Puncak Ratu, Wisata Alam Perbukitan Menawan di Pamekasan

Puncak Ratu menjadi salah satu tempat wisata hits di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Tempat wisata ini berada di area perbukitan, menawarkan panorama alam khas perbukitan yang sangat menawan. Suasana yang asri dan alam yang sejuk siap dinikmati para wisatawan.

wisata puncak ratu pamekasan
wisata puncak ratu pamekasan. google maps. sumber : Nurdin Rizqiansyah

Destinasi wisata yang instagramable ini berada di ketinggian sekitar 200 meter. Wisata ini mampu memberikan panorama alam yang sejuk dan menampakan keindahannya dari atas puncak. Perbukitan di daerah pantura Pamekasan akan terlihat begitu jelas. Dari ketinggian itu para pengunjung bisa melihat pemandangan alam hijau dan indah kota pamekasan tentunya.

Selain sajian pemandangan alam serta udara yang sejuk. Puncak Ratu Pamekasan ini juga dilengkapi sejumlah spot foto keren dan instagramable. Dilengkapi beberapa wahana permainan seperti sepeda terbang dan lain sebagainya. Menariknya, tempat ini juga dijadikan sebagai salah satu camping ground yang rekomended di Pamekasan.

Alamat Puncak Ratu

  • Desa Tebul Barat, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. 69361.

Jam Buka

  • Buka setiap hari 24 jam.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Rp. 10.000,-
  • Parkir motor Rp.3.000,-
  • Parkir mobil Rp. 5.000,-

Rute ke Puncak Ratu

Lokasi Puncak Ratu ini terletak di dalam kawasan yang dengan Kampun Durian, yakni di Desa Tebul Barat. Dari pusat kota Pamekasan berjarak sekitar 20 km ke arah utara. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 40 menit berkendara.

Dari arah kota Pamekasan pengunjung bisa langsung menuju ke utara tepatnya di Pasar Pagantenan. Dari arah pasar Pagentenan pengunjung masuk ke arah utara sebelum masuk arah pengunjung akan dipertemukan dengan penunjuk jalan.

  • Dari Pamekasan : dari alun-alun kota Pamekasan ambil arah utara menuju Jl. Slamet Riyadi. Lanjut ke Jl. Pintu Gerbang menuju Jl. Palduding – Palengaan hingga sampai di Puncak Ratu Pamekasan Madura.
  • Dari Jembatan Suramadu : keluar Tol Suramadu menuju ke Jl. Kamal – Kalianget – Jl. Cantian Tangkel Bangkalan – Jl. Raya Poter. Lanjut belok kiri arah Jl. Imam Bonjol – Jl. Raya Omben – Jl. Kakak Tua – Jl. Raya Palengaan lanjut ke Dusun Glugur 1 dan terus ikuti jalur.

Transportasi

Untuk mencapai lokasi wisata Puncak Ratu, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor atau menggunakan transportasi umum. Jika berangkat dari luar Madura, maka langsung bisa melalui Jembatan Suramadu, kemudian langsung menuju ke Pamekasan.

Ada Apa di Puncak Ratu

objek wisata puncak ratu
objek wisata puncak ratu. google maps. sumber : DAT.

Objek wisata Puncak Ratu menjadi salah satu destinasi wisata alam yang cukup populer di Pamekasan. Destinasi wisata yang satu ini akan menyajikan panorama keindahan alam Pamekasan Jawa Timur dari ketinggian.

Menikmati Panorama Alam

panorama alam puncak ratu
panorama alam puncak ratu. google maps. sumber : achjalaludin

Wisata alam Puncak ratu menyajikan perbukitan yang khas dengan udara sejuk serta panoramanya yang hijau. Terletak di utara 10 km dari kota Pamekasan. Destinasi wisata yang instagramable ini berada di ketinggian sekitar 200 meter. Suasana yang sejuk dan keindahan alam dari atas puncak. Dari ketianggian itu para pengunjung bisa melihat pemandangan alam hijau dan indah kota pamekasan tentunya.

suasana malam di puncak ratu
suasana malam di puncak ratu. google maps. sumber :  RACHMAD HIDAYAT (DADANG)

Selain menyajikan pemandangan alam yang indah, wisata Puncak Ratu juga banyak ditumbuhi pohon Sengon yang mengelilingi layaknya wisata hutan pinus. Ada sekitar 100 pohon Sengon yang menambah kesejukan bagi para wisatawan yang datang.

Camping Ground

camping di puncak ratu
camping di puncak ratu. google maps. sumber : Khoirul Anwar

Puncak Ratu menjadi salah satu tempat wisata yang rekomended untuk dijadikan tempat camping. Suasana malam di Puncak Ratu Pamekasan bisa dibilang sangat epik. Tidak hanya disuguhi suasana alam sekitar yang masih asri tapi juga pemandangan kota Pamekasan yang penuh gemerlap. Banyak yang suka bermalam dan camping di sini sambil juga menunggu datangnya sunrise keesokan harinya.

  • Tiket Camping Rp.20.000,-

Menikmati Sunset

sunset di puncak ratu
sunset di puncak ratu. google maps. sumber : jelajah sumenep

Lokasi Puncak Ratu Pamekasan yang berada di kawasan perbukitan sangat tepat untuk menikmati suasana sunset atau matahari terbenam. Pemandangan senja di sore hari menjadi momen epik yang sayang jika dilewatkan saat berada di sini.

Tempat Piknik / Rekreasi Keluarga

piknik keluarga di puncak ratu
piknik keluarga di puncak ratu. google maps. sumber : achjalaludin

Spot Foto Kece dan Instagramable

spot foto di puncak ratu
spot foto di puncak ratu. google maps. sumber : Titik Alviz
spot foto di puncak ratu pamekasan
spot foto di puncak ratu pamekasan. google maps. sumber : RnT
berswafoto di puncak ratu
berswafoto di puncak ratu. google maps. sumber : Anaaa

Wisata Puncak Ratu juga menyediakan banyak sekali spot foto yang keren dan instagenic. Diantaranya spot gardu pandang, gerbang berbentuk hati dengan view pepohonan rindang. Kemudian ada dekorasi yang menyerupai kurungan dengan hiasan kelambu, dan sejumlah spot foto lainnya. Tentunya anda bisa berswafoto dengan latar belakang perbukitan yang sangat indah.

Lokasi Kegiatan Pelajar

Tidak sekedar sebagai tempat bersantai, wisata Puncak Ratu juga kerap jadi lokasi kegiatan diklat para mahasiswa dari berbagai kampus di Madura. Tempat yang nyaman serta luas sangat cocok untuk berbagai aktivitas mahasiswa.

Fasilitas Puncak Ratu

Berikut adalah fasilotas dan sarana umum yang tersedia di objek wisata Puncak Ratu Pemakasan.

  • Area Parkir yang luas
  • Toilet Umum
  • Mushola
  • Tempat Makan
  • Spot foto kece
  • Cafetaria
  • Gazebo dan lain-lain.

Hotel Sekitar Puncak Ratu

Hotel, villa atau penginapan yang jarak dan lokasinya paling dekat dengan objek wisata Puncak Ratu Pamekasan.

  • Hotel Madinah Syariah
    Berjarak 14 km dari Wisata Puncak Ratu Pamekasan.
    Hotel bintang 2. Jl. Dirgahayu, Atoran, Bettet, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69317. (021) 29706666.
  • ODAITA HOTEL
    Berjarak 14,5 km dari Wisata Puncak Ratu Pamekasan.
    Hotel bintang 3. Jl. Raya Sumenep No.88, Serkeser, Buddagan, Kec. Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69323. (0324) 329329.
  • Azana Style Hotel Madura
    Berjarak 15,1 km dari Wisata Puncak Ratu Pamekasan.
    Jl. Jokotole No.282, Lombang, Madura, Kec. Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69323. 0819-3922-2216.
  • FRONT ONE HOTEL PAMEKASAN MADURA
    Berjarak 15,1 km dari Wisata Puncak Ratu Pamekasan.
    Hotel bintang 3. Jl. Jokotole No.282, Lombang, Buddagan, Kec. Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69323. 0819-3922-2216.

Tempat Wisata Sekitar Puncak Ratu

  • Wisata Kampoeng Durian Pamekasan

Video Puncak Ratu

Video Puncak Ratu Pamekasan berikut dikutip dari channel : Inovasi MMD

Penutup

Puncak Ratu menjadi salah satu tempat wisata favorit di Pamekasan. Objek wisata ini menawarkan panorama perbukitan dari ketinggian 200 mdpl. Berada di area perbukitan, objek wisata ini sangat cocok untuk melepas penat.

Puncak Ratu juga menawarkan spot-spot foto menarik dan instagramable. Tak jarang objek wisata ini sering menjadi tempat untuk hunting foto. Bersantai menikmati panorama alam hingga kegiatan berkemah atau camping di Puncak Ratu.