Bukit Jamur Ciwidey, Nuansa Romatis Saat Kabut Turun Di Kawasan Wisata Ciwidey

Bukit Jamur Ciwidey adalah satu dari sekian banyak pesona wisata alam yang berada di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa barat.

Bukit Jamur Ciwidey memang memiliki khas wisata Ciwidey, yaitu objek wisata di tengah hamparan kebun teh, dengan udara yang sangat sejuk.

bukit jamur ciwidey
bukit jamur ciwidey. google maps. sumber: Arjuna Prasetya

Suasana saat kabut turun di area perkebunan membuat suasana menjadi romatis. Tetapi menjadi derita bagi yang masih single, hehehe…..

Tapi nggak segitunya juga bro. Bukit Jamur Ciwidey suasananya cocok juga bagi jomblowan – jomblowati, banyak spot dengan latar alam yang indah, yang dimungkinkan mampu melupakan sang mantan. Atau mungkin ketemu jodoh baru di sana. Wkwkwk….

panorama kabut
panorama kabut. google maps. sumber: Teguh Hermawan

Okelah bosque, kita langsung saja kita mulai perjalanan menuju Bukit Jamur Ciwidey, untuk melihat apa saja daya tarik dari objek wisata tersebut.

Rute Menuju Bukit Jamur Ciwidey

Jalan menuju Bukit Jamur Ciwidey dari Alun-Alun Kota Bandung hanya berjarak sekitar 50 kilometer saja, serta bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga ke lokasi parkiran.

Hanya saja bagi para pengunjung yang menggunakan motor harus dipastikan kondisi bannya dalam kondisi yang baik. Karena tidak semua jalan menuju ke Bukit Jamur Ciwidey dalam kondisi yang baik.

Masih terdapat jalan dengan kondisi masih berbentuk bebatuan, dan tanah. Apalagi saat hujan turun tentu saja akan membuat ban kendaraan menjadi licin.

panorama alam khas ciwidey
panorama alam khas ciwidey. google maps. sumber: Joko Suprianto

Bagi yang rutin “momotoran”, kondisi jalan seperti itu bukanlah halangan. Apalagi panorama alam sepanjang jalan begitu asri, berpadu dengan ramahnya penduduk sekitar, tentu saja menjadi sebuah perjalanan wisata yang menyenangkan.

Daya Tarik Bukit Jamur Ciwidey

1. Berada Di Kawasan Wisata Ciwidey

kebun teh bukit jamur ciwidey
kebun teh bukit jamur ciwidey. google maps. sumber: Muhammad Fachry

Daya tarik yang pertama dari Bukit Jamur Ciwidey adalah lokasinya berada di kawasan wisata Ciwidey. Kecamatan Ciwidey sangat terkenal sebagai sebuah kecamatan yang dipenuhi dengan ragam objek wisata.

Objek wisata alam, merupakan wisata yang paling dominan di Ciwidey, terutama sangat terkenal sebagai kawasan kebun teh, dengan panorama alam yang indah, di bawah PTPN VIII.

Bahkan, Ciwidey menjadi salah-satu kecamatan yang bersejarah karena pernah dijadikan pusat Kewadanaan di jaman Belanda.

2. Jamur Raksasa

pohon cemara dibentuk jamur raksasa
pohon cemara dibentuk jamur raksasa. google maps. sumber: Indri Kartika

Daya tarik selanjutnya dari Bukit Jamur Ciwidey tentu saja terdapat banyak sekali Jamur-jamur raksasa, yang sangat cocok sebagi latar spot selfie.

Hanya saja itu bukanlah jamur yang sebenarnya. Itu adalah sebuah pohon cemara yang dibentuk menyerupai sebuah jamur raksasa.

Pohon yang menyerupai jamur raksasa tersebut sangat banyak. Pokoknya setiap pohon cemara di lokasi tersebut dibuat menyerupai jamur.

view bukit jamur ciwidey
view bukit jamur ciwidey. google maps. sumber: Indri Kartika

Objek wisata Bukit Jamur Ciwidey sangat recommended sebagai destinasi wisata keluarga, apalagi saat liburan tiba. Jangan khawatir soal makanan, dan minuman, karena di sana sudah banyak warung yang menjajakan dagangan tersebut.

3. Spot Selfie

salah satu spot selfie bukit jamur ciwidey
salah satu spot selfie bukit jamur ciwidey. google maps. sumber: Raswyshnoe Boing

Semua objek wisata dituntut untuk menyesuaikan diri dengan “pasar”. Dan pasar saat ini menyukai objek wisata yang menyajikan beragam spot selfie yang instagramable.

Begitupun di Bukit Jamur Ciwidey, tersaji spot selfie dengan latar alam khas Ciwidey. Salah-satu spot yang paling favorit adalah jembatan, atau jalur trekking yang mengitari area perkebunan teh.

Lokasi Dan Alamat Bukit Jamur Ciwidey

Lokasi terletak di kawasan perkebunan PTPN VIII. Alamat Bukit Jamur Ciwidey berada di Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Harga Tiket Masuk Bukit Jamur Ciwidey

Harga tiket masuk Bukit Jamur Ciwidey terkini adalah Rp. 12.000 per orang. Setiap pengunjung dikasih teh kemasan produk khas daerah tersebut, semacam cashback.

  • Tiket parkir motor Rp. 2.000
  • Tiket parkir mobil Rp. 5.000

Jam Buka Bukit Jamur Ciwidey

area parkir bukit jamur ciwidey
area parkir bukit jamur ciwidey. google maps. sumber: Muhammad Fachry
  • Jam operasional Bukit Jamur Ciwidey buka dari pukul 08.00-17.00
  • Bukit Jamur Ciwidey buka setiap hari selama satu minggu

Fasilitas Di Bukit Jamur Ciwidey

Fasilitas di Bukit Jamur Ciwidey sudah lengkap, terutama fasilitas primernya. Seperti :

  •  Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Spot selfie
  • Warung atau kantin

Penginapan Di Bukit Jamur Ciwidey

Peginapan di Bukit Jamur Ciwidey berjarak sekitar 7 sampai 11 kilometer dari lokasi utama. Harga sewanya sangat terjangkau sekali.


Tinggalkan komentar