10 Tempat Camping Di Garut, dari Mulai Hutan, Gunung, Hingga Pantai

|

Tempat camping di Garut sangat banyak sekali. Hampir setiap objek wisata yang ada di Garut menyediakan fasilitas camping untuk para pengunjungnya.

Hampir bisa dipastikan, di luar tempat wisata kolam renang air panas, maka para pengunjung bisa melakukan aktivitas camping sepuasnya.

Wisata air panas di Garut  menyediakan fasilitas penginapan, hotel, dan resort. Tentu saja sangat berbeda jauh dengan konsep camping yang lebih terkenal dengan gaya survival.

Review tempat camping di Garut meliputi juga tempat wisata yang menyediakan fasilitas glamping. Dan inilah informasi lengkapnya:

1. Lamping Cirorek

lamping cirorek
lamping cirorek. google maps. sumber: Surya Diningrat

Lamping Cirorek terletak di kawasan hutan milik Perum Perhutani yang menawarkan paorama alam pegunungan, hutan, serta perkebunan, yang berpadu dengan udara khas ala Cilawu yang dingin.

Meskipun menyajikan nuansa camping di dalam hutan, namun para pengunjung masih bisa menikmati fasilitas listrik, dan wifi.

  • Lokasi Lamping Cirorek berada di alamat Desa Karyamekar, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Jam buka Lamping Cirorek dari mulai pukul 09.00 – 21.00.
  • Lamping Cirorek beroperasional setiap hari.

2. Kolong Langit Coffee Camp

camping di kolong langit coffee camp cilawu garut

Objek wisata Kolong Langit juga menyediakan tempat untuk camping, dan beberapa spot glamping. Masih satu kawasan dengan Lamping Cirorek, pesona alam yang ditawarkan meliputi area hutan pinus, pegunungan, yang berpadu dengan dinginnya udara Cilawu Garut.

  • Lokasi Kolong Langit Coffee Camp berada di alamat Kp. Cikadu / Cirorek, Desa Cilawu, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Kolong Langit Coffe Camp buka selama 24 jam, dan beroperasional setiap hari.
  • Harga tiket masuk Kolong Langit Coffee Camp Rp. 15.000.

3. Desa Wisata Sindangkasih

camping area
camping area

Tempat camping di Garut selanjutnya terletak di perbatasan Kabupaten Garut, dengan Kabupaten Tasikmalaya, yang bernama Desa Wisata Sindangkasih.

Selain terkenal dengan spot river tubing, ternyata Desa Wisata Sindangkasih juga memiliki area camping yang menawarkan view sungai, pegunungan, dan area pesawahan.

Selain camping, para pengunjung juga bisa memilih paket menginap lengkap dengan sajian seni budaya, dan paket kuliner khas masakan sunda.

  • Lokasi Desa Wisata Sindangkasih berada di Jl. Raya Garut – Tasik, Desa Sindangkasih, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Desa Wisata Sindangkasih buka dari pukul 08.00 – 17.00, dan beroperasional setiap hari.
  • Harga tiket masuk Desa Wisata Sindangkasih Rp. 5.000 per orang.

4. Gunung Guntur

camping di gunung guntur
camping di gunung guntur. google maps. sumber: Jason Riady K

Tempat camping di Garut selanjutnya berada di Gunung Guntur. Gunung yang pernah viral dengan kejadian sosok Gibran yang sempat hilang beberapa hari.

Tempat camping di Gunung Guntur khususnya berada di dekat lokasi Curug Citiis. Selain city lightnya yang keren banget, Gunung Guntur menjadi salah – satu tempat terbaik menikmati keindahan Garut dari ketinggian.

  • Lokasi Gunung Guntur berada di Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Belum ada keputusan resmi terkait harga tiket masuk pendakian, dan camping ke Gunung Guntur Garut.
  • Begitupun dengan jam operasional, sampai saat ini belum ada keputusan resmi.

5. Gunung Putri Garut

gunung putri
gunung putri. google maps. sumber: E S R

Tempat camping yang populer di Garut selanjutnya adalah Gunung Putri. Bukan sekedar tentang pesona keindahan alam saja yang ditawarkan, tetapi di Gunung Putri juga terdapat Makam Petilasan Putri Intan Dewata,

Bahkan saat ini di puncak Gunung Putri sudah ada tempat wisata yang baru, yang menawarkan spot foto yang instagramable, yang bernama Puncak Intan Dewata.

  • Lokasi Gunung Putri atau objek wisata Puncak Intan Dewata berada di Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa barat.
  • Puncak Intan Dewata beroperasional setiap hari.

6. Papandayan Camping Ground

pcg
pcg. google maps. sumber: Iwan Setiawan

Gunung Papandayan menjadi sala-satu tempat camping di Garut yang recommended untuk dikunjungi. Daya tarik utamanya terletak pada view kawahnya.

Saat ini, di Gunung Papandayan terdapat sebuah tempat wisata yang sangat populer yang bernama Papandayan Camping Ground (PCG).

Tak begitu jauh dari PCG ada Taman Wisata Alam (TWA) Papandayan, yang dapat dimanfaatkan untuk camping tepatnya di kawasan Taman Edelweisnya.

  • Lokasi Gunung Papandayan, atau Papandayan Camping Ground berada di Desa Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

7. Gunung Cikuray

gunung cikuray
gunung cikuray. google maps. sumber: kemas fakhri

Tak lengkap rasanya jika pengalaman camping di Garut jika belum menginjakan kaki di Guung tertinggi di Garut, sekaligus menjadi salah-satu gunung tertingi di Jawa Barat, yaitu Gunung Cikuray.

Bagi kalian yang ingin camping di Gunung Cikuray harus dalam kondisi prima, serta memastikan semua perlengkapan, dan kebutuhan saat camping tidak ada yang ketinggalan.

Jalur pendakian menuju Gunung Cikuray tidak hanya satu, karena meliputi beberapa kecamatan. Hanya saja yang populer di kalangan para pendaki yaitu melalui Kecamatan Cigedug.

Untuk jam operasional, dan harga tket masuk sampai saat ini masih belum ada keputusan resmi.

8. Pantai Sayang Heulang

fasilitas baru pantai sayang heulang

Tempat camping di Garut yang menyajikan view pantai lengkap dengan spot foto yang instagramable terletak di Pantai Sayang Heulang Garut.

Meskipun sudah dilengkapi dengan fasilitas penginapan, namun para pengunjung bisa memilih opsi untuk melakukan camping.

  • Lokasi Pantai Sayang Heulang berada di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Pantai Sayang Heulang beroperasional setiap hari, dan buka selama 24 jam.
  • Harga tiket masuk Pantai Sayang Heulang Garut Rp. 7.500.

9. Pantai Santolo

pantai santolo

Tidak jauh dari Panta Sayang Heulang, terdapat satu pantai lagi yang bisa menjadi alternatif camping anda dengan view pantai selatan dengan ombak besarnya yang khas.

Begitupun dengan Pantai Santolo Garut sebetulnya sudah menyediakan fasilitas penginapan. Namun para pengunjung bisa memilih opsi untuk melakukan aktivitas camping.

  • Lokasi Pantai Santolo berada di Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Pantai Santolo beroperasional setiap hari, dan buka selama 24 jam.
  • Harga tiket masuk Pantai Santolo Rp. 7.500.

10. Pantai Rancabuaya

pantai rancabuaya
pantai rancabuaya. google maps. sumber: Alfi Lava

Pantai yang recommended untuk dijadikan tempat camping di Garut selanjutnya berada di Pantai Rancabuaya. Lokasi berbatasan dengan pantai yang masuk ke Kabupaten Cianjur.

  • Lokasi Pantai Rancabuaya berada di Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
  • Pantai Rancabuaya beroperasional setiap hari, dan buka selama 24 jam.
  • Harga tiket masukPantai Rancabuaya Rp. 5.000 per orang.

Penutup

Itulah beberapa tempat camping yang sangat populer di Kabupaten Garut. Pada prinsipnya semua tempat wisata alam yang ada di Garut sebetulnya bisa dijadikan lokasi camping.

Ada baiknya ditemani oleh orang yang berpengalaman, khususnya bagi anda yang belum pernah menginjakan kaki ke salah-satu tempat camping yang tadi disebutkan, terutama Gunung Guntur, dan Gunung Cikuray,

Pastikan juga anda memperhitungkan faktor cuaca, dan selalu mengutamakan aspek keselamatan dalam berwisata. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kelestarian alam.

Sebetulnya, terdapat 2 tempat lagi yang bisa dijadikan lokasi camping. Yaitu di:

Meskipun akses masuknya lebih dekat dari Kabupaten Garut, tetapi secara administratif masuk ke tempat wisata Tasikmalaya. Next, ke dua tempat tersebut akan direview di artikel yang berjudul tempat camping di Tasikmalaya.