Museum Satwa, Museum Fauna Kelas Internasional di Malang

Museum Satwa merupakan bagian dari Jatim Park II. Museum ini menyajikan satwa-satwa yang diawetkan dan fosil-fosil purba yang didatangkan dari berbagai Negara diseluruh benua, seperti benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Eropa, Artik, dan Antartika.


Museum Satwa
Museum Satwa. Image via: sunburstadventure.com

Objek wisata yang satu ini menyajikan wisata yang berbeda dari tempat wisata lainnya karena disini Anda akan disajikan beragam satwa-satwa baik hidup maupun mati (awetan) yang didatangkan dari berbagai Negara di Dunia.

Sesuai dengan tujuan didirikan museum yaitu sebagai Lembaga Konservasi Ex-Situ Satwa Liar, maka seluruh satwa awetan yang ada di Museum Satwa diperoleh tidak dari hasil perburuan. Spesimen hewan di museum ini adalah hasil pengawetan dari satwa yang telah mati.

Selain itu Museum Satwa juga menyajikan replika satwa purba. Seperti Apatosaurus, Tyrannosaurus-Rex, Stegosaurus, Mammoth, dan replika satwa purba lainnya.

Karena koleksi satwa yang lengkap di Museum Satwa Jawa Timur Park 2, tidak salah jika Museum di Jatim Park 2 diklaim menjadi Museum berskala International. Dengan menyediakan ruangan Khazanah Pengetahuan Fauna dipastikan akan lebih memudahkan para wisatawan untuk mempelajari lebih dekat semua jenis satwa di Dunia ini.

Gerbang Museum Satwa
Gerbang Museum Satwa. Image via: hargatiketmasuk.info

Jelajahi juga wisata mempesona malang lainnya.

Lokasi Museum Satwa

Museum Satwa berlokasi di Jl. Oro-oro Ombo No. 9A Kota Wisata Batu Jawa Timur Indonesia.

Museum yang berada 1d kompleks dengan Jatim Park II ini, masih termasuk Kelurahan Temas tetapi dekat dengan Oro-oro Ombo. Dari Pasar Besar Batu/Terminal Batu, jalan menuju Oro-oro Ombo tidak sampai 2 Km.

Rute Menuju Museum Satwa

Rute jalan menuju ke objek wisata Museum Satwa ini sangat mudah untuk dilalui. Baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Dari pusat kota Malang, pengunjung bisa sampai di kota wisata Batu dalam waktu sekitar 30 menit saja.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung bisa menggunakan salah satu dari 2 jalur alternatif menuju ke Museum Satwa yaitu melalui jalan Ahmad Yani lalu berbelok di Karang Lo atau lurus saja melalui Jalan Tlogomas. Namun jika pengunjung datang dari luar kota dan turun dari kereta maupun bus, naiklah angkutan umum berkode AL, ADL, atau GL untuk menuju ke terminal Landungsari Malang.

Setelah sampai di terminal Landungsari, perjalanan akan dilanjutkan menuju terminal Batu dengan naik angkutan berkode BL atau BTL. Kemudian setelah itu bisa langung turun di pintu gerbang Museum Satwa / Jatim Park 2.

Waktu tempuh dari Malang ke Kota Batu sekitar 2 jam. Tarif angkutan di Malang sebesar Rp. 4.000,- baik jarak jauh maupun dekat.

Diorama Savana museum satwa
Diorama Savana. Image via: malang-guidance.com

Jam Buka Museum Satwa

Museum Satwa dibuka untuk kunjungan publik setiap hari. Pada hari Senin-Jumat museum beroperasi pada jam 09.00 sampai 18.00. Pada akhir pekan dan hari libur, museum buka jam 10.00-18.00.

Tiket Museum Satwa

Tiket masu museum jadi 1 paket dengan Tiket Batu Secret Zoo. Pengunjung bisa membeli tiket terusan dari Secret Zoo sampai Museum Satwa, dengan harga Rp 90.000 rupiah untuk hari Senin-Kamis. Sedangkan untuk Sabtu-Minggu, dan hari libur tiket berubah jadi Rp 120.000.

Jika pengunjung membawa anak-anak dengan tinggi badan di bawah 85 cm, maka tiket tersebut gratis bagi anak tersebut.

Fasilitas Museum Satwa

Fasilitas pendukung wisata di lokasi ini sudah sangat lengkap. Itu sesuai dengan reputasi yang dibangun oleh pengelola, sebagai museum bertaraf internasional.

Beberapa fasilitas penunjang wisata yang tersedia adalah: Mushola, Toilet, Food Court, Gazebo, dan Tempat Parkir Luas.

Diorama Beruang Kutub Museum Satwa
Diorama Beruang Kutub. Image via: harnas.co

Atraksi Menarik di Museum Satwa

Ada puluhan atraksi menarik di museum Satwa. Mulai dari melihat koleksi fosil binatang purba, awetan hewan buas dari berbagai negara, sampai melihat awetan ribuan serangga. Semuanya tentu sangat menghibur dan menambah wawasan di bidang pengetahuan fauna. Berikut ini kami ceritakan 5 diantaranya.

  1. Sangkar Raksasa

Sangkar Raksasa Museum Satwa
Sangkar raksasa. Image via: jtp.id

Sebuah sangkar raksasa dengan tinggi belasan meter, menyambut para pengunjung di pintu masuk museum satwa.

Sangkar satu ini bukan sangkar biasa, karena tingginya yang luar biasa. Sangkar ini dibuat dengan harapan untuk memberikan pengalaman “terperangkap” kepada para pengunjung. Dengan demikian diharapkan mereka bisa menyadari betapa tidak menyenangkannya hewan-hewan yang terpenjara.

Namun walau demikian sangkar tetap dilengkapi dengan fasilitas untuk rekreasi fasilitas berupa spot-spot foto yang indah. Pengunjung secara berkelompok bisa berfoto seru di dalam sangkar ini. Berfoto bersama awetan burung-burung eksotis, dengan berbagai gaya dapat dilakukan di dalam sangkar ini.

  1. Insektarium

insektarium Museum Satwa
Insektarium. Image via: sahabatnestle.co.id

Di museum satwa juga ada insektarium dengan banyak koleksi serangga dari berbagai belahan dunia. Mulai dari beragam jenis kupu-kupu, kumbang, capung, semut, laba-laba, lalat, nyamuk dan masih banyak lagi. Serangga-serangga ini di tata sedemikian rupa dalam lemari kaca, berikut dengan keterangan jenisnya. Bagi Pengunjung anak-anak ruangan ini tentu sangat menarik.

Berbagai macam serangga dari seluruh dunia berkumpul menjadi satu di Insectarium. Di Insectarium serangga-serangga indah ini diawetkan. Pengunjung bisa menikmati serangga-serangga yang telah dikelompokkan berdasarkan negara asal masing-masing serangga.

Kupu-kupu koleksi insectariums museum Satwa tidak hanya satu type. Di Insectarium, pengunjung akan menemukan berbagai jenis kupu-kupu dengan berbagai bentuk. Juga berbagai ukuran bahkan berbagai warna yang indah. Pengunjung juga akan menemui banyak serangga yang tidak terdapat di Indonesia.

  1. Mayapada Show

Mayapada Show Museum Satwa
Mayapada Show. Image via: jtp.id

Selain menyediakan zona pameran, Museum Satwa juga rutin menggelar pertunjukan Mayapada. Layaknya broadway untuk para satwa, Mayapada Show menghadirkan drama musikal yang lucu dan juga menyenangkan disaksikan pengunjung. Terutama pengujung yang datang bersama keluarga.

Dalam pertunjukan ini, Hewan lucu menari dan bernyanyi. Bahkan pohonpun ikut berbicara dan bernyanyi. Pada pertunjukan ini pengunjung diajak untuk berjuang bersama hewan-hewan lucu untuk menjaga lingkungan dari para pemburu dan penebang liar. Tujuan utama pertujukan selain hiburan,a dalah menanamkan cinta lingkungan apda anak anak.

Pertunjukan seru ini bisa dinikmati tepat ditengah rute Museum Satwa pada pukul 12.00. Terdapat kejutan seru di akhir acara.

  1. Khasanah Pengetahuan Fauna

Khasanah Pengetahuan Fauna
Khasanah Pengetahuan Fauna. Image via: koperbunda.com

Pada fasilitas Khazanah Pengetahuan Fauna, pengunjung usia SD-SMP akan dipandu untuk mempelajari lebih terperinci mengenai organ dalam berbagai makhluk hidup. Di sini pengunjung juga bisa melakukan pembedahan tikus dan katak.

Buat pengunjung anak-anak yang memiliki ketertarikan kuat pada sains, khususnya biologi, yang penasaran bagaimana bentuk jantung tikus dan bentuk saluran pencernaan katak, disini pertanyaan nya akan terjawab.

  1. Galeri Fosil

fosil Museum Satwa
Fosil ikan purba. Image via: indonesiakaya.com

Berjuta-juta tahun yang lalu. Hewan-hewan yang berukuran besar hidup menguasai bumi. Ukurannya yang sangat besar bahkan ada yang mencapai tinggi bangunan bertingkat. Ukuran itu membuat ukuran manusia zaman sekarang tidak ada bandinganya.

Hewan-hewan raksasa itu sudah tidak hidup lagi di bumi. Tapi, peninggalan-peninggalan mereka dapat kita saksikan dan pelajari. Di Museum Satwa, pengunjung bisa melihat koleksi fossil dari hewan-hewan besar ini. Selain itu, pengunjung juga diajak mempelajari tentang mereka. Mulai dari pola hidup, jenis makanan, cara berburu, dan hal lainnya.

Objek Wisata Dekat Museum Satwa

Lokasi Museum dekat dengan Wisata Jatim Park 1 dan Wisata BNS. Selain dengan Jatim Park 1, ada berjibun lokasi wisata menarik yang bisa ditemukan dalam radius kurang dari 2 km dari Jatim Park 2. Museum Anatomi Bagong Adventure, Museum Angkut, Museum topeng, dan Jatim Park 3 adalah sebagian dari semua objek wisata menarik itu.

Demikianlah tadi ulasan nativeindonesia.com mengenai Museum Satwa Batu. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat serta menambah wawasan kita dalam menentukan tempat untuk berlibur bersama keluarga dan anak-anak tercinta. Anda bisa mendapatkan  pengetahuan dan pembelajaran yang bermanfaat khususnya anak-anak dalam mengenal satwa dari berbagai belahan dunia.

 

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment