Eco Green Park, Belajar Mencintai Alam Di Jatim Park 2

Eco Green Park merupakan salah satu wahana seru yang ada di Jatim Park 2. Yakni sebuah destinasi wisata dengan konsep wisata edukasi.

Eco Green Park merupakan wahana wajib yang kamu kunjungi ketika berada di Jatim Park 2, dimana anak-anak akan belajar banyak hal ketika berada disini.

landmark eco green park
landmark eco green park. google maps. sumber: Indra Sugiarto

Lihat juga: daftar tempat wisata di Malang yang populer.

Saat ini kondisi Indonesia belum terlepas sepenuhnya dari Pandemi Covid-19, sehingga membuat beberapa lokasi wisata harus ditutup sementara.

Kalaupun ada yang sudah buka, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Agar pengunjung merasa aman dan nyaman ketika berwisata.

Lokasi dan Alamat Eco Green Park

Lokasi Eco Green Park berada di kawasan Jatim Park 2, tepatnya terletak di alamat Jl. Oro-Oro Ombo No. 9A, Kota Wisata Batu, Jawa Timur.

Rute Menuju Eco Green Park

Rute menuju Eco Green Park sama halnya ketika kamu hendak menuju Jatim Park 2, karena memang berada di satu kawasan yang sama.

Yakni jika dari pusat kota Malang dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Kota Wisata Batu. Sudah banyak petunjuk Arah di sepanjang jalan yang dilalui, sehingga kamu ngga akan kesasar.

tempat bermain dan belajar
tempat bermain dan belajar. google maps. sumber: Eco Green Park

Harga Tiket Masuk Eco Green Park

Harga tiket masuk Eco Green Park dibedakan menjadi:

  • Untuk hari Senin hingga Kamis dengan membayar Rp. 50.000,- per orang
  • Untuk Jumat, Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya membayar sebesar Rp. 65.000,- per orang

Atau kamu bisa juga membeli tiket terusan yang termasuk tiket mengunjungi Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Sweet Memories Selfie. Dengan harga sebagai berikut:

  • Rp. 130.000,- untuk weekday
  • Rp. 150.000,- untuk weekend dan hari libur lainnya

Jam Buka Eco Green Park

  • Jam operasional Eco Green Park dibuka setiap hari Senin hingga Minggu
  • Mulau beroperasi pukul 08.30 hingga pukul 16.30 waktu setempat

Untuk info lebih lengkap kamu dapat mengunjungi website resminya Eco Green Park.

tempat wisata edukasi
tempat wisata edukasi. google maps. sumber: Andrew Assa

Fasilitas Eco Green Park

Fasilitas yang ada di Eco Green Park diantaranya:

  • Shuttle Car/Train
  • E-Bike Station
  • Food Court
  • Minimarket
  • Pasar hewan
  • Mushola
  • Smoking area
area foodcourt
area foodcourt. google maps. sumber: Dee Fatah

Lihat juga: review wisata Coban Rondo

Eco Green Park Di Jatim Park 2

Eco Green merupakan salah satu konsep cara mencintai alam agar tak terlalu banyak sampah yang ada di bumi ini. Konsep ini membuat barang-barang yang sudah tidak dipakai, menjadi bermanfaat.

Di sekitar Eco Green Park terdapat beberapa patung yang terbuat dari benda-benda yang sudah tidak digunakan. Selain itu, ada pula 7 atraksi utama yang tentunya seru banget. Yakni:

1. World Of Parrot

Di zona World Of Parrot kamu akan menemukan berbagai macam jenis burung yang berasal dari Benua Asia hingga Benua Amerika. Kamu juga dapat berfoto dengan salah satu burung pintar yakni Burung Beo.

Selain berfoto bersama kamu juga dapat mempelajari tentang burung-burung yang menghuni World Of Parrot ini. Terdapat lebih dari 50 spesies Burung Beo yang ada di zona yang satu ini.

2. Recycle

Sesuai dengan namanya, zona yang satu ini merupakan tempat kita belajar memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai agar bermanfaat kembali.

Di zona Recycle terdapat beberapa contoh kreasi yang dapat menginspirasi kamu supaya ikut berpartisipasi dalam melestarikan alam sekitar.

patung yang terbuat elektronik bekas
patung yang terbuat elektronik bekas. google maps. sumber: Andil Ong

Baca; info wisata Pantai Balekambang

3. Rumah Terbalik

Rumah Terbalik merupakan sebuah desain rumah yang terbalik 180 derajat dan seakan-akan nyata, karena furniture yang ada di dalamnya pun semuanya terbalik.

Spot yang satu ini banyak dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto dan merasakan sensasi berada di dalam sebuah rumah yang terbalik.

berfoto di rumah terbalik
berfoto di rumah terbalik. google maps. sumber: Risman Herman

4. Eco Journey

Eco Journey merupakan atraksi yang akan mengajakmu menyaksikan gambaran-gambaran alam yang ada di bumi ini hingga terjadinya berbagai kerusakan yang terjadi akibat ulah tangan jahil manusia.

Kamu juga akan diberikan pengetahuan tentang bagaimana cara merawat alam dengan baik. Ingatlah jika kita menjaga alam, alam menjaga kita!

5. Exotic White Peacock

Exotic White Peacock berisikan burung-burung merak yang berwarna putih, yang merupakan salah satu spesies burung merak yang terbilang langka di dunia. Karena spesies burung merak putih ini sangat jarang kita temui di alam bebas.

Burung merak putih berasal dari Srilangka dan India, di Eco Green Park kamu dapat bermain dan mengamati secara langsung burung yang eksotis yang satu ini.

6. Bird Show

lokasi bird show
lokasi bird show. google maps. sumber: Agustina Dewi

Selain mempelajari hewan-hewan yang ada di Eco Green Park, kamu juga dapat menyaksikan sebuah pertunjukkan yang dikemas dengan nama Bird Show.

Kamu dapat melihat penampilan dan keahlian ayam, burung kakaktua, burung elang serta burung-burung lainnya yang akan menghibur penonton dengan segala tingkah lucunya.

Jadwal dari Brid Show ini setiap pukul 12.30 dan pukul 15.30 waktu setempat di Bird Show Amphiteather.

7. Water Outbound

Disini adalah tempat untuk pengunjung bermain air, eitss…tunggu dulu tapi ini bukan bermain air biasa loh. Kamu juga akan belajar tentang energi potensial yang dihasilkan oleh air. Selain itu ada pula ember tumpah yang siap mengguyurmu.

e bike
e bike. google maps. sumber: IANUAR TEGUH PRIAMBODO

Penutup

Eco Green Park memiliki luas sekitar 6 hektar, kamu dapat menyewa E-Bike supaya tidak lelah ketika mengeksplor taman edukasi yang satu ini. Harga sewa E-Bike nya yakni:

  • Rp. 150.000,- per 3 jam
  • Rp. 60.000,- untuk tambahan waktu setiap jamnya

Perbedaan Eco Green Park dengan Batu Secret Zoo ialah terletak pada konsep yang diusung. Eco Green Park lebih mengedapankan edukasi tentang menjaga alam, serta pengetahuan-pengetahuan yang berkaitan erat dengan alam.

Ketika mengunjungi Eco Green Park di Jatim Park 2 pastikan kamu tetap memakai masker dan menghindari kerumunan ya….


Tinggalkan komentar