19 Tempat Wisata Menarik dan Populer di Bangkalan, Jawa Timur

Bangkalan adalah sebuah kabupaten yang berada di ujung barat Pulau Madura. Kabupaten Bangkalan merupakan pintu gerbang menuju Pulau Madura dan berbatasan langsung dengan Selat Madura. Kabupaten Bangkalan memiliki sejumlah destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Memiliki cukup banyak tempat wisata alam yang indah, tidak heran jika Bangkalan kerap menjadi tujuan wisatawan yang datang ke Madura. Di Bangkalan, anda juga akan disuguhkan beragam pantai indah dengan pasir putih dan ombak yang tak terlalu besar.

Menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi objek wisata di Bangkalan tentu menjadi pilihan yang sangat tepat. Anda akan dimanjakan dengan banyaknya tempat wisata alam maupun wisata buatan saat berada disana. Berikut 19 rekomendasi tempat wisata menarik di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Wisata Bukit Jaddhih

wisata bukit jaddhih
wisata bukit jaddhih. google maps. sumber : tomy sab

Bukit Jaddhih merupakan lahan bekas tambang kapur yang disulap menjadi sebuah objek wisata. Daya tarik dari tempat wisata ini adalah kawasan bukit yang indah seluas 500 hektare dengan kolam buatan serta pahatan di bukit kapur.

Bukit Jaddhih memiliki pemandangan yang luar biasa. Bukit tambang kapur ini digali dan dibuka untuk menghadirkan pemandangan buatan yang menarik dan indah. Untuk menikmati pemandangan sekitar danau, tersedia rakit yang disewakan kepada para wisatawan.

  • Alamat : Jakan, Parseh, Kec. Socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69161.
  • Jam Buka : Buka setiap hari. 07.00 WIB – 16.00 WIB.

Bukit Arosbaya

Bukit Arosbaya
Bukit Arosbaya. google maps. sumber : Oka Shakatto

Bukit Arosbaya merupakan sebuah bukit kapur yang lokasinya di Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Bukit ini adalah bekas lahan tambang kapur yang diubah menjadi kawasan wisata. Berbeda dari bukit kapur kebanyakan yang berwarna putih, Bukit Arosbaya justru menawarkan hamparan bukit berwarna coklat keemasan.

Bukit Arosbaya banyak ditumbuhi tumbuhan paku dengan pepohonan rindang. Bebatuan kapur berwarna coklat tersebut dihiasi dengan pahatan bekas tambang yang membentuk relief yang indah. Perpaduan antara bukit berwarna coklat keemasan dan relief tersebut memberikan pemandangan yang sangat eksotis. Pemandangan di sekitarnya pun masih sangat alami.

  • Alamat : Plalangan Madura, Buduran, Arosbaya, Makam Air Mata, Buduran, Kec. Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69151.
  • Jam Buka : Buka setipa hari. 09.00 WIB -17.00 WIB.

Wisata Bukit Geger

wisata bukit geger
wisata bukit geger. google maps. sumber :  Luluk Mukaromah

Bukit Geger atau yang lebih dikenal dengan Ghunong Gheggher ini berada di ketinggian sekitar 150-200 mdpl. Objek wisata ini menjadi lokasi favorit untuk camping dengan pemandangan dan udaranya yang sejuk. Kawasan perbukitan seluas 44 hektar ini, juga ditumbuhi kayu mahoni.

Untuk bisa sampai di puncak bukit, pengunjung harus melewati puluhan anak tangga. Dalam pendakian, anda akan disajikan pemandangan indah hutan mahoni. Juga akan menemukan kawanan monyet hutan yang sudah terbiasa dengan kehadiran pengunjung.

  • Alamat : Laok Kunong, Geger, Kec. Geger, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69152.
  • Jam Buka : Buka setiap hari 24 jam.

Pantai Rongkang

pantai rongkang
pantai rongkang. google maps. sumber : dedy bendot

Pantai Rongkang menjadi destinasi wisata pantai selanjutnya di Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Nama pantai ini berasal dari bahasa Madura ngrongkang yang berarti berlubang. Asal usul nama tersebut lantaran batuan karang di pinggir pantai berlubang akibat abrasi.

Ciri khas Pantai Rongkang adalah bebatuan kecil yang menutupi pantai. Selain bebatuan kecil di pantai, wisatawan juga akan menjumpai batuan karang di pinggiran pantai. Destinasi andalan di Bangkalan ini menyajikan fasilitas yang sudah sangat lengkap. Mulai dari gazebo, perahu wisata yang akan membawamu mengelilingi lautan, tempat memancing, hingga camping ground.

  • Alamat : Desa Kwanyar Barat, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan. Atau sekitar 5 km dari Jembatan Suramadu.

Pantai Siring Kemuning

pantai siring kemuning
pantai siring kemuning. google maps. sumber : Soim88 Motoshop

Pantai Siring Kemuning telah banyak dikenal wisawatan lokal maupun luar daerah. Dinamakan Siring Kemuning, karena pantai bahkan ombak di pantai ini selalu nampak lebih kekuningan, dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Selain itu, terdapat pepohonan di bibir pantai yang menambah daya tariknya.

Dipantai ini pengunjung bisa bermain voli bersama, atau sekedar duduk santai di gazebo menikmati keindahan pantai. Tak sedikit pengunjung yang sengaja datang untuk sekedar hunting foto di Pantai Siring Kemuning,

  • Alamat : Desa Macajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan. Jawa Timur.

Pantai Rindu

pantai rindu
pantai rindu. google maps. sumber : Estu Abdillah

Pantai Rindu bisa disebut sebagai pintu gerbang ke Pulau Madura. Lantaran lokasinya hanya berjarak 1 km dari jembatan Suramadu. Dari lokasi Pantai Rindu, wisatawan bisa menyaksikan kemegahan Jembatan Suramadu. .

Meskipun bernama pantai namun tempat wisata ini bukanlah pantai. Yaitu kafe outdoor yang terletak di tepi laut selat Madura. Kafe di Bangkalan ini menjadi sebagai salah satu rekomendasi kafe dengan suasana yang berbeda.

Letak Pantai Rindu masih sederet dengan Dermaga Rindu. Yang membedakan antara Dermaga Rindu dan Pantai Rindu adalah jenis bangunannya. Jika Dermaga Rindu memiliki bangunan berbentuk seperti kapal kayu Bugis yang sangat menarik dan baru satu-satunya di Madura. Sedangkan Pantai Rindu memiliki bentuk bangunan menyerupai kafe yang didominasi tempat duduk dengan meja.

Kafe unik dan menarik yang berada di tepi Selat Madura. Kafe tersebut menjadi tempat nongkrong terbaik di sore hari, sambil menyaksikan sunset dan Jembatan Suramadu.

  • Alamat : Jl. Raya Sukolilo, Polasari, Sukolilo Bar., Kec. Labang, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69163.
  • Jam Buka : Buka setiap hari. 09.00 WIB – 22.00 WIB.

Pantai Goa Petapa

pantai goa petapa
pantai goa petapa. google maps. sumber : Ryo Aulya

Wisata Madura dekat Suramadu selanjutnya adalah Pantai Goa Petapa. Jaraknya sekitar 3 km dari Jembatan Suramadu sisi Pulau Madura. Pantai Goa Petapa menawarkan pemandangan laut yang indah. Memiliki ombak yang tenang sehingga wisatawan bisa bebas bermain pasir di tepi pantai.

  • Alamat : Desa Kejawan, Desa Sukolilo Timur, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan. Jawa timur.

Pantai Batu Malang

pantai batu malang
pantai batu malang. google maps. sumber : Juan Braloza

Meskipun namanya Pantai Batu Malang, namun lokasi pantai ini berada di Bangkalan, Madura. Tepatnya di Kejawan, Sukolilo Timur, Kecamatan Labang. Keindahan Pantai Batu Malang dapat dilihat dari Jembatan Suramadu, jaraknya hanya 3,3 km atau 9 menit berkendara.

Pantai ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Jembatan Suramadu. Ciri khas Pantai Batu Malang adalah keberadaan batu berukuran besar. Selain itu, Pantai Batu Malang memiliki banyak spot foto Instagramable yang menjadi favorit wisatawan.

  • Alamat : Kejawan, Sukolilo Tim., Kec. Labang, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69163.

Museum Cakraningrat

Museum Cakraningrat
Museum Cakraningrat. google maps. sumber : Hasby Asshiddiqi

Selain memiliki wisata alam dan wisata pantai yang indah. Kabupaten Bangkalan juga memiliki wisata sejarah, salah satunya adalah Museum Cakraningkat. Museum ini merupakan salah satu peninggalan Keraton Bangkalan. Lokasinya berada di pusat kota, tepatnya di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bangkalan.

Di museum ini pengunjung bisa menyaksikan beragam koleksi benda antik peninggalan keraton, seperti gamelan, gong, alat perang, dan lain-lain. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa mendalami sejarah Kota Bangkalan serta kebudayaannya. Museum ini dibangun sejak 1974, namun baru diresmikan dengan nama Museum Cakraningrat pada 2008 lalu.

  • Alamat : Jl. Soekarno Hatta No.35, Wr 08, Mlajah, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69116.
  • Jam Buka : Buka setiap hari. 08.00 WIB – 16.00 WIB.

Makam Aermata Ebhu /

Pasarean Ratu Ibu Syarifah Ambami
Pasarean Ratu Ibu Syarifah Ambami. google maps. sumber : ale rofi

Makam Aermata Ebhu merupakan situs pemakanan yang berada di Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Kompleks makam ini terletak di perbukitan pada ketinggian 19,35 mdpl,. Memiliki luas sekitar 8.000 meter persegi.

Kompleks makam ini merupakan tempat peristirahatan terakhir bagi bangsawan Madura dari Wangsa Cakraningrat, beserta kerabat dan abdi dalem istana lainnya. Selain itu, di lokasi ini terdapat sumber mata air yang dipercaya oleh masyarakat sekitar yang mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

  • Alamat : Jalan Raya Buduran Nomor 39, Desa Buduran, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.
  • Jam Buka : Buka setiap hari 24 jam.

Masjid Agung Bangkalan

masjid agung bangkalan
masjid agung bangkalan. google maps. sumber : Moch Nurdin surabaya

Masjid Agung Bangkalan merupakan salah satu masjid bersejarah di Pulau Madura. Masjid ini memiliki nama resmi Masjid Agung Sultan Kadirun Bangkalan. Merupakan salah satu warisan sejarah kerajaan Islam yang pernah berdiri di Madura.

Masjid Agung Bangkalan di bangun pada 1819, sehingga menjadi salah satu masjid tertua di Madura. Dengan luas 11.527 meter persegi, masjid ini mampu menampung hingga 5000 jemaah. Keunikan masjid Bangkalan ini adalah bentuk atapnya yang tidak berbentuk kubah, melainkan atap rumah tradisional Jawa. Selain beribadah, wisatawan yang berkunjung juga dapat menyaksikan arsitektur masjid yang dipenuhi dengan ukiran seni.

  • Alamat : Jalan Sultan R Jl. Sultan Abd. Kadirun No.5, Demangan Barat, Demangan, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69115.

Pemandian Sumber Pocong

Pemandian Sumber Pocong
Pemandian Sumber Pocong. google maps. sumber : Fajrin Maulana Catur Riskianto

Meskipun namanya seram, namun objek wisata ini menyajikan kolam pemandian alami yang indah. Air di kolam ini sangat jernih sehingga dasar kolam serta ikan-ikan didalamnya dapat terlihat jelas. Pengunjung bisa berenang sepuasnya di pemandian ini.

Menariknya, wisata Sumber Pocong ini masih alami dengan pepohonan rimbun di sekelilingnya. Lokasinya cukup terpencil dengan akses jalan yang belum memadai.

  • Alamat : Karang Anyar, Pocong, Kec. Tragah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69165.

Taman Belajar Mangrove Labuhan

Taman Belajar Mangrove Labuhan
Taman Belajar Mangrove Labuhan. google maps. sumber : Koko Traveler sejati

Hutan mangrove ini berada di Desa Labuhan, Kecamatan Sepuluh, Kabupaten Bangkalan, sehingga dikenal dengan Mangrove Labuhan. Disini pengunjung bisa menyusuri hutan mangrove melalui jembatan kayu sepanjang 350 meter. Selain berfungsi mencegah abrasi, hutan mangrove Labuhan ini merupakan objek wisata sekaligus wahana edukasi.

Kegiatan menarik ditempat wisata ini yaitu pengunjung bisa berkeliling menggunakan kano atau berkemah di kawasan hutan mangrove. Selain mangrove, pengunjung bisa menyaksikan kawanan burung dari menara pantau yang disediakan pengelola.

  • Alamat : Labuhan, Kec. Sepulu, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69154
  • Jam Buka : Buka setiap hari. 07.00 WIB – 17.00 WIB.

Pantai Pandela

Pantai Pandela
Pantai Pandela. google maps. sumber : Ahmad Faizin

Pantai yang masih sangat alami ini menawarkan pemandangan yang memukau di Bangkalan. Tidak hanya menyajikan lautan biru dan pasir putih bersih saja, pantai ini juga miliki hutan mangrove yang cukup luas. Menariknya, fasilitas-fasilitas di pantai ini juga sedang dikembangkan oleh pengelola dengan berkomitmen pada 3 hal yakni Eco, Culture, and Education.

  • Alamat : Pocogan, Lajing, Kec. Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Madura.

Pantai Pasir Putih Tlangoh

Pantai Pasir Putih Tlangoh
Pantai Pasir Putih Tlangoh. google maps. sumber :  erika moon

Pantai Tlangoh masih selalu ramai dengan wisatawan hingga saat ini. Menawarkan birunya air laut dengan pantai pasir putih yang terawat dengan baik. Disini juga banyak spot foto menarik yang disediakan pengelola. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa mengelilingi garis pantai dengan menyewa kendaraan ATV.

  • Alamat : Temanah, Tlangoh, Kec. Tj. Bumi, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Pantai Tengket

Pantai Tengket
Pantai Tengket. google maps. sumber : Lian Forever

Pencinta sunset wajib merapat. Pantai Tengket terkenal dengan panorama Sunset atau matahari terbenam terbaik di Bangkalan. Menjelang sore hari, anda dapat duduk santai melihat panorama eksotis ketika langit perlahan kemerahan. Sayangnya, akses menuju pantai Tengket terbilang sulit. Namun, pemandangan yang ditawarkan sangat memukau dan mempesona.

  • Alamat : Desa Maneron, Kecamatan Sepuluh, Kabupaten Bangkalan, Madura.

Pantai Gebang

Pantai Gebang
Pantai Gebang. google maps. sumber :  c anugrah

Pantai Gebang adalah salah satu tempat piknik yang menarik dan cocok untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga. Harga tiket masuknya yang murah dengan berbagai fasilitas menarik di dalamnya membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi.

  • Alamat : Desa Gebang, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Mercusuar Sembilangan

Mercusuar Sembilangan
Mercusuar Sembilangan. google maps. sumber :  Iqbal Nurul

Mercusuar Sembilangan merupakan tempat wisata di Bangkalan peninggalan kolonialisme Belanda. Mercusuar yang satu ini masih beroperasi hingga saat ini. Berfungsi untuk membantu kapal yang masuk ke Tanjung Perak. Ditempat ini anda akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan Sunset atau matahari terbenam saat sore hari.

  • Alamat : Desa Ujung Piring, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.