Puncak Gobah, Cara Lain Menikmati Danau Singkarak

Di Pulau Sumatera terkenal seantero Indonesia bahkan dunia dengan Danau Toba nya. Danau Toba menyimpan sejarah tersendiri, dan merupakan danau terbesar di Sumatera.

Selain Danau Toba ada juga Danau Singkarak, yang tak kalah indahnya dengan Danau Toba. Danau Singkarak merupakan danau favorit masyarakat Minang untuk berakhir pekan.

Danau Singkarak mempunyai luas sekitar 107,8 Kilometer persegi membentang di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar.

Dengan mempunyai luas seperti itu, Danau Singkarak termasuk danau terluas kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Danau Singkarak berada tidak jauh dari Taman Nasional Kerinci Seblat.

Danau Singkarak
Danau Singkarak. Sumber: www.travelingan.net

Ada cara lain untuk kamu yang ingin menikmati keindahan Danau Singkarak. Yaitu dengan mendaki ke Puncak Gobah. Disana kamu akan dapat memandangi seluruh Danau Singkarak dan pemandangan lain yang tak kalah hebatnya.

Di Puncak Gobah kamu akan merasakan kesejukan yang diberikan alam, hamparan pepohonan yang hijau, Danau Singkarak yang berwarna biru kehijauan, gunung yang berjejer didepan mata seolah ingin memanjakan pandangan kita.

Puncak Gobah memiliki ketinggian sekitar 320 Meter diatas permukaan laut. Untuk kamu yang ingin mengunjungi Puncak Gobah, alahkah baiknya kamu datang pada sore hari. Waktu dimana kita dapat menikmati tenggelamnya Sang Mentari dan mengganti siang menjadi malam.

Menikmati Danau Singkarak Dari Puncak Gobah
Menikmati Danau Singkarak Dari Puncak Gobah. Sumber: travel.detik.com

Penasaran ada apa aja sih di Puncak Gobah ini, check this out!

Ragam wisata di Puncak Gobah

Selain kamu bisa menikmati seluruh pemandangan yang terhampar di sekitar Puncak Gobah, kamu juga bisa mencoba beberapa hal berikut:

1. spot selfie

Puncak Gobah sudah ramai diperbincangkan di media sosial. Banyak orang yang sudah mencoba beberapa spot selfie disini. Diantaranya:

  • Rumah pohon

Spot foto yang paling terkenal di Puncak Gobah ialah rumah pohon. Rumah pohon menjadi incaran para pemburu foto keren yang datang kesini.

Rumah pohon terletak disebuah batang pohon dengan ketinggian sekitar 10 meter dari permukaan tanah. Dihiasi dengan tangga yang terbuat dari kayu. Namun dijamin aman ko, untuk kamu yang mau mencoba ambil foto di rumah pohon. Dari atas rumah pohon ini kamu juga dapat melihat view terbaik dari Puncak Gobah.

Rumah Pohon di Puncak Gobah
Rumah Pohon di Puncak Gobah. Sumber: nikemei.blogspot.com
  • Sebuah tempat menyerupai kapal, yang terbuat dari kayu.
  • Tanda Love, yaitu sebuah kayu yang dibuat menyerupai tanda cinta. Tepat berada di bawahnya hamparan pepohonan yang rindang.
  • Papan I Miss U. Kamu dapat duduk-duduk disini sembari melihat eloknya pemandangan di sekitar Puncak Gobah.
  • Sebuah papan berbentuk pintu dan bulan. Kamu dapat berfoto disini dengan berlatarkan panorama alam yang menyejukkan. Serta sebuah bentuk menyerupai kupu-kupu.
Salah Satu Spot Selfie di Puncak Gobah
Salah Satu Spot Selfie di Puncak Gobah. Sumber: travel.detik.com

2. Olahraga yang menguji adrenalin

  • Paralayang

Jika kamu mempunyai nyali yang besar, maka cobalah untuk mengitari Puncak Gobah dengan cara yang berbeda. Yaitu dengan menggunakan paralayang. Harga yang harus kamu keluarkan untuk mencoba olahraga ekstrim ini yaitu sebesar Rp. 300.000,- untuk satu orang.

Paralayang Di Atas Danau Singkarak
Paralayang Di Atas Danau Singkarak. Sumber: wisato.id
  • Area Motorcross untuk kamu para pencinta motor.
  • Flying fox

Olahraga yang satu ini sudah tidak asing lagi dilakukan oleh banyak orang. Ya, namanya adalah flying fox. Untuk kamu para pecinta flying fox siapkan suara terbaikmu dan cobalah meluncur di Puncak Gobah. Untuk kamu yang mau mencobanya, kamu cukup membayar tiket sebesar Rp. 25.000,- aja.

3. Permainan Untuk Anak-Anak

Dari tadi yang dibahas permainan untuk orang dewasa aja, mana untuk anak-anaknya? Tenang untuk kamu yang membawa anak-anak, kamu bisa membawa mereka untuk bermain perosotan, jungkat-jungkit, ayunan, dan bahkan kuda-kudaan.

4. Ziarah Ke Makam Leluhur

Di area Puncak Gobah terdapat sebuah makam. Makam tersebut merupakan makam seorang tokoh pemuka agama. Yang biasanya ramai setiap hari kamis atau di hari-hari besar Islam lainnya. Makam tersebut ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah setempat.

Lokasi Dan Alamat Puncak Gobah

Lokasi dan alamat Puncak gobah berada di Nagari Aripan, kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat.

Rute Menuju Puncak Gobah

Rute menuju Puncak Gobah mudah sekali. Jika kamu memulai perjalanan dari Kota Solok kamu akan menempuh jarak sekitar 20 Km atau memakan waktu kurang lebih 40 menit.

Atau untuk kamu yang datang dari Kota Padang, kamu akan menempuh jarak perjalanan sekitar 70 Kilometer atau memakan waktu sekitar 2 jam.

Tiket Masuk Puncak Gobah

Tiket masuk menuju Puncak Gobah murah banget, ngga percaya? Kamu cukup membayar uang sebesar Rp. 10.000,-. Sedangkan untuk uang parkir, kamu cukup membayar Rp. 5.000,- untuk kendaraan roda dua, dan Rp. 10.000,- untuk kendaraan roda empat atau mobil.

Jam Operasional Puncak Gobah

Jam Operasional Puncak Gobah yaitu sehari 24 jam nonstop, dan 7 hari seminggu. Jadi, kamu bisa datang kapan aja.

Kuliner Khas Danau Singkarak

Kuliner Khas Danau Singkarak yang paling terkenal dan banyak dicari wisatawan yaitu, Palai Bilih. Palai yaitu Pepes, sedangkan Bilih ialah ikan Khas dari Danau Singkarak. Ikan Bilih bentuknya seperti ikan kecil-kecil dan lonjong kira-kira seperti telunjuk orang dewasa, mirip wader yang ada di Pulau Jawa atau seluang di Sumatera Selatan.

Cara mengolah Palai Bilih sama saja dengan mengolah pepes ikan pada biasanya. Yaitu ikan bilih dibalut adonan parutan kelapa kemudian dibungkus daun pisang yang dibakar. Rasa dari ikan bilih yaitu gurih dan agak manis.

Palai Bilih Makanan Khas Danau Singkarak
Palai Bilih Makanan Khas Danau Singkarak. Sumber: id.quora.com

Kamu dapat menikmati enaknya Palai Bilih di Rumah Makan Onang. Rumah makan tersebut terletak di Desa Kayu Aro, Kecamatan Gunung Talang, Solok. Rumah makan ini selalu ramai dikunjungi orang-orang yang ingin mencicipi rasa dari palai bilih.

Di Rumah Makan Onang rasa dari Palai Bilih berbeda dengan yang lainnya. Terdapat rasa asamnya, sehingga rasanya campur aduk antara gurih, asam, manis, dan pedas sehingga dapat meningkatkan nafu makan kamu.

Tips Wisata

Beberapa tips wisata saat kamu mengunjungi Puncak Gobah

  • Ajaklah keluarga, teman, atau sahabat kamu supaya lebih seru.
  • Tidak usah membawa bekal apapun, karena di Puncak Gobah sudah banyak warung-warung yang menjajakan makanan untuk kamu.
  • Tetap jaga kebersihan area sekitar Puncak Gobah.
  • Selalu hati-hati saat selfie.
  • Siapkan gadget kamu, tongsis, tripod atau pendukung selfie kamu yang lain.

Penutup

Menikmati keindahan yang alam telah diberikan Tuhan merupakan sebuah anugrah yang tak tenilai. Kita dapat sepuasnya memandangi hamparan pepohonan, danau dengan air yang menenangkan, ditemani dengan sejuknya angin.

Puncak Gobah merupakan tempat dimana kita dapat menghilangkan kepenatan setelah beraktifitas seharian. Berada di Puncak Gobah juga kita dapat mengabadikan momen-momen yang luar biasa.

Jaga dan rawat keindahan alam di Puncak Gobah, supaya kita dapat terus menikmatinya sampai kapan pun. Jangan lupa siapkan foto terbaikmu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment