Wisata Alam Di Garut, Dari Laut, Gunung, Hingga Hutan Yang Hits

|

Wisata alam di Garut mendominasi tema objek wisata yang tersaji di Kota Dodol tersebut. Dari mulai gunung, air terjun atau curug, laut, kebun teh, hingga hutan yang memiliki cerita mistis dan legenda.

Wisata alam di Garut selalu menjadi primadona bagi wisata keluarga. Apalagi saat liburan tiba, sudah bisa dipastikan penuh oleh para pengunjung. Baik dari dalam kota, maupun luar kota.

Dan inilah daftar wisata alam di Garut yang sudah kami siapkan untuk anda. Review wisata alam di Garut juga meliputi tempat wisata yang sedang hits saat ini, seperti di Cilawu, dan Kamojang.

Wisata Alam Gunung

1. Gunung Cikuray

gunung cikuray

Gunung Cikuray adalah gunung tertinggi di Garut, serta menjadi no.4 yang tertinggi di Jawa Barat. Gunung Cikuray memiliki ketinggian 2.821 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Para pendaki diharuskan memiliki SIMAKSI, atau Surat Ijin Mendaki. Surat tersebut disediakan oleh pihak pengelola pendakian Gunung Cikuray. Calon pendaki tinggal mengisi formulir yang sudah disediakan.

Jalur pendakian ke Gunung Cikuray cukup banyak, tetapi yang populer adalah pendakian via Pamancar. Ada juga pendakian via Kecamatan Cigedug dan via Kecamatan Cikajang.

Secara administratif lokasi Gunung Cikuray berada di Desa Dangiang, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

simak juga: gunung di garut

2. Gunung Papandayan

pemandangan gunung papandayan

Gunung Papandayan menjadi salah-satu gunung yang sangat populer, dan legendaris di Kabupaten Garut. Bahkan Gunung Papandayan pernah dijadikan lokasi syuting film Gie.

Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2.665 mdpl. Saat hari menjelang sore, udara di gunung tersebut akan menjadi super dingin. Daya tarik dari Gunung Papandayan adalah sebagai berikut:

  • Pondok Saladah
  • Eksplore Kawah
  • Hutan Mati

Saat ini, di kawasan Gunung Papandayan atau TWA Gunung Papandayan terdapat beberapa objek wisata yang bernama Taman Wisata Alam Papandayan, dan Papandayan Camping Ground.

  • Lokasi Gunung Papandayan berada di Desa Karamat Wangi, dan Desa Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Tiket masuk TWA Papandayan Rp. 20.000
  • Tiket Camping di TWA Papandayan Rp. 35.000

simak juga: tempat berendam di garut

3. Gunung Guntur

gunung guntur

Gunung Guntur adalah gunung yang paling dekat dengan pusat kota Garut. Gunung Guntur memilki ketinggian sekitar 2.249 mdpl.

Beberapa bulan yang lalu Gunung Guntur sempat viral dikarenakan hilangnya salah-satu pendaki selama beberapa hari. Ya, begitulah alam, khususnya gunung, selalu saja tersiar cerita misteri di dalamnya yang sulit dicerna oleh nalar.

Surga yang tersembunyi di Gunung Guntur adalah keberadaan Curug Citiis. Airnya bersih karena langsung bersumber dari mata air, dan sangat dingin.

Gunung Guntur juga menjadi salah-satu tempat terbaik untuk menikmati city light, dan menikmati pesona keindahan Garut dari ketinggian. Dan Lokasi Gunung Guntur saling berhadap-hadapan dengan Gunung Cikuray.

Lokasi Gunung Guntur berada di Kelurahan Pananjung, dan Desa Pasawahan, Kecamatan tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

4. Gunung Sadahurip

gunung sadahurip

Gunung Sadahurip sempat menghebohkan masyarakat di tahun 2012. Karena diduga sebagai sebuah piramida yang terpendam. Yups, Gunung Sadahurip memang bentuknya seperti piramida.

Pada kenyataanya, Gunung Sadahurip bukanlah sebuah piramida. Hanya bentuknya saja yang mirip piramida. Gunung Sadahurip memiliki ketinggian sekita 1.300 mdpl, serta sering disebut sebagai Diengnya Garut.

Lokasi Gunung Sadahurip berada di Desa Sindanggalih, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

simak juga: tempat camping di garut

5. Gunung Haruman

gunung haruman

Gunung Haruman adalah salah-satu gunung yang dikeramatkan di Garut. Hal tersebut dikarenakan di Gunung Haruman terdapat 4 makam ulama yang sangat dihormati.

Makam yang paling terkenal di Gunung Haruman adalah makam Syekh Jafar Sidik, 3 makam lainnya adalah keluarga dari Syekh Jafar Sidik.

Gunung Haruman memiliki ketinggian sekitar 1.217 mdpl. Di waktu-waktu tertentu, gunung tersebut dipadati oleh para peziarah, bahkan dari luar Kabupaten Garut.

Lokasi Gunung Haruman secara admnistratif masuk ke dalam 2 kecamatan. Yaitu Kecamatan Kadungora, dan Kecamatan Cibiuk.

6. Gunung Wayang

gunung wayang

Gunung yang sangat populer di Garut selatan adalah Gunung Wayang. Gunung ini sangat unik, berbeda dengan gunung lain pada umumnya, karena terbentuk dari bebatuan.

Selain aktivitas pendakian, Gunung Wayang juga terkenal dengan aktivitas panjat tebing. Lokasinya juga sangat strategis, terletak di samping Jalan Raya Garut – Bungbulang.

Gunung Wayang memiliki ketinggian sekitar 2.182 mdpl. Gunung tersebut berada di tengah-tengah sawah, serta dekat dengan area perkebunan.

Lokasi Gunung Wayang berada di alamat Desa Pakenjeng, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

simak juga: tempat prewedding di garut

7. Gunung Putri

gunung putri

Gunung di Garut yang memiliki nilai sejarah, dan sering juga dijadikan wisata religi bernama Gunung Putri. Karena di Gunung tersebut terdapat makam, atau petilasan Putri Intan Dewata.

Bahkan saat ini di puncak Gunung Putri sudah ada tempat wisata yang baru, yang menawarkan spot foto yang instagramable, yang bernama Puncak Intan Dewata.

Lokasi Gunung Putri atau objek wisata Puncak Intan Dewata berada di Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kaler. Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

8. Gunung Talaga Bodas

talaga bodas

Gunung di Garut yang berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya bernama Gunung Talaga Bodas. Pesona yang ditawarkan oleh gunung tersebut adalah kawah, dan danau.

Bahkan Gunung Talaga Bodas menjadi salah-satu tempat camping yang populer bagi masyarakat Garut, dan Tasik. Selain itu, Gunung Talaga Bodas berbatasan juga dengan Gunung Galunggung.

Gunung Talaga Bodas memiliki ketinggian 2.201 mdpl. Danau atau sumber air panas di kawasan Gunung Talaga Bodas bisa menjadi latar foto yang instagramable.

Lokasi Gunung Talaga Bodas secara administratif masuk ke Desa Sukamenak, Desa Sukahurip, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Wisata Alam Hutan Dan Sungai

1. Lamping Cirorek

lamping cirorek

Lamping Cirorek terletak di kawasan hutan milik Perum Perhutani yang menawarkan paorama alam pegunungan, hutan, serta perkebunan, yang berpadu dengan udara khas ala Cilawu yang dingin.

Lamping Cirorek menjadi tempat yang pas bagi anda yang hobi dengan dunia fotografi, dan camping. Meskipun menyajikan nuansa camping di dalam hutan, namun para pengunjung masih bisa menikmati fasilitas listrik, dan wifi.

  • Lokasi Lamping Cirorek berada di alamat Desa Karyamekar, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Jam buka Lamping Cirorek dari mulai pukul 09.00 – 21.00.
  • Lamping Cirorek beroperasional setiap hari.

simak juga: tempat staycation di garut

2. Kolong Langit Coffee Camp

lokasi kolong langit coffee camp

Objek wisata Kolong Langit recommended bagi anda yang ingin healing sambil camping, atau glamping. Di lokasi tersebut juga terdapat cafe yang nyaman untuk dijadikan tempat nongkrong, sambil hunting foto.

Masih satu kawasan dengan Lamping Cirorek, pesona alam yang ditawarkan meliputi area hutan pinus, pegunungan, yang berpadu dengan dinginnya udara Cilawu Garut.

  • Lokasi Kolong Langit Coffee Camp berada di alamat Kp. Cikadu / Cirorek, Desa Cilawu, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Kolong Langit Coffe Camp buka selama 24 jam, dan beroperasional setiap hari.
  • Harga tiket masuk Kolong Langit Coffee Camp Rp. 15.000.

3. Sancang

Hutan Sancang, atau Leuweung Sancang adalah hutan yang memiliki status sebagai Cagar Alam, dan memiliki luas sekitar 2.157 ha. Hutan tersebut sekaligus sebagai rumah besar bagi kelestarian beberapa flora dan fauna.

Sancang adalah wisata alam Garut yang sangat legendaris. Hal tersebut dikarenakan hutan tersebut memiliki cerita mistis, misteri, dan legenda tentang Prabu Siliwangi.

Dahulu, Leuweung Sancang Garut masih terkenal angker. Tetapi seiring perkembangan jaman, hutan tersebut cukup ramah dan bisa dijadikan wisata alam. Apalagi lokasinya dekat dengan pantai.

Lokasi Sancang atau Hutan Sancang berada di kecamatan paling ujung dari Kabupaten Garut, atau populer disebut dengan Garut Selatan, tepatnya di Kecamatan Cibalong.

simak juga: kolam renang di garut

Wisata Alam Laut

1. Pantai Sayang Heulang

wajah baru pantai sayang heulang garut

Wisata alam di Garut yang bertemakan laut kita mulai dari Pantai Sayang Heulang. Di akhir tahun 2021, Pantai Sayang Heulang memiliki wajah baru yang semakin instagramable.

  • Lokasi Pantai Sayang Heulang berada di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Pantai Sayang Heulang beroperasional setiap hari, dan buka selama 24 jam.
  • Harga tiket masuk Pantai Sayang Heulang Garut Rp. 7.500.

2. Pantai Santolo

pantai santolo

Pantai Santolo lokasinya berdekatan dengan Patai Sayang Heulang. Hanya saja penampilannya belum ditata seperti Pantai Sayang Heulang.

Meskipun begitu, pesona keindahan Pantai Santolo tidak usah diragukan. Pantai Santolo juga terkenal sebagai sentra pasar ikan laut.

  • Lokasi Pantai Santolo berada di Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Pantai Santolo beroperasional setiap hari, dan buka selama 24 jam.
  • Harga tiket masuk Pantai Santolo Rp. 7.500.

simak juga: pantai di garut

3. Pantai Rancabuaya

pantai rancabuaya - nelayan

Garut Selatan memang kaya akan potensi wisata alam pantainya. Salah-satu wisata alam pantai yang recommended untuk dikunjungi adalah Pantai Rancabuaya.

  • Lokasi Pantai Rancabuaya berada di Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Pantai Rancabuaya beroperasional setiap hari, dan buka selama 24 jam.
  • Harga tiket masuk Pantai Rancabuaya Rp. 5.000 per orang.

Wisata Alam Curug

1. Curug Citiis

Curug Citiis merupakan harta tersembunyi dari Gunung Guntur. Jika dilihat dari kejauhan, Gunung Guntur adalah gunung gersang yang dipenuhi dengan ilalang.

Nah, kenapa banyak orang yang ingin mendaki ke gunung tersebut? Ternyata salah satu daya tariknya adalah keberadaan curug atau air terjun eksotis yang bernama Curug Citiis.

Sejarah penamaan Curug Citiis mengacu kepada kondisi airnya yang sangat dingin. Meskipun begitu, airnya sangat jernih karena langsung bersumber dari mata air yang ada di atasnya.

Curug Citiis memiliki ketinggian sekitar 12 meter. Adapun kolam utamanya cukup luas, tetapi tidak dalam. Di dekat lokasi air terjun menjadi spot camping favorit para pengunjung.

  • Lokasi Curug Citiis terletak di Gunung Guntur.
  • Alamat Curug Citiis berada di Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Curug Citiis sampai saat ini belum ada keputusan resmi.
  • Begitupun dengan jam buka, atau jam operasional Curug Citiis belum ada keputusan resmi.

simak juga: kawah di garut

2. Curug Orok

Keindahan Curug Orok
Keindahan Curug Orok. google maps. sumber: pagguci.com

Curug Orok adalah bagian penting dari tempat wisata yang ada di Cikajang Garut. Cikajang adalah salah-satu kecamatan di Garut yang memiliki panorama alam yang sangat indah, dengan cuaca yang sejuk ala Dieng.

Rute atau trekking menuju Curug Orok sangat unik. Biasanya untuk bisa sampai ke lokasi utama sebuah air terjun, maka harus melakukan aktivitas pendakian, atau menanjak.

Nah, berbeda dengan Curug Orok. Karena untuk bisa sampai ke lokasi utamanya dari area parkir akan terus menurun. View yang ditawarkan juga sangat mempesona berupa hamparan perkebunan teh.

Curug Orok memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Dan perlu diketahui bahwa di lokasi utamanya terdapat 3 aliran air terjun.

  • Lokasi Curug Orok berada di alamat Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Curug Orok Rp. 15.000.
  • Curug Orok buka dari jam 08.00 – 20.00.
  • Curug Orok beroperasional setiap hari.

3. Curug Arjuna

Curug Arjuna atau disebut juga dengan nama Curug Ciarjuna adalah curug cantik yang terletak di Kecamatan Pamulihan Garut.

Sejarah penamaan Curug Arjuna merujuk kepada keindahan curug tersebut. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Arjuna adalah tokoh pewayangan yang mengandung arti ketampanan, dan keindahan.

Curug Arjuna memiliki ketinggian sekitar 80 meter, dengan kolam utama yang cukup luas. Adapun panorama yang ada di sekitarnya masih sangat asri, cocok banget bagi anda yang hobi selfie.

  • Lokasi Curug Arjuna berada di Desa Panawa, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Curug Arjuna Rp. 12.000.

4. Curug Sanghyang Taraje

curug sanghyang taraje dilihat dari jalan masuk

Curug Sanghyang Taraje menyajikan pesona alam yang dramatis dan instagramable. Hal tersebut dikarenakan debit air yang turun sangat deras, berpadu dengan view alam di sekitarnya yang sangat cantik.

Karena debit airnya yang sangat besar, maka kolam utamanya sangat terlarang untuk melakukan aktivitas wisata. Curug Sanghyang Taraje memiliki ketinggian 82 meter, serta memiliki dua air terjun dalam 1 lokasi.

Mitos yang berkembang di masyarakat tentang Curug Sanghyang Taraje terkait erat dengan legenda Sangkuriang, serta harta karun tersembunyi Sangkuriang.

  • Lokasi Curug Sanghyang Taraje berada di Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Curug Sanghyang Taraje Rp. 6.000.

simak juga: wisata danau di garut

5. Curug Nyogong

Curug Nyogong adalah salah-satu curug di garut selatan yang layak untuk dikunjungi. Meskipun belum tertata secara baik dari sisi fasilitas, namun view yang disajikan sangat instagramable.

Meskipun ketinggian Curug Nyogong hanya 12 meter, namun debit air yang turun sangat besar. Terlalu berbahaya jika bermain air di kolam utama.

Tetapi, pengunjung tidak perlu kecewa, karena di kawasan tersebut terdapat lokasi yang layak untuk dijadikan tempat bermain air, yang dikelilingi oleh panorama yang indah, dan masih asri.

  • Lokasi Curug Nyogong berada di Kp. Sawahpasir, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Curug Nyogong Rp. 3.000.

Wisata Alam Sungai

1. Desa Wisata Sindangkasih

seru seruan bersama

Wisata Alam di Garut selanjutnya terletak di perbatasan Kabupaten Garut, dengan Kabupaten Tasikmalaya, yang bernama Desa Wisata Sindangkasih.

Selain terkenal dengan spot river tubing, ternyata Desa Wisata Sindangkasih juga memiliki area camping yang menawarkan view sungai, pegunungan, dan area pesawahan.

Selain camping, para pengunjung juga bisa memilih paket menginap lengkap dengan sajian seni budaya, dan paket kuliner khas masakan sunda.

  • Lokasi Desa Wisata Sindangkasih berada di Jl. Raya Garut – Tasik, Desa Sindangkasih, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Desa Wisata Sindangkasih buka dari pukul 08.00 – 17.00, dan beroperasional setiap hari.
  • Harga tiket masuk Desa Wisata Sindangkasih Rp. 5.000 per orang.

simak juga: tempat bukber di garut

2. Leuwi Tonjong

Wisata alam yang sangat populer di garut selatan karena pesona alamnya yang instagramable bernama Leuwi Tonjong. Gradasi warna airnya cocok menjadi latar foto selfie anda.

  • Lokasi Leuwi Tonjong berada di Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Leuwi Tonjong Rp. 10.000 weekday, dan Rp. 15.000 weekend.