Kebun Teh Gunung Gambir, Parade Keindahan Wisata Gunung Gambir Di Jember

Kebun Teh Gunung Gambir, merupakan objek wisata alam yang mengandung nilai sejarah, berpadu dengan keindahan pesona alam, serta sentuhan nilai seni yang kekinian.

Kebun Teh Gunung Gambir saat ini menjadi wisata Jember yang kekinian. Padahal sebelumnya hanyalah sebuah kebun teh biasa.

Kebun Teh Gunung Gambir disebut juga sebagai wisata Gunung Gambir. Sebuah parade keindahan yang tersaji di lereng Gunung Argopuro.

landscape kebun teh gunung gambir
landscape kebun teh gunung gambir. google maps. sumber: ID RIS

Simak juga: Lokasi Wisata Jember

Bagi yang belum pernah, atau yang sudah bertahun-tahun tidak ke objek wisata tersebut. Maka kondisi Kebun Teh Gunung Gambir saat ini sudah sangat tertata baik, bahkan akses jalan menuju area parkir sudah bagus, serta diaspal.

Dan inilah info terkini objek wisata Kebun Teh Gunung Gambir, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, yang sudah kami rangkum untuk anda.

Sejarah Kebun Teh Gunung Gambir

Sejarah Kebun Teh Gunung Gambir dimulai dari sejak pengelolaannya masih di tangan Belanda, tahun 1918. Saat itu, kawasan tersebut layaknya kebun teh pada umumnya, yang menghasilkan teh-teh yang berkualitas.

Setelah kemerdekaan Republik Indonesia lahir, maka seluruh aset yang sebelumnya berada di tangan Belanda menjadi dinasionalisasi. Termasuk kawasan Kebun Teh Gunung Gambir, yang akhirnya pengelolaan perkebunan tersebut berada di bawah PTPN XII.

menapaki jembatan layang
menapaki jembatan layang. google maps. sumber: Diana LM

Seiring perkembangan jaman, kawasan tersebut menjadi sering dikunjungi orang, sebagai tempat yang nyaman untuk melepas penat, walaupun hanya sesaat.

Begitu besarnya potensi alam yang dimiliki di kawasan Kebun Teh Gunung Gambir, maka perlahan mulai ditata, bukan hanya sebatas kebun teh biasa, namun mampu menjadi destinasi wisata untuk semua kalangan.

Daya Tarik Kebun Teh Gunung Gambir

Daya tarik yang coba diberikan oleh Kebun Teh Gunung Gambir diantaranya:

1. Panorama Alam

Simak juga: Heha Sky View Jogja

Daya tarik yang pertama dari Kebun Teh Gunung Gambir adalah panorama alam yang menyejukkan mata yang memandang.

keindahan alam kabun teh gunung gambir
keindahan alam kabun teh gunung gambir. google maps. sumber: Yudi Ariyanto

Kawasan Kebun Teh Gunung Gambir memiliki luas sekitar 183 ha. Lokasinya berada di ketinggian sekitar 900 mdpl, sehingga memberikan hawa yang sejuk bagi para pengunjung yang datang.

Kebun Teh Gunung Gambir adalah salah-satu penghasil teh terbaik. Bahkan hasil perkebunannya sudah biasa dikirim ke luar negeri.

Panorama alam berupa gunung-gunung, serta hamparan kebun teh menjadi sebuah kolaborasi yang mampu memanjakan mata yang melihat.

2. Ragam Spot Instagramable

Ternyata objek wisata Kebun Teh Gunung Gambir tidak mau ketinggalan dengan trend kekinian. Yaitu menyajikan spot selfie yang instagramable, sangat banyak, variatif, namun tidak merusak alam sekitar.

jembatan layang klobungan
jembatan layang klobungan. google maps. sumber: Gagas Cipta

Simak juga: Bukit Jamur Ciwidey

Yang paling menarik perhatian adalah jalur trekking yang sangat keren, berbentuk jembatan. Namanya Jembatan Layang Klobungan.

Jembatan kayu yang mengitari kawasan objek wisata tersebut. Bahannya terbuat dari kayu, serta ditata secara kreatif, sehingga mampu menjadi spot yang sangat instagramable.

Ujung dari jembatan tersebut adalah sebuah menara pandang, serta spot selfie yang paling digemari oleh muda-mudi yang sedang kasmaran, yang berbentuk Love.

Kebun Teh Gunung Gambir sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga di akhir pekan. Namun para pengunjung harus tetap melaksanakan, serta mematuhi protokol kesehatan.

Lokasi Dan Alamat Kebun Teh Gunung Gambir

Lokasi Kebun Teh Gunung Gambir terletak di lereng Gunung Argopuro. Alamat Kebun Teh Gunung Gambir berada di Pasi, Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

salah satu foto kece
salah satu foto kece. google maps. sumber: Antania Ika Sari

Rute Menuju Kebun Teh Gunung Gambir

Akses jalan menuju Kebun Teh Gunung Gambir dari Jember sekitar 60 kilometer. Namun kondisi terkini jalan menuju ke Kebun Teh Gunung Gambir sudah megalami perbaikan, dan sudah diaspal hingga ke area parkiran.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Gunung Gambir

Tiket masuk Kebun Teh Gunung Gambir adalah Rp. 10.000 per orang

spot foto dengan latar panorama alam indah
spot foto dengan latar panorama alam indah. google maps. sumber: Diana LM

Simak juga: Barusen Hills Ciwidey

Jam Buka Kebun Teh Gunung Gambir

  • Jam operasional Kebun Teh Gunung Gambir buka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00
  • Kebun Teh Gunung Gambir buka setiap hari selama satu minggu penuh

Fasilitas Di Kebun Teh Gunung Gambir

Fasilitas di objek wisata Kebun Teh Gunung Gambir, Jember, sudah sangat lengkap. Bahkan terdapat penginapan dengan harga yang sangat terjangkau.

dihiasi taman yang cantik
dihiasi taman yang cantik. google maps. sumber: Diana LM

Tips Mengunjungi Kebun Teh Gunung Gambir

  • Datanglah di pagi hari untuk mendapatkan udara yang lebih segar.
  • Siapkan baju hangat jika kamu tak kuat dengan udara dingin
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Jaga kebersihan dan keasrian Kebun Teh Gunung Gambir.

Penutup

Jika kamu mencari destinasi wisata yang adem dan ngga ribet, Kebun Teh Gunung Gambir lah tempatnya. Tempatnya cocok untuk dikunjungi dari beragam kalangan usia.

Leave a Comment