6 Curug Di Garut, Yang Hits Dan Instagramable

|

Curug di Garut sangat layak untuk dijadikan tujuan wisata anda selanjutnya. Karena curug, atau air terjun di garut menyajikan pesona alam yang sangat instagramable, serta kondisi alam yang masih asri.

Curug di Garut, atau Air Terjun di Garut juga memiliki sisi misteri, mitos, dan cerita legenda. Selain itu, beberapa curug bisa dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga. Karena trekking menuju lokasi utama tidak terlalu susah.

Daftar Curug Atau Air Terjun Di Garut

1. Curug Citiis

curug citiis
curug citiis. google maps. sumber:  j ferdinan

Curug Citiis merupakan harta tersembunyi dari Gunung Guntur. Jika dilihat dari kejauhan, Gunung Guntur adalah gunung gersang yang dipenuhi dengan ilalang.

Nah, kenapa banyak orang yang ingin mendaki ke gunung tersebut? Ternyata salah satu daya tariknya adalah keberadaan curug atau air terjun eksotis yang bernama Curug Citiis.

Sejarah penamaan Curug Citiis mengacu kepada kondisi airnya yang sangat dingin. Meskipun begitu, airnya sangat jernih karena langsung bersumber dari mata air yang ada di atasnya.

Curug Citiis memiliki ketinggian sekitar 12 meter. Adapun kolam utamanya cukup luas, tetapi tidak dalam. Di dekat lokasi air terjun menjadi spot camping favorit para pengunjung.

  • Lokasi Curug Citiis terletak di Gunung Guntur.
  • Alamat Curug Citiis berada di Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Curug Citiis sampai saat ini belum ada keputusan resmi.
  • Begitupun dengan jam buka, atau jam operasional Curug Citiis belum ada keputusan resmi.

simak juga: gunung di garut

2. Curug Orok

curug orok
curug orok. google maps. sumber: Gustian Ajiputra

Curug Orok adalah bagian penting dari tempat wisata yang ada di Cikajang Garut. Cikajang adalah salah-satu kecamatan di Garut yang memiliki panorama alam yang sangat indah, dengan cuaca yang sejuk ala Dieng.

Rute atau trekking menuju Curug Orok sangat unik. Biasanya untuk bisa sampai ke lokasi utama sebuah air terjun, maka harus melakukan aktivitas pendakian, atau menanjak.

Nah, berbeda dengan Curug Orok. Karena untuk bisa sampai ke lokasi utamanya dari area parkir akan terus menurun. View yang ditawarkan juga sangat mempesona berupa hamparan perkebunan teh.

Curug Orok memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Dan perlu diketahui bahwa di lokasi utamanya terdapat 3 aliran air terjun.

  • Lokasi Curug Orok berada di alamat Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Curug Orok Rp. 15.000.
  • Curug Orok buka dari jam 08.00 – 20.00.
  • Curug Orok beroperasional setiap hari.

3. Curug Arjuna

curug arjuna
curug arjuna. google maps. sumber: Angga Aditia

Curug Arjuna atau disebut juga dengan nama Curug Ciarjuna adalah curug cantik yang terletak di Kecamatan Pamulihan Garut.

Sejarah penamaan Curug Arjuna merujuk kepada keindahan curug tersebut. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Arjuna adalah tokoh pewayangan yang mengandung arti ketampanan, dan keindahan.

Curug Arjuna memiliki ketinggian sekitar 80 meter, dengan kolam utama yang cukup luas. Adapun panorama yang ada di sekitarnya masih sangat asri, cocok banget bagi anda yang hobi selfie.

  • Lokasi Curug Arjuna berada di Desa Panawa, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Curug Arjuna Rp. 12.000.

simak juga: wisata alam di garut

4. Curug Sanghyang Taraje

ngopi di curug sanghyang taraje

Curug Sanghyang Taraje menyajikan pesona alam yang dramatis dan instagramable. Hal tersebut dikarenakan debit air yang turun sangat deras, berpadu dengan view alam di sekitarnya yang sanagt cantik.

Karena debit airnya yang sangat besar, maka kolam utamanya sangat terlarang untuk melakukan aktivitas wisata. Curug Sanghyang Taraje memiliki ketinggian 82 meter, serta memiliki dua air terjun dalam 1 lokasi.

Mitos yang berkembang di masyarakat tentang Curug Sanghyang Taraje terkait erat dengan legenda Sangkuriang, serta harta karun tersembunyi Sangkuriang.

  • Lokasi Curug Sanghyang Taraje berada di Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Curug Sanghyang Taraje Rp. 6.000.

5. Curug Nyogong

curug nyogong
curug nyogong. google maps. sumber: Eneng Nolis

Curug Nyogong adalah salah-satu curug di garut selatan yang layak untuk dikunjungi. Meskipun belum tertata secara baik dari sisi fasilitas, namun view yang disajikan sangat instagramable.

Meskipun ketinggian Curug Nyogong hanya 12 meter, namun debit air yang turun sangat besar. Terlalu berbahaya jika bermain air di kolam utama.

Tetapi, para pengujung tidak perlu kecewa. Karena di kawasan tersebut terdapat lokasi yang layak untuk dijadikan tempat bermain air, yang dikelilingi oleh panorama yang indah, dan masih asri.

  • Lokasi Curug Nyogong berada di Kp. Sawahpasir, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Curug Nyogong Rp. 3.000.

simak juga: pengkolan

6. Curug Cisarua

camping di sekitar curug
camping di sekitar curug. sumber: fahira

Curug Cisarua mulai diresmikan sebagai tempat wisata pada tahun 2016, berada di bawah kaki Gunung Cikuray, lokasinya cukup tersembunyi.

Untuk menuju Curug Cisarua kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu, karena posisinya berada di ketinggian sekitar 1.400 mdpl. Selain Curug Cisarua kamu juga dapat mengunjungi Curug Aden dan Curug Cihanyawar yang lokasinya cukup berdekatan.

  • Lokasi Curug Cisarua berada di alamat Kampung Kopi Patrol, Desa Sukamurni, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
  • Tiket masuk: Rp. 6.000.