Objek Wisata Danau Talang, Perlahan Tapi Pasti Menjadi Hits

Solok, adalah tempat yang sangat kaya dengan potensi sumber daya alam yang dikenal oleh banyak orang. Khususnya sumber daya alam yang diolah menjadi objek wisata.

Elemen penting yang tercipta di Solok adalah hamparan potensi alam yang luar biasa mampu diolah, ditata, serta dikembangkan oleh pemerintah setempat tentunya dengan dukungan penuh dari masyarakatnya menjadi tujuan utama para traveler.

Danau Talang, adalah bagian dari potensi alam dan wisata yang ada di Solok. Sebuah Danau yang merangkak naik dilirik oleh para wisatawan. Perlahan namun pasti menjadi sebuah destinasi wisata yang hits.

Danau Talang
Danau Talang. Sumber : www.superadventure.co.id

Menjadi sebuah destinasi yang akan memikat mata para traveler tentu saja berpijak kepada beberapa alasan yang kuat. Diantaranya keberadaan Danau Talang yang dekat dengan objek wisata yang sudah lebih dahulu menjadi trend di kalangan wisatawan. Sebut saja Danau Kembar, Kebun Teh Alahan Panjang, serta Gunung Talang.

Danau Talang memiliki pnjang maksimum 1,71 kilometer, lebar 0,94 kilometer, keliling 4,52 kilometer, serta memiliki luas 1,02 kilometer. Adapun kedalamannya diperkirakan mencapai 90 meter.

Soal pemandangan di sekitar Danau Talang menjadi penopang satu sama lain membentuk keindahan lukisan alam. Hamparan hijau dari kebun teh dan perkebunan sayur mayur, tegak perkasa gunung-gung di sekitar danau, serta udara yang sejuk menjadi suguhan saat berkunjung ke objek wisata Danau Talang.

Akses jalan menuju lokasi memang sedikit terjal dan belum sepenuhnya bagus, namun hal tersebut tidak menyurutkan para wisatawan yang penasaran atau kecanduan dengan pesona danau sunyi ini.

Pesona Danau Talang
Pesona Danau Talang. Sumber : sumbar.travel

Istilah “Danau Sunyi” sering dilekatkan sebagai nama lain dari Danau Talang. Nama tersebut untuk menggambarkan tenangnya air Danau Talang, keberadaannya di bawah Gunung Talang, serta menggambarkan situasi alam yang masih asri jauh dari tangan-tangan tidak bertanggungjawab.

Danau Sunyi menjadi surga bari mereka yang ingin sejenak menjauh dari hiruk pikuk dunia kota, Danau Talang menjadi telaga kedamaian jiwa bagi mereka yang datang.

Keindahan pesona alam, suara gemercik air, lantunan burung yang bernyanyi, serta hembusan udara yang menyejukan menjadi sebuah menu utama wisata di Danau Talang.

Danau Talang berjalan menuju sebuah kepastian yang bertahap menjadi sebuah destinasi wisata yang hits di mata wisatawan.

Danau Sunyi Karena Airnya Yang Tenang
Danau Sunyi Karena Airnya Yang Tenang. Sumber : gubuakkopi.id

Sejarah Danau Talang

Danau Talang merupakan danau vulkanik yang diakibatkan oleh letusan gunung berapi, letusan gunung tersebut membentuk sebuah kawah, dan kawah tersebut membentuk sebuah danau.

Danau Talang seperti anak kandung dari Gunung Talang. Status gunung Talang adalah gunung berapi yang masih aktif. Letusan Gunung Talang membentuk dua kawah besar, dan salah-satunya membentuk danau yang disebut dengan Danau Talang.

Sejak tahun 1833 sampai tahun 2007 Gunung Talang pernah meletus beberapa kali. Dari tahun 2005 sampai tahun 2017 kegiatang Gunung Talang berfluktuasi dengan status wapada – siaga – waspada.

Danau Talang berada di ketinggian 1.500 mdpl, sementara Gunung Talang berada di ketinggian 2.597 mdpl. Wajar saja jika area sekitar danau dan gunung menjadi lahan produktif untuk melakukan aktivitas perkebunan.

Danau Talang Danau Vulkanik
Danau Talang Danau Vulkanik. Sumber : id.wikipedia.org

Misteri Danau Talang Dan Gunung Talang

Misteri di Danau Talang dan Gunung Talang atau disebut juga dengan mitosnya yaitu kabut akan menyelimuti area Gunung Talang ketika dikunjungi wisatawan yang ribut-ribut atau gaduh. Dan kabut akan hilang saat wisatawan yang gaduh tersebut pergi.

Terlepas percaya ataupun tidak, itu tergantung dari keyakinan para wisatawan itu sendiri. Namun yang paling penting dari misteri atau mitos tersebut tersimpah sebuah nilai pesan moral, bahwa setiap pengunjung selayaknya harus mampu selaras bukan hanya dengan sesama manusia saja, namun alam pun meminta hak untuk selaras, saling menjaga, dan merawat.

Danau, Gunung Talang Keindahan Berbalut Misteri
Danau, Gunung Talang Keindahan Berbalut Misteri. Sumber : wikimapia.org

Ragam Aktivitas Wisata Di Danau Talang

Ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di objek wisata Danau Talang sebagai sebuah keseruan yang tak tergantikan. Diantara ragam aktivitas tersebut adalah :

1. Jelajah Danau Talang

Terdapat perahu-perahu kecil yang ada di sekitar Danau Talang sebagai media jelajah perairan Danau Talang untuk wisatawan.

Spot ini menjadi salah-satu spot favorit bagi wisatawan yang datang berkunjung, karena dapat menikmati keindahan peratran Danau Talang.

Perahu Kecil Media Jelajah Danau Talang
Perahu Kecil Media Jelajah Danau Talang. Sumber : suhanews.co.id

2. Memancing

Tidak sedikit dari para traveler yang melakukan aktivitas memancing di area Danau Talang meskipun alat-alat pancing harus bawa masing-masing.

Menunggu ikan yang terjebak dalam kail, sambil menikmati panorama keindahan Danau Talang dan sekitarnya, ditemani secangkir kopi panas tentu menjadi sebuah kenikmatan tiada tara.

3. Berkemah

Biasanya standarisasi perkemahan selalu dekat dengan sumber air, maka tak ayal jika Danau Talang menjadi favorit untuk melakukan aktivitas berkemah.

Spot perkemahan yang ada di Danau Talang sangat luas sekali, sehingga dapat menampung banyak sekali pengunjung yang hendak berkemah.

Camping Di Area Danau Talang
Camping Di Area Danau Talang. Sumber : suhanews.co.id

4. Berburu Photo Keren

Di jaman sekarang eksis di media sosial seolah-olah menjadi sebuah tuntutan wajib terutama bagi kaum millenial. Apa yang diposting serta kualitas postingan menentukan sikap orang lain dalam menilai sosok yang memposting tersebut.

Danau Talang adalah hamparan spot selfie yang sangat layak sekali untuk diposting di media sosial para traveler. Pesona alamnya akan membuat takjub orang yang melihat.

Selfie Di Area Danau Talang
Selfie Di Area Danau Talang. Sumber : buletintravel.com

Lokasi Dan Alamat Danau Talang

Lokasi dan alamat objek wisata Danau Talang berada di Kanagarian Kampung Batu Dalam dan Kecamatan danau kembar, Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat.

Rute Menuju Danau Talang

Jika rute pemberangkatan pertama dari Padang, maka lokasi selanjutnya yang mesti dituju adalah menuju lokasi Solok.

Setelah sampai di solok, lokasi berikutnya adalah melewati Alahan Panjang. Adapun jarak Padang menuju Danau Talang sekitar 68,6 kilometer.

Tiket Objek Wisata Danau Talang

Karena objek wisata ini masih dalam tahap pengembangan, maka tiket masuk Danau Talang bersifat sukarela saja. Tidak ada ketetapan baku terkait harga tiketnya.

Tips Wisata menuju Danau Talang

  • Pastikan alat-alat, logistik, obat-obatan, serta kamera sudah aman dan pasti dibawa.
  • Selalu utamakan keselmatan dan kenyamanan saat menuju lokasi atau saat sudah berada di lokasi
  • Pastikan anda membawa jaket
  • Jika hendak berkemah, pastikan perlengkapan kemah tidak ada yang terleatkan
  • Selalu jaga ketertiban, kenyamanan, dan kebersihan
  • Jangan merusak alam sekitar
  • Selalu mentaati protokol keamanan berwisata

Penutup

Dari sekian banyak objek wisata yang sudah trend di kalangan wisatawan,  Danau Talang akan menjadi satu file tambahan bagi mereka untuk dikunjungi.

Setahap demi setahap, perlahan namun pasti, Danau Talang akan memikat hati para pecinta wisata alam.  Danau Talang menjadi bagian tak terpisahkan dari panorama Nusantara yang memukau.

Baca juga:

Leave a Comment