Curug Layung, Spot Ngecamp Hits di Bandung Barat

Curug Layung bukanlah wisata air terjun biasa, dengan berada di kawasan hutan pinus tempat wisata yang satu ini memiliki area ngecamp yang sangat luas. Fasilitasnya juga deket banget dari area camping, sehingga sangat memudahkan pengunjung.

Bandung memang tak pernah habis untuk dibicarakan, selalu ada hal menarik dari kota yang satu ini. Banyak sudah para pelancong mendatangi Bandung. Disamping terkenal dengan sebutan Paris Van Java nya, Bandung juga memiliki kekayaan kuliner yang banyak diburu oleh para pendatang.

Selain itu ada hal lain yang menjadi daya tarik Bandung dimata para wisatawan, yakni keindahan alam serta kesejukan udara yang mampu membuat rileks jiwa dan raga.

tingkatan curug layung
tingkatan curug layung. google maps. sumber: Dikdik sodikin

simak juga: taman langit pangalengan

Wilayah Bandung Barat merupakan lokasi yang paling tepat untuk kamu menikmati keindahan alam di Bandung. Salah satu tempat yang wajib kamu datangi ialah Curug Layung.

Berikut ulasan Curug Layung sebagai referensi awal wisata air terjun plus camping yang hits plus adem di Bandung Barat, check this out!

Lokasi Curug Layung

Lokasi Curug Layung terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Jam Buka Curug Layung

  • Jam buka Curug Layung setiap hari Senin hingga Minggu
  • Beroperasional mulai pukul 08.00 sampai dengan 18.00
  • Sedangkan untuk Camping Groundnya dibuka selama 24 jam nonstop
jalur trekking menuju curug layung
hutan pinus yang rindang. google maps. sumber: Devy Karina

Rute Curug Layung

Rute menuju Curug Layung dari arah Bandung, dengan menuju Jl. Setiabudi kemudian Terminal Ledeng setelah itu menuju Kolonel Masturi lalu tibalah di Cihideung (Taman Bunga Cihideung) kemudian melewati jalur Curug Pelangi dan akhirnya sampailah kamu di Jl. Komando.

simak juga: nuansa riung gunung pangalengan

Untuk menuju Curug Layung kamu dapat melalui dua jalan yang berbeda dengan rintangan yang berbeda pula. Yakni:

Jalur pertama ialah melalui Gerbang Utara. Jalur yang akan kamu lalui sangat mudah dan dapat dijangkau oleh kendaraan roda empat. Setelah sampai di pintu gerbang kamu hanya cukup berjalan seidikit, dan sesaat kemudian tiba di area bumi perkemahan. Jauhnya sekitar 1 kilometer untuk sampai menuju Curug Layung dari pintu gerbang.

Jalur yang kedua adalah dengan melakukan trekking dari Gerbang Bawah. Kamu akan menyusuri hutan dan melewati beberapa curug. Namun, kamu juga dapat menikmati pemandangan hamparan perkebunan teh yang hijau.

Harga Tiket Curug Layung

  • Tiket masuk Curug Layung sangat terjangkau, yakni:
  • Harga tiket masuk Curug Layung sebesar Rp. 10.000,- per orang
  • Untuk kamu yang mau camping membayar Rp. 20.000,- per orang
  • Untuk kendaraan motor membayar Rp. 5.000,- per unitnya.
  • Untuk kendaraan mobil membayar Rp. 15.000,- per unitnya.
spot foto dengan view keren
spot foto dengan view keren. google maps. sumber: Ugan

Fasilitas Curug Layung

Fasilitas Curug Layung sudah lengkap, dengan tersediannya:

  • Area parkir
  • Camping ground
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Warung makan
  • Spot foto

simak juga: cileunca land

Ragam Wisata Curug Layung

Curug Layung berada di kawasan kaki Gunung Tangkuban Perahu, berada di ketinggian sekitar 1.400 mdpl. Maka tak heran jika udara yang kamu rasakan sangat sejuk, atau bahkan untuk sebagian orang terasa dingin.

Ketinggian Curug Layung sekitar 4 meter, dimana airnya terus mengalir sehingga menimbulkan air terjun lain di area bawahnya. Banyak hal yang dapat kamu lakukan saat berada di area Curug Layung ini, seperti:

1. Berenang dan Bermain Air

Hal yang wajib kamu lakukan saat mengunjungi sebuah air terjun atau curug ialah berenang ataupun hanya sekedar bermain air. Curug layung mempunyai 3 tingkatan air terjun dengan ketinggian dan debit air yang berbeda-beda.

Air terjun yang pertama tidak terlalu tinggi dan deras, kamu bisa berenang di area ini karena memiliki kolam yang lebih lebar dari yang lainnya. Namun harus hati-hati karena kedalaman kolamnya mencapai 2 meter.

Kolam yang kedua lebih asyik untuk dipakai bermain air bersama kawan atau keluarga. Kedalaman kolamnya hanya setinggi pinggang orang dewasa, dan mempunyai aliran air terjun yang paling kecil.

Sedangkan untuk kolam yang paling bawah memiliki kolam yang paling kecil dari yang lainnya, namun memiliki aliran dan debit air yang paling besar. Kamu bisa merasakan deburan air terjunnya dengan berdiri tepat dibawahnya.

curug layung
curug layung. google maps. sumber: Yani Puspaniangasih

simak juga: grafika cikole

2. Camping Ground Curug Layung

Area Curug Layung memiliki luas sekitar 10 hektar, dikelilingi pohon pinus yang sangat rindang. Tersedia beberapa blok atau area, diantaranya:

  • Blok Panyawangan¬†
  • Blok Puspa
  • Blok Jati

Di setiap bloknya sudah tersedia fasilitas mushola, toilet, dan juga warung. Maka tak heran jika Curug Layung Camp ini hits dikalangan para penikmat camping. Disini juga tersedia penyewaan perlengkapan camping, mulai dari tenda hingga perlengkapan camping lainnya.

Bermalam di tengah hamparan hutan pinus, dengan ditemani suara alam yang begitu menenangkan, ditambah sejuknya udara merupakan cara terbaik.

3. Spot Foto

Curug Layung berada di area hutan pinus yang sangat rindang, sehingga menimbulkan suasana yang indah, sejuk, dan asri. Sayang untuk kamu lewatkan berfoto dengan dikelilingi pohon pinus.

Simak juga: rekomendasi tempat wisata di Bandung

Tak jauh dari Curug Layung camping ground terdapat beberapa spot foto keren, ada yang berbayar ada pula yang gratisan. Spot foto selanjutnya tentu saja dengan keindahan air terjun Curug Layung itu sendiri.

Meskipun air yeng mengalir tidak terlalu tinggi, namun keindahannya tidak berkurang. Keadaan airnya yang bersih dan jernih, didampingi keadaan alam yang masih alami rasanya sayang untuk tidak diabadikan.

ngecamp dengan view keren
ngecamp dengan view keren. google maps. sumber: Danendra

Tips Wisata

  • Amati keadaan cuaca sebelum kamu berangkat, jika sedang mendung atu bahkan turun hujan lebih baik ditunda.
  • Jika kamu tidak tahan udara dingin sebaiknya tidak berenang atau bermain air.
  • Berhati-hatilah saat berenang di area Curug Layung.
  • Jangan lupa untuk membawa baju ganti.
  • Tidak perlu membawa makanan atau minuman, karena ada warung makanan dekat Curug Layung.
  • Untuk kamu yang akan melakukan kegiatan camping, pastikan membawa jaket atau baju hangat lainnya.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan setiap momen yang tercipta.
  • Selalu jaga kebersihan dan keindahan alam Curug Layung, dengan tidak membuang sampah sembarangan atau melakukan kegiatan vandalisme.

simak juga: arjasari rock hill

Penutup

Keindahan alam yang diberikan Tuhan memang sangat luar biasa. Dengannya kita dapat merasakan hal-hal yang menakjubkan.

Curug Layung merupakan satu dari keindahan alam yang ada di Bandung, mari kita jaga bersama agar keindahan dan kealamiannya tetap terjaga.

Sehingga kita dapat menikmatinya sampai kapan pun. Jika kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita. Siapkan foto terbaikmu saat berada di Curug Layung, ya!