Bukit Jamur Ciwidey, Romansa Dintara Amur Hijau Raksasa

Bukit Jamur Ciwidey berada di kawasan Ciwidey. Kawasan di Bandung ini termasuk surga wisata yang tak ada habisnya. Daerah ini terkenal akan objek wisata alam dengan pemandangan indah dan udara yang sejuk.


Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey berada di kaki Gunung Tilu dan Gunung Patuha. Tempat ini kerap dijadikan lokasi foto kekinian atau pre-wedding karena pemandangannya yang instagenik
Bukit Jamur Ciwidey. Image via: @why_ajie

Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey berada di kaki Gunung Tilu dan Gunung Patuha. Tempat ini kerap dijadikan lokasi foto kekinian atau pre-wedding karena pemandangannya yang instagenik. Dipenuhi pohon-pohon cemara pendek yang daunnya dipangkas menyerupai jamur.

Tidak hanya menikmati pemandangan alam saja, para pengunjung yang datang ke sini juga bisa mengunjungi tempat wisata bersejarah di Bandung. Salah satunya yaitu peninggalan zaman kolonial belanda yang berupa bangunan pabrik teh di lokasi wisata.

Di kawasan kebun teh saat ini berada dibawah pengelolaan PT Perkebunan Nusantara VIII. Bangunan yang begitu khas dan klasik sangat cocok dijadikan sebagai spot foto bersama keluarga atau sahabat tercinta.

Sepanggung Sejoli di bukit jamur ciwidey mengingatkana kan indahnya api cinta
Sepanggung Sejoli. Image via: @wida_px_92

Simak juga: Pilihan wisata di Bandung

Lokasi Bukit Jamur Ciwidey

Lokasi Bukit Jamur Ciwidey berada di Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Bukit Jamur berada di kawasan Geodipa Energi atau Kebun Teh Rancabolang PTPN VIII Ciwidey. Di sekitaran daerah ini juga masih banyak ditemukan rumah-rumah tua yang bergaya Belanda.

Rute Menuju Bukit Jamur Ciwidey

Mengenai akses ke Bukit Jamur Ciwidey terbilang cukup mudah.

Pengunjung dapat mengendarai motor ataupun kendaraan roda empat seperti mobil dan Bus kecil. Rute pertama yang dijadikan start menuju ke bukit ini adalah mengarahkan kendaraan menuju Ciwidey.

Jika memulai perjalanan dari pusat kota Bandung, pengunjung dapat melewati jalan leuwi panjang. Selanjutnya, langsung arahkan kendaraan ke Ciwidey, kemudian dusun Keneng.

Ladang Jamur hijau raksasa bukit jamur ciwidey dilihat  Dari Udara
Ladang Jamur. Image via: merdeka.com

Perlu diketahui, akses atau jalan menuju Bukit Jamur ini memang masih cukup sulit. Terdapat bebatuan di sepanjang jalan, sehingga disarankan untuk menggunakan kendaraan beroda dua untuk bisa sampai dengan cepat.

Jam Buka Bukit Jamur Ciwidey

Tempat ini selalu beroperasi setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

Tiket Bukit Jamur Ciwidey

Harga tiket masuk Bukit Jamur masih belum ada ketentuannya. Jadi bsia dibilang GRATIS.

Kalaupun ada biaya yang harus dikeluarkan, hanyalah biaya parkir dengan nilai sebesar Rp 2000 untuk motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Fasilitas Bukit Jamur Ciwidey

Seperti yang bisa dijumpai di tempat wisata, pengelola wisata Bukit Jamur Ciwidey Bandung ini juga menyediakan berbagai fasilitas bagi pengunjung. Fasilitas-fasilitas tersebut di antaranya tempat parkir, musala, dan toilet.

pose unik pilihan untuk berfoto diantara cemara berbentuk jamur di bukit jamur ciwidey
Bawa Aku ke Langit. Image via: mytrip123.com

Simak juga: Barusen Hills Ciwidey

Untuk pengunjung yang merasa lelah setelah menjelajahi perbukitan ini, dapat bersantai di gazebo yang tersedia di sana. Pengunjung juga dapat mengisi ulang energi, dengan makan di warung-warung dekat bukit.

Untuk tempat duduk, semacam bangku taman disediakan dengan desain artistik. Bnagku taman dibuat dengan menggunakan kayu-kayu gelondongan.

Daya Tarik Bukit Jamur Ciwidey

Pengunjung Anda tidak akan menyesal jika mengunjungi Bukit Jamur Ciwidey Bandung. Tempat menakjubkan ini bisa jadi tempat refreshing mata. Selain pemandangannya yang hijau nan asri, ada banyak spot yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto.

Hampir semua spot di sana dapat dijadikan latar foto. Mulai dari latar pohon cemara, latar gunung, hingga latar kebun teh.

  1. Pepohonan Bentuk Jamur

Jalanan taman yang berpagar Jamur di bukit jamur ciwidey
Berpagar Jamur Raksasa. Image via: genpi.co

Bukit Jamur Ciwidey merupakan sebuah taman dengan pohon deretan pohon cemara. Lalu dimana jamur nya? Jamur yang disebutkan di Bukit Jamur Ciwidey, berada pada bentuk dari pohon cemara yang tersebar disana.

Pohon – pohon cemara yang tumbuh di taman tersebut memiliki bentuk seperti jamur payung, dan ukuran pohon yang tidak terlalu tinggi. Keberadaan pepohonan inilah yang mejadi asal anma jamur pada bukit Jamur Ciwidey.

Pengunjung dapat selfie dengan latar pohon cemara yang berwarna hijau. Pengunjung juga dapat berfoto dengan duduk di kursi kayu yang disediakan di sana. Ada juga gazebo yang berlatar pepohonan cemara.

Pohon-pohon tersebut berjajaran dengan rapi sehingga akan menghasilkan foto yang keren. Itu mengapa tempat ini juga sering dijadikan spot untuk foto pre-wedding.

  1. Kebun Teh

Kebun teh Ciwidey, salahs atu objek di sekitar bukit jamur ciwidey
Kebun the ciwidey. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: Bird and Bromelia Pavilion

Bukit Jamur terletak tidak jauh atau masih dalam satu kawasan dengan pabrik teh milik pt perkebunan nusantara VIII. Di kebun ini, pengunjung dapat berfoto sampai puas untuk mendapatkan hasil yang bagus. Pengunjung juga dapat berfoto di sela-sela pohon-pohon teh dengan tatanan yang sangat menarik.

Tidak sekedar melihat perkebunan, pengunjung sekaligus bisa menikmati udara sejuk, berfoto dengan hamparan hijau teh, menikmati teh langsung dari kebun, hingga menikmati atraksi wisata lainnya.

Suasana di sekitar kebun sangat sejuk ditambah dengan hamparan luas kebun teh yang tampak hijau membuat setiap pengunjung  yang berkunjung ke tempat ini merasa betah dan ingin berlama lama. Bahkan, tidak sedikit dari wisatawan yang memutuskan untuk menginap.

bersama kawan di bukit jamur ciwidey akan meninggalkan kenangan tak terlupakan
Jalan Bareng kawan. Image via: infociwidey.com
  1. Bangunan Klasik Belanda

Selain di perkebunan teh, pengunjung juga bisa menjumpai bangunan belanda yang klasik. Bangunan ini berlokasi dekat dengan pabrik teh. Di bangunan ini juga terdapat cerobong asap sebagai penghangat ruangan. Tentu, bangunan dan cerobong tersebut dapat Anda manfaatkan sebagai spot foto.

Banyak bangunan – bangunan tersebut yang masih di rawat utuh dan ada juga yang di tinggali. Rumah belanda memiliki karakteristik yang kuat dan nilai historis yang mendalam. Desain karakteristik ini mampu memberikan kesan hubungan dengan masa lampau.

Ciri khas arsitektural dari rumah Belanda yang paling Nampak adalah penggunaan roof. Ciri lain dari desain arsitektural rumah Belanda ini adalah biasanya mempunyai dinding yang cukup tebal. Desain inilah yang membuat secara tak langsung memberikan kesan dingin ketika masuk di dalamnya, meskipun kondisi cuaca saat itu panas yang cukup terik.

Kehebatan desain ini juga ada pada permainan benang-benangan yang tegas serta lebih banyak dalam mengekspos detail arsitektur dengan ketelitian tingkat tinggi. Denah ruangan pada rumah Belanda tak jauh bedanya dengan denah ruangan pada rumah biasa.

Kabut kadangkala menyelimuti bukit jamur Ciwidey menimbulkan suasana magis
Kabut ciwidey. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: Palalangon Park

Tips Mengunjungi Bukit Jamur Ciwidey

Karena suhunya yang cukup dingin, pengunjung disarankan untuk tidak mengenakan pakaian yang tipis. Gunakan jaket atau pakaian tebal untuk menghangatkan tubuh Anda.

Nah, jika Anda ingin menghemat pengeluaran ketika berkunjung ke tempat ini, ada baiknya Anda membawa bekal sendiri baik snack, minuman, dan lainnya. Anda dapat mengkonsumsi nya di bawah gazebo sambil menikmati nuansa alam di Bukit Jamur ini.

jembatan Kayu Bukit Jamur ciwidey, salah satu spot foto
Jembatan Kayu Bukit Jamur. Image via: destinasibandung.co.id

Objek Wisata Dekat Bukit Jamur Ciwidey

Ketika mengunjungi bukit jamur ciwidey, pengunjung bisa sekaligus merencanakan perjalanan ke lokasi wisata lain yang berdekatan. SaLah satunya yang terkenal adalah Kawah putih. Objek ini hanya berjarak 9 km dari bukit jamur.

Wisata Ciwidey Kawah Putih ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Kawah ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Kawah tersebut dikelilingi pasir putih yang indah dan warna airnya yang kadang berubah-ubah. Hal itu bisa terjadi tergantung kadar belerang yang terdapat di air kawah tersebut.

Objek lain yang juga cukup dekat adalah Kebun Strwberry ini berlokasi di sepanjang jalan Raya Ciwidey. Jaraknya sekitar 14 km. Daya tarik yang ditawarkan di wisata ini adalah pengunjung dapat memetik sendiri buah strawberry. Bisa makan di tempat dan dapat pula di bawa pulang untuk oleh-oleh.

Itu tadi merupakan ulasan singkat mengenai Bukit Jamur atau taman jamur, semoga bermanfaat sebagai tambahan refrensi untuk merencanakan perjalanan wisata ke daerah Bandung dan sekitarnya.

 

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment