Ciwidey Valley, Ketika Air Panas Alam Bertemu Manajemen Modern

Ciwidey Valley Water Hot Spring and Resort merupakan objek wisata terbaru yang berada di kawasan Ciwidey.  Objek wisata yang baru beroperasi sekitar pertengahan tahun 2015 ini menyediakan fasilitas lengkap yang ramah anak dengan panorama menawan.


Ciwidey Valley sebuah resort wisata yang memaksimalkan potensi keindahan dataran tinggi dan keberadaan sumber air panas kawah putih
Ciwidey Valley. Image via: hargatiket.net

Di sana tersedia sarana seperti penginapan dengan harga yang beragam. Tetapi bila pengunjung menginginkan rasa menginap di alam terbuka, dapat menginap di camping ground ciwidey valley. Untuk menginap di camping ground, pengunjung dapat menyewa peralatan di sana.

Sarana lain yang ada di ciwidey valley yaitu Hot Spring Water Park atau kolam renang air panas yang. Fasilitas ini  dapat dinikmati dengan membayar ticket masuk yang telah ditetapkan. Di kolam itu pengunjung bisa merelaksasi badan yang capek. Ketegangan badan sesudah bekerja berhari-hari.

yang menarik dari fasilitas wahana air di lokasi ini adalah keberadaan kolam untuk orang dewasa serta anak-anak dengan air hangat. Air hangat ini adalah air panas alami dari kawah putih. Hal ini membuat pengunjung betul-betul dapat menikmati berendam di air panas dengan tenang.

kolama nak salah satu sarana rekreasi utama di ciwidey valley bandung
Kolam anak. Image via: travel.detik.com

Simak juga: wisataPopuler  di Bandung.

Lokasi Ciwidey Valley

Alamat Ciwidey Vallay ada di Jalan Raya Barutunggul KM 17, Alamendah, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

Lokasi ini berjarak sekitar 40 km arah barat daya dari kota bandung.

Rute Menuju Ciwidey Valley

Secara umum, angkutan yanga da di area Rancabali menuju Ciwidey ini masih tergolong sulit. Apalagi jika ada keinginan menjelajah lebih banyak lokasi wisata lainnya, maka lebih baik menggunakan rental mobil maupun kendaraan pribadi.

Apabila menggunakan mobil pribadi, mencapai ciwidey Vallay bisa lebih mudah dengan cepat melalui tol Soroja. Masuk ke tol Soroja da kemudian keluar di Soreang. Ketika sudah dekat denga kantor Pemerintah Kabupaten Bandung, maka selanjutnya tinggal ikuti saja jalan menuju arah Ciwidey.

Apabila menggunakan motor sebagai transportasi menuju lokasi ciwidey valley resort, maka bisa menggunakan rute jalan Kopo. Setelah itu menuju Soreang dilanjutkan ke Ciwidey dan diakhiri di Rancabali.

Play ground Ciwidey Valley lapang dan menyenangkan buat anak anak
Play ground. Image via: tripadvisor.co.id

Di sisi lain, apabila menggunakan angkutan umum, maka waktu tempuh yang akan dihabiskan lebih lama. Transportasi yang bisa dinaiki adalah Elf maupun mobil L300 yang berasal dari terminal Leuwi Panjang menuju terminal Ciwidey. Kemudian setelahnya menyambung angkutan kota ke arah Rancabali.

Memang lebih direkomendasikan supaya pengunjung membawa kendaraan pribadi maupun menyewa mobil.

Simak juga: paket wisata Bandung

Jam Buka Ciwidey Valley

Karena ciwidey valley pada dasarnya adalah sebuah resort dengan fasilitas hotel, maka lokasi ini buka 24 jam penuh, 7 hari seminggu.

Tiket Ciwidey Valley

Bagi pengunjung yang menginap di resor, bisa bebas menikmati fasilitas kolam renang dan water park. Sedangkan untuk pengunjung umum yang tidak menginap perlu membayar tiket masuk arena.

Tiket masuk sebesar Rp 10.000 dan tiket water park Rp 40.000. Untuk tiket masuk arena dapat ditukar dengan teh kemasan di bagian kasir restoran.

Aktivitas Menarik di Ciwidey Valley

  1. Water Park Air Hangat

water park ciwidey Valley menyediakan berbagaipermainan air yang dapat menggembirakan anak
Water park. Image via: pegipegi.com

Simak juga: Mewahnya Ocen Park BSD.

Bagi pengunjung yang ingin merefresh tubuh dari rasa lelah atau rileksasi, pemandian air panas Ciwidey Valley ini bisa menjadi solusi terapi alami dan menyehatkan. Di sini tersedia kolam untuk dewasa dan anak-anak dengan air hangat.

Di Ciwidey Valley terdapat kolam renang yang sangat luas yang terdiri dari kolam anak dan kolam dewasa. Ada juga berbagai macam jenis permainan seperti air tumpah dari ember raksasa, slider, dan water splash.

Tersedia juga patung Dino yang sangat lucu. Biasanya para orang tua akan mengabadikan momen dengan anak-anak mereka di dekat patung tersebut.

Di bawah ember raksasa biasanya banyak pengunjung yang berkumpul dan menunggu ember terisi penuh sehingga air tumpah dan mengguyur seluruh tubuh. Ada juga papan seluncur dengan beberapa jenis, mulai dari yang pendek, panjang, lurus, sampai berkelok-kelok.

Sangkar burung raksasa menjadi salah satu daya tarik besar di lokasi ini
Zoo. Image via: ciwideyvalley.com

Yang hebat dari water park ini adalah pengunjung dimanjakan dengan kolam renang yang menggunakan air panas. Jadi pengunjung tidak merasa kedinginan selama berenang dan bermain di air. Adapun sumber air panasnya berasal dari gunung kawah putih yang lokasinya masih berdekatan dengan objek wisata ini.

Unsur alamiah dari air panas yang berpadu dengan unsur buatan berupa waterpark memang sangat cocok untuk dinikmati siapa saja. Apalagi yang biasanya datang turut serta bersama sanak keluarga dan membawa anak-anak.

  1. Play Ground

Unutk meniimati burung dalams angkar ciwidey valley, pengunjung bsia masuk ke dalam sangkar itu
Di dalam Sangkar. Image via: tripadvisor.co.id

Simak juga: Bali Bird Park.

Bagi pengunjung yang membawa anak-anak ke Ciwidey Valley, tempat ini sangat cocok ramah anak. Di sini ada taman bermain anak-anak seperti slider, ayunan, taman labirin, balon air, dan perahu air. Anak-anak pasti akan betah dengan fasilitas ini.

Pada area playground, selain ada permainan untuk anak – anak, ada juga spot foto dimana terdapat patung dari tokoh kartun. Ada Kungfu Panda, hingga singa dan zebra dari Penguin of Madagascar.

Setelah lelah bermain di playground dan waterpark, anak juga bisa diajak melihat lihat burung. Di taman burung, pengunjung dapat menyaksikan beraneka macam burung. Kebanyakan adalah jenis burung merpati.

Burung – burung ini ditempatkan pada sangkar raksasa yang berbentuk melingkar. Desain sangkar dibuat mirip dengan alami. Sehingga habitat buatan itu terlihat natural atau alami. Pengunjung dapat menyaksikan koleksi burung dari dalam sangkar.

  1. Penginapan Unik

Penginapan bergaya cotage menyenangkan untuk dipakai sarana bermalam di ciwidey valley
Cottage. Image via: https: https://atourin.com/id/destination/Bandung/Ciwidey-Valley-Resort

Penginapan di ciwidey valley tidak seperti hotel biasa, yang kamar berkumpul dalam 1 gedung tunggal. Penginapan di kompleks ini dibuat menyatu dengan lingkungan yang alami. Ada tiga tipe tempat menginap yang tersedia di Ciwidey Valley Resort.

Tipe Glamping. Pada tipe ini, pengunjung akan merasakan bermalam di alam terbuka. Di area camping ini, tersedia tenda cantik yang berfasilitas mewah. Jadi, meskipun pengunjung menginap di alam bebas, tapi tetap bisa merasa nyaman. Tipe glamping inilah yang membedakan Ciwidey Valley Resort menjadi berbeda dengan penginapan lainnya.

Tipe Cottage.  Sarana yang lengkap akan diperoleh pengunjung  dengan menyewa cottage di tempat ini. Mulai dari AC, akses wifi, hingga LED TV akan membuat pengunjung betah berlama-lama menginap. Penginapan akan berasa seperti di rumah sendiri.

Untuk tipe Cottage Standard tersedia 20 unit kamar , dengan kapasitas ruangan kamar bisa diisi oleh maksmal 2-4 orang. Sedangkan tipe Family Cottage tersedia 3 unit kamar, dengan kapasitas ruangan kamar yang memuat 4 hingga 6 orang.

Tipe Deluxe. Tipe ini setara dengan kamar hotel tipe superior. Fasilitasnya sangat lengkap dan tidak kalah dengan yang ada pada cottage.

  1. Camping Ground

camping ground ciwidey valley menawarkan perkemahan rasa suku indian amerika
Camping ground. Image via: leblung.com

Simak juga: camping mewah situ Gunung.

Untuk pengunjung yang ingin menginap dengan cara yang bosan dengan suasana indoor seperti di dalam cottage bisa mencoba cara berbeda. Pengunjung bisa mencoba menginap ala Indian di Camping Ground Ciwidey Valley.

Camping ground di sinis edikit berbeda dengan tempat lain.Pengunjung tidak harus membangun tenda sendiri. Perkemahan di sini, layaknya berkemah di pegunungan, tetapi dengan fasilitas yang modern. Harga camping ground dan tipenya sama dengan cottage biasa.

Pengunjung bisa melihat pemandangan pegunungan juga menikmati kopi dan teh gratis yang tersedia full 24 jam. Tempat berkemah ini mengutamakan kenyamanan dimana ada kasur busa, TV, air panas, free wifi, juga perlengkapan lainnya di setiap tenda.

Di camping ground ciwidey valley tersedi apula tenda untuk keluara dnegan kapasitas hingga 6 orang
Tenda keluarga. Image via: hargatiket.net

Ada beberapa jenis tenda yang disediakan pihak pengelola.

Tenda Tipe Standard, kapasitas 4 orang, 2 king bed, 1 single bathroom, air panas, free wifi dan api unggun dengan harga sewanya Rp.1.050.000

Tenda Tipe Deluxe, Kapasitas 4 orang, 1 king bed, 2 single bed dengan tarif sewa Rp.1.200.000

Tenda Family, Kapasitas 8 orang, 2 room, 6 single bed, ruang tamu, 2 bathroom plus water heater dengan harga sewa Rp.2.000.000

Kegiatan seru selama menginap di camping ground, juga tersedia cukup banyak. Pengunjung bisa belajar berkebun, tracking, bermain dengan rusa, bermain dengan kelinci, api unggun, barbeque dan yang lainnya.

  1. Restoran Lembah Ciwidey

Makan di lantai 2 Restoran ciwidey valley memebrikan suasana mengesankand negan pemandangan yang indah
Lantai 2 restorant. Image via: ciwideyvalley.com

Simak juga: Restoran wisata eling Bening.

Bersantap malam di Lembah Ciwidey Resto akan jadi pengalaman unik bagi pengunjung, terlebih jika makan di lantai 2. Menikmati menu kuliner andalan resto seperti makanan khas bandung tradisional nasi liwet pasti akan jadi luar biasa nikmatnya.

Disajikan dengan panci besar yang dikelilingi lauk pauk pelengkapnya sambil menikmati suguhan pemandangan indah alam khas ciwidey pastinya sangat nikmat sekali.

Selain menu tradisional, Resto lembah ciwidey ini menyediakan menu mancanegara seperti steak dan pasta.

Bagi tamu resort yang menginap di sana, akan mendapatkan fasilitas breakfast gratis untuk 2 orang di Lembah Ciwidey Resto. Menu sarapan paginya disajikan prasmanan, dimana ada bubur ayam, bubur sum-sum, nasi goreng, dan lain-lain.

Harga makanan dan minuman yang disediakan di Restoran lembah Ciwidey Valley Resort sangat terjangkau, mulai dengan Rp.20.000 pengunjung sudah bisa menikmati sajian kuliner enak.

Sore yang cerah, indah untuk berfoto di ciwidey valley
Sore yang cerah. Image via: tripadvisor.co.id

Objek Wisata Dekat Ciwidey Valley

Setelah puas seharian berendam air hangat dan malamnya beristirahat nyenyak dalam tenda Indian, pengunjung mencoba wisata lain di dekat lokasi ini. Salah satu yang dekat, terdapat Situ Patenggang dalam jarak 10 km arah barat daya.

Situ ini menjadi tempat terfavorit bagi kaum muda. Daya tariknya adalah adanya batu cinta yang berada di Situ Patenggang. Di sana terdapat pula sebuah daratan yang berbentuk hati. Daratan tersebut terkenal dengan nama “Pulau Asmara” atau “Sasaka”. Ada mitos soal jika datang kesana jodohnya akan langgeng.

Masih dalam jalur yang sama ke situ patenggang, dalam jarak hanya 6 km dari resort terdapat objek perkebunan the Rancabali. Objek wisata ini menawarkan pemandangan alam yang hijau dan eksotis serta luas menghampar tanaman teh. Terkadang dihiasi oleh kabut putih yang menambah keindahan.

Sekianlah informasi mengenai ciwidey valley resort. Mudah-mudahan info ini bisa bermanfaat serta berguna untuk kalian semuanya. Terima kasih juga sudah bertandang di nativeindonesia.com. Janganlah lupa untuk kembali ke situs ini jika menginginkan mencari info lain berkaitan harga objek wisata populer lain.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment