Pantai Rongkang Bangkalan, Wisata Pantai dengan Pesona Batuan Karang

Pulau Madura mengundang para wisatawan untuk menikmati destinasi wisata yang menakjubkan. Khususnya melalui deretan objek wisata pantai yang memukau. Pantai Rongkang menjadi destinasi wisata pantai selanjutnya di Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

pantai rongkang
pantai rongkang. gogole maps. sumber :  dedy bendot

pantai ini berjarak sekitar 5 kilometer dari Jembatan Suramadu. Menawarkan pengalaman unik dengan pemandangan malam yang memikat. Nama pantai ini berasal dari bahasa lokal Madura “Ngrongkang” yang memiliki arti berlubang.

Yang dimaksud berlubang adalah bebatuan di pantai tersebut yang terjadi karena proses alam, sehingga mengapa pantai ini dipenuhi bebatuan. Batu–batu karang ini diakibatkan oleh proses alam yaitu abrasi air laut. Proses alam pada batu–batuan laut yang landai dan membuatnya menjadi berlubang. Selain bebatuan kecil di pantai, wisatawan juga akan menjumpai batuan karang di pinggiran pantai.

Destinasi wisata andalan di Bangkalan ini menyajikan fasilitas yang sudah sangat lengkap. Mulai dari gazebo, perahu wisata yang akan membawamu mengelilingi lautan, tempat memancing, hingga camping ground.

Alamat Pantai Rongkang

  • Desa Kwanyar Barat, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Jam Buka

  • Buka setiap hari selama 24 jam.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Rp. 5.000,- /orang.

Rute ke Pantai Rongkang

Pantai ini tepatnya terletak sebelah timur jembatan Suramadu. Berjarak sekitar 25 km dari Alun-alun kota Bangkalan. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 45 menit berkendara.

Rute dari Alun-akun Bangkalan : Ambil Jl. Letnan Mestu ke Jl. Trunojoyo di Rawa 01. Ambil Jl. Nasional 21, Jl. Kamal – Kalianget, dan Jl. Raya Tragah Bangkalan ke Jl. Raya Kwanyar Barat di Kwanyar Barat. Lanjutkan untuk mengikuti Jl. Raya Kwanyar Barat. Tujuan Pantai Rongkang ada di sebelah kiri.

Pengunjung yang berangkat melalui luar pulau Madura, terdapat dua akses yang dapat diikuti. Pertama menyebrang ke pelabuhan Kamal dengan menggunakan perahu. Dibutuhkan waktu kira – kira 30 menit untuk sampai ke Pantai Rongkang. Jarak yang di tempuh kurang lebih 12 km.

Akses kedua adalah jalur tersingkat yang dapat dipilih untuk menuju Pantai yaitu melalui jembatan Suramadu. Dibutuhkan waktu sekitar 15 menit, denga jarak tempuh kurang lebih 5 km.

Transportasi

Akses menuju Pantai Rongkang masih cukup sulit karena masih ada beberapa jalan yang belum beraspal. Jalannya masih ada yang berlubang dan beberapa jalan masih berupa tanah. Wisata Pantai Rongkang dapat di lalui dengan kendaraan pribadi ataupun menggunakan transportasi umum. Sudah banyak tersedia di Pulau Madura dan sekitarnya untuk menuju ke Pantai Rongkang. Ada sejenis bis mini dan bis yang siap mengantar anda.

Ada Apa di Pantai Rongkang

Wisata Pantai Rongkang merupakan salah satu tempat wisata favorit di Pulau Madura. Wisata Pantai ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Menikmati Pemandangan Pantai

menikmati pemandangan pantai rongkang
menikmati pemandangan pantai rongkang. google maps. sumber :  cindy nadya

Pantai Rongkang memiliki karater yang berbeda dari Pantai lainnya. Biasanya Pantai identik dengan pasir pantainya, tetapi pada di Pantai Rongkang sebagaian besar pasirnya ditutupi oleh batu–batu.

Para pengunjung harus tetap hati-hati terutama ketika bermain tepi pantai, agar tidak terseret ombak dan terlempar ke bebatuan. Pantai Rongkang tetap mempertahankan keasliannya dengan pantai alami. Pepohonan yang memberikan kesejukan yang nyaman, dan batu-batu besar yang tersebar di sepanjang pantai.

Bermain Tepi Pantai

bermain air tepi pantai
bermain air tepi pantai. google maps. sumber : bermain air tepi pantai

Pemandangan Bukit

Di sekitar Pantai Rongkang, terdapat bukit-bukit dengan ketinggian sekitar 25 meter. Meskipun tidak terlalu tinggi, dengan mendaki bukit-bukit ini akan memberikan pandangan yang menakjubkan.

Pemandangan Jembatan Suramadu

Jarak Pantai Rongkang dengan jembatan Suramadu sangat dekat, yakni 5 km. Pada malam hari pengunjung akan disajikan gemerlapnya lampu-lampu yang berada di jembatan Suramadu.

Berswafoto

foto di pantai rongkang
foto di pantai rongkang. google maps. sumber : Sodik Damen

Dengan sajian panorama alamnya, pengunjung dapat berswafoto, seperti berswafoto dengan latar belakang ombak. Atau dengan latar pemandangan sekitar pantai yang menawan.

Fasilitas Pantai Rongkang

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Pantai Rongkang.

  • Area parkir
  • Kamar mandi
  • Tempat istirahat
  • Gazebo
  • Mushola
  • Rumah makan dan lain-lain.

Video Pantai Rongkang

Video Pantai Rongkang berikut dikutip dari channel : Alif Januar

Penutup

Wisata pantai Rongkang adalah salah satu objek wisata di pulau Madura, lebih tepatnya di kabupaten Bangkalan. Pantai yang satu ini banyak menarik minat para wisatawan. Hamparan pasir lembut bisa buat bermain seperti pantai-pantai yang lain. Di pantai ini anda akan disajikan deretan batu-batuan baik yang berukuran besar maunpun kecil menyebar di pantai.