Batu Secret Zoo, Kebun Binatang Modern Dengan 10 Area Cantik

Batu Secret Zoo merupakan tempat wisata dan kebun binatang modern yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Batu Secret Zoo yang berada di tanah seluas 14 hektare tersebut merupakan bagian dari Jatim Park 2.


Batu Secret Zoo, kebun binatang modern di batu jawa timur
Batu Secret Zoo. Image via: agentwisatabromo.com

Beberapa koleksi hewan dari berbagai habitat yang sebagian besar berasal dari Asia dan Afrika dapat ditemukan di kebun binatang ini. Koleksi populer antara lain singa putih, kijang afrika, burung macau, dan bermacam-macam reptil.

Batu Secret Zoo didesain sebagai kebun binatang yang sangat menarik untuk dikunjungi. Konsep kebun binatang yang ada di sana adalah modern dan juga edukatif. Lokasi wisata ini sangat cocok untuk wisata anak dan wisata edukasi, sekaligus wisata keluarga yang cukup lengkap.

Selain koleksi binatang, ada wahana permainan yang bernama Fantasy Land. Di dalamnya ada sekitar 20 wahana permainan yang cukup lengkap dan menghibur para pengunjung. Selain itu ada juga fasilitas restoran dan juga berbagai layanan eksklusif bagi para pengunjung.

berfoto bersama maskot batu secret Zoo berupa patung patung hewan yang lucu
Bersama maskot. Image via: jalanjajanhemat.com

Simak juga: daftar tempat wisata di Malang

Lokasi Batu Secret Zoo

Lokasi dari Batu Secret Zoo adalah di Jalan Oro-oro Ombo Batu No. 09, Jawa Timur.

Lokasi ibni berjarak 18 km dari kota malang.

Rute Menuju Batu Secret Zoo

Lokasi Batu Secret Zoo bisa ditempuh dengan mudah, baik dengan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum.

Bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke Batu Secret Zoo dengan menggunakan kendaraan umum bisa memulai perjalanan dari Terminal Arjosari. Dari terminal Arjosari, tujulah Terminal Landungsari dengan naik angkutan umum rute AL atau ADL.

Jika turun di Stasiun Malang, langsung saja naik angkutan umum rute AL atau ADL di depan stasiun. Dari Terminal Landungsari, bisa naik angkutan BJL jalur Batu – Junrejo – Landungsari. Angkutan ini akan melewati area Batu Secret Zoo. Jika bingung, tanyakan saja pada sopir untuk menurunkan di tempat yang seharusnya.

memberi makan jerapah koleksi batu secret zoo menjadi salah satu ataksi wisata yang digemari pengunjung, khususnya pengunjung anak.
Ngumpanin Jerapah. Image via: radarmalang.id

Untuk pengunjung yang memilih kendaraan pribadi maupun sewa, pengunjung bisa menaiki kendaraan roda 2 maupun roda 4. Dari arah Malang, tuju saja ke arah kota Wisata Batu. Di sepanjang perjalanan sudah ada beberapa papan penunjuk jalan yang akan membawa ke Batu Secret Zoo. Atau ikuti saja arah ke Batu Night Spectacular, karena berdekatan.

Jam Buka Batu Secret Zoo

Kebun Binatang Batu Secret Zoo dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 – 18.00 Sore. Jam buka mungkin mengalami perubahan pada saat musim liburan atau pada bulan Ramadhan.

Tiket Batu Secret Zoo

Tiket masuk Batu Secret Zoo sebesar Rp 84.000 untuk weekday dan Rp 120.000 untuk weekend.

Batu Secret Zoo masih masuk-masuk dalam 1 manajemen dengan wisata Jawa Timur Park. Tentu bisa lebih hemat jika sekaligus membeli tiket untuk objek wisata lain Jawa Timur Park.

berfoto bersama hewan jinak koleksi batu secret zoo diminati utuk emnghasilkan foto yang unik yang tidak bsia diperoleh di objek wisata lain.
Foto keluarga. Image via: telusurindonesia.co

Simak juga: Kebun binatang Surabaya.

Tiket terusan paket kaget 2 Rp 105.000, mencakup Tiket Masuk Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park. Tiket ini Rp 150.000 untuk weekend.

Tiket sakti Rp 375.000. mencakup tiket masuk Jatimpark 1, Batu Secret Zoo, Museum Satwa, Eco Green Park, BNS, Museum Tubuh, Museum Angkut dan Predator Fun Park. Tiket berlaku selama 2 hari. Untuk yang berlaku 3 hari harganya Rp 450.0000.

Fasilitas Batu Secret Zoo

Pengunjung saat berwisata ke Batu Secret Zoo, bisa memakai beberapa fasilitas pendukung wisata. Di sekitar taman wisata ini tersedia fasilitas tempat parkir, mushola, toilet, Penginapan, Rumah makan, dan toko souvenir.

Daya Tarik Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo dibagi menjadi beberapa area bertema tertentu. Pengunjung tidak akan kebingungan ketika mengunjungi area hewan berdasarkan jenis dan asalnya.

  1. Area Pygmy Marmoset

monyet terkecil sedunia seukuran jempol koleksi batu secret zoo
Monyet sejempol. Image via: jtp.id

Saat memasuki pintu masuk atau Entrance Batu Secret Zoo, pengunjung langsung akan bertemu dengan Area Pygmy Marmoset atau monyet terkecil sedunia. Primata ini berasal dari Amerika Selatan tepatnya berhabitat di Hutan Hujan Amazon.

Ukurannya yang kecil membuat hewan ini terlihat unik dan lucu. Terlebih ketika melompat-lompat di area itu. Berat hewan ini hanya sekitar 100 gram, namun memiliki gerakan yang aktif dan sangat lincah.

  1. Area Aquarium

Kemudian ada Area Aquarium, pengunjung dimanjakan dengan berbagai jenis ikan baik ikan air laut maupun ikan air tawar. Ikan-ikan mulai dari nemo, clown fish, sampai hiu ada di sana. Selain memasang konsep akuarium yang mengelilingi lorong, lokasi ini sangat bagus digunakan untuk berfoto.

Yang unik di sini ada akuarium tembus pandang. Pengunjung yang berfoto di balik akuarium tembus pandang terlihat seperti benar-benar berada di dalam akuarium.

  1. Area Primata & Burung

merak albino, spesies langka yang terdapat di batu secret zoo
Merak albino. Image via: travel.detik.com

Simak juga: Kebun Binatang Ragunan.

Area ini adalah area yang khusus untuk keberadaan binatang primata, lemur, landak, merak, dan burung. Di sini, semua hewan tidak berada di kandangnya, melainkan dibuatkan habitat seperti aslinya dan dibiarkan bebas berkeliaran.

Begitu juga dengan burung yang tidak berada di sangkar, melainkan bebas terbang di area tersebut. Pengunjung yang berkunjung akan merasa seperti benar-benar ada di hutan dan melihat burung-burung berterbangan di atasnya.

  1. Area Birds Feeding

Area Feeding Birds khusus digunakan bagi pengunjung yang ingin memberi makan burung Sun Conur. Makanan untuk burung ini pun khusus disediakan dan bisa dibeli ditempat.

Burung yang memiliki bulu warna-warni ini cukup lucu dan menggemaskan. Ketika melihat pengunjung datang membawa makanan, kawanan burung ini akan langsung terbang mendekat dan meminta makanan itu.

  1. Area Savanah

Lorong kaca Savana bati secret zoo tempat melhak lihat kehidupan savana mulai dari hewan sampai miniatur habitat
Lorong kaca savana. Image via: jejakbocahilang

Area Savannah berbentuk lorong dengan batas berdinding kaca. Tempat ini berupa lorong yang digunakan sebagai tempat menyaksikan hewan-hewan Afrika di habitatnya.

Konsepnya habitat hewan dibuat seperti aslinya dengan beberapa hiasan dan konsep rumah khas Afrika yang unik. Dan terowongan melintasi habitat itu. Dengan demikian hewan-hewan disini tidak terkurung dalam jeruji kandang yang sempit. Konsep ini mirip dengan terowongan bawah air pada aquarium raksasa di ancol.

Pengunjung, terutama anak-anak dapat terhibur dengan keberadaan hewan seperti zebra, giant sable antelope dan scimitar-horned orix, yang berlarian dan mondar-mandir.

  1. Area Kampung Afrika

Selanjutnya adalah Area Kampung Afrika. Di sini pengunjung disuguhi dengan hewan lucu khas Benua Afrika seperti marmut, mirkat, kelinci dan lain-lain yang berkeliaran di rumput.

Di sini pula terdapat Gajah Afrika yang keberadaan hewan ini mulai berkurang di dunia karena hampir punah. Jika beruntung, pengunjung dapat memberi makan sang gajah asalkan sesuai instruksi penjaga dan jam makan gajah.

  1. Area Amfibi

Badak india koleksi batu secret zoo merupakan badak india yang terbesar di Indonesia
Badak india terbesar di Indonesia. Image via: blitartimes.com

Simak juga: Taman Satwa Taru Jurug.

Lalu ada area khusus untuk habitat dua binatang amfibi besar yaitu kuda nil dan buaya. Pada jam tertentu, pengunjung dapat memberi makan buaya atau kuda nil dengan roti, sayur atau buah-buahan yang disediakan.

Luar biasanya lagi, habitat hidup hewan ini berada di bawah jembatan yang dilintasi pengunjung. Jadi, pengunjung yang hendak melihat hanya tinggal menengok ke bawah jembatan saja.

  1. Area Safari Farm

Pada Area Safari, pengunjung dapat menggunakan kereta yang disediakan untuk berkeliling. Berbekal satu cup wortel, pengunjung dapat memberi makan hewan herbivora yang ditemui secara langsung di perjalanan.

Rasanya seperti benar-benar sedang berada di sebuah peternakan. Ketika pengunjung berjalan dengan keretanya, hewan seperti unta, llama, bison, kuda poni dan lainnya segera merapat untuk berebut makanan.

  1. Area Tiger Land

tiger land batu secret zoo menjadi tempat penangkaran pagi kucing besar ini, yang ddesain membuat mereka nyaman dan cukup bergerak.
Tiger land. Image via: intisari.grid.id

Area khusus untuk binatang buas adalah Tiger Land. Pada area ini, pengunjung akan berjalan melintasi tengah-tengah kandang. Lintasan yang digunakan sebagai tempat tinggal berbagai binatang buas seperti singa putih, harimau, jaguar, dan lain sebagainya.

Area ini dibatasi dengan dinding yang terbuat dari kaca yang sangat kuat. Meskipun agak menakutkan, namun dari jalan yang dilintasi, pengunjung dapat menyaksikan hewan buas itu dari dekat sekali bahkan berfoto bersama.

  1. Area Permainan & Hiburan

Jika telah puas menelusuri luasnya seluruh area, pengunjung juga dapat sejenak mengunjungi wahana permainan di Fantasy Land. Di area ini terdapat Playground Outdoor, Waterpark dengan tema film Toy Story, berfoto di tangan gorila raksasa, dan tempat foto unik lainnya yang tentu saja kekinian.

Lalu, jika ingin menjajal adrenalin bisa juga mencoba wahana Tornado atau Horror House. Area ini pun menyediakan tempat bagi pengunjung untuk sejenak bersantai di cafetaria dengan membeli minum atau makanan ringan.

kolam anak batu secret zoo didesain untuk emembuata nak anak bebas gembira bermain air tanpa kawatir soal kemanan dari resiko tenggelam
Waterpark anak. Image via: liburananak.com

Simak juga: Kebun Binatang Gembira Loka.

Tips Mengunjungi Batu Secret Zoo

Ada beberapa hal kecil yang sebaiknya diperhatikan sebelum merencanakan kunjungan ke Batu Secret Zoo.

  • Beli jenis Tiket yang paling sesuai dengan kebutuhan, agar bisa lebih berhemat.
  • Berjalan sesuai dengan rute yang sudah ada di kawasan wisata tersebut agar semua area bisa didatangi tanpa terlewat sedikitpun.
  • Lebih baik datang di pagi hari agar bisa mengeksplorasi tempat wisata ini secara lebih lapang.
  • Bawa topi atau penutup kepala, termasuk payung, untuk melindungi kepala dari panas matahari.
  • Gunakan alas kaki yang bisa membuat nyaman untuk berjalan-jalan di areal kebun binatang ini. Karena akan berjalan-jalan dengan rute yang cukup panjang
Koleksi langka giant anteater batu secret zoo merupakan 1 dari hewan ini yang ada dikebun biantnag seluruh asia tenggara
Koleksi langka, hanya 3 di Asia tenggara. Image via: travel.tribunnews.com

Objek Wisata Dekat Batu Secret Zoo

Bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata alami yang benar-benar alami bisa memilih melanjutkan kunjungan ke Coban Rais. Air terjun COban rais ini berjarak 5 km dari Batu Secret Zoo. Kawasan ini sedang diburu oleh netizen karena suasana alamnya. Selain itu, kawasan ini juga terkenal dengan spot foto baru yang instagenic.

Unutk pengunjung yang menginginkan lokasi instagramable namun bernuansa modern, bsia memilih museum angkut. Museum modern ini berjarak 2 km dari Batu Secret Zoo. Di lokasi ini, ada berbagai macam jenis angkutan tersedia disini. Mulai dari tahun 80 an hingga kekinian. Mulai dari pelosok negeri hingga luar negeri. Semua bisa dinikmati di Museum Angkut ini.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai objek wisata Batu Secret Zoo yang perlu diketahui agar bisa mempersiapkan biaya wisata yang sesuai dengan budget. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment