Air Terjun Tancak, Para Pecinta Kopi Wajib Datang Ke Sini

Air Terjun Tancak menjadi satu dari sekian banyak wisata Jember yang sangat populer di masyarakat. Air Terjun Tancak terletak di Desa Suci, sebagai sebuah desa yang memiliki program Desa Tangguh Bencana, atau yang disingkat Destana.

air terjun tancak jember
air terjun tancak jember. google maps. sumber: onnyhayun saptawulana

Program ini lahir dari sebuah kesadaran untuk mencegah terulangnya kembali, sebuah bencana yang pernah melanda Desa Suci di tahun 2006, berupa banjir bandang.

Air Terjun Tancak berada di kaki Gunung Pasang, sebuah gunung yang terkenal juga sebagai wisata alam yang mempunyai banyak sekali spot yang instagramable.

Lalu apa saja yang menjadi daya tarik dari Air Terjun Tancak? Maka inilah info lengkap tentang air terjun tersebut yang sudah berhasil kami himpun untuk anda.

Trekking Menuju Air Terjun Tancak

Jalan menuju lokasi utama Air Terjun Tancak sebetulnya sangat menyenangkan, karena di sepanjang jalan akan melewati pemandangan alam yang indah, seperti view perkebunan kopi, pegunungan, dengan udara yang sejuk.

Untuk menuju lokasi utama Air Terjun Tancak, para pengunjung akan melewati dua gerbang masuk. Yang pertama adalah gerbang perkebunan kopi.

jalan menuju air terjun tancak
jalan menuju air terjun tancak. google maps. sumber: Nadiah Sabrina

Kebiasaan pengunjung terbagi menjadi dua, yang pertama pengunjung menitipkan kendaraannya di pintu gerbang pertama. Dan yang ke dua, pengunjung menitipkan kendaraannya di gerbang yang terakhir.

Hal tersebut dikarenakan jalan dari pintu gerbang perkebunan, ke gerbang tiket Air Terjun Tancak masih belum optimal, masih berbentuk batuan.

Meskipun jalannya cukup lebar, namun kendaraan yang masuk hanya untuk kendaraan jenis motor saja untuk sampai di pintu loket Air Terjun Tancak.

Jarak dari gerbang perkebunan kopi Air Terjun Tancak ke loket masuk memang cukup jauh. Bagi yang ingin berjalan kaki harus memastikan stamina tubuh dalam keadaan prima.

pintu masuk air terjun tancak
pintu masuk air terjun tancak. google maps. sumber: nizar susiawan

Begitupun jika para pengunjung tetap ingin menggunakan kendaraan motornya, terutama pastikan kondisi ban dalam keadaan baik, karena sangat jauh untuk mencari tambal ban.

Setelah sampai di pintu loket, maka pengunjung harus melanjutkan dengan cara berjalan kaki untuk sampai di Air Terjun Tancak.

Jaraknya tidak terlalu jauh, dan karena Air Terjun Tancak merupakan salah-satu air terjun tertinggi yang ada di Jember, maka sebelum sampaipun sudah bisa terihat.

menuju lokasi utama air terjun tancak
menuju lokasi utama air terjun tancak. google maps. sumber: Yusvita Putri

Daya Tarik Air Terjun Tancak

1. Salah-Satu Air Terjun Tertinggi Di Jember

Air Terjun Tancak memiliki ketinggian sekitar 82 meter. Hal tersebut menjadikannya sebagai jajaran air terjun tertinggi yang ada di Jember.

Airnya jernih, serta debit airnya tidak pernah surut saat kemarau. Tetapi debit airnya akan semakin besar saat hujan tiba.

salah satu air terjun tertinggi di jember
salah satu air terjun tertinggi di jember. google maps. sumber: Abeng Dolomondo

Para pengunjung disarankan berkunjung ke Air Terjun Tancak tidak pada saat puncak musim hujan. Karena jalur trekkingnya akan menjadi licin, serta debit airnya akan menjadi bertambah besar.

Di beberapa artikel sebelumnya, khusus tentang air terjun. Saya pernah menyebutkan bahwa semakin tinggi sebuah air terjun, maka kemungkinan besar para pengunjung akan kesulitan berada di kolam utama, bahkan cenderung dilarang.

Karena arus air yang jatuh ke kolam utama akan sangat deras sekali. Begitupun dengan Air Terjun Tancak, arus air yang jatuh ke kolam utama sangatlah deras, di saat musim hujan tiba. Asalkan tidak di musim hujan, maka Air Terjun Tancak cocok juga sebagai destinasi wisata keluarga.

kolam utama dikelilingi batu
kolam utama dikelilingi batu. google maps. sumber: afan fathoni

Kolam utamanya tidak terlalu besar, serta dikelilingi oleh bebatuan. Baiknya para pengunjung tidak melakukan aktivitas di pusat air yang jatuh tersebut, ketika debit air yang turun sangat besar. Namun jika tidak besar, memang sangat nyaman bermain di kolam utamanya, dan kolam tersebut tidaklah dalam.

Masih banyak titik lain yang aman dan nyaman untuk bermain air di objek wisata Air Terjun Tancak. Oh iya, biasanya setelah main air perut kita menjadi lapar.

Para pengunjung diharapkan membawa perbekalan sendiri, karena di lokasi Air Terjun Tancak tidak tersedia warung yang menjajakan makanan dan minuman.

2. Pesona Alam Sekitar

Daya tarik yang selanjutnya dari Air Terjun Tancak adalah pesona keindahan alam sekitarnya yang tergolong masih asri.

Bahkan masyarakat sekitar selalu melakukan penanaman secara berkala, baik itu tumbuhan ataupun pohon. Peristiwa di tahun 2006 telah memberikan pelajaran yang sangat berharga.

view alam sekitar air terjun tancak
view alam sekitar air terjun tancak. google maps. sumber: Jack Ma

Bahwa kelestarian alam harus tetap terjaga, karena alam selalu memiliki misteri yang sulit untuk diterka. Dan sebetulnya masih banyak program positif dari masyarakat sekitar yang patut dicontoh. Seperti :

  • Membersihkan aliran air
  • Program pengumpulan, dan pemilahan sampah

Sehingga program-program tersebut membentuk wajah kawasan Air Terjun Tancak menjadi sangat asri, indah dipandang, serta bersih. Meskipun di sisi lain masih banyak yang harus dibenahi dari sisi fasilitas pendukung.

Perjalanan menuju Air Terjun Tancak dari awal perjalanan, hingga sampai lokasi utama, pada akhirnya adalah sebuah perjalanan keindahan tentang alam.

Simak juga: 10 Lokasi wisata di Jember

Lokasi Air Terjun Tancak

Letak Air Terjun Tancak berada di daerah perbukitan Tancak, Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Banyak yang menyebut bahwa Air Terjun Tancak ini, merupakan air terjun yang jatuh dari langit.

Rute Menuju Air Terjun Tancak

perjalanan menuju lokasi utama
perjalanan menuju lokasi utama. google maps. sumber: Cindy Mersita

Air terjun Tancak bisa dicapai dengan melewati PDP Jember, yang selanjutnya menyusuri sepanjang jalan berbatu atau makadam dan jalan setapak di area kebun kopi.

Pada saat musim kopi berbunga, sepanjang perjalanan indera kita akan dimanjakan oleh semerbak harum bunga kopi.

Jam Buka Air Terjun Tancak

Air Terjun Tancak buka seharian alias 24 jam. Lokasi wisata ini buka sepanjang minggu. Namun pengunjung rata-rata akan pulang sebelum hari menjadi gelap.

Tiket Air Terjun Tancak

Untuk tiket masuk ke objek wisata Air Terjun Tancak, pengunjung hanya membayar tiket Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Fasilitas Air Terjun Tancak

Fasilitas di Air Terjun Tancak masih belum optimal. Namun bicara soal keindahannya sudah tidak bisa diragukan lagi.


Tinggalkan komentar