Curug Nangga, Keajaiban Keindahan di Desa Petahunan Banyumas

Saat ini Pemerintah Kabupaten Banyumas tengah berupaya untuk memajukan potensi wisata yang ada di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen.

Desa Petahunan bahkan telah ditetapkan menjadi sebuah desa wisata, dimana memiliki ciri khas sebuah desa yang mengunggulkan potensi alam, budaya, dan wisata buatan.

Terdapat dua destinasi wisata yang akan dikembangkan di Desa Petahunan ini, yakni Curug Nangga dan Bukit Watu Kumpul

Bukit Watu Kumpul sendiri akan dikembangkan sebagai tempat wisata olahraga paralayang. Namun saat ini saya tidak akan membahas mengenai Bukit Watu Kumpul.

Yang akan saya bahas kali ini ialah air terjun tujuh tingkat yang bernama Curug Nangga, dimana keindahan curug ini sudah menyebar luas di media sosial.

Simak lebih jauh ulasan mengenai Curug Nangga ini, check this out!

Jalur Menuju Curug Nangga

Untuk menuju lokasi Curug Nangga saat ini sudah mudah. Pemerintah setempat sudah menggelontorkan dana sebesar 30 juta yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Banyumas untuk pembangunan jalan.

Hal itu terjadi setelah Bupati Banyumas datang mengunjungi objek wisata Curug Nangga ini. Saat ini pengerjaan jalan sudah memasuki tahap akhir.

Petunjuk Jalan Menuju Curug Nangga
Petunjuk Jalan Menuju Curug Nangga. Sumber: www.maszaladventure.com

Jalanan yang dulunya sempit dan tidak rata sekarang mudah dilalui oleh kendaraan. Untuk kamu yang manggunakan kendaraan roda empat, harus sangat hati-hati karena akan banyak menemukan belokan yang curam.

Selain itu jalannya pun hanya bisa dilalui satu kendaraan mobil saja, jadi sebaiknya menggunakan kendaraan bermotor saat hendak berwisata ke Curug Nangga.

Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa. Hamparan sawah yang tertata rapih, barisan pegunungan yang menyejukkan serta rindangnya pepohonan.

Saat ini area parkir Curug Nangga sedang diperbaiki, jadi kamu bisa memarkirkan kendaraanmu dekat dengan warung-warung yang ada di sekitar jalan.

Setelah memarkirkan kendaraan kamu harus menaiki beberapa anak tangga, panorama Curug Nangga sudah dapat kamu saksikan.

Jika ingin melihatnya dari dekat kamu harus menuruni tangga yang masih alami terbuat dari batu dan tanah, namun terdapat pegangan yang dicat warna-warni dikiri dan kanannya.

Tangga Menuju Curug Nangga Lebih Dekat
Tangga Menuju Curug Nangga Lebih Dekat. Sumber: www.kupasonline.com

Pesona Keindahan Curug Nangga

Curug Nangga dibuka untuk umum sejak tahun 2015, untuk lokasi wisata memang terbilang baru. Namun keindahan Curug Nangga sudah terkenal di media sosial. Banyak pengunjung yang mengabadikan keindahan alamnya kemudian mempostingnya di media sosial mereka.

Landscape Curug Nangga
Landscape Curug Nangga. Sumber: id.pinterest.com

Keindahan yang dimiliki Curug Nangga ialah, aliran airnya terdiri dari 7 tingkatan. Sehingga masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan Curug Tujuh.

Aliran airnya mengalir dari setiap tingkatan, menimbulkan suara yang menenangkan. Ketinggian masing-masing tingkatan curugnya bervariasi, yang paling atas memiliki ketinggian yang paling tinggi.

Semakin kebawah semakin berkurang tingginya. Lokasi Curug Nangga ini berada di antara pesawahan dan hutan yang masih rindang. Sejauh mata memandang kamu hanya melihat hamparan keindahan alam.

Keindahan Alam Curug Nangga
Keindahan Alam Curug Nangga. Sumber: www.kompasiana.com

Curug ini diberi nama Curug Nangga dikarenakan bentuknya yang berundak-undak dan menyerupai sebuah tangga, maka disematkanlah nama Curug Nangga. Curug yang berarti air terjun dan Nangga yang diambil dari kata tangga.

Tak sedikit pengunjung yang mengagumi keindahan Curug Nangga ini, mereka begitu takjub dengan hamparan alam yang ada di depan mata.

Banyak Didatangi Para Pengunjung
Banyak Didatangi Para Pengunjung. Sumber: tiandtovirtualhome.blogspot.com

Air yang dialirkan cukup deras, dan jernih. Namun jika hujan datang airnya akan berwarna kecoklatan.

Disekitar kolam penampungan airnya terdapat beberapa bebatuan yang dapat kamu pijaki, untuk berada selangkah lebih dekat dengan aliran curug yang paling bawah.

Merasakan segarnya air Curug Nangga, namun kamu harus berhati-hati karena akan sedikit licin jika basah.

Ragam Wisata Curug Nangga

Di area Curug Nangga kamu tidak bisa melakukan aktivitas berenang atau merasakan deburan airnya jatuh mengenai badan. Menurut pengelola setempat kolamnya cukup dalam sehingga tidak aman jika digunakan untuk berenang.

Menikmati Curug Nangga
Menikmati Curug Nangga. Sumber: jateng.tribunnews.com

Namun kamu bisa menuju dan mendekati setiap tingkatan air terjunnya, dengan menapaki beberapa anak tangga yang berada di samping. Dan merasakan keindahan disetiap tingkatan Curug Nangga.

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan adalah tentu saja mencari spot terbaik, untuk kamu abadikan menjadi sebuah foto atau video. Panorama keindahan alamnya merupakan latar terbaik dan wajib kamu abadikan.

Berfoto Bersama Indahnya Curug Nangga
Berfoto Bersama Indahnya Curug Nangga. Sumber: www.reresepan.com

Lokasi Dan Alamat Curug Nangga

Lokasi dan alamat Curug Nangga berada di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen (Ajibarang), Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Curug Nangga

Rute menuju Curug Nangga ini sangat mudah, akses jalannya mudah dilalui kendaraan bermotor. Untuk kamu yang menggunakan kendaraan roda empat harus tetap fokus dan hati-hati.

Jika kamu bergerak dari alun-alun Banyumas kamu akan menempuh perjalanan sekitar 1 jam lamanya. Setelah berada disepanjang jalan raya, kamu akan memasuki jalan pedesaan.

Atau kamu dapat mengabil rute dari Jalan nasional Tegal-Purwokerto di Desa Cikawung, Kec. Pakuncen. Beberapa saat kemudian kamu akan menemukan pertigaan, yang lokasinya tak jauh dari PO. Bus Sumber Alam.

Jika kamu dari arah Tegal kamu arahkan kendaraanmu ke kanan, untuk kamu yang bergerak dari Purwokerto kamu harus belok kiri.

Lalu terus ikuti jalan tersebut serta petunjuk jalan yang telah tersedia hingga melewati Desa Semedo kemudian berakhir di Desa Petahunan.

Tiket Masuk dan Parkir Curug Nangga

Untuk tiket masuk dan parkir Curug Nangga terbilang sangat murah, jika dibandingkan dengan keindahan yang akan didapatkan. Harganya yakni:

  • Tiket Masuk                : Rp. 5.000,- per orangnya
  • Parkir Motor                : Rp. 2.000,- per unitnya
  • Parkir Mobil                : Rp. 5.000,- per unitnya

Jam Operasional Curug Nangga

Untuk jam operasional Curug Nangga sendiri dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 wib.

Fasilitas Curug Nangga

Curug Nangga saat ini masih dalam proses pengembangan, sehingga belum banyak fasilitas yang tersedia. Fasilitas yang sudah ada diantaranya:

  • Warung-warung makanan
  • Area parkir
  • Toilet umum

Tips Wisata

Berikut beberapa tips wisata yang saya bagikan untuk kamu yang ingin mengunjungi Curug Nangga, yakni:

  • Pastikan cuacanya sedang cerah ya, supaya kamu dapat mengeksplor keindahan Curug Nangga lebih lama.
  • Lebih baik menggunakan kendaraan roda dua, karena jalurnya yang penuh dengan tikungan curam dan jalan yang tidak terlalu lebar.
  • Pastikan kondisi kendaraanmu baik, memiliki rem yang pakem untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Jika membawa serta anak-anak selalu jaga dan awasi mereka.
  • Selalu jaga kebersihan dan keasrian area Curug Nangga.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan setiap keindahan alam yang disuguhkan.

Penutup

Potensi yang tersimpan di Desa Petahunan ini memang sungguh luar biasa, selain hamparan sawah yang berundak-undak seperti di Bali, keindahan hutan yang masih alami, serta pegunungan yang menjulang tinggi.

Jika kamu sedang berada di Banyumas kamu wajib mengunjungi Curug Nangga ini, keindahan alamnya tidak akan mengecewakanmu.

Rasa tenang dan takjub akan kamu dapatkan saat berada di Curug Nangga. Untuk kamu yang akan mengunjungi Curug Nangga, jangan lupa siapkan foto terbaikmu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment