Coban Putri, Keindahan Air Terjun di Batu Yang Dibalut Misteri

Air terjun memiliki nama yang berbeda di setiap daerah, ada yang menyebutnya sebagai Air Terjun, ada yang menyebutnya dengan istilah Curug, ada pula yang menyebutnya dengan Coban.

Di Kota Malang cukup banyak terdapat Coban dengan keindahan dan ciri khas yang beragam. Diantaranya ada Coban Rondo, Coban Pelangi, Coban Rais dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kali ini saya akan membahas mengenai Coban Putri yang terletak di Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Selain itu Coban Putri berada di Kaki Gunung Panderman. Coban Putri mulai dikenalkan ke masyarakat luas pada tahun 2017 silam, namun karena berada di Jalan Lingkar Barat sehingga menjadikannya mudah dijumpai.

Coban Putri
Coban Putri. Sumber: travelspromo.com

Itulah yang menyebabkan Coban Putri cepat dikenal di masyarakat. Tempat wisata ini dikelola bersama antara pihak Perhutani Malang dengan Karang Taruna Desa Tlekung. Simak yuk, apa aja keindahan dan kegiatan yang dapat kamu lakukan di Coban Putri. Check this out!

Pesona Keindahan Yang Dihadirkan Coban Putri

1. Keindahan Coban Putri

Coban Putri ketinggian air terjunnya sekitar 35 meter dan mempunyai lebar kira-kira 3 meter. Air terjunnya mempunyai dua aliran air. Aliran yang pertama besar dan aliran yang kedua lebih kecil. Dibawahnya terdapat sebuah kolam yang cukup dangkal, kemudian air dari kolam tersebut dialirkan lagi ke bawah, sehingga menciptakan keindahan yang luar biasa.

Coban Putri memiliki debit air yang tidak terlalu deras, sehingga pengunjung aman untuk mendekatinya. Dihiasi dengan tebing-tebing yang menjulang tinggi, ditambah dengan pepohonan yang masih asri dan berwarna hijau. Perpaduan tersebut membuat raga seakan tak mau beranjak dari Coban Putri.

Keindahan Coban Putri
Keindahan Coban Putri. Sumber: www.aldrinrachmanpradana.com

Ditambah dengan suara kicauan burung maupun suara serangga yang seakan mengiringi kita menikmati keindahan alam Coban Putri. Ketenangan jiwa dapat kita rasakan dengan menikmati keindahan alam yang diberikan Tuhan melalui Coban Putri.

Untuk menikmati keindahan Coban Putri kamu hanya akan menempuh jarak sejauh 1 kilometer dari loket pembelian tiket diawal pintu masuk. Dan hanya berjarak sekitar 200 meter dari tempat parkir motor atau memakan waktu sekitar 5 menit saja dengan berjalan kaki.

2. Spot Selfie

Terdapat area spot selfi yang letaknya tidak jauh dari tempat pembelian tiket masuk. Untuk kamu yang ingin berfoto di tempat ini, kamu harus membayar tiket sebesar Rp. 10.000,-.

  • berfoto di tangan dewa.
Spot Selfie Favorit
Spot Selfie Favorit. Sumber: dolandolen.com
  • Selain di area spot selfie tersebut, kamu juga bisa berfoto dengan berlatar belakang keindahan dan keunikan Coban Putri. Terdapat jembatan yang membelah air terjun menjadi dua bagian, disinilah banyak para pengunjung yang mengambil foto sebelum bermain air.
Spot Foto Dengan Latar Kedua Air Terjun
Spot Foto Dengan Latar Kedua Air Terjun. Sumber : jatimtraveller.com
  • Atau mungkin juga kamu ingin berfoto sembari menapaki bebatuan yang ada di sekitar kolam, sehingga menimbulkan kesan cantik dan sempurna.
Menapaki Jalan Berbatu Sambil Berfose
Menapaki Jalan Berbatu Sambil Berfose. Sumber: dolanyok.com

3. Arena Outbound

Arena outbound tersedia di area Coban Putri, jadi untuk kamu yang mau bergelantungan di ketinggian ngga ada salahnya untuk mencoba wahana yang satu ini.

4. Camping Ground

Menikmati malam di Coban Putri patut untuk kamu coba, karena disini ada area untuk kamu berkemah bersama kawan-kawan menikmati keindahan malam ditemani suara alam yang menyejukkan dan langka untuk kita dapatkan.

Acara Camping Di Coban Putri
Acara Camping Di Coban Putri. Sumber: www.timesindonesia.co.id

Untuk kamu yang akan bermalam dengan cara camping di Coban Putri, kamu harus membawa peralatan dan persediaan yang diperlukan sendiri. Karena di Coban Putri belum ada tempat untuk menyediakan peralatan berkemah.

5. Rock Climbing

Rock Climbing merupakan salah satu olahraga ekstrim yang diisi dengan kegiatan mendaki atau memanjat tebing. Untuk kamu para pecinta olahraga yang memacu adrenalin, kamu wajib untuk mencoba panjat tebing Coban Putri.

Sejarah dari Penamaan Coban Putri

Pemberian nama sesuatu pastilah membutuhkan pemikiran yang matang, atau ada sebuah sejarah dibaliknya. Begitu pula halnya dengan penamaan Coban Putri ini,  ada dua kisah yang berkembang di masyarakat yaitu

1. Berasal Dari Pengorbanan Seorang Ibu

Sebelumnya Coban ini bernama Coban Ketokan, karena dianggap potongan (ketokan) dari Coban Rais yang lokasinya berada di atas. Sumber airnya pun sama dengan Coban rais, yakni Sumber Darmi di Parang Gedeg yang merupakan salah satu sisi Pegunungan Panderman.

Sekitar 4 atau 5 tahun silam ada seorang ibu yang sedang mencari rumput asal Desa Dresel, Kota Batu di area Coban. Ibu tersebut mencari pakan ternak di sekitar coban dengan membawa serta anak perempuannya yang masih kecil. Karena ibu tersebut sibuk mengisi keranjang rumput yang dibawanya, si Ibu akhirnya tidak memperhatikan putrinya yang sedang asyik bermain.

Dan ternyata Sang Putri sudah main sampai ke dekat jurang, dan akhirnya ia pun terpeleset mau terjatuh namun masih sempat pegangan. Si Ibu mengetahui kejadian tersebut dan datang untuk menolong anaknya, namun malah ikut terjatuh juga.

Mereka berdua cukup lama berada di tebing tersebut. Sampai akhirnya ada tukang cari rumput yang lain melihatnya. Kemudian memberikan bantuannya untuk menolong si Ibu dan anaknya, dan akhirnya keduanya pun dapat terselamatkan.

Sejak kejadian itu, masyarakat sekitar mengganti Coban tersebut dengan Coban Putri dengan tujuan untuk mengingatkan pengorbanan seorang Ibu untuk putrinya. Aliran air Coban Putri terpecah menjadi dua, air terjun yang aliran besar disebut mbok (ibu) dan yang kecil disebut anak.

2. Tempat Mandinya Putri Kerajaan

Sejarah yang berkembang selanjutnya ialah diambil dari sebuah cerita yang sudah lama berkembang di masyarakat. Yakni sejarah penamaan Coban Putri sendiri diambil dari cerita sejarah yang berkembang di masyarakat setempat. Nama Coban Putri diambil karena pada zaman Kerajaan Singosari, air terjun tersebut sering disinggahi oleh Putri Ken dedes, yang merupakan permaisuri Ken Arok Raja Singosari. Oleh karena itu air terjun ini diberi nama Coban Putri. Untuk mengenang Putri Ken Dedes yang suka mandi di air terjun ini.

Entah cerita mana yang sebenarnya terjadi, namun satu hal yang pasti yakni kita harus ikut serta menjaga dan merawat keindahan alam Coban Putri.

Lokasi Dan Alamat Coban Putri

Lokasi dan alamat Coban Putri terletak di Dusun Krajan, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu Jawa Timur. Coban Putri berada di Kaki Gunung Panderman.

Petunjuk Jalan Menuju Coban Putri
Petunjuk Jalan Menuju Coban Putri. Sumber: www.dakatour.com

Rute Menuju Coban Putri

Rute menuju Coban Putri untuk kamu yang akan berkunjung ke sana, jika kamu berangkat dari Alun-alun Batu, jaraknya sudah tidak terlalu jauh hanya sekitar 5 kilometer saja. Lokasi Coban Putri tidak jauh dari Coban Rais yakni hanya berjarak 1,5 kilometer saja.

Untuk kamu yang bergerak dari Kota Malang kamu terus melaju menuju ke arah BNS atau Predator Fun Park, setelah itu teruskan perjalananmu sampai kamu menemukan petunjuk yang bertuliskan Wisata Coban Putri dan Coban Rais.

Tiket Menuju Coban Putri

Tiket masuk menuju Coban Putri sangat murah jika dibandingkan dengan keindahan alam yang akan kamu dapatkan. Kamu cukup membayar Rp. 10.000,- saja untuk per orangnya.

Fasilitas Yang Tersedia di Coban Putri

Fasilitas yang tersedia di Coban Putri sudah dibilang lengkap, mulai dari tersedianya:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Warung-warung makanan
  • Gazebo
  • Mushola

Penginapan

Untuk kamu yang sedang mencari penginapan terdekat dengan Coban Putri, simak ulasan berikut :

  • Villa ANA Tretes dengan jaraknya dari Coban Putri sejauh 500 meter dengan harga yang ditawarkan sekitar Rp. 334.822,- per malamnya.
  • Villa Vander, jaraknya dari Coban Putri kurang lebih 600 meter dengan kisaran harga Rp. 245.083,- per malamnya.
  • Inna Tretes Hotel, jarak yang ditempuh dari Coban Putri sekitar 930 meter dengan kisaran harga Rp. 300.112,- per malamnya.
  • RedDoorz @Tretes 2 dengan lokasi yang lumayan jauh dari Coban Putri yakni sejauh 1,3 Kilometer dengan harga Rp. 135.890,- per malamnya.

Tips Wisata

Jika kamu mempunyai rencana untuk mendatangi Coban Putri baiknya kamu ikuti tips berikut:

  • Bepergian bersama teman jauh lebih menyenangkan.
  • Kamu tidak perlu membawa makanan atau minuman karena sudah tersedia warung-warung makanan untuk kamu.
  • Berhati-hatilah saat melakukan sesi foto di tangan dewa.
  • Jika kamu membawa anak-anak tetap jaga dan pantau mereka saat bermain air.
  • Jagalah selalu keindahan alam Coban Putri.

Penutup

Seperti itulah gambaran keindahan yang coba disajikan mengenai Coban Putri. Sesungguhnya tiada kata yang dapat menggambarkan keindahan alam ciptaan Tuhan. Terlalu sempurna untuk digambarkan, dan tiada duanya.

Tugas kita hanyalah untuk senantiasa menjaga dan merawatnya, supaya kita terus dapat menikmatinya. Untuk kamu yang sudah mengunjungi Coban Putri jangan lupa siapkan foto terbaikmu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment