Museum Satwa, Koleksi Satwa Lintas Jaman

Museum Satwa merupakan museum yang bertaraf internasional. Konsepnya modern, serta koleksi satwanya sangat lengkap, dari jaman purba, hingga satwa yang biasa hidup di saat ini, alias lintas generasi.

Saking lengkapnya, dari mulai hewan terkecil sampai kepada hewan yang besar, di darat, di udara, hingga di air, semuanya ada, pokoknya komplit banget.

museum satwa
museum satwa. google maps. sumber: Rosi

Sebelum kita lanjutan pembahasan tentang Museum Satwa Kota Batu, Jawa Timur, perlu penulis sampaian bahwa tulisan ini dibuat saat kemungkinan transisi PPKM menjadi diperpanjang atau tidak.

Jika PPKM diperpanjang, maka kemungkinan besar tempat wisata yang ada di Pulau Jawa dan Bali akan ditutup sementara waktu, termasuk kunjungan wisata ke Museum Satwa.

Daya Tarik Museum Satwa

Museum Satwa adalah bagian tak terpisahkan dari Jatim Park 2. Dengan demikian, dekat juga dengan objek wisata lainnya yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya.

Dan inilah beberapa daya tarik dari Museum Satwa Batu, Jawa Timur:

1. Sangkar Raksasa

sangkar raksasa museum satwa
sangkar raksasa museum satwa. google maps. sumber: Tatya H.P.

View pertama yang dilihat pengunjung saat pertama masuk ke dalam Museum Satwa adalah sebuah sangkar raksasa. Bahkan sangkar tersebut adalah salah-satu sangkar terbesar di dunia.

2. Konsep Yang Modern

konsep yang modern
konsep yang modern. google maps. sumber: Andrie Windu

Daya tarik selanjtnya dari Museum Satwa adalah konsep penataan, serta sajiannya yang modern. Efek visual yang disajikan sangat kekinian.

Bahkan ada pemutaran film dengan spot khusus. Tema-tema film yang diputar bernilai edukatif, seputar tentang dunia satwa.

3. Koleksi Satwa

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Museum Satwa memiliki koleksi satwa yang sangat lengkap. Meskipun didominasi oleh replika, dan binatang yang sudah diawetkan, namun tidak mengurangi sensasi mata yang melihat.

koleksi satwa museum satwa batu jawa timur
koleksi satwa museum satwa batu jawa timur. google maps. sumber: Andrie Windu

Bahkan penataan setiap latar atau habitat setiap satwa didesign menyerupai habitat aslinya. Berpadu dengan replika, atau binatang yang diawetkan, seakan menjadi nyata, dan hidup.

Oh iya, jangan salah-sangka dulu ya terkait binatang yang diawetkan yang ada di Museum Satwa Batu, Jawa Timur. Binatang tersebut tidak diburu khusus untuk diawetkan.

Satwa yang diawetkan, terkait sejarah Museum Satwa sebelumnya yang pernah menjadi eks kawasan satwa liar. Hewan-hewan yang sudah mati kemudian diawetkan, dan disimpan di Museum Satwa.

Koleksi satwa yang ada di Museum Satwa Batu, Jawa Timur di antaranya:

  • Hewan-hewan pemangsa,
  • Aneka unggas,
  • Binatang air,
  • Reptil,
  • Galeri kupu-kupu,

Itu hanya beberapa, dan semua ditata secara baik, bahkan mampu menjadi latar foto bagi yang suka dengan aktivitas selfie, atau para pemburu konten.

4. Area Hewan Purba

area hewan purba
area hewan purba. google maps. sumber: Martin Sutanto

Yang tak kalah serunya lagi adalah area hewan yang hidup di jaman purba. Tentu saja yang ada saat ini hanyalah replika, dan fosil-fosilnya. Di antaranya:

  • Mammoth,
  • Apatosaurus,
  • Tyrannosaurus – Rex,
  • Stegosaurus.

Selain itu, ada juga reptil raksasa, atau ular yang sangat besar, dan panjang. Mata yang memandang di spot tersebut akan merasa takjub, dan tentu saja bernilai edukatif.

5. Spot Eukatif

wisata edukatif museum satwa
wisata edukatif museum satwa. google maps. sumber: Museum Satwa Jawa Timur Park 2

Museum Satwa bukan hanya sekedar tentang galeri satwa saja. Tetapi ada beberapa spot yang semakin menegaskan bahwa Museum Satwa merupakan destinasi wisata keluarga yang edukatif di Kota Batu, Jawa Timur.

Spot yang dimaksud adalah:

  • Area pementasan Mayapada,
  • Spot observasi,

Di lokasi observasi, para pengunjung bisa mengenal jenis organ tubuh hewan. Bahkan hewan seperti tikus, dan katak bisa dibedah secara langsung di lokasi tersebut.

Jelajahi juga wisata mempesona malang lainnya.

Lokasi Dan Alamat Museum Satwa

Lokasi Museum Satwa terletak di Kompleks Jatim Park 2. Adapun alamat Museum Satwa berada di Jl. Oro-oro Ombo No. 9A, Kota Wisata Batu, Provinsi Jawa Timur Indonesia.

Museum yang berada di kompleks dengan Jatim Park II ini, masih termasuk Kelurahan Temas tetapi dekat dengan Oro-oro Ombo. Dari Pasar Besar Batu/Terminal Batu, jalan menuju Oro-oro Ombo tidak sampai 2 Km.

Rute Menuju Museum Satwa

Rute jalan menuju ke objek wisata Museum Satwa ini sangat mudah untuk dilalui. Baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Dari pusat kota Malang, pengunjung bisa sampai di kota wisata Batu dalam waktu sekitar 30 menit saja.

Jarak dari pusat Kota Batu, Jawa Timur hany sekitar 20 menit saja. Akses jalan menuju Museum Satwa sudah sangat baik, hingga sampai di area parkiran.

Jam Buka Museum Satwa

Jam operasional Museum Satwa dalam kondisi normal adalah sebagai berikut:

  • Museum Satwa dibuka untuk kunjungan publik setiap hari.
  • Pada hari Senin-Jumat museum beroperasi pada jam 09.00 sampai 18.00.
  • Pada akhir pekan dan hari libur, museum buka jam 10.00-18.00.

Harga Tiket Masuk Museum Satwa

Tiket masuk Museum Satwa Rp. 30.000 per orang.

Fasilitas Museum Satwa

Beberapa fasilitas penunjang wisata yang tersedia adalah:

  • Mushola,
  • Toilet,
  • Food Court,
  • dan Tempat Parkir Luas.

Tinggalkan komentar