Sampan,
  • Camping Ground,
  • Spot Foto,
  • Petilasan,
  • Bukit Kumpe,
  • Gazebo,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Warung Makanan,
  • Area Parkir Kendaraan.
landmark telaga kumpe
landmark telaga kumpe. google maps. sumber: Akbar Hars

simak juga: taman balai kemambang

Daya Tarik Telaga Kumpe

1. Pemandangan Alam Eksotis

Sudah tidak diragukan lagi, Telaga Kumpe menawarkan pesona alam yang begitu menawan. Sejauh mata memandang kamu akan melihat luasnya telaga yang disekelilingnya terdapat pepohonan dan rerumputan serba hijau menyegarkan mata.

Pemandangan alam ini didukung dengan udaranya yang bersih dan menyejukkan. Bahkan di tengah hari pun kamu akan tetap merasakan semilir angin dingin khas pegununungan.

Kamu bisa duduk santai menggelar tikar di tepi telaga sambil menyantap bekal makanan yang kamu bawa, ngobrol santai bersama orang-orang tersayang.

Danau yang seolah tersembunyi ini dikelilingi oleh pegunungan dengan pohon-pohon tinggi yang lebat, kesejukan anginnya akan menyambut kedatanganmu bersama orang-orang tercinta.

Ditengah-tengah danau terdapat pulau-pulau kecil yang bisa kamu singgahi, tapi tetap berhati-hati ya.

FYI, di Telaga Kumpe ini juga terdapat habitat ikan yang cukup beragam. Bukan sesuatu hal yang aneh ya jika Telaga Kumpe ini juga sering dikunjungi oleh mereka yang hobi memancing ikan.

Selain memancing, kamu juga bisa memberi makan ikan-ikan di telaga ini. Untuk pakannya, tenang pihak pengelola sudah menyediakan kok.

Kamu bisa mengeksplor Telaga Kumpe ini sesuai dengan keinginanmu, tetapi jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan tempat wisata yaa.

mengelilingi danau dengan perahu
mengelilingi danau dengan perahu. google maps. sumber: Sugi yanto

simak juga: museum jenderal sudirman

2. Mengitari Telaga Kumpe dengan Perahu Sampan

Salah satu daya tarik yang paling diburu pengunjung saat datang ke Telaga Kumpe adalah naik perahu dari kayu, kemudian mendayung santai mengitari telaga.

Perahu kayu ini disewakan dengan durasi 20 menit per orang, jika pengunjung tidak antre kamu bisa mendapatkan tambahan waktu untuk berlayar.

3. Ziarah ke Petilasan

Saat berkunjung ke Telaga Kumpe kamu juga bisa sambil berziarah ke Petilasan yang ada di area wisata ini. Diantara petilasan yang bisa kamu jumpai yaitu Petilasan Mbah Sapu Jagat yang diyakini sebagai penjaga telaga. Selain itu ada pula Petilasan Watu Rajut, Petilasan Rantansari dan lain sebagainya.

4. Beragam Spot Foto Menarik

Ada berbagai spot foto menarik yang ada di Telaga Kumpe. Kamu bisa berfoto sambil mendayung perahu, duduk di tepi telaga dengan background pemandangan alam yang menghampar luas, berfoto di jembatan dan masih banyak lagi.

spot foto
spot foto. google maps. sumber: GBK SITOHANG chanel Sitohang

simak juga: telaga sunyi

Penutup

Yuk nikmati refreshing menyenangkan dengan berlibur ke Telaga Kumpe, Kabupaten Banyumas!