Bermain Air di Pantai Nampu Wonogiri dan Gunung Kidul

0

Pantai Selatan jawa memiliki beberapa pantai yang namanya sudah dikenal oleh berbagai macam kalangan dan dari berbagai daerah. Khusunya kawasan Gunung Kidul dan juga Pacitan yang memiliki panorama pantai yang tidak kalah bagusnya dengan pantai selatan yang ada di Pulau Bali.

Di wilayah Pantai Selatan Jawa ini, ada hal yang unik dimana satu nama pantai di pakai untuk dua wilayah yang berbeda. Bila dilihat dari letak Geografisnya. Kedua wilayah ini hanya berseberangan saja.

dago dream park info
dago dream park

Pantai Nampu adalah wilayah pantai yang berada di antara wilayah Kabupaten wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, dan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Walaupun hanya bersebalahan. Kedua pantai ini memiliki keunikan sendiri-sendri yang membuat Sobat Native tidak akan pernah bisa move on.

Pantai Nampu Wonogiri

Pantai Nampu Wonogiri Spot
Image via: instagram.com/discovery.wonogiri/

Alamat : Dusun Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah.
Map : Klik Disini
Jam Operasional : 24 Jam

Sobat native bisa menikmati beberapa tebing batu yang berada di sisi pantai. Tebing batu ini tampak seperti corong yang aduhai untuk disimak. Pantai nampu memang masih sangat sepi. Berbeda dengan pantai yang lain.

Menuju ke pantai ini harus menuruni tangga yang cukup panjang. Disamping tangga ini, Sobat Native akan disuguhkan dengan warung-warung yang memang masih kosong. Biasanya warung-warung ini akan mulai ramai saat hari libur.

Pantai Nampu Wonogiri Spot Beach 2
Image via: instagram.com/fajarkarunia19/

Sobat Native akan disambut dengan hamparan pasir putih yang menawan. Apalagi, sepinya pantai ini membuat Sobat native seperti memiliki pantai ini sendiri. Sobat Native bisa bermain-main dengan leluasa tanpa ada seorang pun yang mengganggu. Apalagi, Pantai nampu ini terkenal dengan banyaknya hewan-hewan laut yang imut.

Perlu diketahui oleh Sobat Native bila, Pantai Nampu ini bukan milik pemerintah, melainkan miliki sebuah perusahaan Batik Keris. Para warga pun sebenarnya kecewa dengan keputusan ini. Tetapi, mau bagaimana lagi. Pemerintah sudah memberikannya kepada perusahaan ini. Oleh karena itulah, pemerintah sedikit meninggalkan pantai nampu ini.

Baca Juga :  Keindahan Pantai Pangi Blitar Yang Masih Perawan

Tidak hanya pantai nampu saja, pantai sembukan pun juga menjadi milik perusahaan batik keris ini. Karena, hal inilah warga tampak begitu kecewa. Karena, mereka berpikir bila tanah ini akan dibeli oleh pemerintah.

Sebenarnya, pesona pantai ini benar-benar memanjakan mata. Dimana, Sobat Native bisa bermain-main dengan ombak. Hanya saja, harus berhati-hati, karena pantai ini memiliki karang-karang yang cukup tajam.

Pantai Nampu Wonogiri Spot Beach 1
Image via: instagram.com/fajarkarunia19/

Bila laut akan surut, karang-karang ini akan begitu terlihat. Dengan ikan-ikan kecil yang ada di sela-selanya. Ikan-ikan ini memang terlihat eksotis dan begitu menggemaskan. Sobat Native bisa foto-foto dengan ikan-ikan ini. Sungguh, suasananya yang menyenangkan untuk dijadikan sebagi tempat liburan

Tidak hanya Sobat native saja tetapi, penduduk sekitar pun akan ikut mencari cumi-cumi yang bisa mereka gunakan untuk menjadi sebuah santapan yang begitu nikmat. Rasa yang dihasilkan pun bila sobat Native merasakannya begitu nikmat. Bahkan, lebih nikmat dari yang dibuat di berbagai restoran. Hanya saja, Sobat Native harus pintar untuk mengolahnya.

Sayangnya, Sobat Native harus menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai pantai ini. Karena, jarak yang harus ditempuh dan jalannya pun begitu menyenangkan. Titik poinnya adalah Kota Wonogiri. Sobat Native bisa menggunakan dua jalur, melalui kecamatan Paranggupito, dan Jalur Pracimantoro.

Kedua jalur ini akan bersatu di perempatan Giribelah. Dari ini lurus saja ke selatan menuju arah pantai. Dari sini pula, Sobat native akan bertemu dengan tanjakan dan jalan yang begitu sempit. Sobat Native harus berhati-hati karena, terkadang Sobat Native akan menemukan jalan yang terkesan menghilang.

Baca Juga :  Fenomena Kuliner Telur Asin di Indonesia, Sudah Coba Kelezatannya?
Pantai Nampu Wonogiri Spot Beach Sunset
Image via: instagram.com/travelinghitts/

Tetapi. Jangan ragu karena, selama perjalanan Sobat Native akan ditemani dengan beberapa pohon pandan yang sangat rindang. Pohon Pandan ini yang bisa dimanfaatakan oleh Sobat Native, untuk berteduh.

Untuk harga tiket masuk Sobat Native hanya perlu membayar uang sebesar 2000 ribu rupiah. Ditambah lagi dengan uang parkir dengan biaya 3000 rupiah. Dan biaya parkir mobil sebesar 5000 rupiah.

Pantai Nampu Gunung Kidul

Alamat : Desa Balong, Kecamatan GiriSubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik Disini
Jam Operasional : 24 Jam

Beralih ke Pantai Nampu Gunung kidul. Dimana pantai ini berada di kawasan Pantai Wedi Ombo.
Ada dua cara yang bisa dipilih Sobat Native bila ingin mencapai kawasan pantai ini. Cara pertama dengan melewati jalan langsung menuju Bukit Indah dan Pantai Nampu. Rute ini merupakan rute yang baru saja dibuka.

Pantai Nampu Gunungkidul View
Image via: instagram.com/yazid.azh/

Sedangkan Cara yang kedua, adalah menyusuri ke arah utara pantai Wedi ombo. Jalan langsung menuju Bukit Indah adalah jalan tercepat menempuh kawasan ini. Tidak hanya itu saja, Sobat Native akan mendapatkan dua pesona sekaligus yaitu Pemandangan bukitnya yang mempesona dan suasana pantai saat tiba di sana.

Kawasan wisata ini bisa dibilang cukup ramah. Dimana, area parkir dan pantainya cukup dekat. Dengan menyusuri jalan setapak yang begitu licin jadi, Sobat Native harus berhati-hati agar tidak jatuh. Karena, saat jatuh, cukup membuat Sobat native menahan rasa sakit.

Titik Poin terbaik bagi Sobat Native untuk menikmati pemandangan ini adalah sebuah tikungan pada saat jalan menurun dimana disini, ada pagar pengaman. Dari titik ini, Sobat Native bisa melihat pesona Pantai wedi Ombo dan Nampu yang sangat mengesankan, Dimana, bibir pantai ini akan membentuk bulan sabit yang dijamin, Sobat Native tidak akan bisa move on.

Baca Juga :  Kebun Buah Mangunan Jogja, Pesona Indah Di Atas Awan

Menikmati pemandangan ini tidak akan bisa sebentar. Banyak Sobat native lainnya, menikmati pemandangan ini untuk foto dan decak kagum yang tidak akan pernah berhenti. Sobat Native yang penasaran diwajibkan untuk datang ke tempat ini dan melihat sendiri bagaimana eloknya.

Pantai Nampu Gunungkidul Spot 1
Image via: instagram.com/abhisekatour/

Di kawasan ini Sobat Native bisa melihat beberapa nelayan yang berlalu-lalang. Pemandangan yang tidak bisa dilihat bila berada di pantai Nampu yang ada di Wonogiri. Sobat native bisa memanfaatkan kapal-kapal nelayan ini dengan mengambil gambar dan foto.

Sobat Native pun bisa memanfaatkan pantai ini untuk membeli ikan. Walaupun, tempat pelelangan ikan ini tidak sebesar pelelangan ikan yang ada di pantai Sadeng atau Pantai Drini. Tetapi, pelelangan ini tetap menjadi yang menarik untuk di kunjungi.

Sayangnya Sobat native pun tidak bisa menggunakan Transportasi umum menuju ke kawasan ini. Karena, kondisinya yang begitu sulit. Sobat native bisa melalui Panggang. Dimana sudah banyak papan petunjuk yang tersedia disana. Sobat native bisa memanfaatkannya untuk memandu jalan menuju lokasi.

Pantai Nampu Gunungkidul Wahana 1
Image via: instagram.com/mediabajubarat/

Pantai Nampu Wonogiri dan Gunung Kidul adalah kawasan yang mempunyai daya tarik yang unik. Keduanya wajib untuk dijelajahi. Sobat Native bisa berkunjung ke salah satu pantai ini atau bahkan, keduanya.

Rasakan perbedaan dan pengalaman yang menarik di tempat wisata unggulan bagi kedua wilayah.

77%
Awesome
  • Keindahan
  • Akses Lokasi
  • Harga Tiket Masuk
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.