12 Tempat Wisata Hits dan Terbaik di Pamekasan Madura

Pamekasan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di pulau Madura, Jawa Timur. Berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Selat Madura di selatan, Kabupaten Sampang di barat, dan Kabupaten Sumenep di timur. Pamekasan bisa ditempuh kurang lebih 2-3 jam perjalanan dari tol Suramadu.

Kabupaten Pamekasan menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ini memiliki beberapa tujuan wisata yang hits. Pilihan tempat wisata pun beragam, destinasi wisata di Pamekasan bisa jadi pilihan menarik untuk rekreasi. Jika kamu mengunjungi Pamekasan, jangan lewatkan tempat wisata ini. Berikut 13 tempat wisata di Pamekasan Madura, dirangkum NativeIndonesia.com dari berbagai sumber.

Pantai Jumiang

pantai jumiang pamekasan
pantai jumiang pamekasan. google maps. sumber : Chusnul Hadi

Pantai Jumiang menjadi salah satu pantai favorit wisatawan di Pamekasan. Objek wisata pantai ini berjarak sekitar 12 km arah tenggara dari Kota Pamekasan. Lokasinya mudah dijangkau dan jalanannya sudah bagus. Pantai Jumian memiliki karakter ombak yang landai dan tenang.

Wisata pantai ini menawarkan panorama laut dari atas bukit dan menikmati keindahan alam yang mempesona. Selain itu, kamu juga bisa berjalan di jembatan kayu dan berswafoto dengan spot-spot foto menarik. Tempat ini juga rekomended untuk dijadikan sebagai area camping di Pamekasan.

Pantai Jumiang dilengkapi dengan permainan yang menguji adrenalin. Seperti climbing wall, meluncur di arena flying fox melewati bukit bertebing menuju pantai. Kamu juga dapat menikmati keseruan permainan air seperti perahu kano, jet ski, banana boat, dan snorkeling.

  • Alamat : Jl. Pantai Jumiang, Desa Jumiang, Tanjung, Kec. Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69323.
  • Jam Buka : Buka setiap hari. 05.00 WIB -17.30 WIB.

Pantai Batu Kerbuy

pantai batu kerbuy
pantai batu kerbuy. google maps. sumber : Herry Effendy

Pantai batu Kerbuy ini berjarak kurang lebih 45 km arah utara dari Kota Pamekasan. Objek wisata ini sangat mudah dijangkau karena berdekatan dengan jalan raya pantura Bangkalan-Sumenep.

Di pantai ini wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan yang elok. Air laut yang berwarna biru dengan hamparan pasir pantainya yang membentang jauh. Disini juga banyak batu karang yang tersebar di area sekitar pantai

  • Alamat : Desa Batu Kerbuy, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur.
  • Jam Buka : Buka setiap hari 24 jam.

Api Tak Kunjung Padam Pamekasan

Api Tak Kunjung Padam Pamekasan
Api Tak Kunjung Padam Pamekasan. google maps. sumber : Prinda Radi

Api Tak Kunjung Padam Pamekasan menjadi salah satu ikon pariwisata di Kabupaten Pamekasan. Salah satu destinasi wisata menarik yang ada di pulau Madura. Objek wisata ini mempunyai daya tarik api abadi atau api alam yang berasal dari dalam tanah. Apabila digali akan muncul api dengan sendirinya.

Keunikan dari wisata ini adalah semburan api yang berasal dari bawah permukaan tanah atau perut bumi. Menariknya, meski diguyur air api di sini akan tetap menyala. Keajaiban api abadi ini sudah sangat terkenal khususnya bagi masyarakat Madura.

  • Alamat : Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. 69371.
  • Jam Buka : Buka setiap hari. 24 jam.

Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara
Vihara Avalokitesvara Pamekasan. google maps. sumber : Tutur P. Purbosayekti

Kabupaten Pamekasan juga turut menawarkan objek wisata religi, salah satunya adalah Vihara Avalokitesvara. Berjarak kurang lebih 14 km dari Kota Pamekasan. Objek wisata yang berdekatan dengan Pantai Talang Siring ini menjadi vihara terbesar kedua di Pulau Jawa.

Vihara Avalokitesvara merupakan vihara bersejarah yang sudah ada sejak abad ke 18. Bagi masyarakat Tionghoa, vihara yang juga dikenal dengan nama Kelenteng Kwam Im Kiong ini dianggap spesial karena memiliki catatan sejarah.

Bagi masyarakat sekitar, Vihara ini dianggap spesial karena menggambarkan sikap toleransi beragama yang sangat luar biasa. Ditengah – tengah kompleks vihara ini terdapat bangunan Mushola dan Pura yang masih terus digunakan sebagai tempat ibadah hingga saat ini.

  • Alamat : Candi Utara, Polagan, Kec. Galis, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. 69382.
  • Jam Buka : Buka setiap hari. 24 jam.

Puncak Ratu

Puncak Ratu Pamekasan
Puncak Ratu Pamekasan. google maps. sumber : Dijah- rus

Puncak Ratu menjadi salah satu tempat wisata hits di Kabupaten Pamekasan. Berada di area perbukitan, menawarkan keindahan alam khas perbukitan yang sangat menawan serta suasana sejuk.

Selain sajian pemandangan alam serta udara yang sejuk. Puncak Ratu Pamekasan ini juga dilengkapi sejumlah spot foto keren dan instagramable. Serta terdapat beberapa wahana permainan seperti sepeda terbang. Menariknya, tempat ini juga dijadikan sebagai salah satu camping ground yang rekomended di Pamekasan.

  • Alamat : Kongsi, Tebul Bar., Kec. Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. 69361.
  • Jam Buka : Buka setiap hari 24 jam.

Wisata Kampoeng Durian Pamekasan

Wisata Kampoeng Durian Pamekasan
Wisata Kampoeng Durian Pamekasan. google maps. sumber : Tutur P. Purbosayekti

Sesuai namanya, Wisata Kampoeng Durian ini menawarkan agrowisata petik buah durian. Disini terdapat sekitar 50 pohon durian berbagai jenis tumbuh subur di lahan seluas satu hektare. Beberapa jenis buah durian yang yang ada ditempat ini diantaranya durian montong, blimbing, kaso, petruk, pelangi, hingga durian bawor.

Anda bisa memakannya disini atau dibawa pulang. Harga yang dibanderol buah durian tersebut bervariasi tergantung jenis dan ukuran buah. Wisata Kampoeng Durian Pamekasan ini berada satu area dengan wisata Puncak Ratu. Kamu hanya perlu membayar tiket untuk ke Wisata Puncak Ratu saja jika ingin melihat dan menikmati suasana di bawah pohon durian.

  • Lokasi: Dusun Monging, Desa Tebul Barat, Kecamatan Pagentenan, Kabupaten Pamekasan.
  • Jam Buka : 07.00 WIB – 17.00 WIB.

Kampoeng Toron Samalem

Kampoeng Toron Samalem
Kampoeng Toron Samalem. google maps. sumber : Yuniar Ahmadani

Wisata selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi di Pamekasan adalah Kampoeng Toron Semalem. Tempat ini menawarkan beragam spot foto yang indah, menarik serta instagramable.

Ditempat ini terdapat spot rumah berukuran kecil yang terbuat dari material kayu dan rumbia seperti rumah penduduk di Papua. Ada pula gazebo, kolam renang bertebing batu alam yang menawan.

Salah satu keunikan dari objek wisata ini terdapat pintu gerbang dari batu alami berukuran besar. Ada bunga Sakura yang berjejeran yang menjadi ciri khasnya yang indah dipandang. Pengunjung juga bisa bersantai sambil menikmati panorama alam yang indah di gazebo yang telah disediakan.

  • Alamat : Toron Semalem, Blumbungan, Kec. Larangan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. 69383.
  • Jam Buka : Buka setiap hari. 08.00 WIB – 17.00 WIB.

Wisata Bukit Kehi

Wisata Bukit Kehi
Wisata Bukit Kehi. google maps. sumber : YASPI Sabilul Huda Sumber Nangka Pamekasan

Salah satu wisata alam yang hits di Pamekasan adalah Wisata Bukit Kehi. Tempat ini menawarkan pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Dilengkapi dengan berbagai spot selfie yang menarik seperti anjungan atau panggung dengan latar perbukitan hijau yang mempesona. Wisata Bukit Kehi juga menyediakan fasilitas kolam renang dewasa bagi para pengunjungnya.

  • Alamat : Moccol, Kertagena Daya, Kec. Kadur, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. 69355.
  • Jam Buka : Buka setiap hari. 06.00 WIB – 17.00 WIB.

Gagah Dream Park

Gagah Dream Park
Gagah Dream Park. google maps. sumber : hendra budi

Gagah Dream Park menjadi salah satu tempat liburan keluarga yang menyenangjan terutama anak-anak. Dtempat ini ada banyak fasilitas bermain yang seru. Seperti kolam renang, permainan memanah, kolam pancing hingga permainan sepatu roda. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi mandi salju.

Lokasi Gagah Dream Park juga mudah dijangkau dari pusat kota Pamekasan. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 25 menit berkendara. Di area objek wisata ini juga bisa ditemukan aneka kuliner khas Madura.

  • Alamat : Gagah, Kec. Kadur, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur.
  • Jam Buka : Buka setiap hari. 08.00 WIB – 17.00 WIB.

Pantai The Legend

Pantai The Legend
Pantai The Legend. google maps. sumber : Hendra Susanto

Pantai The Legend sangat cocok untuk liburan dan bersantai di akhir pekan. Pantai ini menawarkan pemandangan pohon cemara dan mangrove. Keindahan pesisir dibalut dengan hamparan pasir putih. Pantai yang indah cocok untuk piknik bersama keluarga.

Berwisata ke Pantai The Legend Pamekasan juga tidak dipungut biaya. Pengunjung hanya perlu membayar parkir kendaraan saja.

  • Alamat : Laok Tambak, Padelegan, Kec. Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. 69323.
  • Jam Buka : Buka setiap hari. 07.00 WIB – 17.00 WIB.

Wisata Pantai Talang Siring Pamekasan

Wisata Pantai Talang Siring Pamekasan
Wisata Pantai Talang Siring Pamekasan. google maps. sumber : ACHMAD JUNAIDY

Wisata pantai di Pameksan selanjutnya adalah Pantai Talang Siring. Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata di Pamekasan yang cukup populer dan dikenal oleh wisatawan.

Di pantai ini, anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah dan suasana sejuk khas pantai. Pengunjung juga dapat menikmati hutan mangrove, jembatan pantai, gazebo, hingga taman bermain.

  • Alamat : Pacanan, Montok, Kec. Larangan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. 69383.
  • Jam Buka : Buka setiap hari. 07.00 WIB – 17.00 WIB.

Museum Mandhilaras

Museum Mandhilaras
Museum Mandhilaras. google maps. sumber : Kholif Azzahroh

Museum ini terletak di kawasan monumen Arek Lancor. Semua benda di dalam Museum Mandhilaras bernilai edukatif dan memiliki nilai kultural meski tidak seutuhnya otentik. Mengoleksi benda-benda bersejarah seperti keris dan senjata bersejarah pada masa berkuasanya Sultan Agung Mataram dan VOC, Pangeran Jokotole, serta Panembahan Ronggosukowati.

Di dalam museum ini, juga tersimpan Layang Kuno atau Kitab Kuno yang terbuat dari daun lontar. Kemudian juga ada kain batik terpanjang dan kertas kapas yanh bertuliskan aksara jabhan peninggalan Aryo Menak Sanoyo.

  • Alamat : Jl. Cokroatmojo No.1, Rw. 03, Barurambat Kota, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69317
  • Jam Buka : Buka setiap hari. 07.30 WIB – 15.30 WIB. (Senin Tutup).