Air Terjun Antrokan, Update Kondisi Terbaru Wisata Air Terjun Jember

Akhir-akhir ini banyak sekali komentar yang masuk, request untuk sedikit membahas tentang beberapa karakter air terjun.

Mamang betul sekali, bahwa traveler yang akan menjajal wisata alam harus memiliki pengetahuan terkait kondisi, serta karakter alam yang akan dikunjunginya.

Namun sebelum itu, kita akan membahas terlebih dahulu sebuah wisata alam berupa air terjun, yang kondisi sekitarnya masih alami.

Namanya Air Terjun Antrokan, terletak di Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Inilah update terbaru Air Terjun Antrokan yang wajib kalian ketahui.

Air Terjun Antrokan
Air Terjun Antrokan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Trekking Menuju Air Terjun Antrokan

Untuk meminimalisir jarak tempuh untuk sampai di lokasi utama Air Terjun Antrokan, makaa para pengunjung direkomendasikan untuk menggunakan kendaraan roda dua, atau motor.

Perjalanan menuju lokasi parkiran terakhir, merupakan perjalanan keindahan. View alam pedesaan yang sangat memanjakan mata, disertai keramahan penduduk sekitar.

Akses Jalan Menuju Air Terjun Antrokan
Akses Jalan Menuju Air Terjun Antrokan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Kondisi area parkirannya masih sama seperti dulu, dititipkan di halam rumah warga sekitar. Dan selanjutnya para pengunjung harus melakukan trekking.

Sebetulnya tidak banyak yang berubah dari objek wisata Air Terjun Antrokan. Hanya saja update terkini, terdapat sebuah jembatan untuk menyebrangi sungai.

Jika dulu para pengunjung harus turun terlebih dahulu ke aliran sungai, maka saat ini sudah terdapat jembatan bambu untuk mempermudah pengunjung melewati sungai tersebut.

Jembatan Di Jalur Trekking
Jembatan Di Jalur Trekking. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Trekking menuju Air Terjun Antrokan masih melewati jalan setapak berupa lapisan tanah merah. Trekking awal, kondisinya masih cukup lebar.

Namun saat mendekati jembatan penyebrangan, kondisi jalurnya menjadi sempit. Beradaa di atas tepian sungai, dan belum terpasang pagar pembatas keamanan.

Berdasarkan kondisi trekking yang seperti itu, maka Air Terjun Antrokan belum cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Namun bagi kaum milenial, trekking seperti itu menghadirkan keseruan tersendiri. Apalagi view alam sekitarnya yang sangat asri, berupa perkebunan kopi, pohon bambu, serta berjalan di sepanjang aliran sungai.

View Di Jalur Trekking
View Di Jalur Trekking. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Saat sampai di jembatan, maka traveler harus tetap berhati-hati. Dimanapun lokasinya, jembatan bambu lebih cepat keropos, karena faktor cuaca. Apalagi ketika diguyur hujan terus-terusan.

Setelah melewati jembatan bambu tersebut, maka terdapat sebuah gazebo. Di spot tersebut, para pengunjung bisa menghela nafas sesaat, sambil menikmati alam sekitar.

Tetapi, rata-rata pengunjung akan terus melanjutkan perjalanan. Karena setelah melewaati jembatan, view Air Terjun Antrokan sudah bisa terlihat.

Trekking Terakhir
Trekking Terakhir. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Trekking setelah jembatan sedikit menanjak, serta akan licin di saat musim hujan. Karena masih berupa tanah merah. Maka gunakan alas kaki yang tepat ya…

Tidak direkomendasikan kunjungan ke Air Terjun Antrokan saat musim hujan tiba. Karena jalur trekkingnya akan menjadi licin, serta dikhawatirkan terjadi banjir bah, atau banjir kiriman.

Dan para pengunjung harus membawa perbekalan makan sendiri, karena di lokasi tersebut tidak ada yang menjual makanan, dan minuman.

Terdapat tempat untuk berjualan, namun keseringan tutup. Serta disarankan bekunjung ke Air Terjun Antrokan tidak sendirian, minimal berdua. Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

Aktivitas Wisata Dan Pesona Keindahan Air Terjun Antrokan

Sedikit berandai-andai saja. Andaikan trekking menuju Air Terjun Antrokan sudah sangat optimal ditata. Sehingga memberikan kenyamanan dan kemanan, maka hadirnya pengunjung yang banyak merupakan sebuah kepastian.

Air Terjun Antrokan memiliki ketinggian sekitar 54 meter. Arus airnya sangat deras, namun kondisi airnya cukup jernih, serta udara sekitarnya sangat menyejukan.

Ketinggian Dan Arus Air Terjun Antrokan
Ketinggian Dan Arus Air Terjun Antrokan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Kolam utamanya memiliki pusaran air yang cukup kuat. Sehingga para pengunjung tidak disarankan untuk melakukan aktivitas wisata di kolam utama.

Namun tidak perlu kecewa, tepat setelah kolam utama, terdapat spot yang cukup luas untuk melakukan aktivitas bermain air atau mandi.

Kolam Utama Air Terjun Antrokan
Kolam Utama Air Terjun Antrokan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

View alam sekitar juga sangat menawan, tebing kokoh yang menyangga Air Terjun Antrokan. Serta dominasi batuan di sekitar kolam, dan aliran air semakin menambah nilai asri kawasan tersebut.

Mengenal Karakter Air Terjun

Selain karena request, namun sub judul mengenal karakter air terjun saya pikir perlu dimasukan juga di dalam judul utama Air Terjun Antrokan.

Karena hal tersebut berhubungan dengan kejadian memilukan yang pernah terjadi di area Air Terjun Antrokan Tanggul, Kabupaten Jember.

Jika mengacu kepada sumber airnya, maka air terjun terbagi menjadi 2. Yaitu :

1. Mata Air Langsung

Air terjun yang pertama, yaitu air terjun yang sumber airnya bersal dari mata air yang langsung menuju air terjun. Biasanya kondisi arus airnya tidak terlalu besar.

2. Sungai

Yang ke dua, sumber airnya berasal dari aliran sungai yang lokasinya berada di atas atau sebelum air terjun. Maka air terjun seperti inilah yang sering menimbulkan air bah, atau banjir dadakan.

Bahkan di beberapa lokasi air terjun lainnya, kondisi banjir air sungainya selalu membawa material yang tepat berada di aliran arus sungai. Seperti bebatuan, maupun sampah plastik.

Nah, untuk Air Terjun Antrokan memiliki sumber mata air yang terbentuk dari arus sungai. Di atas Air Terjun Antrokan terdapat lembah cekungan dari beberapa sungai.

Air Terjun Antrokan Berasal Dari Cekungan Air Sungai
Air Terjun Antrokan Berasal Dari Cekungan Air Sungai. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Maka untuk air terjun yang memiliki sumber mata airnya dari aliran sungai, tidak disarankan kunjungan di saat cuaca mendung, apalagi di puncak musim hujan.

Jadi, bagi para traveler, pengetahuan sebelum mengunjungi sebuah destinasi wisata alam wajib hukumnya. Setidaknya untuk bersikap preventif selama di lokasi wisata.

Dari semua tantangan yang ada, sejatinya objek wisata air terjun selalu mempunyai daya pikat yang luar biasa untuk mendatangkan para wisatawan, terutama kaum milenial. Apapun kondisnya.

Pesona Keindahan Air Terjun Antrokan
Pesona Keindahan Air Terjun Antrokan. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Itulah yang disebut dengan keagungan alam, mahakarya sang pencipta.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Antrokan

Lokasi dan alamat Air Terjun Antrokan berada di Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Air Terjun Antrokan

Rute menuju Air Terjun Antrokan berjarak sekitar 32 kilometer dari Jember, dengan total waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Rute tercepat adalah melalui Jalan Nasional III, selanjutnya masuk ke Jalan Antrokan / Jalan Argopuro di daerah Krajan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Antrokan

Harga tiket masuk Air Terjun Antrokan masih gratis. Karena lokasi tersebut belum dikelola secara resmi.

Jam Operasional Air Terjun Antrokan

Begitupun dengan jam operasional Air Terjun Antrokan belum ada keputusan resmi terkait jam buka, dan jam tutupnya.

Penginapan Di Air Terjun Antrokan

Tidak ada penginapan di area Air Terjun Antrokan.

Tips Wisata

Bagi kalian yang berencana berkunjung ke lokasi Air Terjun Antrokan, maka inilah tips wisata yang perlu diperhatikan :

  • Pastikan kunjungan wisata anda saat cuaca cerah
  • Hindari kunjungan di puncak musim hujan
  • Segera tinggalkan lokasi air terjun, jika cuaca tiba-tiba mendung
  • Pastikan kondisi fisik anda dalam kondisi prima, karena anda harus melakukan aktivitas trekking
  • Gunakan alas kaki yang tepat, serta membawa bekal makanan dan minuman, dan baju ganti
  • Patuhi protokol kesehatan, dan keamanan
  • Jangan membuang sampah sembarangan, dan jangan merusak ekosistem yang ada

Penutup

Itulah review tentang Air Terjun Antrokan beserta sedikit ulasan tentang karakter air terjun. Selamat berlibur, dan jangan membuang sampah sembarangan. Karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.


Leave a Comment