Desa Wisata Indah dan Eksotis, Pantai Biru Bangkalan Jawa Timur

Wisata Pantai Telaga Biru atau Pantai Biru merupakan salah satu objek wisata alam di Bangkalan, Jawa Timur. Terletak di ujung barat pulau Madura berbatasan langsung dengan kota Surabaya. Tidak hanya menyajikan pemandangan laut biru, pengunjung juga akan dimanjakan beragam sarana yang asik dan menarik.

pantai biru bangkalan
pantai biru bangkalan. google maps. sumber : Khodijah S

Pantai Biru menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Air lautnya jernih berwarna biru kehijauan. Pasir putih yang lembut dan halus membuat wisatawan betah berlama-lama bermain di pantai ini.

Selain keindahan alamnya, Pantai Biru juga menyediakan berbagai fasilitas yang memadai. Di sini, wisatawan dapat menemukan berbagai wahana permainan yang seru dan menarik. Selain itu, terdapat juga area camping yang dapat digunakan wisatawan untuk bermalam di pantai.

Karena itu, bagi pengunjung yang baru kali pertama ke sana, boleh jadi mereka tak menyangka bahwa pantai itu dulunya adalah tempat sampah. Tempat pembuangan sampah dan limbah tersebut kini disulap menjadi tempat wisata yang indah dan eksotis.

Wajah destinasi tersebut sudah berubah drastis. Deretan wahana tertata rapi di sana. Mulai sepeda air, area bermain anak, hingga sejumlah spot foto Instagrammable. Selain itu, pengunjung juga bakal disuguhi indahnya rumah makan berkonsep terapung.

Alamat Pantai Biru

  • Jl. Pelabuhan Telagabiru No.38, Tanjung Bumi, Telaga Biru, Kec. Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69156.

Jam Buka

Buka setiap 08.00 WIB – 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Rp.5.000,-
  • Parkir motor Rp.2.000,-
  • Parkir mobil Rp.5.000,-

Rute ke Pantai Biru

Pantai Biru terletak di ujung barat pulau Madura berbatasan langsung dengan kota Surabaya. Dari Alun-alun Bangkalan berjarak sekitar 45 km. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam 10 menit berkendara.

  • Rute dari Alun-alun Bangkalan : Ambil arah timur laut di Jl. Letnam Abdullah menuju Jl. Jend. A. Yani. Ambil Jl. Raya Klampis, Jl. Raya Sepulu, dan Jl. Raya Tanjungbumi ke Jl. Pelabuhan Telagabiru di Telaga Biru. Tetap di Jl. Pelabuhan Telagabiru hingga sampai dilokasi tujuan anda di Tanjung Bumi.

Transportasi

Jaraknya sekitar 45 km dari Kota Bangkalan. Untuk mencapai lokasi wisata dapat menggunakan transportasi umum maupun pribadi seperti kendaraan motor atau mobil. Pantai Biru menjadi destinasi wisata yang menyediakan akses jalan yang cukup baik dengan area parkir yang cukup luas.

Ada Apa di Pantai Biru Bangkalan

wisata pantai biru
wisata pantai biru. google maps. sumber : Endang Harningsih (Mbk endang)

Wisata Pantai Biru tidak hanya menyajikan pemandangan laut biru. Ditempat ini juga tersedia beragam sarana yang tidak kalah asik dan menarik.

Bersantai Menikmati Pemandangan

menikmati panorama alam
menikmati panorama alam. google maps. sumber : Azraa Vaey
wisata pantai biru bangkalan
wisata pantai biru bangkalan. google maps. sumber :  Deddi Effendi

Kegiatan seru yang dapat kamu lakukan adalah bersantai di pinggir pantai. Bermain air dan pasir di tepi pantai bersama keluarga sekaligus menikmati panorama alam yang tersaji.

Berenang

berenang di pantai biru
berenang di pantai biru. google maps. sumber : Dian Pratiwi

Anda juga bisa berenang baik di pantai ini maupun di kolam yang disediakan di pantai tersebut.

Edukasi Batik Tulis

Wahana terbaru yang bisa dinikmati di pantai ini yaitu melihat wahana batik tulis. Pengunjung bisa sambil belajar mengenai cara membuat batik tulis yang baik. Pantai ini tidak hanya menyediakan tempat untuk liburan saja. Namun juga terdapat wahana yang mengedukasi yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Sepeda Air

wahana seped air
wahana seped air. google maps. sumber : Risan Alfarisyi

Pengunjung juga dapat menikmati bersepeda air yang disewakan dikolam yang telah disediakan. Untuk biaya wahana sepeda air sebesar 10.000,-.

Wahana Sepeda Terbang

wahana sepeda terbang
wahana sepeda terbang. google maps. sumber : Eva Sriyanti

Rumah Makan Terapung

rumah makan terapung
rumah makan terapung. google maps. sumber : TOTOK ZAINAL BAHRI

Di Pantai Biru, pengunjung bakal disuguhi indahnya rumah makan berkonsep terapung. Rumah makan yang menyediakan beragam menu makanan dan minuman yang lezat.

Area Bermain Anak

area bermain anak
area bermain anak 1. google maps. sumber : M ILYAZ
wahana permainan anak
wahana permainan anak. google maps. sumber : Alisa NA

Spot Foto Menarik

Wisata Pantai Biru juga menyediakan berbagai spot foto yang unik dan menarik. Seperti spot replika balon udara, pesawat, pohon-pohon hias dan spot lainnya dapat kamu temukan di sini.

berswafoto di pantai biru
berswafoto di pantai biru. google maps. sumber : GATOT YAINAL ABIDIN
foto di pantai biru
foto di pantai biru. google maps. sumber : Muhammad Solichin
berswafoto di pantai biru bangkalan
berswafoto di pantai biru bangkalan. google maps. sumber : TOTOK ZAINAL BAHRI

Fasilitas Pantai Biru

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Pantai Biru.

  • Area Parkir
  • Kamar Mandi Umum
  • Kios Souvenir
  • Kuliner
  • Musholla
  • Selfie Area
  • Spot Foto
  • Tempat makan dan lain-lain.

Tempat Wisata Sekitar Pantai Biru

Tempat wisata lain yang jarak dan lokasinya paling dekat dengan Wisata Pantai Biru.

  • Pantai Siring Kemuning.
  • Pantai Pasir Putih Tlangoh.

Video Pantai Biru

Video Pantai Biru berikut dikutip dari channel : latif_safira20

Penutup

Wisata Pantai Telaga Biru atau Pantai Biru merupakan salah satu objek wisata alam di Bangkalan, Jawa Timur. Terletak di ujung barat pulau Madura berbatasan langsung dengan kota Surabaya. Pantai Biru menawarkan keindahan alam yang mempesona. Memiliki air laut yang jernih berwarna biru kehijauan. Pasir putihnya yang lembut membuat wisatawan betah berlama-lama bermain di pantai ini.