Curug Ceheng Sumbang Banyumas, Review Lengkap Trekking, Mitos, Pesona Alam Curug di Jawa Tengah

Situasi pandemi yang sudah berbulan-bulan ini kita lalui, membuat kita semakin jenuh. Semua aktivitas yang biasa kita lakukan tidak bisa kita lakukan seperti dulu.

Semua orang pastinya merasakan hal yang sama bahkan anak-anak sekalipun, apalagi mereka tidak bisa bersekolah seperti biasanya.

Salah satu cara untuk meredakan rasa jenuh tersebut adalah dengan menikmati keindahan alam pemberian Tuhan. Karena alam selalu mempunyai cara untuk menghibur kita.

Untuk kamu yang sedang berada di Banyumas Jawa Tengah, kamu harus coba mengunjungi salah satu tempat wisata air yang luar biasa indah dan mudah dijangkau.

Namanya ialah Curug Ceheng yang terdapat di Desa Gandatapa, Sumbang. Curug tersebut mempunyai landscape alam yang luar biasa menakjubkan.

Berikut ulasan lengkap mengenai Curug Ceheng, check this out!

Trekking Menuju Curug Ceheng

Setelah kamu memarkirkan kendaraan ditempat yang sudah disediakan, untuk menuju Curug Ceheng kamu harus melakukan trekking yang dibilang gampang-gampang susah.

Pintu Masuk Menuju Curug Ceheng
Pintu Masuk Menuju Curug Ceheng. Sumber: www.purwokertoguidance.com

Gampang karena kamu hanya tinggal menuruni beberapa anak tangga saja, susah karena tangganya banyak dan juga curam.

Sebelum menuruni tangga kamu harus berjalan dengan kondisi jalan yang masih berupa tanah dan bebatuan, disepanjang jalan akan ditemukan warung-warung sederhana yang menjajakan makanan dan minuman untuk bekal kamu selama di area Curug Ceheng.

Pemandangannya masih sangat alami, hal tersebut dibuktikan dengan masih rindangnya pepohonan disekitar lokasi Curug Ceheng.

Tak berselang lama kamu akan menemukan sebuah tangga, tangga tersebutlah yang akan membawamu lebih dekat dengan Curug Ceheng.

Trekking yang akan kamu lalui akan terus menurun, tangga tersebut tidak terlalu lebar terdapat sebuah pegangan disalah satu sisinya.

Harus berhati-hati dan waspada saat menuruninya karena cukup curam dan jika basah akan licin, pohon bambu menjadi pemandangan utama saat kamu menuruni tangga tersebut.

Entah berapa banyak anak tangga yang harus kamu lalui untuk menuju Curug Ceheng, semakin mendekati area curug kamu akan dapat melihat dengan jelas Curug Ceheng.

View Curug Ceheng Dari Atas
View Curug Ceheng Dari Atas. Sumber: www.yukpiknik.com

Setelah sampai diakhir tangga, kamu harus melanjutkan dengan berjalan kaki diatas rerumputan liar yang disebelahnya terdapat aliran air beserta bebatuan khas sungai.

Pesona Keindahan Curug Ceheng

Curug Ceheng berada di lereng tenggara Gunung Slamet, dan berada diketinggian sekitar 600 mdpl. Sehingga memiliki udara yang cukup sejuk.

Aliran air Curug Ceheng berasal dari Kali Pelus yang aliran airnya terus mengalir hingga menuju Sumbang dan Sokaraja. Air yang dialirkan pun sangat jernih dan bersih.

Curug Ceheng
Curug Ceheng. Sumber: phinemo.com

Aliran airnya jatuh menuju kolam alami yang berada di bawahnya dari ketinggian sekitar 13 meter. Menimbulkan suara deburan yang cukup menjadi pusat perhatian telinga kamu.

Aliran airnya cukup deras, jika dilihat dari ketinggian bagaikan sebuah pancuran. Karena airnya mengalir lurus menuju kolam alami dibawahnya.

Disamping Curug Ceheng terdapat sebuah gua yang menganga cukup lebar, didepannya dihiasi dengan tumbuhan hijau yang sangat lebat.

Lokasi Curug Ceheng seperti disembunyikan, karena berada di tengah perkebunan dan hutan serta ditutupi oleh tebing yang cukup tinggi serta pepohonan yang rindang.

Aliran Sungai Dekat Curug Ceheng
Aliran Sungai Dekat Curug Ceheng. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Bentuk ceruknya setengah lingkaran dengan memiliki kolam alami yang cukup lebar. Selain itu kamu akan dapat dengan mudah menemukan kelelawar yang beterbangan kesana kemari.

Ragam wisata Di Curug Ceheng

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Ceheng, diantaranya yakni:

1. Bermain Air

Ketika berada di Curug Ceheng kamu tidak dapat mendekati curahan air terjunnya, karena kolamnya yang sangat dalam.

Bermain Aliran Air Curug Ceheng
Bermain Aliran Air Curug Ceheng. Sumber: bocahporka.blogspot.com

Kamu masih bisa menikmati kesegaran airnya dengan bermain-main air disekitar bebatuan yang terhampar. Duduk-duduk di atas batu atau diatas rerumputannya sembari melihat keindahan aliran Curug Ceheng.

2. Menikmati Keindahan Alam

Cara mensyukuri keindahan alam yang telah diberikan Tuhan adalah dengan menikmati dan merasakannya.

Dengarkanlah deburan air yang mengalir dari ketinggian, rasakanlah udara sejuk yang mengusap badanmu, kesegaran air yang menyentuh kakimu seakan melengkapinya.

Menikmati Keindahan Curug Ceheng
Menikmati Keindahan Curug Ceheng. Sumber: jejakpiknik.com

Nikmati dan rasakanlah semuanya, hilangkanlah rasa negatif yang ada dalam diri gantilah dengan energi positif yang diberikan alam kepadamu.

3. Berfoto

Menikmati keindahan alam yang dihadirkan tak lupa dengan mengabadikannya dalam sebuah foto atau video, dengan latar Curug Ceheng ataupun landscape alam yang tersedia.

Mengabadikan Keindahan Curug Ceheng
Mengabadikan Keindahan Curug Ceheng. Sumber: www.economiczone.id

Mitos Curug Ceheng

Saat kamu berada di Curug Ceheng, kamu dilarang untuk terjun dari atas curug karena sudah banyak pengunjung yang terjun dari atas curug namun tidak muncul kembali.

Konon katanya menurut mitos yang beredar di masyarakat, tepat di kolam tempat jatuhnya air yang mengalir terdapat seekor ular yang besar.

Entahlah mitos tersebut benar adanya atau tidak, namun yang pasti kolam disekitar aliran air curugnya sangat dalam.

Lokasi Dan Alamat Curug Ceheng

Lokasi Curug Ceheng berada di lereng Gunung Slamet sebelah tenggara, tepatnya terletak di alamat di Desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas Jawa Tengah.

Rute Menuju Curug Ceheng

Rute menuju Curug Ceheng bisa melewati UMP (Universitas Muhammadiyah Purwokerto), Dukuhwaluh, kemudian arahkan kendaraanmu menuju timur hingga tiba di perempatan Sumbang lalu belok ke kiri.

Setelah itu tinggal mengikuti jalan yang ada dengan jalur yang agak sedikit menanjak dan berkelok-kelok. Jangan sungkan untuk bertanya jika kamu merasa tidak tahu.

Tiket Masuk dan Parkir Curug Ceheng

Berikut ulasan lengkap tentang harga tiket masuk dan tiket parkir menuju Curug Ceheng:

Tiket masuk                 : Rp. 1.500,- per orang

Tiket parkir motor       : Rp. 2.000,- per unitnya

Tiket parkir mobil        : Rp. 3.000,- per unitnya

Jam Operasional Curug Ceheng

Jam operasional Curug Ceheng dibuka dari hari Senin sampai dengan hari Minggu mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore.

Namun, waktu yang tepat untuk mengujungi Curug Ceheng ialah dipagi hari. Dimana udara yang kamu rasakan masih sangat sejuk dan segar.

Fasilitas Curug Ceheng

Fasilitas yang disediakan pengelola di tempat wisata Curug Ceheng cukup lengkap, dengan tersedianya:

  • Lahan parkir yang luas
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Toilet atau kamar mandi

Penginapan

Penginapan di sekitar lokasi Curug Ceheng belum tersedia, jika kamu sedang mencari tempat menginap yang recommended kamu dapat menemukannya sekitar 2 km lebih jaraknya dari Curug Ceheng.

Tips Wisata

Tips wisata berikut saya bagikan untuk kamu yang berencana membawa keluarga mengunjungi keindahan Curug Ceheng, yakni:

  • Pastikan cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi sedang turun hujan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk melalui tangga.
  • Berhati-hatilah saat menapaki tangga.
  • Selalu jaga dan awasi anak anda ketika bermain air di Curug Ceheng.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Ceheng.
  • Hidarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan alam Curug Ceheng.

Penutup

Curug ceheng berada dilokasi yang tidak sulit untuk dijangkau, kamu hanya perlu menapaki tangga yang akan membawamu lebih dekat dengan Curug Ceheng.

Namun keindahan alam yang akan kamu dapatkan dapat meluruhkan semua lelah perjalanan. Kejernihan airnya akan menyegarkanmu kembali.

Keindahan Curug Ceheng sendiri tak kalah indahnya, lokasi wisata air ini cocok banget dijadikan tempat untuk menghabiskan weekend kamu bersama keluarga.

Jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika berada di Curug Ceheng, ya!

Baca juga:

Leave a Comment