Wisata Simbat di Jember, Spot Foto Instagenic dan Lanskap Pemandangan Alam

Objek wisata Simbat ini dikenal memiliki banyak spot foto instagenic. Panorama yang indah dengan lanskap pemandangan alam yang elok. Objek wisata ini dibangun dikarenakan sebelumnya terdapat penambangan liar. Kemudian warga dan masyarakat setempat berinisiatif menjadikanya sebagai objek wisata. Wisata alam yang menarik dan instagenic dengan tujuan supaya tempat tersebut bebas dari penambangan liar.

wisata simbat
wisata simbat. gogole maps. sumber : Lucky Cyut Official

Simbat merupakan singkatan dari Sukmo Ilang Manggar Babatan. Sukmo Ilang adalah nama tempat, Manggar merupakan nama dari gunung, sedangkan Babatan adalah nama dari pengelola objek wisata ini.

Tempat wisata ini dibuka pada 2017 lalu dan selalu ramai dikunjungi wisatawan. Memasuki akhir pekan, banyak anak muda berdatangan untuk berfoto dengan spot foto keren dan instagenic berlatar belakang pegunungan yang cantik.

Cuacanya yang sejuk dengan pepohonan yang rindang menjadi latar yang sempurna bagi para pengunjung yang ingin bersantai dan beristirahat menikmati kesejukan alam.

Alamat Wisata Simbat

  • RT 001 RW 001, Dusun Krajan, Desa Tamansari, Kec. Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68162.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 07.00 WIB – 16.30 WIB.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati keindahan wisata Simbat di Jember, pengunjung cukup membayar tiket parkir.

  • Parkir motor Rp.5.000,-
  • Parkir mobil Rp.10.000,-

Rute ke Wisata Simbat

Wisata Simbat berjarak sekitar 30 km dari Alun-alun Kota Jember. Dengan waktu tempu perjalanan sekitar 1 jam 10 menit berkendara.

  • Rute dari Alun-alun Jember : Ambil Jl. R.A. Kartini ke Jl. Nasional III. Ikuti Jl. Nasional III dan Balung – ke Jl. Kalimantan di Kebonsari. Ambil Jl. Mawar ke Balung – Ambulu/Jl. Ambulu. – Belok kiri ke Balung – Ambulu/Jl. Ambulu. Tetap lanjutkan untuk mengikuti Balung – Ambulu. Tetap di Jl. Babatan. Mengemudi ke Jl. Utama Simbat di Sumberejo.

Sesampainya di area parkir, masih diperlukan perjalanan lagi untuk mencapai puncak. Anda masih perlu berjalan kaki untuk sampai di tempat wisata ini. Jaraknya sekitar 500 meter dengan jalan bebatuan dan agak curam, jadi harus tetap hati-hati.

Transportasi

Untuk mencapai lokasi Wisata Simbat, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Dikelilingi oleh area hutan membuat suasana ditempat ini asri dan adem. Lokasinya yang dikelilingi hutan, akses jalan ke Wana Liburan Simbat telah beraspal, tetapi masih terdapat jalan yang belum diaspal.

Mulai menjelang Dusun Krajan Babatan akses jalan sudah mulai sulit dan masih belum beraspal. Medannya juga cukup curam, berliku, menanjak, dan menjadi agak licin ketika sesudah turun hujan. Selama perjalanan kita akan disuguhi oleh pemandangan pegunungan Manggar yang betul-betul memanjakan mata.

Ada Apa di Wisata Simbat

wisata simbat jember
wisata simbat jember. gogole maps. sumber : Bambang Setiawan

Wana wisata Simbat merupakan salah satu tempat wisata di Kota Jember. Wisata alam ini terkenal akan spot fotonya yang keren dan instagramable.

Menikmati Pemandangan Alam

menikmati pemandangan
menikmati pemandangan. google maps. sumber :  A J Yuna

Tidak hanya menawarkan pemandangan pegunungan yang memesona. Pepohonan rindang dengan cuaca yang sejuk menjadikan tempat ini cukup favorit dikalangan wisatawan.

menikmati pemandangan alam
menikmati pemandangan alam. gogole maps. sumber : J Z

Yang menjadi tempat favorit dikawasan wisata ini terletak di puncak bukit yang seringkali disebut Sky Land. Diatas bukit anda akan disajikan indahnya panorama alam yang menanjubkan. Perpaduan panorama alam hijau, pemandangan hutan pohon jati yang terhampar luas, serta langit biru yang terbentang lebar di depan mata.

Spot Foto Keren dan Instagenic

spot foto sangkar burung
spot foto sangkar burung. google maps. sumber : Rona Windy Official

bisa berburu spot foto instagramable yang tersedia, seperti rumah pohon, sangkar burung, tempat duduk lingkaran, bangku melayang, bingkai foto maupun spot instagenic lainnya.

spot foto di wisata simbat
spot foto di wisata simbat. google maps. sumber : August N. Hidayatullah
wana wisata simbat
wana wisata simbat. google maps. sumber : Rona Windy Official

Tersedia berbagai titik foto yang dapat anda coba disini. Mulai dari kerangka bingkai foto, sangkar burung, bangku melayang, rumah pohon, tempat duduk lingkaran serta masih banyak spot instagenic lainnya. Wisatawan bisa berfoto di spot-spot foto tersebut tanpa dipungut biaya lagi.

Camping Ground

camping ground di wisata simbat
camping ground di wisata simbat. gogole maps. sumber : Rohiqim Makhtum

Disini juga tersedia Camping Ground. Bermalam di bawah tenda dengan suasana pegunungan yang asri dan sejuk.

Fasilitas Wisata Simbat

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Wisata Simbat.

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Kedai makanan
  • Spot foto
  • Warung
  • Gazebo dan lain-lain.

Hotel Sekitar Wisata Simbat

Hotel, villa atau penginapan yang jarak dan lokasinya paling dekat dengan objek wisata Simbat.

  • Yusuf Hotel
    Berjarak 3,1 km dari Wisata Simbat.
    Jl. Wr Supratman No.25, Purwojari, Dukuh Dempok, Kec. Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68162.
  • Hotel Ambulu
    Berjarak 5 km dari Wisata Simbat.
    Hotel bintang 3. Jl. Manggar No.200, Tegalsari, Kec. Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68172. (0336) 884488.
  • Bening Guest House
    Berjarak 7,6 km dari Wisata Simbat.
    Langon, Ambulu, Kec. Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68172. 0813-3086-5120.

Video Wisata Simbat

Video Wisata Simbat berikut dikutip dari channel : TD ZEN ADVENTURE

Penutup

Tempat wisata ini dibuka pada 2017 lalu dan selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama akhir pekan. Objek wisata Simbat ini dikenal memiliki banyak spot foto instagenic. Panorama yang indah dengan lanskap pemandangan alam yang elok. Banyak anak muda berdatangan untuk berfoto dengan spot foto keren dan instagenic berlatar belakang pegunungan yang cantik.