Pesona Air Terjun Tancak di Lereng Gunung Argopuro

Air Terjun Tancak adalah sebuah lokasi air terjun yang lokasinya berada disisi selatan Gunung Argopuro. Dari pusat Kota Jember jaraknya sekitar 16 km menuju Desa Suci. Air terjun Tancak memiliki aliran deras dengan ketinggian 82 meter dan debit air 150 meter kubik perdetik. Air Terjun Tancak menjadi salah satu air terjun tertinggi di Jember dan banyak menarik minat wisatawan dari berbagai daerah.

wisata air terjun tancak jember
wisata air terjun tancak jember. google maps. sumber : rosikhan bil kiromy

Memiliki air yang jernih dan debit airnya tidak pernah surut, meski pada musim kemarau. Debit airnya akan semakin besar saat hujan, sehingga tidak disarankan berkunjung. Jalur trekking juga akan jadi lebih licin dan berbahaya.

Trekking Menuju Air Terjun

trekking menuju air terjun
trekking menuju air terjun. google maps. sumber : MOHAMAD HOSIM

Sebelum sampai di lokasi air terjun, pengunjung harus parkir kendaraan di suatu tempat di Desa Suci. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Ikuti jalur yang sudah ditandai menuju kawasan wisata Air Terjun Tancak. Jarak dari lokasi parkir hingga Air Terjun Tancak kurang lebih sejauh 3 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Perjalanan menuju air terjun terbilang jauh dan melalui medan yang cukup menantang. Dibutuhkan kekuatan fisik yang prima untuk mencapai lokasi. Dalam perjalanan akan melewati area perkebunan kopi dan jalanan berbatu. Melewati hutan serta sungai-sungai dengan air yang menyegarkan.

Alamat Air Terjun Tancak

  • Area Pegunungan Argopuro, Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jamber, Jawa Timur. 68153.

Jam Buka

Buka setiap hari. 24 jam.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Rp.3.000,-/ orang.
  • Parkir motor Rp.2.000,-
  • Parkir mobil Rp.5.000,-

Rute ke Air Terjun Tancak

Dari Kota Jember, ambil jalur di Jalan Gatot Subroto menuju ke Jalan Nasional. Kemudian lanjutkan perjalanan ke Mrapa sejauh 7,4 kilometer. Lanjutkan di Jalan Gurami sejauh 16 kilometer menuju Area Pegunungan Argopuro.

Setelah itu, anda akan tiba di Desa Suci. Setelah memarkir kendaraan, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 3 km. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam melewati perkebunan kopi, hutan, sungai, dan jalanan berbatu. Ikuti jalur yang sudah ditandai menuju kawasan wisata Air Terjun Tancak.

Transportasi

Untuk menikmati pemandangan air terjun ini, pengunjung harus menempuh perjalanan yang cukup menantang. Disrankan sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Dari Kota Jember, pengunjung bisa mengendarai kendaraan pribadi menuju Desa Suci, tempat parkir terdekat dari air terjun. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 3 km.

Ada Apa di Air Terjun Tancak

wisata air terjun tancak
wisata air terjun tancak. google maps. sumber : Mubarok Channel

Air Terjun Tancak menjadi salah satu tujuan wisata alam di Kabupaten Jember. Lokasinya terletak di selatan Gunung Argopuro. Berada di kaki Gunung, menawarkan suasana yang sejuk dan asri karena banyak pepohonan.

Menikmati Keindahan Air Terjun dan Suasana Alam yang Sejuk

keindahan air terjun tancak
keindahan air terjun tancak. google maps. sumber : Sufe Friadi

Air Terjun Tancak menawarkan pemandangan alam yang indah dan memukau. Airnya jernih dan debit airnya tidak pernah surut, meski kemarau. Debit airnya akan semakin besar saat hujan, sehingga tidak disarankan berkunjung dikarenakan jalur trekking yang dilewati juga akan jadi lebih licin dan berbahaya.

Air Terjun Tancak merupakan salah satu air terjun tertinggi di Jawa Timur. Menurut laman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember, ketinggian air terjun ini mencapai 82 meter dengan debit air 150 meter kubik per detik.

rekreasi keluarga di air terjun tancak
rekreasi keluarga di air terjun tancak. google maps. sumber : denny Kris

Air terjun ini berada di lereng Gunung Argopuro, sekitar 900 mdpl. Suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian menambah kesegaran dan keindahan alam di sekitarnya. Di sekitar air terjun, kamu juga bisa menikmati pemandangan tebing tinggi yang ditumbuhi tanaman belukar.

Disarankan berwisata ke Air Terjun Tancak pada musim kemarau, karena jalanan trekking menuju air terjun bisa licin dan berbahaya.

Bermain Air di Tepi Air Terjun

bermain ditepi air terjun
bermain ditepi air terjun. google maps. sumber : afan fathoni

Air di sini sangat jernih, dingin, dan segar. Percikan air yang turun dari tebing membuat pengunjung merasa sejuk. Anda dapat bermain air di kolam alaminya di bawah aliran air terjun yang cukup deras. Karena aliran airnya yang cukup deras disarankan untuk tetap berhati-hati.

Berswafoto

berswafoto di air terjun tancak
berswafoto di air terjun tancak. google maps. sumber : Karel dwi pratama
berswafoto di air terjun tancak jember
berswafoto di air terjun tancak jember. google maps. sumber : Nanang Harianto

Selain bermain air, abadikan setiap momen di Air Terjun Tancak, terutama dengan latar belakang panorama air terjunnya.

Fasilitas Air Terjun Tancak

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di objek wisata alam Air Terjun Tancak Jember :

  • Area parkir
  • Gazebo
  • Area kemah
  • Tempat duduk
  • Toilet dan lain-lain.
  • Pengunjung juga bisa membawa makanan sendiri atau membeli di warung-warung sepanjang perjalanan. Jjangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Video Air Terjun Tancak

Video Air Terjun Tancak berikut dikutip dari channel : Mubarok Channel

 

Penutup

Air Terjun Tancak adalah destinasi wisata yang cocok untuk Anda yang menyukai petualangan dan keindahan alam. Air Terjun Tancak menjadi salah satu air terjun tertinggi di Jember dan banyak menarik minat wisatawan dari berbagai daerah.