Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta, Bukan Sekedar Rekreasi

Indonesia adalah negara yang kaya raya. Tidak hanya mengenai budayanya saja melainkan kekayaan alam yang juga kaya serta lengkap. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya spesies langka baik flora maupun fauna yang asik dan menarik untuk disimak. Kehadiran spesies ini membuat pariwisata Indonesia semakin beragam dan juga berwarna.

Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta adalah kawasan yang bisa dibilang super lengkap. Dimana, Sobat Native akan disuguhkan berbagai macam hewan yang menggemaskan, lucu, dan menakutkan. Ada pula atraksi hewan-hewan yang menarik untuk disaksikan. Tidak hanya manusia saja yang bisa melakukan sebuah akrobatik, melainkan hewan pun juga bisa.

Gembira Loka Inside
Image by: instagram.com/cahayadewi306/

Rute, Lokasi, Harga Tiket Masuk

Objek wisata yang satu ini berada di jl. Kebun raya No.2, Kota Gede , Yogyakarta. Sangat disarankan Sobat Native yang berasal dari luar kota yang ingin berkunjung ke sini menggunakan transportasi umum seperti Bus Trans Jogja yang dpersiapkan oleh pemerintah Yogyakarta. Apabila, Sobat Native menggunakan bus, maka turunlah di terminal Giwangan kemudian, ganti dengan Bus Trans Jogja.

Apabila, Sobat Native datang dengan menggunakan kereta api. Sobat Native bisa turun di Stasiun Tugu Yogyakarta, kemudian, ambil pintu keluar sebelah timur menuju Jalan Malioboro. Sobat Native bisa menyebrang ke jalan malioboro dan berjalan kurang lebih 300 meter menuju halte Bus.

Simak; review Candi Plaosan Jogja

Bila menggunakan kendaraan pribadi Sobat Native bisa menggunakan jalur dari arah Ring road timur menuju jalan Wonocatur. Ikuti jalan hingga Sobat Native melihat sebuah jembatan. Kebun Binatang ini berada di kiri jalan sebelum jembatan.

Atau, Sobat Native bisa melalui jalan Maloboro menuju ke perempatan Kantor pos. Belok ke kiri lurus terus sejauh 5-7 kilometer. Setelah melewati jembatan. Sbat Native bisa arahkan kendaraan ke kanan dan tibalh Sobat Native di tujuan.

Baca Juga :  THE LODGE MARIBAYA Bandung, Semua Yang Perlu Anda Ketahui Baca Disini!

Untuk jam operasioal, Kebun Binatang Gembira loka buka jam 8 pagi dan akan tutup di jam 5 sore. Untuk harga tiket masuk kawasan, sobat native harus membayar uang sebesar 30 ribu rupiah untuk weekday dan 35 ribu rupiah untuk weekend. Mahal? Tunggu dulu, jangan bilang mahal sebelum Sobat Native membaca apa saja wahana menarik Kebun binatang Gembiraloka ini.

Baca juga : tempat wisata di Jogja yang populer.

Gembira Loka Inside 2
Image by: instagram.com/noviatun_04/

Wahana Menarik di Gembira Loka

Setelah melewati pintu masuk, Sobat native akan diberi beberapa buku petunjuk agar Sobat Native tidak kesasar. Sebuah taman yang rindang dan sejuk akan memberikan ucapan selamat datang kepada Sobat Native.

Setelah melakukan perjalanan kurang lebih 700 meter, sobat native akan melihat museum tentang hewan dan juga tumbuhan yang baru dalam tahap pengembangan. Kedepannya, Kebun binatang ini mepunyai sebuah museum tentang hewan dan juga tumbuhan yang kece.

Simak juga: keindahan Pantai Baron

Gembira Loka Speedboat
Image by: instagram.com/glzoojogja/

Setelah menuruni tangga, Sobat Native akan melihat sebuah danau buatan. Dimana ada sebuah kapal yang bisa digunakan untuk mengelilingi danau buatan ini. Berjalan kurang lebih 800 meter barulah Sobat Native akan melihat hewan gajah yang berjumlah 3 hingga 5 ekor. Sobat Native bisa memberinya makan atau sekear foto bersama dengan gajah.

Hati-hati bila gajah ini sedang mandi karena airnya pasti akan mengenai Sobat Native begitu pula dengan debunya. Pada hari sabtu dan minggu, Sobat Native yang ingin naik gajah bisa membayar uang sebesar 10 ribu rupiah saja. Tetapi,untuk hari biasa wahana naik gajah ini tidak ada.

Kemudian, aksi dari simpanse juga bisa Sobat Native saksikan. Simpanse ini diberi rumah layaknya berada di kawasan hutan. Di setiap hewan yang Sobat Native kunjungi ada sebuah papan informasi yang bisa digunakan sebagai pengetahuan. Jadi, Sobat Native tidak hanya tahu tetapi juga paham bagaimana hewan tersebut.

Baca Juga :  10 Tempat Wisata Di Tulungagung Yang Eksotis

Simak: wisata sejarah di Museum Kereta Kencana

Gembira Loka Animal
Image by: instagram.com/raishasha/

Lalu, ada ikan-ikan kecil dan juga ikan arapaima yang cukup besar yang berada di sebuah kolam. Ikan arapaima adalah ikan air tawar yang ukurannya memang besar. Sobat Native, bisa melihat ukuran paling besar dari ikan arapaima yang begitu menakjubkan. Kemudian, ada juga buaya-buaya yang sedang melamun dibawah pepohonan yang rindang. Begitupula dengan kuda nil yang selalu saja berendam di dalam air dan enggan untuk beranjak dari tempat tersebut. Atau juga ular pyton yang terus telihat tertidur di tempatnya.

Ada juga beberapa ekor kanguru dan juga rusa yang senang dan asik bermain-main. Atau kancil yang hobi sekali berada di semak-semak. Lalu, seekor harimau Sumatra dan singa serta gorilla yang galak yang berada di kandang khusus. Hati-hati sobat Native jangan sampai jadi makanan mereka ya.

Gembira Loka Harimau
Image by: instagram.com/glzoojogja/

Setelah puas melihat hewan-hewan yang garang dan ganas saatnya kita memasuki dunia burung yang imut nan lucu. Berbagai macam burung elang pun ada disini. Sobat Native pun akan dibawa ke dunia burung dengan masuk ke sebuah hutan buatan yang akan membuat Sobat Native terkesan.

Setiap jenis burung memiliki kawasan yang berbeda pula. Sobat Native pun akan dibawa ke beberapa kawasan burung dan melihat bagaimana tingkah laku mereka yang begitu lucu dan menggemaskan. Selain itu, Sobat Native juga bisa untuk foto bersama dengan burung ini lebih tepatnya burung kakak tua yang menggemaskan duduk di atas sebuah kayu.

Saat ini kebun binatang ini sedang dalam pengembangan lebih lanjut agar bisa mendatangkan lebih banyak hewan lagi seperti beruang madu yang lucu dan menggemaskan.

Baca Juga :  Kebun Raya Cibodas, Kawasan Dengan Segudang Wisata Alam

Sobat Native pun bisa melihat pertunjukan hewan di sebuah panggung yang hanya bisa disaksikan setiap hari sabtu, minggu, dan hari libur saja. Dengan jadwal yang berbeda-beda mulai pukul 10 pagi. Jangan sampai ketinggalan untuk melihat aksi-aksi menawan hewan-hewan kebun bintang gembia loka ini.

Selain itu, Sobat Native juga bisa bermain wahana kekinian seperti sepeda air, banana orca, Speedboat, kapal katamaran, perahu kayuh, perahu gethek dan juga taman labirin. Ada pula kereta keliling yang disediakan bagi Sobat Native yang ingin berkeliing kebun binatang tetapi malas berjalan. Hanya membayar uang sebesar 10 ribu rupiah saja.

Simak juga: review Seribu Batu Songgo Langit

Gembira Loka ATV
Image by: instagram.com/glzoojogja/

Lapar? Jangan khawatir, di gembira loka ada sebuah café yang berada di atas danau. Dibentuk seperti sebuah kapal pesiar dengan berbagai macam sajian yang akan menggoda lidah. Sobat Native bisa menikmati hidangan sembari mendengarkan live music yang hanya dipertunjukan setiap hari minggu dan hari libur saja.

Tepat pukul 11 siang. Sobat Natïve akan dihibur oleh petugas kebun binatang dengan memberi makan kepada hewan-hewan. Sepert harimau, ikan amapaima, ular pyton, simpanse. Perlu diketahu bila Sobat Native dilarang keras untuk memberi makan pada hewan-hewan ini. Kecuali, di kandang rusa dan juga kandang kijang dan harus memberikan uang donasi sebesar 1000 rupiah.

Kebun Binatang Gembira Loka adalah sebuah kawasan wisata yang mempelajari tentang seluk beluk hewan. Wisata edukasi yang seru, asik, dan juga menyenangkan.

Bagi Sobat Native yang berada di Yogykarta dan bingung mau kemana. Kebun Binatang ini bisa dijadikan sebuah liburan alternatif yang pas.

80%
Awesome
  • Fasilitas
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses Lokasi
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.