Air Terjun Montel di Kudus, Hamparan air Terjun Alami Yang Menyejukkan

Kabupaten Kudus merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah, ibu kotanya ialah Kudus. Kudus dikenal sebagai kota penghasil roko (kretek) terbesar di Jawa Tengah selain itu juga dikenal sebagai Kota Santri.

Kota Kudus
Kota Kudus. Sumber: www.kompasiana.com

Pusat perkembangan agama Islam pada abad pertengahan berada di Kudus. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya tiga makam Wali Songo atau Sunan yang berada di Kudus, yakni Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Kedu.

Selain itu Kudus juga mempunyai wisata air terjun yang patut kamu kunjungi, yang bernama Air Terjun Montel. Lokasinya tak jauh dari makam Sunan Muria karena masih berada di kawasan Gunung Muria.

Berikut ulasan lebih jauh mengenai Air Terjun Montel, check this out!

Trekking Menuju Air Terjun Montel

Trekking menuju Air Terjun Montel jika dari loket tiket, cukup menantang. Kamu diharuskan menuruni jalan yang cukup curam serta masih berupa tanah dan berbatu. Selain itu sebelah jalan kamu terdapat jurang yang cukup dalam.

Maka kamu harus berhati-hati saat menuruni jalan ini, apalagi jika kamu membawa anak-anak. Di sepanjang jalan kamu akan menemukan beberapa warung untuk sekedar beristirahat sejenak melepas penat.

Namun, pemandangan alam yang diberikan sungguh menakjubkan, kamu dapat melihat hamparan keindahan dari ketinggian. Hawanya pun sejuk sekali, apalagi jika kamu datang waktu pagi atau sore hari.

Kamu akan menuruni beberapa anak tangga yang masih berupa bebatuan, tangganya cukup curam dan jalannya pun tidak terlalu rata. Setelah lepas dari menuruni tangga, kamu akan segera menjumpai Air Terjun Montel.

Lokasi loket tiket masuk Air Terjun Montel memang tidak jauh dari jalan raya, namun jalan raya tersebut hanya untuk “ojeg montel” saja kamu harus memarkirkan kendaraanmu ditempat yang sudah disediakan.

Loket Tiket Air terjun Montel
Loket Tiket Air terjun Montel. Sumber: id.pinterest.com

Ojeg montel akan mengantarkanmu sampai didepan tangga yang akan menuju Air Terjun Montel, jadi kamu tak perlu berjalan jauh cukup dengan menuruni tangga saja.

Namun, jika kamu ingin berjalan kaki sembari menikmati keindahan alam yang tersaji, kamu dapat melewati dua rute. Rute yang pertama ialah dengan menyusuri jalan raya, waktu tempuh yang akan kamu lalui sekitar 1 sampai 1,5 jam.

Melewati jalan raya yang menurun dan berkelok-kelok, kamu harus tetap berada di satu jalur ya soalnya jalan rayanya ngga terlalu lebar disamping itu kan sering berkeliaran para ojeg montel yang sedang mengantarkan pengunjung.

Atau bisa juga kamu melalui jalan alternatif lainnya, yakni dengan menyusuri area perkampungan warga dimana jalannya hanya cukup untuk satu orang saja. Namun waktu tempuhnya lebih pendek yakni hanya sekitar 40 menit saja.

Pesona Keindahan Air Terjun Montel

Air Terjun Montel merupakan air terjun tunggal dengan memiliki tinggi sekitar 50 meter. Aliran airnya sangat jernih dan bersih, keluar diantara tebing yang menjulang tinggi. Dan berada di lereng Gunung Muria.

Sehingga udara yang kamu rasakan akan sangat sejuk. Airnya jatuh ke dasar kolam yang berada dibawahnya, kolamnya tidak terlalu besar namun tetap asyik untuk digunakan sebagai arena bermain air.

Air Terjun Montel
Air Terjun Montel. Sumber: www.triptrus.com

Air terjunnya akan mengalir sangat deras jika musim penghujan, sedangkan jika musim kemarau tiba maka air yang mengalir di Air Terjun Montel akan sangat sedikit sekali bahkan sampai tidak ada.

Air Terjun Montel Mengering
Air Terjun Montel Mengering. Sumber: www.kompas.tv

Airnya terus mengalir menuju sungai yang ada didepannya, sungai tersebut dipenuhi dengan bebatuan. Aliran airnya sangat jernih dan bersih, sampai-sampai kamu dapat melihat dasar kolamnya.

Ragam Wisata di Air Terjun Montel

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan saat berada di lokasi Air Terjun Montel diantaranya:

1. Bermain Air

Bermain air merupakan hal yang harus kamu lakukan saat mengunjungi air terjun. Kolam penampungan Air Terjun Montel tidak terlalu dalam, aliran airnya pun tidak terlalu deras sehingga aman untuk kamu.

Bermain Air Di Kolam Air terjun Montel
Bermain Air Di Kolam Air terjun Montel. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Atau bisa juga kamu bermain air di antara bebatuan yang berada di aliran sungainya. Sembari bermain lemparan air bersama anak-anak dan melihat tawa mereka. Namun airnya lumayan dingin, jadi jangan terlalu lama bermain airnya.

Menikmati Kesejukan Air terjun Montel
Menikmati Kesejukan Air terjun Montel. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Berfoto Selfie

Keindahan alam selalu layak untuk diabadikan menjadi sebuah foto atau video. Karena dengan keunikan dan keasriannya selalu memikat sepasang mata yang melihat.

Berfoto Bersama Keindahan Air Terjun Montel
Berfoto Bersama Keindahan Air Terjun Montel. Sumber: www.brobali.com

Kamu bisa mengabadikan momen kebahagiaan saat berada di Air Terjun Montel dengan berfoto bersama alirannya ataupun dengan duduk-duduk diatas sebuah batu sembari menikmati keindahan alam yang tersaji.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Montel

Lokasi Air Terjun Montel tidak jauh dari makam Sunan Muria dan berada di area Gunung Muria.

Alamat lengkapnya terletak di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Air Terjun Montel

Rute menuju Air Terjun Montel jika dari arah Semarang membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. Jika kamu bergerak dari alun-alun Kudus atau simpang 7 jarak yang kamu tempuh sekitar 19 km.

Dari simpang 7 Kudus melajulah menuju Colo/Makan Sunan Muria, kemudian sampailah kamu di tempat parkir Sunan Muria. Setelah kamu bisa menggunakan jasa ojeg montel untuk sampai menuju Air Terjun Montel.

Tiket Masuk Air Terjun Montel

Untuk tiket masuk menuju area Air Terjun Montel ini cukup terjangkau yakni hanya Rp. 7.500,- saja per orangnya.

Namun dikarenakan saat ini masih dalam keadaan pandemi maka untuk biaya masuk pun digratiskan.

Untuk kamu yang menggunakan jasa ojeg montel kau diharuskan membayar sebesar Rp. 15.000,- per motornya.

Jam Operasional Air Terjun Montel

Jam operasional Air Terjun Montel ini dibuka selama 24 jam nonstop dan selama 7 hari seminggu. Jadi kamu bisa datang kapan saja.

Fasilitas Air Terjun Montel

Fasilitas yang tersedia di area Air Terjun Montel cukup lengkap, yakni dengan adanya:

  • Kamar mandi
  • Warung-warung makanan
  • Pangkalan ojeg montel
  • Area parkir motor dan mobil

Untuk warung-warung makanan, karena saat ini situasi belum kondsusif makan banyak warung yang tutup.

Penginapan

Untuk kamu yang ingin menikmati keindahan alam Gunung Muria lebih lama, kamu bisa bermalam di Hotel Graha Mulia yang lokasinya berada tak jauh dari Makam Sunan Muria dan juga Taman Ria Colo.

Hotel Graha Mulia ini dikelola oleh Pemerintah Kudus, dan menwarkan fasilitas yang sangat lengkap. Harga yang ditawarkannya pun sangat murah yakni sekitar Rp. 165.000 sampai dengan Rp. 200.000 saja per malamnya.

Untuk kamu yang akan menginap di Hotel Graha Mulia kamu bisa menghubungi ke nomor (0291) 4357080 atau (0291) 3315870.

Tips Wisata

Untuk kamu yang ingin mengunjungi Air Terjun Montel, saya bagikan beberapa tips wisata yang bisa jadikan bahan referensi sebelum mengunjungi Air Terjun Montel, diantaranya:

  • Jika ingin menikmati aliran air terjun yang deras datanglah waktu musim penghujan tiba.
  • Pastikan kondisi cuaca pada saat kamu pergi sedang cerah, tidak sedang mendung apalgi turun hujan.
  • Berhati-hatilah saat melakukan treeking menuju Air Terjun Montel.
  • Selalu jaga dan awasi anak-anak.
  • Jagalah kebersihan dan keasrian area Air Terjun Montel.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan momen saat berada di Air Terjun Montel.

Penutup

Kealamian Air terjun Montel menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, dengan dibarengi pengelolaan yang baik akan jauh lebih berkesan bagi para pengunjung.

Keindahan alam yang dihadirkan alam Gunung Muria semakin menambah kesejukan, dan membuat jiwa menjadi tenang dan terus bersyukur akan ciptaan yang Tuhan berikan.

Air Terjun Montel wajib kamu kunjungi setelah kamu selesai berziarah ke makam Sunan Muria, dan rasakanlah kesejukan dan keindahan hamparan alam yang tercipta.

Jangan lupa siapkan foto terbaikmu saat berada di Air Terjun Montel, ya!

Baca juga:

Leave a Comment