Desa Wisata Sindangkasih, Surga River Tubing Di Garut

|

Desa Wisata Sindangkasih bukan hanya sebatas tempat wisata biasa saja, namun sekaligus cerminan kreativitas, kemandirian, serta kejelian masyarakat memahami potensi alam yang dimilikinya, untuk dijadikan sebagai kampung wisata di Garut.

Lokasi Desa Wisata Sindangkasih terletak di Kecamatan Cilawu, tepatnya di perbatasan antara Kabupaten Garut, dengan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

seru seruan bersama
seru seruan bersama

Perlu diketahui bahwa perjalanan menuju Desa Wisata Sindangkasih layaknya sekali mendayung, dua pulau terlampaui. Dengan kata lain, jika pemberangkatan anda bermula dari Alun – Alun Kabupaten Garut, maka akan melewati beberapa tempat wisata alam yang terkenal di Garut, tepatnya wisata Cilawu Garut, seperti:

  • Ngamplang
  • Mydarling
  • Curug Cihanyawar
  • Curug Candung

Selain itu, Kecamatan Cilawu terkenal sebagai sebuah kawasan pertanian, dan perkebunan, yang memiliki ciri khas udara yang sejuk, udara yang agak dingin, serta memiliki panorama alam yang indah.

Dan inilah info lengkap Desa Wisata Sindangkasih Garut yang sudah kami sipakan untuk anda, sebagai refensi awal menentukan tempat wisata di Garut saat liburan, dan akhir pekan.

Lokasi Dan Alamat Desa Wisata Sindangkasih

Lokasi Desa Wisata Sindangkasih terletak di perbatasan Garut – Tasikmalaya. Adapun alamat Desa Wisata Sindangkasih berada di Jl. Raya Garut-Tasik, Desa Sindangkasih, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

trekking menuju lokasi river tubing
trekking menuju lokasi river tubing

Rute Menuju Desa Wisata Sindangkasih Garut

Akses jalan menuju Wisata Sindangkasih bisa diakses oleh kendaraan pribadi, kendaraan umum (Angkot), ataupun motor. Jalan menuju Desa Wisata Sindangkasih juga sudah sangat bagus, dan letak objek wisatanya juga berada di samping jalan utama.

Jarak Desa Wisata Sindangkasih dari pusat Kabupaten Garut berjarak sekitar 15 kilometer saja, dengan rata-rata waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Jika anda memilih menggunakan angkutan umum, lebih baik naik di lampu merah Sukadana saja. Tarif angkutan umum menuju Desa Wisata Sindangkasih Cilawu, Garut sekitar Rp. 5.000 – Rp. 7.000 per orang.

persiapan river tubing
persiapan river tubing

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Sindangkasih

  • Tiket masuk Desa Wisata Sindangkasih Rp. 5.000 Dewasa
  • Tiket masuk Desa Wisata Sindangkasih Rp. 3.000 anak-anak
  • Tiket river tubing Rp. 35.000 Dewasa 2 putaran.
  • Tiket river tubing Rp. 20.000 untuk anak-anak 1 putaran.
  • Tiket kolam renang Rp. 5.000 per orang.
  • Spot Selfie Rp. 5.000.

Jam Buka Desa Wisata Sindangkasih

  • Desa Wisata Sindangkasih buka dari pukul 08.00 – 17.00.
  • Desa Wisata Sindangkasih buka setiap hari.
gazebo atau saung sederhana
gazebo atau saung sederhana

Fasilitas Di Desa Wisata Sindangkasih

Fasilitas di Desa Wisata Sindangkasih sudah sangat memadai untuk menunjang kenyamanan wisata para pengunjung, diantaranya:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Kantin
  • Gazebo
  • Tim keselamatan
  • Wahana permainan anak
  • Spot foto

Penginapan Di Desa Wisata Sindangkasih

Bagi anda yang ingin merasakan sensasi menginap di kawasan wisata Sindangkasih, dengan suasana alam khas Kabupaten Garut, serta keramahan masyarakat sekitar, maka di kawasan Desa Wisata Sindangkasih terdapat penginapan, atau homestay.

river tubing dengan view alam yang indah
river tubing dengan view alam yang indah

Bahkan terdapat paket wisata 1 hari, atau lebih yang ditawarkan oleh pihak pengelola. Paket wisata tersebut biasanya lengkap dengan paket makan, hiburan, dan akses gratis masuk ke wahana permainan di Desa Wisata Sindangkasih.

Harga yang ditawarkan untuk paket wisata 1 hari di Desa Wisata Sindangkasih dari mulai harga Rp. 350.000 per hari / per orang. Namun jika hanya menginap saja, harga penginapan di Desa Wisata Sindangkasih sekitar Rp. 50.000 – Rp. 75.000 per malam.

Daya Tarik Desa Wisata Sindangkasih

Perlu diketahui sebelumnya bahwa kunjungan terbaik ke sebuah tempat wisata yang bertemakan alam terbuka, sangat disarankan saat cuaca cerah.

Hal tersebut untuk mendukung kenyamanan wisata, serta menjajal semua wahana, maupun spot yang ada di lokasi tersebut.

Begitupun kunjungan wisata ke Desa Wisata Sindangkasih, sangat disarankan saat cuaca sedang cerah. Dan inilah beberapa daya tarik dari Desa Wisata Sindangkasih Garut:

1. Kolam Renang

wahana kolam renang anak
wahana kolam renang anak

Daya tarik yang pertama dari Desa Wisata Sindangkasih adalah kolam renang yang terletak di ketinggian, atau bukit kecil, yang dikelilingi oleh panorama alam pegunungan.

Namun, kolam tersebut hanya cocok bagi anak kecil saja. Karena kolam renang Desa Wisata Sindangkasih memiliki kedalaman sekitar setengah meter.

Di lokasi tersebut, terdapat penyewaan ban pelampung, dan penjualan celana pendek, dengan harga yang sangat terjangkau. Tapi perlu diketahui juga bahwa air kolamnya bukanlah air panas, tetapi air dingin khas pegunungan.

2. Spot Selfie Instagramable

Tepat di depan kolam renang Desa Wisata Sindangkasih, terdapat beberapa spot selfie yang instagramable, dengan latar alam pegunungan.

Spot selfienya juga beragam, bahkan di lokasi tersebut juga terdapat juru foto khusus bagi kalian yang ingin mengabadikan momen keindahan di Desa Wisata Sindangkasih Garut.

3. River Tubing

river tubing anak
river tubing anak

Kabupaten Garut merupakan kabupaten yang terkenal dengan panorama alam pegunungan, serta sungainya. Namun penataan kawasan sungai menjadi sebuah objek wisata hanya baru di beberapa tempat saja, termasuk di Desa Wisata Sindangkasih.

Desa Wisata Sindangkasih merupakan kampung wisata di Garut yang menawarkan keseruan berpetualang menyusuri sungai, yang diapit oleh pemandangan perbukitan, dan sawah.

Aktivitas tersebut lebih dikenal dengan river tubing. Para pengunjung tidak perlu khawatir, meskipun kehati-hatian harus selalu diutamakan. Karena di lokasi tersebut sudah terdapat tim pemandu yang akan mendampingi aktivitas river tubing.

Peralatan keamanan seperti helm, dan rompi telah disediakan oleh pihak pengelola. Dan sebelum melakukan river tubing, para pengunjung akan dipandu untuk melakukan sedikit pemanasan.

didampingi pemandu
didampingi pemandu

Sebagai catatan, kondisi air sungai di Desa Wisata Sindangkasih sebetulnya jernih. Hanya saja jika ada pembangunan di hulu sungai, akan mempengaruhi kondisi airnya.

Kebetulan saat tim nativeindonesia berkunjung, kondisi airnya sedikit keruh. Namun tidak mengurangi keseruan wisata yang disajikan.

4. Camping

Desa Wisata Sindangkasih adalah objek wisata alam terbuka, yang berada di sebuah bukit. Di lokasi paling atas adalah kolam renang, maka di tingkatan paling bawah adalah spot river tubing.

Nah, setelah para pengunjung melewati spot kolam renang, sebelum sampai ke area river tubing, maka akan melewati area yang sering dijadikan tempat camping.

Bahkan tidak jarang pengunjung yang melaksanakan hari ulang tahunnya di lokasi tersebut. Soal makan juga tidak usah khawatir, karena terdapat banyak rumah makan yang menjual kuliner khas Garutan.

camping area
camping area

Penutup

Demikian review tentang Desa Wisata Sindangkasih, sebagai salah-satu kampung wisata yang ada di Garut yang recommended untuk dikunjungi.

Sebagaimana diketahui bahwa program Desa Wisata memang sedang gencar dipromosikan oleh Kemenparekraf Bpk. Sandiaga Uno, seharusnya gayung bersambut dengan masyarakat yang jeli melihat potensi alam yang ada di sekitarnya, layaknya Desa Wisata Sindangkasih.

Selamat berlibur, patuhi protokol kesehatan, dan jangan membuang sampah sembarangan. Karena “sampahmu, adalah dosamu”.