Air Terjun Lawean Kawisari Blitar, Keindahan Air Terjun Yang Masih Alami

Setelah sebelumnya saya mengulas tentang Air Terjun Tirto Galuh yang juga berada di Blitar, sekarang saya akan mengulas tentang salah satu air terjun yang tak kalah indahnya.

Air terjun ini berada di area Perkebunan Kawisari yang terletak di Desa Semen, Kecamatan Gandusari, sehingga tak heran jika memiliki keindahan alam yang sangat mengagumkan. Air terjun ini bernama Air Terjun Lawean, dan belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Nama air terjunnya sama dengan Air Terjun Lawean yang berada di Tulungagung. Namun karakteristik air terjunnya berbeda, meskipun begitu keduanya memiliki keindahan alamnya masing-masing.

Berikut ulasan lengkap tentang Air Terjun Lawean Kawisari, Blitar. Check this out!

Trekking Menuju Air Terjun Lawean

Perjalanan yang akan kamu lalui untuk sampai ke lokasi Air Terjun Lawean Kawisari Blitar, akan sangat mengagumkan. Karena kamu akan melihat hamparan perkebunan yang sangat indah, serta tertata dengan baik.

Jalurnya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, namun semakin mendekati area air terjun jalannya akan semakin mengecil dan sempit.

Perjalanan yang akan kamu lalui cukup berkelok-kelok khas daerah pegunungan, namun keindahan alam yang tersaji sungguh luar biasa. Semakin jauh kamu bergerak semakin terasa hawa sejuknya, bahkan keadaannya akan berkabut.

Hamparan Alam Yang Tersaji
Hamparan Alam Yang Tersaji. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jalanan yang berasapal tak selalu kamu rasakan, semakin mendekati Air Terjun Lawean kondisi jalan semakin tak karuan. Jalan beraspal diganti dengan jalan yang berupa tanah dan bebatuan.

Kemudian kamu akan melalui jalanan menurun yang cukup curam dimana hanya dapat dilalui motor dari satu jalur saja. Kamu harus sangat berhati-hati karena bisa saja jalannya licin.

Semakin mendekati area Air terjun semakin curamlah jalan yang kamu lalui, serta semakin rindang pula pepohonannya.

Jika kamu sudah tidak dapat menemukan jalur yang bisa dilalui oleh motor, lebih baik kamu segera memarkirkan kendaraanmu dan melanjutkannya dengan berjalan kaki.

Trekking Menuju Air Terjun Lawean
Trekking Menuju Air Terjun Lawean. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Air Terjun Lawean Kawisari belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah setempat, sehingga belum ada petunjuk serta area parkir yang memadai.

Setelah kamu memarkirkan kendaraanmu, kamu harus menyusuri jalanan setapak yang masih sangat alami. Berhati-hatilah ketika melangkah karena jalurnya licin.

Beberapa saat kemudian kamu dapat mendengarkan deburan air yang turun, itu menandakan bahwa lokasi Air Terjun Lawean semakin dekat.

Papan Petunjuk Air Terjun Lawean
Papan Petunjuk Air Terjun Lawean. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pengalaman yang akan kamu dapatkan ketika melakukan perjalanan menuju Air Terjun Lawean ini merupakan pengalaman yang sangat berharga.

Keindahan hamparan pemandangan yang tak bisa kamu dapati setiap hari, sejuknya udara pegunungan, serta nyanyian alam yang sangat syahdu akan kamu dapatkan.

Pesona Keindahan Air Terjun Lawean

Air Terjun Lawean Kawisari Blitar memiliki panorama keindahan alam yang masih sangat alami, udara segar khas pegunungan akan kamu rasakan. Karena Air Terjun Lawean Blitar ini berada di kaki Gunung Kawi.

Air Terjun Lawean Blitar
Air Terjun Lawean Blitar. Sumber: travellersblitar.com

Saat pertama kali kamu melihat Air Terjun Lawean, kamu akan melihat keindahan air terjun yang tiada duanya. Karena aliran airnya menyebar ke berbagai arah.

Ketinggian Air Terjun Lawean sekitar 50 meter, berada diketinggian sekitar 1000 mdpl. Sehingga ketika kamu berada disini kamu akan merasakan hawa yang sangat sejuk dan menyegarkan.

Airnya Mengalir Dengan Cantiknya
Airnya Mengalir Dengan Indahnya. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Keindahan aliran airnya sungguh menyerupai sebuah tirai, mengalir diantara tebing yang ditumbuhi banyak pepohonan yang merambat serta airnya yang berwarna putih sungguh sangat indah.

Curahan Aliran Air Terjunnya
Curahan Aliran Air Terjunnya. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Rasakanlah deburan airnya mengenai wajahmu, hilanglah semua rasa lelah serta hempaskan semua penat yang ada dalam diri.

Dengarkan deburan airnya, resapi udara yang sejuk serta pandangilah setiap keindahan yang hadir disetiap sudutnya. Maka rasa syukurmu pada Tuhan akan semakin bertambah.

Ragam wisata Air Terjun Lawean

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di lokasi Air Terjun Lawean diantaranya:

1. Bermain Air

Ketika berada di Air Terjun Lawean, kamu tidak dapat melakukan aktivitas berenang karena kolam penampungan airnya tidak terlalu besar.

Kamu hanya dapat menikmati segarnya air yang dialirkan dengan bermain-main air disekitar curahan air terjunnya.

Melepaskan semua lelah diperjalanan dengan menikmati kesegaran air terjunnya merupakan cara yang terbaik.

2. Berpiknik

Pergi ke lokasi yang masih alami seperti ini sangatlah cocok jika mengajak kawan komunitas atau keluarga.

Lokasi Air Terjun Lawean sangat alami dan asri sehingga pas banget jika kamu melakukan kegiatan piknik bersama kawan.

Merasakan keindahan alamnya bersama-sama sambil menikmati hidangan sederhana yang kamu bawa dari rumah.

3. Menenangkan Diri

Tempatnya masih jarang dikunjungi oleh pengunjung, sehingga pas banget untuk kamu yang ingin menenangkan diri. Menghilangkan semua beban yang melekat dalam diri.

Menikmati Keindahan Alam
Menikmati Keindahan Alam. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

4. Berfoto Selfie

Keindahan alam Air Terjun Lawean merupakan latar terbaik yang harus kamu abadikan dalam sebuah foto atau video.

Mengabadikan Keindahan
Mengabadikan Keindahan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Lawean

Lokasi Air Terjun Lawean tidak terlalu jauh dari lokasi Agrowisata Sirah Kencong, tepatnya berada di alamat Perkebunan Kawisari, Pht. Pijiombo, Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Air Terjun Lawean

Rute untuk menuju Air Terjun Lawean jika kamu bergerak dari Pasar Semen, Gandusari kamu tinggal mengambil ke kanan menuju arah Perkebunan Teh Sirah Kencong.

Setelah itu kamu akan menemukan gerbang masuk Perkebunan Kawisari terus lajukan kendaraanmu, sampai kamu menemukan sebuah persimpangan jalan.

Belokkan kendaraanmu ke arah kiri untuk menuju Air Terjun Lawean, setelah itu belok tajam ke arah kanan dan menuruni jalan setapak yang sangat sempit.

Tiket Masuk Air Terjun Lawean

Saat ini Air Terjun Lawean Kawisari Blitar belum dikelola secara sempurna oleh pemerintah setempat sehingga belum ada tiket masuk ataupun tiket parkir yang ditetapkan.

Jam Operasional Air Terjun Lawean

Jam operasional Air Terjun Lawean masih dibuka selama 24 jam sehari dan selama 7 hari seminggu. Namun mengingat medan yang akan kamu lalui belum ada lampu penerangan jalan serta suka berkabut, lebih baik datang ketika pagi hari dan pulang siang hari.

Fasilitas Air Terjun Lawean

Untuk fasilitas pun belum tersedia, semuanya masih sangat asri dan alami.

Tips Wisata

Tips wisata berikut semoga dapat menjadi bahan referensi kamu ketika hendak mengunjungi Air Terjun Lawean Kawisari Blitar, diantaranya yakni:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi sedang turun hujan.
  • Siapkan kendaraanmu sebaik mungkin.
  • Bawalah persediaan makanan serta minuman yang cukup untuk bekal kamu saat berada di lokasi Air Terjun Lawean.
  • Berhati-hatilah saat menapakai jalan setapak menuju Air Terjun Lawean.
  • Pergi bersama teman atau keluarga akan jauh lebih menyenangkan.
  • Selalu jaga kebersihan dan keasrian Air Terjun Lawean.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan setiap momen indah yang tercipta.

Penutup

Keindahan Air Terjun Lawean Blitar ini alamnya masih sangat alami begitupun dengan aliran air terjunnya yang sangat indah yang sayang untuk kamu lewatkan.

Bias Pelangi Di Air Terjun Lawean Blitar
Bias Pelangi Di Air Terjun Lawean Blitar. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pada saat-saat tertentu kamu dapat melihat biasan pelangi dekat air terjunnya. Pas banget sebagai tempat wisata air yang harus kamu kunjungi ketika berada di Blitar.

Jangan lupa siapkan foto terbaikmu saat berada di Air Terjun Lawean ini, ya!

Baca juga:

Leave a Comment