Kebun Teh Gunung Gambir, Kebun Indah yang Nyaris Terlupakan di Pedalaman Jember

Berkunjung ke lokasi kebun teh Gunung Gambir akan berjumpa dengan sebuah lokasi wisata yang apik. Sebuah jembatan yang membentang di atas perkebunan teh dengan kelokannya, dan juga dilengkapi dengan spot yang bagus untuk berswafoto.


perkebunan teh Gunung Gambir merupakan sebuah lokasi wisata yang apik. Sebuah jembatan yang membentang di atas perkebunan teh dengan kelokannya, dan juga dilengkapi dengan spot yang bagus untuk berswafoto.
Kebun Teh Gunung Gambir. Image via: @noviahriyantii

Kebun Teh Gunung Gambir yang mulai ditanam pada tahun 1918, 1923 dan 1927 dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara XII. Perkebunan ini merupakan peninggalan dari masa kolonial Belanda sejak tahun 1918 dan berada di ketinggian 900 M dari permukaan laut.

Memang tak banyak yang mengetahui keberadaan kebun teh ini bahkan warga jember sendiri. Lokasinya yang berada lereng Gunung Argopura. Lereng Gunung Argopuro ini memang memiliki tanah dan udara yang ideal untuk sebuah perkebunan teh, terutama yang ada diperkebunan teh gunung Gambir ini, disini dikembangkan 8 jenis teh yang dikenal juga dengan teh bir atau “bir tea”.

Ada kalanya jika kita beruntung kita bisa menyaksikan langsung proses pemetikan teh hingga proses pengolahan teh dimana hasil dari teh perkebunan ini cukup terkenal dan telah di ekspor hingga mancanegara.

Kebun Teh Gunung Gambir menghijau menyejukkan mata
Menghijau membantang. Image via: wanawisata.com

Simak juga: Lokasi Wisata Jember

Lokasi Kebun Teh Gunung Gambir

Lokasi Kebun Teh Gunung Gambir Jember berada di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten  Jember, jawa Timur.

Tepatnya berada di Lereng pegunungan Argupuro yang berjarak sekitar 48km dari pusat kota Jember.  Perkebunan teh ini menawarkan pemandangan yang indah dengan hamparan alam hijau tanaman teh yang menghiasi kiri dan kanan selama perjalanan.

Rute Menuju Kebun Teh Gunung Gambir

Untuk menuju ke lokasi perkebunan teh di Gunung Gambir, cukup menyita adrenalin dan kesabaran. Dengan menempuh jarak sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Jember menuju lokasi wisata di sisi barat, akses jalan untuk menuju ke lokasi wisata masih berupa bebatuan cukup besar.

Pondok tinggi kebun teh gunung gambir, menjadi salah satu spot foto yang unik
Pondok tinggi. Image via: @ririkyunii_art

Meskipun jarak cukup jauh, dan menyita waktu tempuh kurang lebih 1 jam 40 menit perjalanan. Saat sampai di lokasi, akan terbayarkan dengan suasana sejuk segar khas pegunungan, dan senyum ramah dari para warga yang berada di tempat wisata tersebut.

Yang berangkat dari arah Lumajang atau Surabaya bisa lewat Pom Klalah belok ke arah timur dengan tujuan Randu Agung – Kaliduren. Semua arah akan bertemu di desa Kaliduren yang selanjutnya menuju desa Gelang yang berada di puncak gunung.

Jam Buka Kebun Teh Gunung Gambir

Tempat Wisata Kebun Teh ini buka 24 jam, karena didalamnya terdapat homestya yang bisa disewa untuk bermalam. Harga Home Stay disini mulai Rp 150.000 sampai dengan Rp 250.000.

Menara di Ujung Jembatan Kebun Teh Gunung Gambir
Menara di Ujung Jembatan. Image via: jadwaltravel.com

Simak juga: Heha Sky View Jogja

Tiket Kebun Teh Gunung Gambir

Harga tiket masuk wisata kebun teh Gunung Gambir ini cukup membayar Rp 3.000 per orang, kemudian Rp 2.000 untuk parkir kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk parkir kendaraan roda empat.

Fasilitas Kebun Teh Gunung Gambir

Fasilitas yang ada di wisata Kebun Teh Gunung Gambir seluas 183 hektar ini terbilang cukup memadai. Lokasi memiliki Camping Ground atau bumi perkemahan bagi pecinta alam, jogging Track, Penginapan, Lapangan Tenis, Villa, dan fasilitas umum lainnya yang bisa ditemukan dengan mudah dilokasi wisata tersebut.

Daya Tarik Kebun Teh Gunung Gambir

  1. Panorama Alam

Pesona Alam kala sunset di kebun teh gunung gambir
Panorama Alam. Image via: wongjember.com

Pemandangan Kebun Teh Gunung Gambir Jember ini sangatlah mempesona. Hamparan perkebunan teh yang hijau begitu menyegarkan pandangan. Banyaknya perbukitan yang mengelilingi kawasan ini, sehingga menambah cakep pemandangan.

Pemandangan alam hijau tanaman daun teh yang tertata rapi. Bak savana yang menutupi lereng bukit Gunung Gambir merupakan poin tambahan yang akan menyambut setiap pengunjung yang datang. Udara sejuk dan bebas polusi akan membuat anda rileks dan nyaman berlama-lama dilokasi tersebut.

Selain itu para pengunjung juga bisa menyaksikan secara langsung proses pemetikan pucuk teh, pengeringan, pengepakan bahkan anda juga bisa mencicipi beberapa produk teh dari Gunung Gambir tersebut.

Belum lagi suhu udara di sana sangat-sangat sejuk, maka tepat sekali bila dijadikan sebagai tempat refreshing.

  1. Spot Foto

pada beberap abagian, jembatan kayu di kebun teh gununggambir berisikan spot foto yang ditata artistik
Spot Foto. Image via: wagirmedia.com

Simak juga: Bukit Jamur Ciwidey

Disini juga menawarkan panorama kebun teh cantik dipadu dengan spot Instagenic. Banyak spot Instagramable yang ditawarkan. Tapi jembatan kayu merupakan salah satu primadonanya.

Bagi pengnjung yang suka posting foto di instagram, posting foto-foto yang kekinian, sangat bagus jika mengunjungi tempat ini. Kebun the Gunung Gambir lagi tren di Media Sosial berbagi foto. Spot foto yang tersedia bagus-bagus, memenuhi kriteria para selegram banget.

Untuk menghasilkan foto makin istimewa, jangan lupa untuk membawa kelengkapan atau aksesoris foto sendiri. Misalnya saja balon, payung, topi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ambil properti dengan warna-warna yang cerah. Foto akan terlihat makin cantik dan menawan.

  1. Jembatan Kayu

gerbang masuk ke jembatan KAyu kebun teh gunung gambir
Jembatan Layang Klobugan. Image via: dowes29.com

Salah satu spot favorit yang banyak dijadikan untuk berfoto adalah jembatan kayu Instagenic. Dari atas jembatan, pengunjung dapat melihat hamparan kebun teh yang menghijau. Saat dibidik, hasilnya juga begitu Instagenic.

Jembatan itu memanjang kurang lebih 200 meteran, dari pinggir jalan utama lokasi wisata menuju ke perkebunan teh.J embatan terbuat dari kayu hutan dan ditopang tiang pancang dari bambu. Bentuk jembatan di kebun teh gunung Gambir memanjang dan berkelok.

Dibangunnya Jembatan Layang Klobugan yang berdiri sekitar tahun 2016 itu, adalah agar masyarakat memiliki sensasi berbeda, dengan berjalan melewati hamparan kebun teh, tanpa harus menginjak tanah. Terasa berbeda dan memberi kesan seakan-akan berjalan melayang di atas kebun teh.

Masyarakat sekitar menyebut lokasi tersebut dengan Jembatan Layang Klobugan. Jembatan Layang Klobungan yang bermakna gorong gorong dalam Bahasa Madura ini didirikan tak lain demi untuk memanjakan pengunjung menikmati pesona kebun teh tanpa harus menginjak tanah.

Istirahat sejenak setelahmelalui jembatan kayu di kebun teh gunung gambir
Istirahat sejenak. Image via: dowes29.com

Simak juga: Barusen Hills Ciwidey

Tips Mengunjungi Kebun Teh Gunung Gambir

  • Usahakan berangkat pagi-pagi sekali

Supaya tiba di lokasi sekitar jam 6 atau 7 sehingga masih sepi pengunjung, terutama di saat weekend atau holiday.

  • Kendaraan harus dalam kondisi prima

Mesin maupun ban, jangan sampai terjadi ban pecah atau gembos, karena nggak ada tukang ban kalau sudah memasuki area perkebunan.

  • Kondisi badan harus fit

Agar kuat menempuh perjalanan yang cukup panjang dan medan jalanan berbatu sepanjang trek perkebunan.

pesona alam kebun teh Gunung Gambir
Pesona gunung gambir. Image via: explorewisata.com

 Objek Wisata Dekat Kebun Teh Gunung Gambir

Sekalinya mampir di jember, tentu tidak elok jika hanya mengunjungi 1 objek wisata saja. Jember memiliki beberapa pilihan objek wisata yang juga menawan untuk dikunjungi.

Ada Wana Wisata Simbat. Wana Wisata Simbat tidak hanya menyuguhkan pesona alam yang memukau tetapi juga destinasi seru dengan spot-spot kece yang instagramable. Selain narsis di spot foto kekiniannya, pengunjung juga bisa mencoba aktivitas seru yang ada di tempat ini seperti flying fox.

Salah satu yang paling populer di Jember adalah Teluk Love. Disebut demikian karena teluk tersebut memiliki bentuk yang jika dilihat dari kejauhan nampak seperti ikon cinta. Tak heran jika tempat wisata di Jember ini langsung diminati banyak orang yang penasaran dengan keindahannya.

Sekian dulu ya tentang wisata Kebun Teh Gunung Gambir. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari tempat liburan untuk berakhir pekan.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment