Wisata Gili Labak, Destinasi Wisata Bahari di Tenggara Pulau Madura

Gili Labak adalah nama pulau kecil di sebelah tenggara pulau Madura. Pulau indah ini layak dijadikan daftar perjalanan wisata anda. Destinasi wisata Gili Labak saat ini banyak dituju karena keasrian alamnya yang masih terjaga. Terutama dengan hadirnya biodata laut dan hamparan pasir putih yang menawan.

wisata gili labak
wisata gili labak. google maps. sumber : Yodha Argya P

Gili Labak, sebuah pulau indah yang memiliki luas hanya sekitar 5 hektar. Pulau ini dihuni kurang lebih 35 kepala keluarga saja. Gili Labak mulai dikenal sebagai destinasi wisata karena keindahannya yang tersembunyi.

Pulau ini menyajikan pemandangan yang memukau. Susana yang tenang dan pantai yang bersih tidak tercemar. Menjadi salah satu pilihan lokasi terbaik untuk berlibur di wilayah Jawa Timur.

Alamat Gili Labak

  • Lokasi Gili Labak Madura berada di Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. 69481.

Jam Buka

  • Pulau wisata Gili Labak ini memberlakukan buka 24 jam.

Harga Tiket Masuk

  • Tarif masuk gratis ke destinasi wisata pulau Gili Labak.

Rute ke Gili Labak

Untuk sampai di Gili Labakini hanya membutuhkan waktu 1,5 jam dari pelabuhan Kalianget dan setelah sampai anda akan disajikan pemandangan air bersih dan berkilau di atas pulau. Ada beberapa rute untuk mencapai lokasi Gili Labak.

Pelabuhan Kalianget

  • Rute ini salah satu yang paling banyak digunakan, karena lokasinya yang strategis. Untuk menempuh rute ini, pengunjung harus berangkat dari pusat kota Sumenep ke arah timur, kira-kira sejauh 10 km. Setelah sampai di pelabuhan, para anda hanya mencari kapal untuk disewa dan berlayar ke labak Gili.
  • Saat ini, ada banyak layanan untuk paket tour yang siap mengantarkan para wisatawan ke pulau ini. Pilih dengan bijak sebaik mungki untuk memilih yang terbaik.

Desa Lobuk

  • Desa Lobuk adalah sebuah desa yang memiliki pelabuhan. Merupakan salah satu rute menuju kepulauan Gili, baik Gili Genting maupun Gili Raja. Dermaga didesa ini semakin terkenal dan banyak wisatawan yang memilih rute ini untuk sampai di Gili Labak.
  • Bagi pengunjung yang datang dari luar Sumenep rute ini akan lebih dekat dibandingkan dengan rute lainnya. Mereka yang datang dari luar Sumenep bisa langsung berbelok ke kanan di persimpangan Bluto. Kemudian menuju ke sisi timur sampai menemukan dermaga kecil. Selanjutnya, para pengunjung bisa langsung memesan kapal atau bisa memilih untuk menggunakan layanan berlayar ke labak Gili.

Transportasi

Hanya transportasi air seperti kapal laut yang bisa membawa Anda ke Gili Labak. Setiap agen kapal memiliki tarif dan kebijakan yang berbeda. Hal ini tergantung dari rute perjalanan yang diinginkan.

Jika Anda ingin berangkat menggunakan kapal nelayan, maka bisa mengikuti jadwal keberangkatannya. Diperkirakan akan berangkat setiap pukul 05:30 WIB dan kembali ke Madura mulai pukul 16:00 WIB.

Transportasi lainnya yaitu dengan menyewa kapal penyebrangan. Anda bisa menyewa (carter) kapal yang ada di pelabuhan. Tarif sewa ini tergantung pada jenis kapal. Kemudian, menyesuaikan kapasitas penumpangnya.

Ada Apa di Gili Labak

pulau gili labak
pulau gili labak. google maps. sumber : Yamaha Maha

Wisata Gili Labak menawarkan pemandangan yang indah dan memukau. Pantai pasir putihyang halus dengan air laut jernih dan alami. Berwisata di Gili Labak menjadi sangat menarik dengan beragam kegiatan wisata bahari yang seru. Berikut adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan selama berwisata di Pulau Gili Labak Madura.

Menikmati Suasana Pantai

menikmati susana pantai
menikmati susana pantai. google maps. sumber : shanty anggraeni
suasana pantai gili labak
suasana pantai gili labak. google maps. sumber : Nabilla Arifahny

Gili Labak memiliki pantai dengan air laut yang jernih. Pantai dengan pasir putih yang lembut dan bersih. Gili Labak memang dikelilingi hamparan pasir putih yang indah. Aktivitas pertama yang biasanya dilakukan wisatawan di pulau ini adalah menikmati pemandangan dan suasana pantai. Di pantai ini kamu bisa bersantai atau berswafoto.

Snorkeling dan Diving

diving dan senorkeling di gili labak
diving dan snorkeling di gili labak. google maps. sumber : Silvia Anggraeni Trias F

Perairan Gili Labak sangat jernih. Bebatuan didasar bisa terlihat dengan jelas. Di sini anda bisa Snorkeling atau Diving. Terumbu karang yang masih terjaga alami serta beragam ikan kecil akan meramaikan aktivitas snorkeling di perairan sekitar Gili Labak. Jangan lupa menyiapkan kamera underwater jika tidak ingin melewatkan pemandangan ini.

Susur Pantai Menggunakan Perahu

Wisatawan juga bisa menyusuri keindahan pantai Gili Labak dengan menyewa perahu.

susur pantai naik perahu
susur pantai naik perahu. google maps. sumber : Defi purnama Wati

sunset di gili labak

sunset di gili labak
sunset di gili labak. google maps. sumber : cherry

Menikmati Sunrise Dari Atas Kapal

Pukul 5.30 pagi menjadi waktu yang tepat untuk memulai perjalanan menuju Gili Labak dari Sumenep, Madura. Dalam perjalanan anda akan disambut oleh matahari pagi yang muncul perlahan dari balik lautan luas. Ppemandangan sunrise akan menjadi moment indah ditengah lautan dalam menemani perjalanan anda.

Explore Pulau Gili Labak

menyusuri keindahan pantai gili labak
menyusuri keindahan pantai gili labak. google maps. sumber : Yodha Argya P

Gili Labak memiliki luas wilayah yang hanya sekitar 5 hektar. Saat tiba di Gili Labak aktivitas yang menarik adalah dengan menjelajah pulau. Tentu saja cukup dengan berjalan kaki kita mampu mendatangi beberapa sudut eksotik yang terdapat di Gili labak.

pantai di gili labak
pantai di gili labak. google maps. sumber : Yodha Argya P

Disana anda akan menemukan saung-saung tepi pantai untuk menepi dan bersantai sejenak menikmati panorama alam. Menikmati indahnya pemandangan sambil menyeruput segarnya kelapa muda segar di depan pantai.

Aktivitas seru lain bisa Anda coba di sini dengan menaiki ATV . Menyusuri pantai Gili Labak dengan menyewa ATV yang harganya cukup terjangkau.

Bermain Banana Boat

Banana Boat ini disewakan sekitar Rp.150.000,- untuk 5 putaran. Pastikan seru-seruan di Pantai Labak bersama orang-orang tercinta.

Kuliner

Tentu saja mencoba kelezatan kuliner hidangan lokal mejadi salah satu aktivitas wajib di Gili Labak. Menikmati ikan bakar adalah salah satu hal yang harus dilakukan disini. Kuliner ikan bakar yang ditaburi bumbu khas lokal yang sangat lezat.

Camping / Berkemah

Anda juga bisa berkemah pantai di Gili Labak untuk mendapatkan pengalaman yang lebih berkesan. Suasana yang tenang sangat nyaman dan santai.

Hunting Foto di Gili Labak

berswafoto di gili labak
berswafoto di gili labak. google maps. sumber : shanty anggraeni

Bagi anda yang hobi berswafoto akan dimanjakan di tempat ini. Pemandangannya benar-benar menakjubkan dan mempesona.

hunting foto di gili labak
hunting foto di gili labak. google maps. sumber : Yohanes Ded
foto di gili labak
foto di gili labak. google maps. sumber : Yohanes Dedi

Fasilitas Gili Labak

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Gili Labak.

  • Kamar mandi umum
  • Tempat bilas / ganti pakaian
  • Area berkemah
  • Sewa peralatan diving
  • Warung makanan
  • Saung tepi pantai dan lain-lain.

Hotel Sekitar Gili Labak

Hotel, villa atau penginapan yang jarak lokasinya paling dekat dengan Wisata Gili Labak.

  • HOTEL BAIK
    Berjarak 20 km dari Wisata Gili Labak.
    Jl. Gersik Putih No.09, Tambangan, Kalianget Tim., Kec. Kalianget, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69471.
  • SPOT ON 92527 Penginapan Kangean Syariah
    Berjarak 20,1 km dari Wisata Gili Labak.
    Jl. Raya Kalianget, Padurekso, Jawa Timur, Kec. Kalianget, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69471. 0817-788-016.

Tempat Wisata Sekitar Gili Labak

  • Pulau Gili Iyang

Video Gili Labak

Video Gili Labak berikut dikutip dari channel : Danny Aristanto

Penutup

Wisata Gili Labak di Madura bisa jadi pilihan berlibur di Jawa Timur. Gili Labak merupakan sebuah pulau kecil yang berada di wilayah Sumenep, Jawa Timur. Gili Labak mulai dikenal sebagai destinasi wisata karena keindahan dan panorama alam yang tersembunyi.